11 Cara Mengisi Baterai HP Android Agar Cepat Penuh Saat Ngecas

Cara mengisi baterai hp android agar cepat terisi penuh saat dicas bisa dilakukan tanpa modifikasi charger alias hanya menggunakan trik sederhana saja.Dengan trik ini,waktu ngecas anda bisa menjadi lebih singkat dan baterai cepat penuh tanpa harus membeli merk scharger fast charging yang mahal.

Cara agar ngecas hp cepat terisi ini sangat aman untuk dilakukan baik untuk hp biasa ataupun smartphone android karena anda tidak perlu membongkar komponen mesin apapun.Dengan langkah ini,isi batre akan full dengan waktu yang relatif singkat karena pengisian bisa di optimalkan dengan baik.


Cara Supaya Baterai HP Android Cepat Terisi Penuh Saat Dicas




cara supaya baterai hp smartphone android bisa cepat penuh ketika dicas atau dicas



Pengisian daya batre memang suatu keharusan untuk anda para pengguna smartphone karena tanpa daya,gadget yang anda miliki tidak akan bisa digunakan.

Mungkin sebagian dari anda ada yang mengalami permasalahan dimana ketika proses charger berlangsung,gadget yang anda gunakan membutuhkan waktu sampai berjam-jam,bahkan setelah harus menunggu beberapa jam,gadget yang anda isi tak kunjung juga terisi.

Jika anda mengalami permasalahan tersebut,ada beberapa faktor penyebab kenapa baterai hp smartphone android tidak bisa terisi penuh atau memakan waktu terlalu lama ketika di cas,antara lain :

  • Charger yang anda gunakan mungkin kurang baik
  • Batre sudah harus diganti dengan yang baru
  • Mesin atau komponen gadget anda rusak
  • Listrik yang anda gunakan sering turun tegangan
  • Gadget digunakan berbarengan dengan pengisian daya


Agar baterai cepat terisi penuh,anda bisa melakukan beberapa cara mempercepat waktu pengisian batre hp smartphone android terutama ketika ngecas berlangsung,antara lain:


1. Gunakan alat Charger atau alat pengisian daya yang original


Mungkin sebagian dari anda ada yang beranggapan bahwa semua alat pengisian daya adalah sama,anggapan seperti ternyata salah besar.Ada beberapa alat pengisian daya yang memang dirancang untuk bisa mengisikan daya dengan cepat ada juga yang dirancang tidak seperti itu.

Jika anda masih belum meyakini hal itu,saya ingin mengajukan satu pertanyaan singkat untuk anda : Kenapa HARGA alat pengisian daya ada yang murah dan ada yang mahal?

Apakah karena warnanya bagus sehingga menjadi mahal? atau apakah karena kemasanya yang exsentrik yang membuat harganya mahal? tentu saja tidak,hal utama kenapa harganya bisa mahal adalah karena kemampuan atau komponen yang ditanamkan didalamnya merupakan komponen yang terbaik.

Inilah kenapa saya sarankan anda untuk menggunakan alat yang original atau asli.Anda cukup katakan kepada penjual bahwa anda ingin membeli alat charger yang asli ketika hendak membellinya.Dan jangan sampai tertipu saat anda membelinya,tanyakan garansinya karena jika barang original atau asli,saya yakin memiliki garansi resmi ( walaupun tidak semuanya ).


2. Gunakan batre yang original


Setelah anda mendapatkan alat pengisian daya yang asli,sekarang anda harus menggunakan batre yang asli juga.Penjelasanya hampir sama dengan penjelasan alat pengisian daya diatas.Dimana unit yang original akan lebih baik dan bagus daripada unit yang KW.

Jangan pernah merasa " rugi " jika membeli unit yang asli,karena selain awet,kemampuan menampung dayanya juga akan lebih baik daripada unit yang KW.


3. Gunakan tegangan listrik yang stabil


Hal ini sangat sepele tetapi sering diabaikan oleh para pengguna gadget.Apakah listrik di tempat anda sering " turun tegangan "?

Biasanya ditandai dengan " meredupnya " alat-alat elektronik ketika digunakan.Jika memang demikian,saya sarankan JANGAN gunakan tegangan/listrik tersebut.Karena selain berpengaruh kepada proses pengisian daya,turunya tegangan listrik ini bisa berakibat alat elektronik ( termasuk smatrphone ) bisa MATI TOTAL.

Silahkan cari tegangan listrik yang stabil dan normal untuk mencegah kerusakan yang lebih parah terjadi pada gadget kesayangan anda.


4. Matikan gadget ketika proses pengisian daya


Silahkan matikan gadget anda ketika proses pengisianya sedang berlangsung.Kenapa harus demikian?

Ketika gadget menyala,secara tidak langsung akan membutuhkan daya untuk menjalankan beberapa aplikasi ( baik yang anda gunakan ataupun yang berjalan di background ).Selain daripada itu,daya juga diperlukan untuk menyalakan lampu layar dan lainya.

Jika difikir dengan logika,bagaimana akan memangkas waktu charger jika sedang pengisian daya,dayanya juga harus digunakan untuk menjalankan kinerja yang lainya.Mungkin bisa diibaratkan " anda mengisikan air ke sebuah gelas tetapi gelasnya bocor ".


5. Gunakan alat bantu pengisian ( fast charging )


Ini merupakan alat pengisian daya yang memang dirancang untuk bisa menyuplai daya dengan kapasitas yang lebih besar daripada alat yang biasa digunakan.Alat chargering ( fast shargerr ) bisa anda dapatkan di toko-toko penjual elektronik terdekat.

Tetapi ketika anda memutuskan menggunakan alat ini,perhatikan hal berikut :

  • Jangan sembarangan menggunakan alat ini,karena jika komponen gadget anda tidak dirancang untuk bisa menerima daya yang besar,yang akan terjadi justru gadget anda akan terasa sangat panas dan bisa-bisa " batrenya melendung ".


Pastikan dengan betul-betul apakah gadget anda kuat untuk dipasangkan alat ini.Jika memang tidak,jangan dipaksakan.


6. Matikan atau tutup semua aplikasi yang berjalan otomatis


Jika ada aplikasi yang berjalan,maka sudah pasti batere juga akan mengeluarkan daya lebih untuk menjaga ponsel tetap menyala dan menjalankan aplikasi tersebut.

Dan perlu anda ketahui bahwa : Ada beberapa aplikasi yang bisa berjalan otomatis tanpa meminta persetujuan pengguna alias akan selalu berjalan sampai fungsi aplikasi tersebut dimatikan.

Untuk mematikan atau menutup semua aplikasi,ada 2 langkah yang bisa anda lakukan,yaitu :


  • Close semua aplikasi yang sudah anda gunakan sebelumnya ( biasanya dengan menahan tombol paling pinggir sebelah menu home )
Beda merk ponsel memang tombolnya akan berbeda,tetapi biasanya tombol yang bisa digunakan untuk melihat aplikasi yang masih berjalan di background adalah tombol sebelah tombol home.

Silahkan anda tekan dan anda tahan sebentar,nanti akan muncul beberapa aplikasi yang telah anda buka sebelumnya.Tutuplah dengan klik icon " X " atau menggesernya kesamping ke bagian icon tempat sampah.

Lakukan sampai semua aplikasi yang berjalan hilang.

  • Melalui menu settingan ( mencegah atau menutup izin kepada aplikasi untuk berjalan secara otomatis )
Jika anda memilih langkah ini,maka yang anda perlu lakukan adalah : Masuk menu setelan - pilih aplikasi - pilih setelah izin - nonaktifkan izin untuk aplikasi yang anda kehendaki.

Namun perlu anda ingat bahwa,jika menggunakan langkah ini,anda tidak boleh sembarangan menonaktifkan aplikasi ya,khususnya untuk aplikasi yang memang bawaan ponsel.

Untuk aplikasi tambahan,anda bebas untuk menonaktifkanya,untuk yang bawaan ponsel,saran saya biarkan mendapatkan izin untuk berjalan otomatis.



7. Gunakan power bank yang bagus dan berkualitas


Sekarang mungkin sedang zamanya power bank,ini adalah alat untuk pengisian daya dimana tidak diperlukan " stop kontak " untuk proses pengisianya.Dan jika anda menggunakannya,silahkan belilah power bank yang benar-benar bagus terutama dari segi kualitasnya.

Ingat baik-baik : power bank yang buruk bisa mengakibatkan gadget ( batre ) anda rusak.Pilihlah dengan benar dan jangan terlena harga murah.


8. Matikan data internet ( signal untuk internetan saja )


Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mematikan data internet.Yang saya maksudkan data internet itu adalah signal yang digunakan untuk internetan saja.

Jadi,jika anda melakukan hal ini,mungkin anda TIDAK AKAN BISA INTERNETAN,tetapi masih bisa menerima panggilan masuk serta menerima pesam SMS.

Dengan mematikan fitur " data connection ",maka kinerja batere gadget anda akan lebih ringan karena tidak lagi mengeluarkan daya untuk mencari sinyal internet ( H+,3G ataupun 4G ).Untuk langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Masuk menu setting/setelan
  • Pilih " lainya "
  • Pilih " data seluler "
  • Pilih sim 1 atau sim 2 ( jika anda menggunakan 2 sim card ) dan pilihlan kartu yang anda gunakan untuk internetan
  • Pada tulisan " data connections/koneksi data/koneksi internet " silahkan di OFF kan 
  • Selesai
Setelah anda melakukan hal tersebut,otomatis ponsel anda akan berhenti menampilkan sinyal H+,3G serta 4G dan hanya menampilkan bar sinyal saja.

Seperti yang saya katakan sebelumnya,jika anda mengaktifkan point ini,maka anda tidak akan bisa internetan untuk sementara waktu sampai setinganya anda ON kan kembali.Tenang saja,dengan langkah ini,telpon dan SMS akan tetap bisa masuk kok.


9. Aktifkan mode pesawat " airplane mode "


Ini hampir mirip dengan mode sinyal internet pada point sebelumnya.Hanya saja,jika anda mengaktifkan mode ini maka,SEMUA SINYAL akan di block.

Jadi tidak hanya sinyal internet saja,tetapi telpon dan sms juga tidak akan bisa masuk sampai anda menonaktifkan mode ini atau mengembalikan ke mode normal.

Untuk langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Silahkan masuk menu setelah/setting
  • Biasanya akan ada simbol atau gambar pesawat 
  • Silahkan anda ON kan
  • Selesai
Setelah anda meng ON kan mode tersebut,sinyal akan langsung terblok pada ponsel anda.Sampai anda meng OFF kanya kembali.

Tenang saja,mode ini memang dirancang supaya ponsel anda tetap menyala tetapi anda akan merasa tenang karena tidak akan ada SMS ataupun telpon dari orang lain.Bahkan WA dan aplikasi sejenisnya tidak akan bekerja jika mode ini diaktifkan.


10. Gunakan kabel yang bagus ( 2.2 ampere )



Mungkin masih banyak dari anda yang tidak tahu akan point ini.Saya akan jelaskan untuk anda :

Yang namanya kabel charger itu terbagi menjadi 3 macam,yaitu :

  • Kabel skala 1,1 ampere
  • Kabel skala 2,2 ampere
  • Kabel entah berantah 
Kabel skala 1,1 sering juga disebut dengan kabel charger apere 1.0 dan untuk yang skala 2.2 sering disebut dengan sebutan kabel ampere 2.0.

Semakin besar ampere nya maka,kekuatan untuk mengalirkan arus juga akan semakin kuat.

Silahkan anda perhatikan pada perangkat powerbank yang memiliki 2 port lubang out.Pasti akan ada tulisan ( yang satu 1,1 ampere dan yang satu 2,2 ampere ) jika powerbank anda adalah jenis bagus.

Hanya saja,jika anda membeli kabel dengan kekuatan 2.2 ampere,anda harus melihat daya pada kepala chargernya.Jika tertulis 2.2 ampere,maka anda bisa mendapatkan daya yang maksimal saat proses charging dilakukan.

Sebaliknya,jika kepala charger anda tertulis hanya memiliki daya 1,1 ampere,maka saran saya adalah mengikuti anjuran dari pabriknya saja alias ikuti charger yang diberikan ketika waktu pertama kali beli dulu.


11. Periksa komponen mesin


Ada beberapa kasus dimana permasalahan ini terjadi akibat kerusakan komponen mesin seperti : port cargernya,ICnya dan beberapa komponen mesin yang lainya.Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan tetapi tidak mendapatkan hasil yang meuaskan,ada baiknya anda lakukan pengecekan ke tukangs servis kepercayaan anda.

Dan jika memang terjadi masalah pada komponenya,saya sarankan untuk menggunakan komponen pengganti yang original juga.Tidak jarang " oknum servis nakal " yang megoplos komponen dengan komponen yang kualitasnya tidak bagus.

Mungkin ada baiknya anda katakan untuk menggantinya dengan komponen yang original sebelum memutuskan untuk melakukan servis pada mesin gadget anda.


Semoga dengan melakukan beberapa langkah diatas,sekarang gadget anda sudah tidak lagi membutuhkan waktu yang terlalu lama ketika melakukan pengisian daya.Dan mungkin beberapa artikel dibawah juga bisa berguna untuk anda :



Demikian pembahasan tentang bagaimana cara supaya baterai hp android bisa cepat terisi penuh saat di cas atau charger yang sering saya praktekan sendiri dan memang terbukti berhasil.Terimakasih telah membaca dan semoga membantu,see uu.

7/14/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 11 Cara Mengisi Baterai HP Android Agar Cepat Penuh Saat Ngecas.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar