4 Ciri-Ciri Penipuan Oknum Qnet

Sebelum membahas tentang ciri-ciri penipuan oleh oknum qnet yang marak terjadi di masyarakat akhir-akhir ini,sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu QNET dan seluk beluknya supaya anda tidak gagal faham.

Jadi untuk anda yang sedang ragu tentang sebuah tawaran pekerjaan yang terindikasikan q-net serta takut kalau-kalau itu adalah penipuan,mungkin penjelasan dari saya ini akan sedikit membantu anda.



Ciri-Ciri Q-NET




beberapa tanda kalau panggilan kerja adalah modus qnet




Apa itu Q-NET?


Langsung saja,qnet adalah sebuah perusahaan multi level marketing ( MLM ) yag bergerak dibidang kesehatan.Jadi produk yang ditawarkan kebanyakan berupa alat-alat atau obat untuk menunjang kesehatan tubuh orang-orang.


Loh,perusahaan? Kalau perusahaan,berarti resmi/legal dong?

Itu memang benar.Ini adalah perusahaan yang resmi dan legal,bahkan perusahaan ini sudah memiliki izin dari APLI.Tahukah anda apa itu APLI?

APLI atau kepanjangan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia adalah sebuah lembaga yang memiliki kewenangan untuk memberikan izin kepada sebuah perusahaan untuk menjual produk daganganya.

Dan syarat untuk mendapatkan perizinan dari lembaga APLI sangatlah tidak mudah.


Lalu,yang tersebar dimasyarakat yang mengatakan ini " penipuan " bagaimana?

Itulah kenapa didalam judul ini saya tuliskan OKNUM.Yang berarti ada beberapa orang yang memanfaatkan situasi untuk mengambil keuntungan sepihak.

Kok bisa sampai ada oknum seperti itu?

Karena dalam sistem penjualan perusahaan Q-NEET memang memberlakukan sistem " penjualan berantai ",maksudnya adalah :

Perusahaan akan memberikan bonus kepada member yang bisa merekrut anggota baru dan melakukan penjualan,TETAPI INI TIDAK HARUS!

Sedangkan oknum yang saya maksudkan,mereka itu seolah-olah memaksa dan mengharuskan untuk mendapatkan member baru.Tidak ada hal lain selain mereka akan mendapatkan bonus tentunya.

Model penipuanya bagaimana?

Biasanya,si member baru harus menyetorkan uang dengan jumlah banyak dan harus membeli produk yang dijual.Enak untuk si leader,karena akan dapat bonus dari penjualan dan bonus karena dapat member baru.

Tapi musibah bagi member baru,karena untuk balik modal,dia juga harus melakukan hal yang sama,yaitu harus dapat member dan harus bisa jualan.Kalau tidak begitu,tidak akan balik modal.

Entaha siapa yang memulai bisnis " kurang ajar " ini dan berhubung ini sudah berjalan karena oknum tidak bertanggung jawab,maka korban/member baru akan terus mencari mangsa untuk bisa mendapatkan modalnya kembali.

Kalau dari perusahaanya langsung,anda tidak akan dipaksa seperti itu.Kalau dapat jualan ya sukur,anda akan dapat bonus juga.Apalagi kalau dapat member,anda akan dikasih bonus juga.Tidak ya tidak masalah.


Ciri-Ciri Qnet " oknum " Bagaimana?


Biasanya para member baru yang sudah terlanjur mengeluarkan uang yang banyak,akan melakukan berbagai cara UNTUK BISA DAPAT MEMBER,diantara berbagai cara,yang paling marak terjadi adalah melalu : TAWARAN PEKERJAAN.

Cerdik memang,karena untuk sekarang ini,masalah utama masyarakat indonesia adalah banyaknya pengangguran yang sedang mencari pekerjaan.

Celah inilah yang digunakan oknum nakal untuk menjaring member.Untuk tanda-tandanya biasanya seperti ini :


1. Lowongan kerja tidak jelas


Hal yang paling kentara adalah ketika ada sebuah info loker,infonya tidak jelas.Tidak jelasnya bagaimana?

  • Tidak disebutkan lowongan di perusahaan apa
  • Syarat yang dibutuhkan terlalu simple dan mudah untuk ukuran orang melamar kerja
  • Lokasi kerja tidak jelas dimana
  • Penyebaran info loker menggunakan akun-akun bodong alias akun palsu
  • Dan masih banyak lagi kejanggalan lainya
Tentunya jika anda pernah menjumpai info loker yang benar,akan tertera dengan jelas semua point yang saya sebutkan.

Kalaupun point diatas tidak tertulis,paling tidak nama perusahaan atau lokasinya jelas dimana.

Kalau oknum ini,biasanya hanya memberitahukan sedang dibuka di suatu daerah untuk posisi tertentu,kemudian yang berkeinginan mendaftar diharuskan menghubungi via telfon.


2. Menjanjikan posisi/jabatan yang enak


Yang kedua biasanya memberikan iming-iming posisi atau jabatan enak contohnya seperti : admin,data entri,staff atau posisi lain yang terlihat enak.


3. Lokasi diluar kota/jauh


Yang sering sekali saya lihat adalah kasus dimana seseorang akhirnya terlunta-lunta di kota orang karena mendapat janji manis kerja enak gaji besar yang ternyata sesampainya disana,orang tersebut malah dimintai uang.

Bahkan tidak hanya sekali atau dua kali saya mendapatkan kabar bahwa ada beberapa orang yang " disandera " di rumah kos atau ruko dimana mereka tidak boleh pergi sebelum memberikan sejumlah uang.

Tentunya ini sudah mengarah ke tindakan pidana kriminal dan patut untuk di proses oleh pihak yang berwajib.


4. Info berbelit-belit dan meragukan


Kalau anda mendapati bentuk tawaran kerja seperti yang saya sebutkan sebelumnya,silahkan ada tanyai atau mintalah keterangan detail via telfon atau chat.

Tanyakan hal penting seperti : Perusahaan apa,lokasi perusahaan dimana,alamat jelasnya dimana, atau pernyataan lainya.

Saya yakin informasi yang diberikan akan berbelit-belit dan pasti ujung-ujungnya adana harus datang kesana dulu untuk mendapatkan informasi.Kalay memang seperti itu,datanglah bersama polisi atau ramai-ramai,jangan coba-coba datang sendirian.


Ok,kalau memang perusahaan ini legal dan ternyata disalah gunakan oleh oknum tertentu,kenapa pihak perusahaan terkesan diam saja?

Mungkin karena kurangnya laporan dari pihak masyarakat.Saya yakin masih banyak yang tertipu tetapi enggan melaporkan masalahnya karena beberapa hal.

Tapi,jika anda mendapati atau mungkin malah mengalaminya sendiri,saran saya segeralah untuk melaporkanya supaya tidak ada lagi korban.


BACA :



Semoga penjelasan tentang ciri-ciri atau tanda penipuan QNET diatas bisa membantu anda.Terimaksih telah membaca,see uu.

1/15/2020 - tanpa komentar

Related Posts