6 Ciri-Ciri Panggilan Tes Kerja Penipuan,BERBAHAYA!

Kali ini saya akan menjelaskan tentang ciri-ciri panggilan tes kerja yang terindikasikan sebuah penipuan lengkap dengan contoh lowongan palsu atau menipunya.Tidak hanya melalui SMS dan telpon saja,para oknum juga biasanya menggunakan media internet untuk melakukan praktek nakal ini dalam bentuk pemanggilan seleksi pekerjaan baik psikotes ataupun interview.

Akhir-akhir ini banyak sekali para pencaker atau pencari kerja yang bertanya kepada saya perihal SMS panggilan tes kerja di sebuah perusahaan,apakah pemanggilan yang mereka terima itu asli atau palsu serta mengarah ke kasus penipuan panggilan kerja atau tidak.

Sebelum menjelaskanya,saya ingin menucapkan terimakasih kepada semua yang bertanya kepada saya perihal masalah panggilan kerja penipuan ini.Paling tidak,dengan mereka membaca penjelasan saya,kedepanya mereka akan jauh lebih berhati-hati khususnya untuk bentuk panggilan pekerjaan yang ternyata sebuah tindak penipuan.


Ciri-Ciri Panggilan Pekerjaan yang Menipu


Ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui sebelum menelaah mengenai penipuan panggilan kerja,antara lain :


Contoh Panggilan Kerja yang Benar/ASLI

Point pertama yang akan saya bahas terlebih dahulu adalah : Bagaimana proses sebuah pemanggilan calon peserta tes yang benar.

Poin ini berlaku untuk semua cara,maksudnya : Apapun media yang anda gunakan untuk melamar pekerjaan ( pos,email,BKK ),pasti memiliki sebuah proses perekrutan yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kalaupun sedikit melenceng,paling tidak tetap menggunakan adab atau atika perekrutan yang benar.Untuk proses perekrutan/pemanggilan peserta tes yang benar biasanya seperti ini :

  • Sudah pasti anda memang telah mendaftar jauh-jauh hari
  • Pemanggilan menggunakan media SMS,telfon dan Email
  • Waktu dan tempat jelas
  • Untuk anda yang mendaftar langsung dengan mengirimkan surat lamaran ke alamat perusahaan,biasanya tempat berlangsungnya ya di perusahaan tersebut
  • Jika ada point khusus ( menggunakan pakaian apa,membawa alat apa saja,dll ) akan dengan detail di jelaskan di SMS/telfon/Email pemanggilan

Dari beberapa pengalaman saya,bentuk pemanggilan seleksi kerja yang benar/asli biasanya tidak jauh-jauh dari itu.

Paling tidak,begitu kita mendapatkan SMSnya,kita langsung tau bahwa itu memang asli.Jika sewaktu anda mendapatkan pemanggilan dan ternyata bentuknya sangat mencurigakan,silahkan fahami penjelasan saya selanjutnya dibawah ini.


Tanda atau Ciri-Ciri Panggilan Kerja yang Menipu


Adapun beberapa tanda bahwa pemanggilan kerja yang anda terima itu sebuah penipuan biasanya seperti berikut ini :


1.Tidak Melamar Kerja tapi Dapat Panggilan


Percaya atau tidak,point pertama ini memang benar terjadi.Bahkan banyak dari member website saya yang mengalaminya,dimana mereka tidak merasa melamar pekerjaan tetapi tau-tau mendapatkan panggilan entah itu untuk tes psikotes,interview atau lainya.


Bisa saja HRDnya fans rahasia kita kan?

Kalau bicara kemungkinan,memang semua kemungkinan itu ada.Bisa saja memang ada seorang HRD yang menjadi fans rahasia anda,atau ada teman yang diam-diam mengajukan nama anda ke pihak perusahaan untuk bisa dipanggil.

Tetapi,kalau melihat dari sisi " prosedural ",hal itu tetap tidak masuk akal.Walaupun ada penggemar rahasia,atau mungkin teman dekat yang memiliki jabatan tinggi,saya rasa TIDAK BISA kalau sistemnya langsung panggil begitu saja.

Tetap harus mengikuti prosedur yang berlaku dimana paling tidak harus ada berkas lamaran yang masuk ke meja perusahaan.Terkecuali itu perusahaan milik sanak family anda,itu baru mungkin.

Tetapi selama hal itu tidak terbukti,maka pemanggilan sepihak ( tanpa ada lamaran ) sangat tidak masuk akal dan menjurus ke sebuah praktek tipu-tipu.


2. Membayar Biaya Akomodasi dan Travel


tanda kalau panggilan interview anda itu palsu
 contoh panggilan kerja palsu



Saya dan team saya sebenarnya sedang mengawasi beberapa akun di fb yang sering mem post lowongan kerja perusahaan besar seperti chevron,pama,buma,garuda indonesia,pertamina dll,kenapa saya lakukan itu? karena ada hal yang janggal di sana apa itu :

Jadi ketika saya cek untuk mendaftarkan diri saya di sana,tidak lama berselang ada email masuk yang mengharuskan saya transfer sejumlah uang untuk biaya travel,dari situ saya sudah langsung curiga,apa iya perusahaan sebesar itu tidak mampu membiayai calon pekerja mereka walaupun masih dalam status pelamar kerja?

Akhir nya saya telfon dan email langsung kepada perusahaan yang bersangkutan,dan ternyata memang benar,,itu semua PENIPUAN.

Pusahaan perusahaan tersebut kalau membuka lowongan pekerjaan,pasti lewat jalur yang resmi entah itu depnaker,lpk,bkk,universitas,tidak ada satu kalipun mereka membuka lowongan kerja lewat media sosial yang sifat nya tidak jelas ( apalagi di suruh bayar ),itu jelas penipuan.

Hati-hati kalau mendapatkan bentuk pemanggilan kerja seperti ini.Biasanya ini mengatasnamakan perusahaan besar milik pemerintah yang notabene banyak orang yang berminat untuk mendaftarkan diri.


3. Proses Melamar Hanya Mengirimkan Data Diri

Ada lagi model yang hanya mengirimkan data diri pelamar via SMS/WA ( Whatsapp ).Memang ada beberapa tempat kerja yang menggunakan metode seperti ini,tetapi biasanya ini TIDAK BERLAKU untuk perusahaan skala besar.

Jadi sistemnya itu anda hanya mengirimkan format data diri seperti :

  • Nama
  • Umur
  • Tanggal lahir
  • Lulusan 
Kemudian dikirm ke nomer tertentu.

Ketahuilah,biasanya anda akan langsung mendapatkan balasan pemanggilan,tapi itu semua hanya tipu daya saja.


Ada tidak proses melamar kerja ASLI yang menggunakan model kirim data begitu?

ADA,tapi biasanya bukan perusahaan.Contohnya seperti rumah makan,jaga konter,jaga toko dipasar dan sejenisnya.Untuk perusahaan,TIDAK ADA yang menggunakan sistem kirim biodata via chat.


4. Tempat Tes Tidak Masuk Akal

Ciri panggilan pekerjaan yang berupa penipuan atau yang menipu itu biasanya menggunakan tempat tes seleksi yang kurang masuk akal.

Saya pernah menjelaskan di artikel sebelumnya jika ada proses seleksi di perusahaan langsung,maka itu 99% asli,tapi kalau ditempat yang mencurigakan,berhati-hatilah.

Tempat yang tidak masuk akal itu biasanya berupa ruko atau rumah kontrakan atau tempat yang secara nalar tidak masuk akal untuk dijadikan sebuah tempat untuk seleksi calon pekerja.

Dan biasanya,sms penipuan nya berbunyi seperti ini :

" Diharapkan kehadiran saudara atas nama ... pada pukul 8 pagi untuk melakukan proses wawancara kerja di Jln...... bertemu bapak/ibu....selaku pihak HRD ".


Dalam format SMS itu,akan ada sebuah alamat dengan patokan tertentu seperti gedung berwarna hijau atau ruko yang jika ditelusuri,itu merupakan alamat tidak jelas dan bukan alamat perusahaan.

Saya pernah mengalaminya sekali,dan setelah saya datangi,ternyata memang benar,saya langsung harus membayar sejumlah uang jika ingin lolos.Tanpa pikir panjang saya langsung keluar dengan dalih ingin ambil uang dirumah padahal saya tidak balik lagi.


Loh mas,itu BKK/LPK banyak yang di ruko?

Kalau itu BKK atau penyalur kerja yang benar,walaupun di ruko,biasanya sudah banyak orang faham dan tau.

Tapi kalau ruko yang tipu tipu ini,biasanya orang sekitar tidak tau,itu ruko untuk apa.Dan kalau itu ruko milik yayasan/BKK,pasti akan ada baliho atau spanduk nama BKKnya,tidak ruko tak bernama yang berisi orang-orang tak jelas pakai dasi dan jas saja.


5. Waktu Tidak Masuk Akal

Selanjutnya adalah masalah waktu seleksi.Umumnya,waktu seleksi itu dilangsungkan pagi hingga sore hari.

Sangat jarang perusahaan yang melangsungkan proses seleksi pada waktu malah hari.Apalagi jika pemanggilanya menyuruh anda untuk datang sendirian,saya sangat sarankan untuk mengurungkan niat anda.


6. Berisi Link/Tautan Internet Scam


Pernahkah anda mengalami bentuk SMS pemanggilan pekerjaan dimana didalamnya berisi sebuah link/tautan yang harus anda klik.

Setelah anda klik,ternyata anda dibawa ke sebuah laman/halaman google yang tidak jelas?

Berhati-hati jika seperti ini.Ditakutkan itu adalah link scam yang justru bisa mengambil semua data pribadi anda yang sangat penting.

Kalau anda ragu,anda bisa tanyakan ke berbagai gruop loker di FB/Twitter dan menanyakan hal tersebut ke pengguna lainya.


Sedikit catatan dari saya :

a. Apapun lowongan nya,usahakan pilih yang segala aktivitas nya berlangsung di dalam perusahaan mulai dari awal sampai akhir ( jangan di tempat nggak jelas )

b. Kalau memilih tempat mendaftar kerja,pilihlah tempat yang mempunyai kejelasan dan latar belakang yang bagus

c. Jangan pernah datang sendiri kalau mendapatkan panggilan kerja yang tempatnya tidak jelas alias bukan di perusahaan

d. Baca terus web saya ini ( www.pujihartono.id ) siapa tau ada informasi yang berguna,,hehe.


BACA :




Jika ada yang kurang faham,silahkan tanyakan via komentar yaa.

Demikian ulasan tentang ciri-ciri atau tanda sebuah panggilan kerja itu merupakan penipuan atau oknum yang menipu anda.Semoga bisa membantu,see uu.

1/19/2020 - 8 komentar

Related Posts

8 komentar untuk 6 Ciri-Ciri Panggilan Tes Kerja Penipuan,BERBAHAYA!.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.
Unknown 4/23/2018

Wajar ga sih kalau panggilan kerja jam 22.20 untuk interview bsk antara jam 08.00 s/d 13.00

Balas Hapus
.
Puji Hartono 4/24/2018

Untuk waktu panggilan test saya rasa wajar saja,saya sendiri pernah dapat sms jam 1 malam.Mungkin karena sinyal atau masalah yang lainya.yang harus anda perhatikan adalah TEMPAT DIMANA BERLANGSUNGNYA TEST!

Jika tempatnya di perusahaan resminya,anda tidak perlu khawatir,tapi kalau tempatnya MENCURIGAKAN,saya sarankan datang bersama teman atau saudara ( lebih banyak teman lebih bagus ) kalau bisa bawa polisi juga untuk berjaga-jaga.Semoga membantu.

Balas Hapus
.
Unknown 9/04/2018

Infonya dong dpat pnggilan ini asli apa bukan
LPK
Panggilan Kerja
'Terakhir'
Karena surat lamaran yg anda kirim via Pos u/ PT ASTRA (GROUP) dinyatakan lolos kualifikasi data tahap awal, Selanjutnya diharapkan kehadirannya pada :

Hari. : Rabu, 05 Sep 2018
Jam. : 08.00 Wib sd 10.00 Wib
Proses : Intervew & Psikotes
Di kantor Recruitment :
JL. Raya Bekasi KM.19 NO.30 Pulogadung, Jakarta Timur (samping BANK BCA KCP Pulogadung )

U/ menghindari calo hrp jgn memakai pakaian hitam putih.
Dtng tepat waktu krn kuata terbatas,U/ HPM kuata sdh habis.

U/ Mempermudah mencari alamat cari di geogle map bank bca kcp Pulogadung Jakarta Timur/Jika Naik angkutan umum dr terminal pulogadung naik angkot 27

Bertemu Bp. Aan S. (K-HR)
Terima kasih.

Balas Hapus
.
Puji Hartono 9/04/2018

Itu alamat perusahaan bukan? kalau bukan,anda perlu berhati-hati.Kalaupun itu yayasan atau penyalur kerja " UANG PASTI SETELAH TTD KONTRAK ",jika diawal sudah dimintai uang yang jumlahnya tidak wajar,saran saya cari tempat lain.Kalau hanya sekedar 10 ribu atau 20 ribu untuk pendaftaran,saya rasa itu wajar.

Kalau lebih dari itu,anda harus hati-hati.Bawa teman yang banyak ke tempat itu,atau bawa aparat yang berwenang sebagai " bakingan anda ".Semoga membantu.

Balas Hapus
.
Unknown 1/19/2019

BINABUSANA INTERNUSA Group(APPAREL ONE INDONESIA) mengundang Anda untuk tes seleksi pada tgl 23Januari 2019, pukul 07.30wib di kantor lobby BBI
Kawasan Wijaya Kusuma, Jl Tugu wijaya IV randu garut tugu semarang
bertemu dengan jordi/linda. Membawa surat lamaran, cv, dan alat tulis. Terima kasih.
Konfirm: Nama(spasi)Hadir/Tidak Hadir

Kalau seperti itu kemungkinan asli atau palsu min, saya mendftr sudag sebulan lebih

Balas Hapus
.
Puji Hartono 1/19/2019

Untuk mbak siswanti :

1. Pastikan itu adalah perusahaan yang terdaftar ( bukan penipuan )
2. Silahkan survey dulu beberapa hari sebelum hari H,apakah alamat tersebut benar atau palsu
3. Saat datang nanti,usahakan JANGAN SENDIRI ( membawa teman,atau kalau ada anggota kepolisian )
4. Langsung tolak jika mereka meminta uang atau ingin menahan ijazah

Mungkin hanya itu saran yang bisa saya berikan,semoga membantu

Balas Hapus
.
Adika Frisky 7/07/2020

Mas ada typo untuk contoh panggilan kerja benar :)

Balas Hapus
.
Puji Hartono 7/07/2020

Terimakasih mas adika,akan saya perbaiki.

Balas Hapus