11 Tips Mudik Lebaran Supaya Lancar serta Terhindar Dari Masalah

Tips dan trik mudik lebaran atau pulkam yang akan saya berikan kali ini bertujuan supaya perjalanan pulang kampung anda lancar aman dan selamat sampai tujuan baik untuk anda yang menggunakan sepeda motor mobil ataupun angkutan umum seperti bus dan kereta api.Cara yang saya tuliskan ini berdasarkan pengalaman pribadi dan bersumber dari beberapa informasi teman di media sosial.

Supaya mudik atau pulkam anda lancar,anda perlu mempersiapkan beberapa hal dan selain itu juga anda wajib untuk mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan selama perjalanan pulang kampung anda dimulai.Baik anda pergi sendiri atau berboncengan membawa teman atau penumpang,alangkah baiknya jika anda mengutamakan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara bukan.


Tips Mudik Supaya Lancar




tips untuk pemudik yang ingin mudik lebaran atau pulkam









Mudik atau pulkam ( pulang kampung ) adalah sebuah tradisi dimana mereka-mereka yang bekerja di luar kota akan pulang ke kampung halaman mereka di desa ketika liburan hari raya idul fitri tiba.Tahukah anda,jika tradisi pulang kampung ini hanya ada di negara indonesia saja.

Sebenarnya,di negara lain juga ada perjalanan seperti ini,tetapi jumlah orang yang pulkam tidak sebesar dan sebanyak yang ada di indonesia.Mungkin hal ini disebabkan karena mayoritas penduduk desa lebih memilih untuk merantau dan mengadu nasib di kota-kota besar seperti jakarta,bekasi,karawang,cikarang dan sekitarnya.

Sampai saat ini,daerah atau wilayah itulah yang memiliki jumlah pemudik terbesar di indonesia.Menurut data yang saya peroleh,jumlah pemudik dari daerah tersebut jika di total,mencapai angka 20.000 pemudik bahkan jika di hitung total ( semua yang pulang dengan kendaraan apapun ),jumlahnya mencapai angka 50.000 jiwa lebih.


Kendaraan yang Sering Digunakan Pemudik

Dari sekian ribu orang pemudik,mereka menggunakan alat transportasi yang cukup beragam,seperti :
- Sepeda motor
- Mobil pribadi
- Bus
- Kereta api
- Pesawat terbang
- Kendaraan tidak umum seperti becak,oplet,dan kendaraan lain yang mungkin tidak terbayangkan oleh anda sebelumnya

Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan oleh pemudik.Jika anda pernah melakukan perjalanan ini beberapa tahun silam,maka anda tidak akan kaget dengan pemandangan macetnya kendaraan sampai puluhan kilometer yang didominasi oleh sepeda motor.

Hal menarik lainya adalah megenai kendaraan yang tidak umum seperti yang saya sebutkan sebelumnya seperti becak,oplet dan lainya.Percaya atau tidak,hal ini memang nyata terjadi dan pemandangan seperti itu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia.

Memang tidak bisa dipungkiri lagi,jika mudik lebaran merupakan momen spesial yang hanya terjadi setahun sekali dan merupakan moment yang " sakral " bagi mayoritas warga muslim indonesia.Dalam momen ini,semua keluarga besar akan berkumpul dan saling meminta maaf satu sama lain,memang pemandangan yang sangat instimewa.

Untuk anda yang akan melaukan perjalanan ini,baik menggunakan kendaraan apapun,ada baiknya anda melakukan langkah dibawah ini supaya perjalanan anda lancar dan selamat sampai tujuan :


1. Persiapkan Kendaraan


Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan persiapan kendaraan yang akan anda gunakan,seperti servis mesin,mengecek rem,lampu dan kelistrikan dan semua komponen dalam kendaraan anda.

Pastikan semua bagian mesin dan part lainya berfungi dengan baik.Jangan pernah memaksakan menggunakan kendaraan yang tidak layak jalan karena hal tersebut bisa membahayakan keselamatan anda dan pemudik lain nantinya.

Walaupun perjalanan pulkam sangat penting,tetapi keselamatan jiwa anda jauh lebih penting.Percayalah,orang-orang dirumah anda jauh lebih mengharapakan anda sehat wal afiat daripada harus kehilangan jiwa karena memaksakan pulkam menggunakan kendaraan yang tidak layak untuk digunakan.


2. Persiapkan Bekal


Dalam perjalanan nanti,anda akan membutuhkan bekal selama berada dijalan.Karena saya yakin selain jarak tempuh yang jauh,waktu yang akan anda habiskan dijalan akan sangat lama,bisa sampai puluhan jam.

Itulah kenapa anda harus mempersiapkan bekal dengan selengkap mungkin,seperti :

- Uang cash ( uang kontan )
- Baju ganti secukupnya ( menghindari basah atau kotor dijalan )
- Makanan dan minuman
- Obat - obatan ( mencegah masuk angin atau sakit kepala dijalan )
- Isi pulsa Hp atau kuota internet HP anda ( untuk menghubungi orang lain ketika berada dijalan )
- Pastikan anda membawa semua surat dan dokumen seperti SIM dan STNK,KTP dan sebagainya


3. Perhitungkan Semua Hal


Jika anda menginginkan semuanya lancar,maka anda harus memperhitungkan semuanya,seperti :

- Bensin akan habis berapa
- Mempersiapkan uang cadangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan
- Melihat cuaca apakah akan cerah atau hujan

Dengan memperhitungkan hal-hal tersebut,selain perjalanan anda akan terasa nyaman karena sudah dipersiapkan,anda juga akan terhindar dari berbagai hal merepotkan yang tidak terduga.


4. Hindari Membeli Makanan di Tempat Tidak Jelas


Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mengalami dimana ketika anda mekan di sebuah tepat makan,anda dikenakan biaya atau tarif yang diluar nalar.

Seperti baru-baru ini yang sedang viral di media sosial,dimana ada sebuah warung makan lesehan dengan tarif makan satu porsi mencapai angka 700.000 rupiah.

Selain itu,pengalaman saya dulu ketika kehabisan bensin dan membeli bensin eceran,tahukah anda berapa harga untuk 1 liter bensin eceran saat mudik tiba? 25.000 rupiah hanya untuk 1 liter.Sangat disayangkan memang ulah oknum pedagang nakal yang memanfaatkan keadaan seperti ini.

Untuk menghindari hal tersebut,anda bisa membeli segala sesuatu di tempat tempat resmi seperti pombensin ( jika ingin beli bensin ) kemudian toko ritel alfamart/indomaret jika ingin membeli makanan dan minuman.

Jika tempat resmi terlalu jauh jaraknya,SEBELUM MEMBELI,PASTIKAN ANDA MENANYAKAN HARGANYA TERLEBIH DAHULU.


5. Lakukan Semua Hal Ditempat Resmi/Legal


Selain makanan dan minuman,saya saranka anda melakukan kegiatan apapun selama perjalanan di tempat-tempat resmi yang biasanya sudah disediakan pemerintah.

Biasanya di setiap pinggir jalan,pemerintah sudah menyiapkan tempat instirahat untuk para pemudik.Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah dan menghindari " pemalakan harga/tarif " yang dilakukan oleh oknum nakal yang mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Bahkan jika kendaraan anda bermasalah,sebisa mungkin untuk melakukan perbaikan di tempat resmi dan legal.Jika tidak bisa,sebelum melakukan perbaikan,TANYA HARGA DULU supaya tidak terkena kasus seperti yang saya katakan diatas.


6. Hindari Istirahat di Tempat Sepi


Ramai dan penuh sesak memang sudah menjadi konsidi dan situasi " wajib " ketika tradisi pulkam tiba.Tetapi anda jangan sampai lengah,alih-alih mencari tempat yang sepi,anda justru menjadi sasaran empuk oknum yang tidak bertanggung jawab.

Saya pribadi lebih menyukai tempat ramai ketika ingin beristirahat.Kalau tidak dekat pos polisi,biasanya saya mencari tempat rest area resmi yang didirikan pemerintah atau lembaga lain.Bukan untuk gaya-gayaan,ini saya lakukan untuk mencegah tindak kriminal yang sangat rawan menimpa para pemudik.


7. Bawa Benda Berharga Seperlunya Saja


Sekali lagi saya ingatkan bahwa tindakan oknum yang tidak bertanggung jawab sangat marak terjadi ketika momen pulkam seperti ini terjadi.Untuk menghindarinya,silahkan membawa barang berharga seperlunya saja,sisanya silahkan simpan di dalam tas atau disimpan di bank saja.

Benda berharga yang rawan dicuri adalah uang kontan dan perhiasan ( cincin,kalung,gelang dan sejenisnya ).

Mungkin anda bermaksud untuk membuktikan kesuksesan anda dengan menggunakanya,tetapi gunakanlah nanti ketika sudah samapi rumah.Kalau sedang dijalan,saya rasa tidak perlu anda perlihatkan ke orang lain.

Itu bisa memicu tindak pencurian dan peramp0kan.


8. Hati-Hati dengan Orang Asing


Bagi anda yang menggunakan kendaraan transportasi umum seperti bis dan kereta api,didalam kendaraan nanti pasti anda akan berjumpa dengan pemudik lain yang anda tidak kenali bukan?

Bukan bermaksud untuk berprasangka buruk,tetapi anda WAJIB untuk selalu wasapada dan berhati-hati kepada orang yang tidak dikenal.Terutama jika orang tersebut terlihat sok kenal apalagi menawarkan makanan atau minuman.

Saran saya,silahkan tolak dengan halus dan bila perlu JANGAN terlalu membuka diri kepada orang asing.Jika ingin ngobrol,bicara seperlunya saja dan jangan sampai terbawa suasana.

Wasaoada dan selalu berhati-hati yaa.


9. Cari Alternatif Masalah di Media Sosial


Point ini tidak kalah penting untuk anda lakukan.Yang saya maksudkan mencari alternatif itu seperti :

- Bagaimana cara mengatasi ban bocor jika jauh dari tambal ban
- Mengatasi air aki habis dijalan

Dan berbagai permasalahan lain yang sekiranya bisa saja terjadi menimpa anda dalam perjalanan nanti.

Anda bisa mencari berbagai cara tersebut pada media sosial seperti YOUTUBE.Dalam aplikasi tersebut,ada banyak sekali cara-cara alternatif untuk mengatasi berbagai masalah yang tidak terduga dengan langkah yang tidak pernah anda fikirkan dan bayangkan sebelumnya.

Bukan mendoakan hal buruk terjadi menimpa anda,tetapi hal ini sangat penting jika benar terjadi menimpa anda nantinya.


10. Pastikan Memmbawa Alat Komunikasi


Komunikasi menjadi hal yang sangat penting dan tidak boleh anda lupakan.Dengan berkomunikasi dengan orang lain,anda bisa selalu meng update kondisi dan situasi yang tengah anda alami.

Selain selalu mengisi pulsa dan kuota internet,anda juga jangan sampai lupa membawa charger atau mungkin power bank untuk menjaga ponsel anda selalu standbay.


11. Selalu Berfikir " Cerdas "


Dalam situasi yang ruwet seperti saat tradisi pulkam ini terjadi,semua hal seolah terbawa suasana menjadi kacau dan berantakan.Bahkan banyak pemudik yang sampai lupa harus membawa barang yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Selain itu,banyak kemungkinan lain yang bisa terjadi saat anda melakukan perjalanan jauh ini.Apapun masalah yang menimpa anda nanti,anda harus dituntut untuk berfikir extra supaya terhindar dari berbagai masalah.

Saya berikan beberapa contohnya untuk anda :

- Ketika lelah dan mengantuk,jangan pernah memaksakan untuk melanjutkan perjalanan,dan jika mencari tempat istirahat,lihatlah apakah tempat tersebut aman atau tidak

- Jika terjadi ban bocor dijalan,sebelum memutuskan untuk melakukan penambalan,silahkan tanya dulu harga yang harus dibayarkan untuk menghindari kecurangan oknum


Hal-hal kecil seperti diatas harus anda fikirkan dengan baik.Tujuan utamanya adalah untuk mencegah anda menjadi " korban " banyaknya orang yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

Jika ada yang masih kurang,atau anda ingin menanyakan sesuatu,silahkan tanyakan dalam kolom komentar dibawah artikel ini.

BACA :

- Tips naik kereta supaya aman sampai tujuan


Demikian pembahasan tentang beberapa tips untuk anda yang akan melakukan perjalanan mudik atau pulkam ( pulang kampung ) supaya aman lancar dan terhindar dari berbagai masalah.Terimakasih telah membaca,see uu.

6/01/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 11 Tips Mudik Lebaran Supaya Lancar serta Terhindar Dari Masalah.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar