Cara Daftar PT Aisin Indonesia Online,Global,Pos,Email.BKK

Cara daftar kerja ke PT aisin indonesia kawasan EJIP cikarang bisa dilakukan dengan menggunakan 4 metode yaitu via yayasan global kemudian lewat email lalu menggunakan BKK sekolah dan terahir menggunakan pos indonesia jika memang anda berminat melamar pekerjaan disana.Keempat metode itulah jalan yang bisa anda lakukan jika ingin menjadi karyawan perusahaan pabrik ini.

Cara melamar kerja di PT aisin indonesia harus anda lakukan dengan langkah yang benar karena selain supaya anda terhindar dari penipuan pekerjaan,dengan memahami alur proses yang benar,anda bisa mengerti dan tau harus bagaimana mempersiapkan diri.

Dari 4 metode cara melamar pekerjaan di PT aisin indonesia yang akan saya jelaskan ke anda,masing-masing metode memiliki alur atau proses yang berbeda.Silahkan anda baca dan fahami dengan baik supaya anda benar-benar mengerti dan faham.


Cara Mendaftar Kerja ke PT Aisin Indonesia 




tatacara melamar pekerjaan ke pt aisin indonesia



PT aisin indonesia adalah sebuah perusahaan manufactur atau pembuatan produk otomotif bernama clutch atau diafragma.Jika anda tidak mengerti part ini,ini adalah bagian dekat roda mobil bagian dalam yang bentuknya hampir mirip seperti piring yang bisa mengembang dan mengempis.

Komponen ini berfungsi membantu sebuah roda kendaraan untuk melakukan pengereman.

Pabrik ini TIDAK membuatnya dari barang mentah yaa,melainkan pihak perusahaan melakukan import dari perusahaan luar berupa komponen " bahan baku " kemudian dirakit menjadi sebuah cluth cover didalam pabrik.

Saya bisa menuliskan ini karena memang beberapa tahun yang lalu saya pernah bekerja pada perusahaan dengan gaji terbesar kedua setelah musashi ini.


Cara Melamar Kerja PT Aisin Indonesia Via Online/Web


Yang pertama dan yang paling simple ( dalam artian anda tidak perlu keluar rumah cukup menggunakan ponsel sudah bisa ) adalah menggunakan website atau pendaftaran via online.

Kebetulan,sekarang perusahaan ini sudah menyediakan website resmi untuk melakukan proses recruitment online.

Untuk langkahnya sebagai berikut :
  • Persiapkan berkas anda ( scan berkas lamaran kerja seperti ijazah,skhun dan yang lainya )
  • Buka website resminya di alamat https://aiia.co.id/job-vacancies
  • Akan muncul tampilan seperti dibawah


cara daftar kerja pt aisin indonesia via online





  • Silahkan lihat mana yang cocok dan belum ditutup pendaftaranya
  • Klik lamar
  • Selanjutnya akan muncul halaman baru dimana anda harus mengisi form pendaftaran dengan biodata dan upload berkas yang sudah di scan sebelumnya
  • Ikuti langkahnya sampai akhir dan selesai

Setelah anda menlakukan pendaftaran online,anda hanya tinggal menunggu panggilan saja.Anda bisa menambahkan opsi kirim lamaran via pos atau melamar menggunakan email untuk menambah kesempatan anda dipanggil nantinya.


Cara Melamar Pekerjaan ke PT Aisin Indonesia Lewat BKK Sekolah


Yang selanjutnya akan saya bahas adalah,bagaimana langkah pendaftaran jika menggunakan jalur BKK sekolah atau Bursa Kerja Khusus.

Jika anda belum mengerti ini apa,BKK adalah sebuah lembaga atau organisasi yang biasanya ada pada setiap sekolah SMK/STM dimana guru-guru pengajar sekolah tersebutlah yang mengelolanya.Jadi setiak BKK sekolah itu,pengurusnya kalau bukan guru BP,wakil kepala sekolah ya guru yang lain.

Biasanya,sebuah perusahaan dalam mencari calon karyawan,mereka akan menghubungi sekolah tertentu ( sesuai kehendak mereka ) dan menawarkan kerjasama diantara kedua belah pihak.Intinya,perusahaan ingin melakukan recruitment terhadap siswa lulusan sekolah tersebut.

Jika terjadi kesepakatan maka,biasanya pihak sekolah akan membuka lowongan menuju perusahaan yang bersangkutan melalui media sekolah.Nantinya,proses seleksinya berlangsung pada sekolah itu,TAPI yang seleksi biasanya pertugas/karyawan pabriknya langsung.

BACA :



Saya rasa penjelasanya cukup yaa.Sekarang,anggaplah anda sudah mendapatkan sebuah sekolah ( SMK/STM ) yang membuka loker untuk pabrik aisan indonesa,lalu langkah pendaftaranya bagaimana?

Untuk langkah pendaftaranya adalah sebagai berikut :

  • Mempersiapkan berkas lamaran

Yang perlu anda perhatikan pertama kali adalah kesiapan dan kelengkapan berkas/dokumen lamaran.Silahkan anda lengkapi sesuai dengan prtunjuk yang tertera pada informasi lowonganya,jangan sampai kurang.

Jika semuanya sudah lengkap sesuai persyaratan yang diminya,maka lakukan langkah selanjutnya.

  • Mendaftarkan diri

Silahkan anda datangi sekolah atau BKK yang bersangkutan dengan membawa berkas lamaran sesuai dengan permintaan.Silahkan katakan kepada petugas sekolah jika anda ingin mendaftarkan diri.

Sistem pendaftaranya ada 2 macam,yaitu menjadi member dulu dan menunngu,atau bayar langsung ikut tes.

Saran saya,lakukan pendaftaran jika memang FIX sudah ada loker supaya begitu anda bayar member,anda langsung tes,tidak menunggu terlalu lama sampai berbulan-bulan tidak ada panggilan.

Biaya pendaftaran BKK tidak terlalu mahal,kisaran 25.000 sampai 50.000.Kalau ada yang terlampau mahal,silahkan tanyakan kepada saya lewat komentar dibawah artikel ini.

  • Mengikuti tes psikotes

Jika anda sudah membayar member,barulah anda boleh untuk mengikuti seleksi.Tentu saja bayar karena ini lewat jasa BKK,kalau melamarnya langsung ke PTnya,akan gratis.

Proses seleksi pertama biasanya adalah psikotes.

Proses psikotes ini biasanya berlangsung di BKK sekolah tetap[i terkadang juga berlangsung di pabriknya langsung.Ini semua tergantung kesepakatan kedua belah pihak ( antara sekolah dengan perusahaan ).

Anda hanya tinggal mengikuti instruksi saja.

BACA JUGA :


  • Interview/Wawancara

Jika proses psikotes anda dinyatakan lolos dan berhasil,proses selanjutnya adalah mengikuti tahapan wawancara/nterview.

Pada tahapan ini,biasanya berlangsung di perusahaanya langsung,kalaupun berlangsungnya di sekolahnya,pasti yang akan datang dan mewawancarai anda adalah orang perusahaan langsung.

Proses wawancara tidak beda jauh seperti tahapan interview pada umumya.Anda akan ditanyai dengan berbagai macam pertanyaan yang harus anda jawab.

BACA LAINYA :



  • MCU ( tes kesehatan )

Jika anda lolos tahapan wawancara,maka anda akan diberikan kesempatan untuk mengikuti tahapan tes pengecekan kesehatan.

Tes kesehatan ini berlangsung di sebuah klinik,kalau saya tidak salah letaknya di daerah lippo cikarang.Tetapi mungkin saja berbeda,semua sudah ditunjuk oleh perusahaan,jadi anda hanya mengikuti semua petunjuknya.

Anda tidak boleh melakukan pengecekan kesehatan ditempat yang bukan rujukan perusahaan.Jadi,perusahaan akan menunjuk tempatnya dan anda harus melakukan tahapan MCU ditempat tersebut.

  • OJT ( Training )

Ini mungin tahapan terahir dari serangkaian proses yang berlangsung.Dalam tahapan ini,anda akan diberikan sebuah pembelajaran mulai dari materi dan praktek disebuah ruangan khusus untuk training.

Kalau dilihat,anda dan pelamar lain akan terlihat seperti sedang bersekolah,dimana masuk pagi,duduk didalam ruangan,mendengarkan materi,catat yang penting dan sesekali akan dilakukan tes mengenai materi yang disampaikan.

Silahkan perhatikan materi yang diberikan dan catatlah semua yang penting-penting,karena setelah materi selesai,biasanya anda semua akan diberikan tes tertulis membahas materi yang sudah disampaikan.

Nilai anda akan dimasukan kedatabase,tetapi ini BUKAN nilai utama.

Yang menjadi point utama penilaian adalah attitude/tatakrama dan kemauan bekerja yang sungguh-sungguh.

Proses ini berlangsung selama kurang lebih 1 munggi atau 7 hari,mungkin bisa sampai 10 hari atau bahkan 14 hari tergantung kebijakan perusahaan.

  • TTD ( Tanda Tangan Kontrak )

Jika semua tahapan bisa anda lalui dengan baik,maka anda akan dinyatakan lolos dan berhak untuk menandatangani kesepakatan kerja.

Pada tahun saya bekerja yang lalu,kontrak pertama PT AISIN itu 6 bulan,dan jika anda bagus,maka akan diperpanjang lagi 6 bulan.Jadi totalnya hanya 1 tahun saja.

Jika dalam kurun waktu 1 tahun anda performanya bagus,maka anda akan mendapatkan referensi pengangkatan kartap atau karyawan tetap dengan mengikuti tes lagi.Jika anda beruntung,maka anda akan diangkat menjadi permanen.


Cara Melamar Pekerjaan ke PT Aisin Indonesia Lewat Yayasan Global


Mungkin jika anda adalah perantau didaerah cikarang,bekasi dan sekitarnya,akan sangat familier dengan yayasan penyalur kerja GLOBAL.

Ini memang satu-satunya yayasan ( yang saya tau ) yang bekerjasama dengan pihak AISIN.Untuk yayasan yang lain,saya tidak tau ( mungkin saja ada tapi setau saya belum ada ).

Untuk proses atau alurnya seperti ini :

  • Member

Biasanya jika ada loker,pihak yayasan global akan memajang pengumuman dipapan depan.Jika memang ada,maka silahkan melakukan member untuk bisa mengikuti seleksi.

Tanpa melakukan member,anda tidak boleh mengikuti seleksi.Biaya membernya kurang lebih 80.000 ribu kurang lebih.Berhubung agak banyak uang yang harus anda bayarkan,saran saya,lakukan member jika ada lowongan saja.

Jika belum buka,tidak perlu melakukan member,nanti anda harus menunggu sampai ada lowonganya.

  • Psikotest

Pada tahapan ini,anda akan mengikuti sebuah seleksi dengan mengerjakan beberapa soal yang harus anda kerjakan.Sistem ini mengunakan sistem AKUMULASI,dimana dari semua soal yang anda kerjakan,akan digabung dan dicari yang nilainya tinggi-tinggi.

Bentuk soalnya antara lain : Kreplin/pauli kemdudian matematika cerita lalu soal gambar pohon atau rumah.

Untuk jumlah dan jenis soalnya sendiri setiap seleksi berbeda,tapi secara garis besar itu semua yang keluar.

Pengumumanya biasanya menunggu beberapa hari sampai 1 minggu.Nanti akan diberitahukan lewat SMS atau telpon ( biasanya SMS ).Tetapi,ada kalanya pengumumanya hanya menunggu beberapa jam saja ( hari itu juga ).

Ini semua kebijakan pihak yayasan,jadi anda hanya bisa mengikuti alurnya saja.

  • Interview psikolog

Jika anda dinyatakan lolos,maka anda akan diberikan kesempatan untuk megikuti wawancara dengan seorang psikolog.

Sebenarnya,wawancara dengan psikolog itu tidak jauh beda dengan wawancara dengan HRD.Hanya saja,bentuk pertanyaan dan triknya yang sedikit berbeda.Saya sudah menuliskanya diartikel saya yang lainya.



  • Interview user

Bila anda ternyata lolos juga,maka anda akan diberikan kesempatan untuk interview dengan user.User disini maksudnya adalah : Anda akan ditanyai langsung oleh " calon " leader atau atasan anda.

Jika ternyata user tidak cocok dengan anda,biasanya anda akan diberikan kepihak user yang lain yang mungkin akan cocok dengan anda.

Jika semua user menyatakan anda tidak cocok,maka anda akan gaga tahapan ini.

Perlu anda perhatikan bahwa,TIDAK SEMUA kandidat mendapatkan kesempatan untuk wawancara dengan user yang berbeda.Adakalanya ketika 1 user menyatakan tidak cocok,maka anda akan dinyatakan gagal,tetapi biasanya kalau yang satu tidak cocok,maka anda diberikan kesempatan kedua.

Semua tergantung rezeki anda karena itu semua kebijakan perusahaan.Berusaha dan berdoa saja.

  • OJT ( training )

Penjelasan ini sudah saya sampaikan diparagraf atas.Dan jika anda lulus,maka anda berkesempatan untuk menandatangani perjanjian kerja dengan pihak perusahaan.


Cara Melamar Pekerjaan di PT Aisin Indonesia Lewat Pos


Ini adalah langkah yang saya tempuh dulu waktu diterima bekerja disana.Sebenarnya saya sudah melamar lewat yayasan global,tetapi saya gagal pada tahapan psikotesnya.

Saya tidak putus harapan,saya coba untuk mengirimkan lamaran menggunakan jasa pos,ternyata mendapatkan panggilan.

Untuk prosesnya sebenarnya SAMA SAJA,yang membedakan itu,semua tahapan dilakukan di perusahaan,hanya porses interview psikolog saja yang diluar perusahaan.Selebihnya,semuanya berlangsung di pabriknya langsung.



Ok,saya anggap anda sudah mengirimkan lamaran dan mendapatkan panggilan.Untuk tahapanya sebagai berikut :

  • Tes psikotes

Jika anda melamarnya itu menggunakan pos,maka ketika anda dipanggil nanti,proses pertama adalah langsung psikotes.

To the point memang,itulah kenapa saya menyarankan anda untuk mencoba ini terlebih dahulu.Jika langkah ini tidak tembus,maka cobalah menggunakan metode atau tempat melamar yang lainya.

Proses psikotesnya sedikit menegangkan.Pertama saya dan peserta lain datang dan berkumpul dihalaman depan untuk melakukan absen sesuai data yang ada.Setelah itu kami semua diinstruksikan untuk masuk ruangan tes.

Soal yang keluar antara lain : kraepelin/pauli.matematika cerita,gambar pohon dan gambar logika.Untuk penjelasan soal psikotesnya sudah saya berikan diparagraf atas tadi.

Hasilnya bagaimana?

Pengumumanya menunggu sampai kurang lebih 1 minggu.Tetapi saya 3 hari sudah mendapatkan SMS bahwa saya lulus dan berhak mengikuti tahapan interview.

  • Interview psikolog/psikiater

Seperti penjelasan sebalumnya,bahwa pada tahapan ini anda akan diwawancarai oleh seorang psikiater.Untuk tempatnya sendiri kalau saya tidak salah ingat didaerah JATI ASIH bekasi ( kalau saya tidak salah tapi ).

Tenang saja,saat anda mendapatkan SMS interview,akan diberikan penjelasan alamat,jalan serta kendaraan angkot apa yang harus anda naiki.

WAITTT,ini asli yaa,karena yang SMS itu pihak perusahaan langsung dan memang HRDnya sudah mengatakan kalau akan memmberikan patokan alamat lewat SMS.Ini beda dari bentuk penipuan pemanggilan kerja yang marak terjadi yaa.

  • Interview user

Jika anda berhasil melaluinya,maka anda akan berkesempatan untuk melakukan sesi wawancara dengan user.

Saya termasuk beruntung karena ketika pertama kali saya melakukan wawancara dengan user,usernya langsung cocok dan menerima saya.

Untuk tanda-tanda user cocok dengan anda itu terlihat ketika jawaban yang anda berikan dibalas dengan raut muka yang puas ( ngangguk biasanya ).Dan juga,kalau usernya cocok itu,bertanyanya tidak muter-muter,karena sudah puas dengan jawaban anda.

kalau usernya terlihat seperti ragu dan tidak yakin dengan anda,maka kemungkinan mereka tidak cocok dengan anda.tetapi itu semua kembali lagi ke rezeki masing-masing,ini hanya sebagai opini saja.

  • Medical Chek Up 

Waktu itu saya medicalnya di klinik HOSANA kalau tidak salah ingat.Lokasinya dengan dengan yayasan global ( satu komplek ruko ).

Untuk bagian yang diperiksa ada banyak,antara lain : tinggi badan,berat badan,bekas tato dan tindik,mata,darah,uri*e,tekanan darah dan rotgen paru-paru.

  • OJT dan TTD kontrak

Jika semua tahapan bisa anda lalui dengan baik,maka anda akan berkesampatan mengikuti tahapan OJT dan tanda tangan kontrak.


Cara Melamar Pekerjaan di PT Aisin Indonesia Lewat Email


Langkah ini saya peroleh dari teman satu line dulu yang mengatakan bahwa melamarnya menggunakan email.

Tapi teman saya itu lulusan S1,jadi bukan SMK/STM/SMA sederajat yang posisi kerjanya biasanya sebagai operator seperti saya.Teman saya seorang QC.

Tapi mau lulusan apapun itu,kalau sudah rezekinya,maka tidak akan tertukar.Walaupun anda lulusan sekolah menengah atas,tidak ada salahnya untuk mencoba melamar menggunakan metode email ini.Untuk tahapanya adalah sebagai berikut :

  • Kirim email

Tentu saja yang pertama adalah anda harus mengirimkan emailnya terlebih dahulu.Bagi anda yang ingin mencobanya,silahkan mengirimkan email ke :  recruitment@aiia.co.id

Sebelum mengirimkan emailnya,pastikan semua berkasnya sudah lengkap sesuai dengan lowongan yang tertera.Pastikan juga anda mengerti dan tau bagaimana langkah mengirimkan lamaranya,khususnya menggunakan surel seperti G-mail ataupun Yahoo.



  • Tes psikotes

Jika anda beruntung ( khususnya bagi anda yang lulusan sekolah menengah atas ),maka anda akan diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi seperti sebelumnya,yaitu psikotes,interview,MCU dan training/OJT.

  • Langsung interview dan nego gaji

Mungkin karena teman QC saya lulusan S1,makanya langsung mengiktui tahapan wawancara tanpa harus mengikuti tes psikotes dan lainya.

Dalam wawancaranya juga membahas soal negosiasi gaji.Mungkin bagi anda yang lulusan D3 keatas,bisa mencoba lagkah ini.

  • Magang

Walaupun lulusan sarjana,bukan berarti bisa semudah membalikan telapak tangan untuk bisa bekerja diperusahaan ini yaa.

Jika anda lolos tahapan interview,anda akan diberikan kesempatan untuk magang selama 6 bulan.Dalam kurun waktu 6 bulan,anda harus memberikan kontribusi dan performa yang bagus untuk perusahaan.

Setelah magang 6 bulan,biasanya anda akan diberikan kesempatan untuk presentasi didepan semua petinggi perusahaan ( menagar,leader,supervisor dan sebagainya ).

Anda dituntuk untuk melakukan presentasi berkaitan dengan masalah yang dihadapi perusahaan dan bagaimana langkah untuk mengatasinya.Semakin bagus presentasi anda,maka kesempatan untuk menjadi kartap akan semakin besar.

Loh,berarti 6 bulan doang jadi kartap?

BENAR.Untuk lulusan D3 keatas memang masa magang kontraknya hanya 6 bulan.Tapi seperti yang saya katakan sebelumnya,kalau itu semua tidak semudah membalikan telapak tangan.

Presentasi itu tidak mudah,karena harus berfikir extra.Belum tentu juga dengan presentasi yang bagus akan bisa jadi kartap.Kalau manager dan petinggi lain tidak cocok,ya presentasi sebagus apapun tidak akan mempan.


TAMBAHAN :


1. Kalau melamarnya lewat website resmi apakah bisa?

Sebenarnya ada website resminya,alamatnya : http://aiia.co.id/career

Tapi sering sekali error dan tidak bisa dibuka.Itu memang benar website resmi perusahaan,tapi karena selalu error,jadi saya tidak tuliskan tutorial nya dalam artikel ini.Untuk apa menuliskan yang tidak bisa dicoba.

Banyak yang menuliskan bahwa website PT aisin error dan tidak bisa dibuka dengan notifikasi connection time out.

Itu semua karena server pusatnya.Jadi bukan karena itu palsu,itu memang web resmi tapi memang sering error.Saran saya,gunakan langkah yang sudah saya jelaskan diatas.


Demikian pembahasan tentang bagaimana cara atau langkah untuk daftar atau melamar kerja ke PT aisin indonesia cikarang kawasan EJIP untuk anda yang mungkin sedang mencari pekerjaan.Semoga bisa membantu.Terimakasih telah membaca,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Daftar PT Aisin Indonesia Online,Global,Pos,Email.BKK.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar