Sistem atau Cara Pendaftaran Kerja di BKK Sekolah ( Alur Lengkapnya )

Sistem pendaftaran kerja di BKK sekolah memiliki alur yang sedikit rumit tetapi cara mendaftar disana tidak terlalu susah jika anda tahu tips dan triknya bagaimana.Saya akan menjelaskan semua prosesnya untuk anda supaya jika anda ingin daftar nanti,tidak bingung dan kesulitan lagi.

Cara mendaftar kerja lewat BKK sekolah merupakan salah satu cara mencari atau mendapatkan pekerjaan yang paling umum digunakan.Mungkin karena resiko penipuanya bisa dibilang lebih sedikit yang membuat langkah ini paling sering digunakan.



Tatacara Mendaftar Kerja Menggunakan Jalur BKK Sekolah




sistem pendaftaran kerja menggunakan jalur BKK sekolah



BKK atau Bursa Kerja Khusus adalah sebuah layanan yang dibentuk oleh sebuah sekolah menengah atas atau kejuruan untuk membantu para pencari pekerjaan mendapatkan kesempatan untuk melamar tanpa harus mengirimkan surat lamaran menggunakan jasa expedisi.

Dalam sebuah bursa kerja khusus,biasanya sebuah sekolah sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan sekaligus didalamnya.Jadi,ketika anda mendaftarkan diri,anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan PT/pabrik.

Tetapi,walaupun seperti itu,TIDAK SEMUA sekolah menengah atas menyediakan layanan bursa kerja khusus ini.kalau tidak ada perusahaan yang bekerjasama dengan sekolah itu,yaa tidak akan ada layanan seperti ini.


Kelebihan dan Kekurangan BKK apa saja?


Ada beberapa point keuntungan/keuntungan jika anda menggunakan sistem seleksi kerja ini,antara lain :
  • Praktis karena tidak perlu mengirim surat lamaran dan berkeliling mencari perusahaan sendiri
  • Resiko penipuan jauh lebih sedikit
  • Pilihan perusahaanya biasanya banyak
  • Menghemat waktu
  • Proses seleksinya lebih jelas dan transparan
Selain itu,ada sisi negative atau kekuranganya,antara lain :
  • Biasanya membayar sejumlah uang untuk pandaftaran
  • Sainganya banyak,karena biasanya yang daftar juga banyak
  • Panggilanya lama
  • Tidak bisa ikut kalau beum membayar pendaftaran

Dari berbagai hal diatas,nyatanya masih banyak juga yang menggunakan sistem seperti ini.Mungkin karena leih praktis dan resiko penipuanya lebih kecil.


Bagaimana Cara untuk Mengetahui kalau Sekolah ada BKKnya atau tidak?


Untuk anda yang mungin ingin menggunakan sistem bursa tenaga khusus ini,ada beberapa tips untuk mengetahui apakah sekolah itu membuka layanan ini atau tidak,yaitu :
  1. Bertanya langsung ke pihak sekolah
  2. Mengakses website atau situs sekolah
  3. Melihat papan pengumuman di depan sekolah
Langkah paling saya anjurkan adalah dengan bertanya langsung ke pihak sekolahnya.Anda bisa menanyakanya ke satpam penjaga atau langsung bertemu dengan salah satu guru di sekolah tersebut.

Selain itu,biasanya sekolah yang ada bursa kerja khususnya memiliki sebuah website atau situs untuk memudahkan para pencari kerja untuk melakukan pendaftaran.Anda hanya tinggal mengetik di GOOGLE saja nama sekolahnya,jika ada layanan ini,maka didalam website biasanya akan tertulis.

Terahir,anda bisa melihat di papan pengumuman yang biasanya dipajang di dinding depan sekolah.Tidak semua sekolah memasan pemberitahuan seperti ini,tetapi kebanyakan memasanganya.Silahkan lihat-lihat di mading depan sekolah apakah ada lowongan via bursa kerja khusus atau tidak.

Sebenarnya anda masih bisa melakukan langkah lain untuk mencari informasi,salah satunya dengan memanfaatkan media sosial.Anda bisa bertanya disana atau menelusuri jejak sekolah yang anda ingin cari tau.


Apakah BKK Sekolah Aman dari Penipuan?


Sebenarnya bisa dikatakan aman karena semua pengelolanya adalah guru dari sekolah yang bersangkutan.Jika mereka melakukan penipuan,akan sangat mudah untuk melacaknya dan reputasi mereka dipertaruhkan.

Jadi kalau dari segi aman tidaknya,saya bisa kataklan aman TAPI tidak 100%.namanya juga manusia,kalau khilaf ya hilaf saja kan? Tetapi secara garis besar bisa dikatakan aman.Yang sering terjadi itu bukan penipuan,tetapi lebih kearah " banyak yang kecewa ".

Kekecewaan yang sering dialami mereka-mereka yang memilih sistim bursa kerja khusus antara lain :
  • Sudah bayar pendaftaran tapi lama panggilanya
  • Selalu gagal dalam mengikuti tes seleksi
  • Tidak mendapatkan pemberitahuan pemanggilan padahal sudah bayar pendaftaran

Untuk menghindari kekecewaan diatas,anda bisa malakuka TRIK dari saya berikut ini :
  • Pastikan membayar pendaftaran JIKA SUDAH PASTI ada lowongan ( tidak perlu titip member dulu )
  • Belajar dengan baik berbagai bentuk tes psikotes yang sering keluar ( saya sudah jelaskan di artikel yang lain )
  • Pastikan nomor telepon yang anda gunakan untuk mendaftar SELALU AKTIF dan jangan ditinggal

Setelah anda mengetahui semua hal diatas,sekarang waktunya untuk anda mengerti bagaimana proses yang berlangsung disana.


Alur Proses Seleksi Pendaftaran di BKK sekolah Bagaimana?


Untuk alur yang berlangsung didalam sebuah kursa kerja khusus adalah sebagai berikut :


1. Pendaftaran


Alur yang pertama kali harus anda lalui adalah proses pendaftaran diri.Disini,anda diberikan 2 pilihan yang bisa anda pilih :
  • Daftar ketika akan berlangsung tes ( sudah pasti lowonganya ada )
  • Titip member terlebih dahulu ( anda sekedar daftar saja,selanjutnya tinggal menunggu pangilan tes jika ada lowongan nanti )
Dari kedua pilihan diatas,saya anjurkan untuk memilih pilihan yang pertama.Hal ini dilakukan untuk menghindari " kekecewaan " seperti yang saya katakan di awal.

Ketika proses pendaftara berlangsung,selain anda harus membayar,biasanya anda juga harus membawa beberapa persyaratan awal,seperti :
  • Fotokopi ijasah
  • Fotoko[pi SKHUN
  • Fotokopi KTP

Dan berkas atau dokumen lainya seperti layaknya anda melamar pekerjaan.Berkas dan dokumen tersebut akan diseleksi,apakah anda memnuhi kriteria atau tidak.Jika anda memenuhi kriteria persyarataan perusahaan,maka berkas tersebut biasanya akan dititipkan disana.

Ketika anda menapatkan panggilan tes nanti,anda sudah tidak perlu untuk membawa dokumen lagi.Tinggal berangkat saja.


2. Seleksi Kesesuaian Persyaratan


Setelah anda melakukan pedaftaran khususnya jika anda memilih yang " jadi member dulu ",langkah selanjutnya adalah : Pihak sekolah melakukan proses seleksi kesesuaian antara pelamar kerja dengan  apa yang perusahaan minta.

Biasanya yang diseleksi itu adalah :
  • Berkas atau dokumen ( asli atau tidak,benar atau tidak,sesuai atau tidak )
  • Tinggi badan
  • Lulusan ( jurusan sekolah )
  • Umur ( biasanya perusahaan " mematok " umur maksimal dari pelamar )
Dari berbagai hal yang diseleksi,bagian UMUR dan TINGGI BADAN adalah point yang paling banyak membuat pelamar GAGAL.Sebenarnya masih ada nilai dan yang lainya,tapi sepengalaman saya memang UMUR dan TB merupakan faktor utama banyak yang gagal seleksi awal.


3. Tes Psikotes


Jika dalam proses seleksi awal anda lulus,maka anda akan dipersilahkan untuk mengikuti tahapan selanjutnya.Dalam hal ini adalah : Psikotes.

Tes psikotes awal biasanya berlangsung di BKKnya,setelah itu baru dilanjutkan untuk test di perusahaanya.Jadi di sekolah hanya tes awal saja ( bisa dibilang untuk pemanasan saja,hehe ).Walaupun seperti itu,anda tidak boleh mengangap remeh ini karena proses ini berlaku sistem gugur.

Sistem gugur adalah sistim dimana ketika seorang pelamar TIDAK mencapai nilai minimum,maka akan langsung gagal dan pulang.Silahkan anda pelajari :

BACA :




4. Pengumuan dan Tes Lanjutan


Setelah anda mengikuti tes psikotes nanti,ada yang hasilnya LANGSUNG diumumkan tetapi ada juga yang harus menunggu beberapa hari.Semua itu tergantung dari kebijakan sekolah saja,jadi anda hanya perlu untu mengikutinya saja.

Apapun nanti hasilnya,jika anda dinyatakan lulus,anda akan dipersilahkan untuk mengikuti tes tahapan lanjutan di perusahaan langsung.Jadi mulai dari sini,pihak B-K-K sudah lepas tangan dan menyerahkan semuanya ke pihak perusahaan.

Adapun tes lanjutan yang biasanya diujikan antara lain :
  • Psikotes lanjutan ( kadang iya kadang tidak )
  • Wawancara/Interview
  • Training
Itu adalah tahapana lanjutan yang biasanya berlangsung di PTnya nanti.Tapi bisa juga dilangsungkan di sekolah,tergantung kesepakatan antara sekolah dengan pihak perusahaan saja.

Mungkin itu semua adalah alur prosesnya.Jika ada yang ingin anda tanyakan,silahkan tanyakan dikolom komentar.


Demikian pembahasan tentang sistem pendaftaran atau alur proses daftar kerjadi BKK sekolah mulai dari awal sampai bekerja.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/01/2019 - 3 komentar

Related Posts

3 komentar untuk Sistem atau Cara Pendaftaran Kerja di BKK Sekolah ( Alur Lengkapnya ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.
Unknown 7/08/2019

Terimakasih postingannya sangat membantu.

Balas Hapus
.
Unknown 8/14/2019

Bagaimana jika kita sudah diterima dk perusahaan dan telah training persiapan kerja di suatu perusahaan kemudian dimintai sejumlah uang (tergolong besar) dari pihak bkk sebagai syukuran dengan ancaman jika tidak membayar maka tidak akan dipanggil tanda tangan kontrak kerja?

Balas Hapus
.
Puji Hartono 8/21/2019

Ngomong saja ke orang perusahaan ( HRD atau manager ) perusahaan,jika pihak HRD atau manager juga menyarankan bayar,maka itu tinggal pilihan anda saja mau bagaimana.Kalau pihak perusahaan tidak meminta bayaran,TIDAK USAH bayar.

Balas Hapus