Panggilan Kerja di Ruko,Penipuan atau Asli?

Beberapa hari ini banyak member group saya yang bertanya apakah panggilan kerja yang di ruko-ruko itu asli atau penipuan? Pertanyaan itu bukan tanpa asalan,pasalnya memang sangat banyak kasus tipu-tipu yang berkedok lowongan pekerjaan kemudian melakukan praktek " nakal " mereka di tempat seperti itu.

Walaupun banyak kasus penipuan panggilan kerja yang terjadi di ruko atau tempat tidak jelas,TIDAK SEMUAnya itu palsu/penipuan.Ada juga beberapa lembaga penyalur pekerjaan yang memang melaksanakan kegiatan seleksi di tempat seperti itu.

Artikel berikut akan membahas tentang bagaimana proses seleksi di ruko yang asli dan yang penipuan,serta bisa juga untuk menjawab pertanyaan perihal : Apakah proses seleksi atau panggilan kerja calon karyawan yang asli harus SELALU berlangsung di PTnya atau tidak.



Panggilan Kerja di Gedung atau Ruko itu Asli atau Palsu?




panggilan seleksi kerja di ruko itu asli atau palsu?



Panggilan kerja adalah sebuah tahapan awal yang menandakan seorang pelamar memenuhi persyaratan lowongan pekerjaan di sebuah tempat dan diberikan kesempatan untuk mengikuti proses seleksi bersama dengan calon karyawan atau pelamar yang lainya.

Proses pemanggilan ini bisa melalu banyak media seperti SMS,telphone bahkan email.

Yang terkadang menjadi sedikit meragukan itu adalah ketika proses seleksi berlangsung BUKAN di alamat perusahaan melainkan di tempat lain,contohnya seperti ruko-ruko atau gedung persewaan kantor misalnya.


Proses Seleksi yang Berlangsung di PTnya Langsung 99% Asli

Memang hampir sebagian artikel dalam website saya memaparkan bahwa jika proses seleksi berlangsung di alamat pabriknya langsung maka,bisa dikatakan 99% itu asli,karena sangat kecil kemungkinan akan ada praktek nakal oknum yang bisa terjadi di dalam lingkungan perusahaan.

Hanya saja,masih banyak yang SALAH MENGARTIKAN,dimana mereka menjadi mempunyai fikiran kalau tidak di perusahaannya langsung maka proses seleksi itu adalah sebuah penipuan.

Itu SALAH BESAR.


Ada Perusahaan yang Bekerjasama dengan Lembaga Penyalur Kerja

Perlu anda ketahui bahwa,walaupun tidak banyak tetapi ada beberapa perusahaan yang memang menjalin kerjasama dengan lembaga atau organisasi penyalur tenaga kerja untuk melakukan seleksi.

Mungkin dengan alasan keterbatasan waktu dan tempat,sebuah perusahaan lebih memilih untuk menunjuk lembaga lain dalam melakukan proses seleksi terhadap calon karyawan mereka.Biasanya lembaga ini diberi nama BKK/LPK/YAYASAN.


Cara atau Tips Mengetahui Panggilan Kerja di Ruko itu Asli atau Palsu Bagaimana?


Ok,saya harap penjelasan diatas bisa sedikit membuka pemahaman anda terhadap point " dimana proses seleksi calon tenaga kerja itu seharusnya berlangsung ".

Untuk anda yang kebetulan mendapatkan panggilan kerja dan itu berlangsung di sebuah ruko atau gedung atau tempat lainya,maka beberapa tips berikut mungkin bisa dijadikan pegangan dalam menilai,apakah itu penipuan atau tidak.

Adapun beberapa point pentingnya adalah sebagai berikut :


1. Pastikan Kredibilitas Nama Tempat Itu


Ingat baik-baik point ini : Jika itu adalah sebuah penyalur resmi atau paling tidak memang benar itu lembaga yang menyalurkan tenaga kerja,PASTI mempunyai nama yang akan cukup terkenal di masyarakat.

Saya ambilkan contoh satu nama penyalur kerja di daerah cikarang jawa barat yaitu SELNA JAYA.

Ini merupakan sebuah yayasan penyalur kerja,proses seleksinya di ruko,tetapi ini benar memang penyalur kerja,bahkan GRATIS ( beberapa tahun lalu ) saya tidak tau kalau sekarang.

Proses seleksinya ya di gedung sewaan.

Kalau tidak salah di daerah ruko menteng dekat dengan kawasan EJIP.Silahkan anda tanya ke orang-orang atau pencaker daerah sana,pasti tau dan kenal tempat ini.

Inilah yang saya maksudkan dengan " kredibilitas " tempat.Kalau itu memang asli,pasti memiliki nama yang biasanya terkenal atau banyak yang tau.Sedangkan yang abal-abal biasanya cenderung tidak banyak diketahui orang dan seolah-olah ditutup-tutupi.


2. Lihat Proses atau Alur Seleksinya


Point selanjutnya adalah : Anda harus lihat atau bertanya bagaimana proses atau alur seleksinya.

Untuk yang asli,biasanya alur atau prosesnya seperti ini :
  • Bayar member ( 50.000 sampai 100.000 ) mungkin ada yang gratis ( usahakan bayar kalau ada tesnya saja,kalau belum ada tesnya tidak usah bayar dulu )
  • Ikut psikotes ( mengerjakan soal-soal )
  • Wawancara dengan pihak penyalur
  • Dilimpahkan ke pihak PT/perusahaan
  • Wawancara dengan user perusahaan
  • MCU
  • Training
  • TTD kontrak
Jika memang prosesnya seperti ini atau paling tidak mendekati,biasanya itu memang benar adanya.

Kalau yang tipu-tipu HAMPIR SEMUA akan mengharuskan anda untuk membayar dalam jumlah yang tergolong mahal,bahkan bisa sampai berjuta-juta.

Kalau untuk biaya member yang kisaran 50 ribu sampai 100 ribu,saya rasa itu relatif.Sisanya hanya bagaimana pintar-pintarnya anda mengambil keputusan.

Jika nominalnya sudah melampaui itu,mungkin saran saya lebih baik anda urungkan atau fikir-fikir lagi.


3. Banyaknya Peserta Tes Bukan Jaminan


Adakah diantara anda yang memiliki fikiran kalau tempat itu banyak dikunjungi pelamar maka itu pasti asli?

Itu tidak benar.Bahkan bisa jadi mereka adalah sekian orang yang ikut menjadi korban.Mungkin karena tidak tau dan kurang membaca informasi.

Bahkan saya pernah membaca di sebuah website yang cukup terkenal dimana disana tertulis hampir ratusan orang menjadi korban penipuan panggilan kerja bodong di sebuah tempat yang mengatasnamakan penyalur kerjaan.

Saya harap sesudah anda membaca ini,anda jadi lebih bijak dalam menindaklanjuti pemanggilan kerjaan di suatu tempat.


Mas,saya baru merantau dan belum tau apa-apa,ada tips tidak supaya tidak terkena penipuan seperti itu?

Sebenarnya ada beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan untuk menghindari praktek tipu-tipu berkedok loker seperti itu,antara lain :
  • Banyaklah mencari informasi ( via media sosial seperti FB,Twiter dan sebagainya )
  • Banyak bertanya
  • Selalu berfikir jernih dalam setiap keputusan ( biasanya kalau sudah lama menganggur,pikiran jernihnya jadi sedikit tumpul :) Ada loker apa aja,hajarrrr
  • Banyak membaca artikel di website ini

BACA JUGA :





Demikian pembahasan tentang bagaimana menyikapi sebuah panggilan kerja yang berlangsung di sebuah ruko atau gedung dan tempat yang sedikit mencurigakan.Semoga bisa membantu,see uu.

2/08/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Panggilan Kerja di Ruko,Penipuan atau Asli?.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar