Cara Setting/Mengganti "Nama" Email Gmail dan Yahoo untuk Melamar Kerja

Cara setting atau pengaturan nama username pengguna baik di gmail maupun yahoo langkahnya berbeda tetapi intinya sama saja yaitu mengganti profil name yang akan muncul dan terlihat ketika anda mengirimkan email ke orang lain.Hal ini sangat penting karena penulisan nama yang baik akan membuat surel anda terlihat lebih profesional.

Cara mengatur atau mengganti nama di gmail dan yahoo yang akan terbaca ketika seseorang menerima email kita sebenarnya tidak wajib KALAU anda menggunakanya hanya untuk keperluan sehari-hari saja.Tetapi jika untuk keperluan yang " serius " contohnya untuk melamar pekerjaan atau urusan bisnis,maka penggunaan name yang bagus akan sangat berpengaruh.



Cara Setting atau Mengatur Nama/Username Pengguna di Gmail dan Yahoo




tatacara setting atau mengganti nama profil pengguna di gmail dan yahoo


Nama profil merupakan sebuah tampilan " user name " adalah sebuah tampilan penamaan yang akan muncul dan terlihat/terbaca ketika seseorang bertukar surel.Untuk lebih jelasnya,anda bisa lihat pada gambar yang saya lingkari dengan garis merah diatas.

Penamaan pada user name berbeda dengan alamat e-mail yaa,rincinya begini :

Contohnya jika alamat email anda adalah panjul100@gmail.com atau panjul100@yahoo.com,MAKA yang akan tampil untuk mewakili nama anda BUKAN ALAMAT tersebut,melainkan anda harus mengaturnya sendiri jika tidak maka tampilanya akan default atau mengikuti settingan awal ketika anda membuat emailnya.


Kenapa user name sangat penting?

Seperti yang saya katakan di awal,pentingnya hal ini tergantung dari untuk apa penggunaanya.Jika hanya sebatas berkirim surel dengan orang yang anda kenal,mungkin setting seperti ini tidak terlalu penting untuk dilakukan,tetapi jika urusan bisnis dan pekerjaan,maka hal ini WAJIB anda lakukan.

Point ini menjadi point yang wajib karena,user name adalah tampilan awal yang akan seorang penerima surel baca ketika ada e-mail masuk.Jika namanya saja sudah TIDAK MASUK AKAL,si penerima surel bisa beranggapan bahwa anda hanya main-main saja atau tidak serius.

Lebih parahnya lagi,surel dari anda bisa ditandai sebagai spam loh.Jika alamat e-mail seseorang sudah ditandai sebagai spam,maka setiap orang tersebut mengirimkan surel,maka otomatis akan masuk ke folder spam dan tidak akan dilihat oleh penerima yang dituju.


Format nama yang benar pada email bagaimana?

Sebenarnya tidak ada patokan khusus atau aturan resmi yang mengatur hal ini.Tetapi ketika seorang HRD menyeleksi e-mail masuk untuk melamar pekerjaan,user name salah satu faktor yang dinilai disana.Contohnya begini :

- Si A mengirimkan e-mail dengan user name : akulahyangtercakiti
- Si B mengirimkan e-mail dengan user name : Rian_Ardian

Coba anda bandingkan username diatas,bagaimana menurut anda jika anda adalah seorang HRD?

Untuk contoh format username e-mail yang baik antara lain seperti ini :
  • Nama -------> RicoArdian
  • Nama_Nama Belakang ---------> Rico_Ardian
  • Nama Panjang Dengan Spasi --------> Rico Ardian Koswara Jati
Ketiga contoh diatas merupakan format yang baik untuk membuat username e-mail anda terlihat profesional.Jangan lupa " UNTUK HURUF AWAL KATA SELALU MENGGUNAKAN HURUF BESAR ".

Setelah anda mengerti,sekarang adalah bagaimana langkah mengatur atau membuatnya.Silahkan ikuti panduan atau tutorial dibawah ini dengan baik.


Cara Setting Nama/Username di Email Gmail


Untuk mengganti/mengatur/setting username email di akun gmail anda lagkahnya adalah sebagai berikut :
  • Silahkan anda masuk atau login ke account g-mail anda ( saran saya menggunakan website langsung dengan ketik di google )
  • Pada bagian kanan atas,anda akan melihat " tanda roda gigi/setelan/setting " silahkan klik icon tersebut
  • Pilih " setelan/setting "
  • Tampilanya akan seperti ini :

langkah melakukan setting nama atau username di gmail



  • Pilih " akun dan impor " seperti yang saya lingkari dengan garis merah diatas
  • Pada bagian " kirim email sebagai " silahkan klik bagian sebelah kanan yang bertuliskan " edit info "
  • Isikan nama yang anda inginkan pada kolom kosong yang muncul
  • Klik " simpan perubahan "
  • Selesai

Setelah langkah diatas anda lakukan dengan benar,silahkan anda tes dengan mengirimkan surel ke alamat e-mail seseorang dan lihat apakah usernamenya sudah sesuai dengan keinginan anda atau belum.


Cara Setting/Mengganti Username Email di Yahoo


Selanjutnya adalah penggantian nama di account yahoo,untuk langkah detailnya adalah sebagai berikut :
  • Masuk atau akses account yahoo anda ( gunakanlah google jangan menggunakan aplikasi )
  • Klik " icon roda gigi/pengaturan " dibagian kanan atas
  • Pilih " pengaturan lainya "
  • Pada bagian kiri,klik tulisan " kotak email "
  • Klik " account yang ingin anda ubah namanya " ( jika anda hanya memiliki 1 account saja,maka yang tampil hanya 1 alamat email saja,jika lebih dari 1 maka akan tampil beberapa alamat email yahoo disana )
  • Akan muncul halaman secara otomatis untuk anda mengisikan nama yang ana inginkan
  • Klik " simpan "
  • Selesai

Jika anda masih bingung,silahkan perhatikan gambar dibawah ini :



cara mengganti nama atau username di email akun yahoo



Bagian yang saya lingkari adalah bagian yang saya maksudkan dalam deskripsi panduan diatas.Silahkan anda praktekan dengan baik sesuai apa yang saya tuliskan maka anda akan faham dengan sendirinya.


BACA :





Demikian panduan atau tutorial bagaimana cara untuk mengganti atau mengubah nama/username pengguna di akun GMAIL dan YAHOO.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

2/09/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Cara Setting/Mengganti "Nama" Email Gmail dan Yahoo untuk Melamar Kerja.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar