Solusi Nomor KTP BPJS Ketenagakerjaan Beda

Solusi Mengatasi Nomer NIK KTP bpjs ketenagakerjaan beda alias sudah dipakai atas nama orang lain merupakan topik pembahasan artikel kali ini.Ini kebetulan beberapa waktu lalu saya alami ketika mau cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan nomor EKTP ternyata yang keluar itu bukan nama saya.

Nomor KTP yang saya masukan untuk cek saldo bpjs ketenagakerjaan ternyata atas nama orang lain padahal itu sudah jelas nomor yang tertera di KTP saya.Jika anda pernah mengalami hal ini,maka mungkin artikel saya kali ini bisa membantu.


Nomer KTP BPJS Ketenagakerjaan  Beda atau Atas Nama Orang Lain



Nomer KTP BPJS Ketenagakerjaan  beda atau atas nama orang lain






Kebetulan masalah ini menimpa saya saat akan mencairkan BPJS Ketenagakerjaan,ternyata nomer yang terdaftar berbeda dengan nomer KTP saya yang sekarang,,Lohh kok bisa???terus bagaimana cara mencairkan dana nya??saya akan bahas tuntas semua nya,,

Semua ini berawal ketika saya pindah tempat tinggal,,saya buat KTP baru di mana saya bertempat tinggal sekarang,dan KTP lama saya di cabut,seperti itulah alur nya,tetapi ada satu kesalahan kecil yang berakibat FATAL!!!nomer KTP lama dengan nomer KTP saya yang baru BERBEDA!!!Saya memang menyadari hal itu,tetapi saya tidak terlalu berfikir jauh,,saya anggap tidak masalah,tetapi ternyata,pada saat saya akan mencairkan BPJS Ketenagakerjaan saya,,itu menjadi masalah besar,pengajuan saya langsung DI TOLAK!!

Saya kemudian berfikir,,nomer KTP itu kan urusan dinas CAPIL,bukan urusan saya,nomer KTP itu kan mereka yang atur,bukan permintaan si empunya KTP,berbekal argumen itu,saya  pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan,saling adu argumen terjadi,tetapi lagi lagi saya di " kalahkan " dengan argumen peraturan tidak bisa di ganggu gugat,di mana nomer KTP saya yang baru berbeda dengan nomer KTP lama saya yang tertdaftar di kantor BPJS Ketenagakerjaan.




MIS KOMUNIKASI ANTARA KANTOR CABANG BPJS DENGAN PERUSAHAAN TEMPAT SAYA BEKERJA DULU


Sebelum saya lanjutkan,,saya jelaskan sedikit bahwa saya bertempat tinggal di banjarnegara jawa tengah dan perusahaan yang ingin saya claim BPJS Ketenagakerjaan nya dalah salah satu perusahaan di cikarang di kawasan EJIP dimana dulu saya pernah bekerja cukup lama di sana.Ok saya lanjutkan lagi

Ahirnya saya meminta jalan tengah kepada kantor BPJS tempat saya tinggal,mereka memberikan kertas form koreksi dan meminta saya unutk mengirim via email ke perusahaan tempat saya bekerja dulu untuk kemudian perusahaan tempat saya bekerja dulu meng email ke kantor BPJS cikarang agar merubah data dengan yang sebenarnya.Pada bagian ini kalian faham tidak??saya persingkat saja,,saya di beri berkas oleh kantor BPJS di kota saya - saya scan dan saya kirim ke perusahaan tempat saya kerja dulu - perusahaan email ke kantor BPJS pusat untuk merubah data.

Saya sudah email ke perusahaan,,saya tunggu lama sekali sekitar 2 minggu tidak ada balasan apapun,kemudian tanpa pikir panjang saya langsung telfon perusahaan tempat saya bekerja,alangkah terkejutnya saya mendengar penjelasan HRD,yang menjelaskan bahwa : perubahan data tidak perlu lagi lewat perusahaan KALAU karyawan sudah out dari perusahaan,,kalau masih bekerja,barulah perusahaan yang urus,perusahaan hanya memberikan stempel pada form koreksi yang kemudian BPJS kota anda yang menghubungi kantor pusat untuk pengubahan data.

Untuk memperkuat argumen saya nanti di kantor BPJS kota saya tinggal,ahirnya saya meminta HRD untuk meng email ke kantor BPJS kota saya tinggal yang isi email itu menyampaikan peraturan bahwa perusahaan hanya bertugas memberi stempel saja dan untuk selanjutnya pihak BPJS kota kalian tinggal lah yang meneruskan,setelah pihak HRD setuju dan telah mengirim email,,saya langsung pergi ke kantor BPJS tempat saya tinggal

Berbekal email itulah,baru pihak BPJS kota saya mau memproses BPJS Ketenagakerjaan yang akan saya cairkan,,kalian bingung baca nya yaa???saya persingkat saja di bawah :



CARA MENCAIRKAN BPJS YANG SALAH NOMER KTP 

Jika kalian mengalami nomer KTP kalian berbeda dengan yang terdaftar pada kantor BPJS ketenagakerjaan,langkah untuk mengatasi nya adalah sebagai berikut :

1. Kalian minta form koreksi pada kantor BPJS di mana kalian tinggal,,scan lah bersamaan dengan berkas pendukung lainya ( selengkap mungkin )

2. Kirim berkas tersebut ke perusahaan yang akan kalian cairkan BPJS Ketenagakerjaan nya,,CC kan email tersebut ke semua instansi yang bersangkutan,,Faham kan makssud saya CC kan email kalian??

3. Setelah kalian kirim email ke perusahaan,segeralah telfon HRD nya,,bilang kalian telah mengirim email dengan maksud untuk merubah data yang salah,,jangan lupa untuk meminta HRD mengirim email balasan itu ke kalian dengan men CC kan email tersebut ke kantor BPJS kota kalian dan semua alamat email dinas terkait.

4. Tulis semua alamat email dinas tekait dalam email yang kalian tujukan ke perusahaan agar perusahaan tau alamat yang akan mereka CC kan.Yang saya maksud dinas terkait adalah semua dinas yang berhubungan dengan BPJS Ketenagakerjaan,,entah itu alamat email BPJS Pusat jakarta,,atau alamat email BPJS kota kalian,atau alamat email BPJS tempat perusahaan kalian berdiri,pokoknya semua dinas terkait,entah itu alamat email kepala cabang BPJS kota kalian,pokoknya semua alamat email kalian cantumkan untuk di CC kan..faham kan kalian???

5. Setelah kalian mendapatkan email dari perusahaan perihal stempel form koreksi nya,,pergi dan tunjukan email tersebut ke petugas BPJS kota kalian tinggal

6. Kalau CC alamat email kalian relevan dalam artian alamat email yang kalian CC kan benar benar alamat email semua dinas terkait,,pasti petugas akan merespon permintaan kalian untuk proses pencairan 

Di sinilah penting nya men CC kan semua alamat email yang terkait seperti yang saya jelaskan di atas,,untuk mengetahui alamat emai nya,,kalian bisa tanyakan langsung ke petugas BPJS kota kalian.

Setelah saya melakukan ke 6 tahapan di atas,,ahirnya BPJS Ketenagakerjaan saya bisa saya cairkan,walaupun menunggu 2 minggu lama nya,kalau kalian bingung dan ada yang mau di tanyakan,,silahkan tanyakan pada kolom komentar

BACA JUGA :



Demikian sedikit pengalamanku tentang bagaimana mengatasi jika nomer ktp bpjs ketenagakerjaan telah terpakai atau atas nama orang lain.Semoga bisa membantu permasalahan kalian semua,terimakasih sudah membaca,,se uuu
1 komentar

1 komentar untuk Solusi Nomor KTP BPJS Ketenagakerjaan Beda.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
Puji Hartono

Opsi terbaik yang bisa saya berikan,hanya konsultasikan langsung ke kantor BPJS yang ada di daerah anda tinggal sekarang.Karena alur dan tatacaranya sudah pasti akan berbeda dan mungkin sedikit rumit.Semoga membantu.

Balas Hapus