Cara dan Syarat Buka Rekening BCA Beda Domisili KTP/Tempat Tinggal

Cara dan syarat buka rekening tabungan bank BCA khususnya untuk anda yang beda domisili atau KTP dengan tempat tinggalnya tidak sama bisa dilakukan dengan proses yang cepat mudah dan pastinya gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Cara membuat tabungan rekening bank BCA memang diperbolehkan untuk mereka-mereka yang tempat tinggalnya berbeda dengan yang tertulis di KTP tetapi harus mengikuti prosedur dan menyerahkan persyaratan yang dibutuhkan.

Tatacara atau prosedur membuka rekening tabungan di bank BCA ini akan saya jelaskan dengan sedetail dan serinci mungin berdasarkan pengalaman saya beberapa hari yang lalu.Tidak hanya langkahnya saja,tetapi persyaratan dokumen atau berkas dan alurnya juga akan saya jelaskan untuk anda.


Persyaratan dan Cara Membuat Rekening Tabungan di Bank BCA




cara dan syarat untuk membuka rekening tabungan di bank BCA



BCA atau Bank Central Asia adalah salah satu perusahaan layanan perbankan yang terbesar di indonesia.Walaupun kepemilikanya dipegang oleh swasta,tetapi kepuasan layanan yang diberikan kepada masyarakat sangat bagus.

Bagi anda yang berminat untuk bikin kartu ATM dan memiliki simpanan di bank ini,ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan terlebih dahulu.

Ada beberapa jenis simpanan uang yang bisa anda pilih ketika ingin membuka rekening tabungan,antara lain :

  • Expresi
Ini adalah sebuah layanan dimana masyarakat bisa memiliki sebuah rekening HANYA KARTU ATM saja TANPA buku tabungan.

Jadi jika anda ingin memilih yang ini,anda hanya akan diberikan sebuah kartu debit ( A-T-M ) saja tanpa buku.Untuk biayanya kurang lebih 50.000 + biaya admin kurang lebih 15.000.

Murah dan simple memang,tetapi anda akan sedikit kesulitan jika membutuhkan rekap dana yang masuk karena buku nya tidak ada.

  • Tahapan
Untuk jenis yang ini,selain debit card ( A-T-M ),anda juga akan diberikan buku tabunganya.Hanya saja untuk jenis yang ini,anda harus mengeluarkan uang sebesar 500.000 rupiah + biaya admin 15.000.

Uang lima ratus ribu itu akan digunakan untuk mengisi saldo anda.Untuk rincian uang 500 ribunya kurang lebih seperti ini :

- Sebesar 450.000 akan masuk saldo anda ( yang bisa anda habiskan sampai -0 rupiah )
- Sebesar 50.000 adalah saldo mengendap yang artinya adalah saldo yang TIDAK AKAN TERLIHAT saat anda mengecek di mesin A-T-M.

Jadi setelah anda memberikan uang 500.000 nanti,sewaktu anda cek di mesin anjungan tunai mandiri,yang terlihat atau nampak hanya 450.000 saja,yang 50.000 adalah saldo mengendap anda.Jadi jangan kaget yaa.

Setelah itu,kedepanya anda bisa menguras habis isi saldo anda sampai benar-benar 0 rupiah.


Untuk jenis lainya saya kurang faham karena saya tidak tanyakan ke CS sewaktu saya membuka rek kemarin.


Dari kesemua jenis tabungan,apa saja dokumen yang harus diberikan/dipersiapkan?

Semua jenis tabungan diatas " syaratnya sama saja ",langkah pembuatanya juga tidak terlalu jauh berbeda.Letak perbedaanya hanya seperti yang saya jelaskan diatas.


Syarat Membuat Rekening Tabungan di Bank BCA Berbeda Domisili


Untuk hal pertama yang akan saya jelaskan adalah mengenai berkas atau dokumen apa saja yang perlu anda persiapkan terlebh dahulu.Untuk point yang perlu anda persiapkan antara lain :

  • E-KTP
Kartu tanda penduduk WAJIB dan HARUS yang sudah elektronik.Tidak diperbolehkan menggunakan model yang lama.

Jika anda belum memiliki yang elektronik,mintalah surat rekomendasi/pernyataan dari kecamatan bahwa kartu tanda penduduk anda belum jadi.Dengan alasan apapun,saya sarankan untuk anda supaya memiliki kartu tanda pengenal ini karena hampir semua hal membutuhkan benda kecil ini.

  • Surat keterangan domisili dari RT/Kelurahan
Berikutnya adalah surat keterangan domisili yang dikeluarkan oleh kelurahan/desa setempat.Biaya pembuatan kartu ini ,urah,hanya 10.000 bahkan ditempat saya,pembuatan keterangan domisili biayanya " GRATIS ".

Jika sudah jadi,bawalah yang asli.Tenang saja,surat ini hanya akan dilihat dan di cek saja,tidak akan diambil oleh pihak perbankan.

  • Surat keterangan bekerja
Surat ini adalah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat seseorang bekerja.Anda bisa memintanya kepada pihak perusahaan/HRD dengan mengatakan alasan anda yaitu untuk pebuatan rekening B-C-A.

Mungkin lebih tepatnya jika ini adalah " surat pernyataan perusahaan " bahwa anda memang benar karyawan perusahaan tersebut.

Loh,ini kan untuk orang yang bekerja atau berstatus karyawan.Kalau orang biasa bagaimana?

Jika anda bukan seorang karyawan perusahaan,anda bisa TIDAK MENYERTAKAN surat ini.Cukup membawa surat keterangan damisili sebagai gantinya.

  • NPWP
Kartu pajak ini juga akan ditanyakan sewaktu anda berniat untuk membuka rekeaning.Jika anda belum membuatnya,anda bisa segera mengurusnya ke kantor pajak terdekat.

BACA :




  • Materai 6.000
Saya sendiri tidak membawa ini ketika kemarin pembuatan recening.Pihak perbankan juga sudah menyediakanya kok,hanya saja TIDAK GRATIS,anda bayar 6.000 rupiah yaa.


Beberapa pertanyaan seputar persyaratan,antara lain :


- Katanya hanya bermodal E-KTP sudah bisa? Ini kok ribet?

Jawabanya adalah : Karena anda bertempat tinggal di daerah yang BERBEDA dengan kartu tanda penduduk anda.Dan perlu anda ketahui bahwa " HANYA 1 KARESIDENAN " yang bisa membuat di kantor-kantor cabang.

Jadi jika memang rumah anda sekarang MASIH SATU KARESIDENAN dengan Kartu Tanda Penduduk,maka hanya bermodal K-T-P saja sudah bisa.Jika sudah diluar karesidenan,maka dokumen diatas yang perlu anda siapkan.


- Apakah semua dokumen harus lengkap?

Jawabanya : Sepengalaman saya,semua dokumen diatas memang ditanyakan.Lain hal dengan teman saya yang pembuatanya masih 1 karesidenan.Tidak se ribet itu.

Selain itu,untuk menghindari anda bolak-balik,alangkah baiknya jika melengkapinya.Jika anda masih sangsi,anda bisa langsung datangi kantor cabang atau menelpon kantor cabang tujuan anda dan tanyakan dengan detail kepada petugasnya.


- Jika tidak bisa melengkapi dokumen karena alasan tertentu bagaimana?

Jikalau anda tidak bisa untuk melengkapi berkas diatas entah dengan alasan apapun,mau bagaimana lagi.Saya sarankan untuk TETAP MENCOBA mengajukan permohonan.Siapa tau memang rezeki anda. 


" Hal yang paling malas untuk di urus memang persyaratanya,apalagi jika harus bolak-balik karena salah berkas atau kurang dokumen.Jadi persiapkan semuanya.Jika semua yang saya sebutkan diatas lengkap,maka permohonan pembukaan rekening BCA anda akan langsung diproses "


Apabila masih ada yang perlu anda tanyakan mengenai berkas/dokumen,silahkan ajukan via komentar dibawah.


Cara Membuat Rekening Tabungan BCA jika Domisili Berbeda


Setelah anda mengetahui dan menyiapkan berkas dokumenya,langkah selanjutnya adalah langsung menuju kantor cabang untuk melakukan proses pembukaan tabungan.

Ok,saya akan langsung menjelaskanya :

  • Ambil nomor antrian
Setibanya anda didalam kantor cabang,silahkan langsung temui satpam dan utarakan maksud anda.Satpam akan membantu anda menjelaskan semua yang perlu dijelaskan dan akan mengambilkan nomor antrian untuk anda.

Jika ada form yang harus anda isi,maka satpam akan membantu anda mengisinya.Jika tidak ada,maka anda akan langsung dipersilahkan duduk untuk menunggu nomor antrian anda dipanggil.

Tunggu saja sampai nomor yang anda pegang dipanggil.

Ikuti saja seperti yang tertulis di kertas.Jika tertulis A12,maka ketika " A12 " dpanggil,berarti itu anda.Tidak usah bingung dengan urutan angka dan huruf.Jika sama,berarti itu anda yang dipanggil.

  • Pengecekan berkas
Jika anda mengikuti arahan saya,maka seharusnya proses pengecekan dokumen tidak akan memakan waktu lama dan bisa langsung di proses.

Disinilah bagian yang sering membuat kesal customer,sudah capek-capek antri,ternyata permohonanya ditolak karena dokumen salah.

Biasanya sih,satpam akan mengecek terlebih dahulu,jadi jika ada yang kurang,anda tidak perlu terlalu lama mengantri.Tetapi jika satpamnya lupa,mau diakata apa,hehe.

  • Proses pembuatan
Ketika semua berkas sudah lengkap,maka petugas akan langsung membuatkan anda rekeningnya,sembari sesekali anda akan diarahkan untuk menandatangani berbagai kertas form pembukaan tabunganya.

Prosesnya mungkin sekitar 15 menit dan setelah itu kartu ATM dan buku tabiungan anda sudah jadi.


Apakah bisa melalui sistem online?

Untuk anda yang tidak memiliki waktu banyak,phak perbankan menyediakan layanan praktis diamana anda bisa mengajukan permohonan pembuatan recening melalui sistim online.

Hanya saja,tetap anda akan diminta untuk datang ke kantor cabang untu menyerahkan atau menunjukan berkas persyaratan yang dibutuhkan ( sesuai yang saya tuliskan ).


Demikian penjelasan tentang bagaimana cara dan syarat untuk membuka rekening tabungan pada bank BCA untuk yang beda domisili atau berbeda tempat tinggalnya dengan yang di KTP.Semoga bisa membantu,see uu.

7/13/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Cara dan Syarat Buka Rekening BCA Beda Domisili KTP/Tempat Tinggal.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar