PT Aisin Karawang - Lowongan,Persyaratan dan Cara Melamar,LENGKAP!

PT aisin karawang disebut juga dengan pabrik eisin automotive indonesia yang merupakan anak cabang Aiia group.Dengan gaji yang besar,cara daftar dan persyaratam melamar ketika ada lowongan yang sangat mudah karena bisa menggunakan via online atau email,bentuk tes psikotes juga tidak jauh berbeda dengan pabrik yang di cikarang jawa barat.

PT aisin automotive indonesia merupakan anak perusahaan Aiia pertama yang berdiri di kabupaten karawang jawa barat.Saya akan menjelaskan sedikit tentang profil lengkap serta persyaratan untuk mendaftar kerja jika nanti ada loker yang dibuka di pabrik tersebut.


PT Aisin Automotive Karawang




Profil lengkap,syarat dan cara melamar kerja di PT aisin karawang



PT aisin merupakan sebuah perusahaan yang bernaung dibawah organisasi bernama " AISIN GROUP ".Pabrik ini memproduksi suku cadang atau spare part otomotif khususnya mobil seperti berbagai komponen kopling,intake manifold dan juga berbagai kompone pintu mobil.

Pabrik pertama yang berdiri di indonesia terletak di kawasan EJIP cikarang tepatnya sebelah pabrik MUSASHI.Kemudian seiring berjalanya waktu,pabrik ini semakin berkembang dan sekarang membuka cabang baru didaerah kerawang,tepatnya di kawasan industri KIIC.

Dikerawang sendiri,produk atau komponen yang dibuat masih sama dengan yang berlokasi di cikarang,yang membedakan hanya lokasinya saja.


Seragam karyawan kontrak dan karyawan tetapnya,BERBEDA!

Ada yang sedikit menarik perhatian dipabrik ini,dimana untuk pakaian atau seragam yang diberikan oleh perusahaan " dibedakan " berdasarkan status kepegawaianya.

Untuk pekerja kontrak ( PKWT ),seragam yang harus dipakai adalah celana hitam bahan ( beli sendiri ) kemudian baju berwarna biru tua.Sedangkan untuk kartapnya,menggunakan celana berwarna abu-abu dengan baju atasan berwarna hijau pucat.

Pembedaan baju seragam dilakukan hanya untuk membedakan dalam segi visual saja,untuk tugas dan kewajiban pekerjanya tidak ada yang dibedakan.Semua mendapatkan porsi yang sama sesuai dengan line/jobdesk masing-masing.


Jam kerjanya bagaimana?

Untuk jam kerja di PT aisin ( baik yang di cikarang ataupun karawang ) menggunakan sistem yang sedikit berbeda dari kebanyakan pabrik.

Total jam kerja 8 jam,masih sesuai dengan peraturan pemerintah,hanya saja,yang menjadi beda adalah : JAM MASUKNYA JAM 6 PAGI dan JAM PULANG JAM 2 SIANG.

Dengan sistim seperti ini,secara otomatis antara shift 2 dan sif 3 menjadi lebih maju jam masuknya.Untuk pembagian siftnya sama dengan pabrik lainya yaitu dibagi menjadi 3 sift ( pagi,siang dan malam ).


Lemburanya bagaimana?

Pada waktu dulu saya bekerja di sini,pabrik ini sangat terkenal dengan jam lemburan yang SANGAT BANYAK ( tidak tau kalau sekarang ).Percaya atau tidak,12 jam kerja sudah hampir menjadi kegiatan rutin setiap hari,bahkan sabtu minggu pun terkadang dilibas dengan 12 jam kerja.

Untuk anda yang mungkin mencari pabrik/PT yang lemburanya banyak,perusahaan ini bisa menjadi pilihan utama bagi anda,kenapa begitu?

Karena selain jam lembur yang " ugal-ugalan ",pabrik ini juga menggunakan sistem JAM LEMBUR HIDUP.

Apa itu jam lembur hidup?

Ini adalah sebuah sistem,dimana setiap jam yang anda habiskan untuk melakukan kerja lemburan,maka tiap jam tersebut akan dibayar dengan kelipatan jam pertama,contohnya :

Jika anda lembur selama 4 jam,dimana jam pertama anda dibayar 10.000 rupiah,maka jam kedua anda akan dibayar lebih dari 10.000 rupiah,begitu seterusnya.Jadi dengan 4 jam lembur,anda bisa mendapatkan uang LEBIH DARI 40.000.

Kalau tiap jam dihargai dengan bayaran SAMA,maka itu namanya jam lemburan mati.Kalau 1 jam 10 ribu,berarti 4 jam ya 40.000,tetapi kalau jam lemburnya hidup,anda akan dibayar lebih dari itu ( dilipatgandakan bahasa gampangnya ).


Berapa gaji karyawan PT aisin?


Untuk yang dicikarang,mengikuti UMK cikarang saat ini,tahun 2019 sebesar 4.100.000 rupiah.Sedangkan yang di karawang sebesar 4.230.000 rupiah.

Tetapi,itu bukan TOTAL uang yang akan anda terima,karena masih ada tunjangan kehadiran,tunjangan shift,uang transport dan lain sebagainya.Jika tidak ada lemburan,mungkin kisaran 4.500.000 bisa anda kantongi setiap bulanya.

Jika lemburanya banyak,apalagi mereka menggunakan sistim jam lemburan hidup,maka jumlah gaji anda akan bertambah besar.Mungkin angka 5.000.000 akan sangat mudah anda dapatkan jika lemburanya kenceng.


Lowongan kerja pt aisin


Untuk anda yang mungkin sedang mencari loker di perusahaan ini,perlu anda catat bahwa :
  • Loker hanya dibuka via email,website resmi,pos,BKK sekolah dan yayasan resmi penyalur kerja ( tidak ada istilah orang dalam untuk pabrik ini,karena setau saya,jika ketahuan,semua yang terlibat akan dikeluarkan )
  • Jika mendapati sebuah informasi yang kurang meyakinkan,saran saya tanyakan langsung ke pihak perusahaan dengan menelpon HRDnya langsung ( sayang uang yang anda gunakan untuk mengirimkan lamaranya )
  • Hati-hati informasi tidak jelas yang ternyata tidak sesuai dengan keadaan aslinya
Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali informasi entah di dunia internet atau dunia nyata yang menuliskan bahwa di pabrik ini sedang membuka loker.Jika anda mendapati info seperti itu,silahkan telpon HRD dan pastikan apakah infonya akurat atau tidak.

Setelah HRD konfimasi bahwa itu benar,barulah anda mengirimkan lamaran.Untuk nomer perusahaan yang bisa anda hubungi adalah : 021-8970909


Untuk alamatnya dimana?

Untuk alamat lengkap pt aisin automotive karawang adalah :

  • Kawasan industri KIIC,Lot LL no9,jalan harapan 8,kelurahan palung muria,ciampel,kabupaten karawang,jawa barat,41361

Jangan tertipu dengan nomer asing yang tidak dikenal.Jika anda masih ragu,silahkan datangi perusahaan dan tanyakan langsung ke satpam atau karyawan disana.


Persyaratan mendaftar kerja di PT aisin 


Untuk anda yang ingin melamar pekerjaan di pabrik ini ( baik yang di cikarang ataupun karawang ),syarat yang harus anda persiapkan SAMA SAJA dan tidak ada yang berbeda antara kedua pabrik itu.

Perlu diingat bahwa,ini adalah syarat yang UMUM dan paling sering digunakan ketika lokernya dibuka,tetapi tidak menutup kemungkinan persyaratanya akan berubah karena itu semua mutlak wewenang perusahaan,jadi pelamar mau tidak mau hanya bisa mengikutinya saja.

Untuk syaratnya kurang lebih seperti ini :
  • Umur minimal 18 tahun ( memiliki KTP )
  • Umur maksimal 22 tahun
  • Tidak memiliki bekas tato dan tindikan
  • Sehat secara jasmani dan rohani
  • Tinggi badan pria minimal 160 cm
  • Tinggi badan wanita minimal 155 cm
  • Tidak mengidap buta warna
  • Tidak menggunakan kacamata 
  • Lulusan minimal SMA/SMK sederajat
Secara garis besar itu yang menjadi syaratnya.Seperti yang saya katakan sebelumnya,bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan perusahaan.

Bagaimana cara mengetahui itu persyaratan yang memang dikeluarkan perusahaan atau bukan?

Satu-satunya cara adalah dengan bertanya langsung ke HRD perusahaan ( nomor telponya ada di atas ),atau mendatangi perusahaanya langsung.

Dengan begitu,anda bisa mendapatkan informasi yang akurat.

Sebenarnya,jika tempat dibukanya loker itu memang RESMI dan bekerjasama dengan pihak perusahaan,maka bisa dipastikan itu persyaratanya benar.Yang manjadi masalah adalah,terkadang seseorang mendapati info yang tidak jelas asalnya.

Sayang saja uangnya,sudah buat persyaratan capek-capek,ternyata itu semua SALAH,lebih parahnya lagi,perusahaan sedang tidak buka loker.


Cara melamarnya bagaimana?

Setelah anda mengetahui semua informasi diatas,sekarang waktunya saya jelaskan bagaimana langkah yang perlu anda lakukan jika ingin melamar kerjaan di pabrik tersebut.

Untuk anda yang ingin mencoba peruntungan dengan mendaftarkan diri,ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan,seperti :
  • Mengirimkanya langsung dengan pos indonesia ke alamat yang tertera diatas
  • Mengirimkan via email
  • Menggunakan bantuan yayasan/BKK
Untuk informasi jelasnya,anda bisa membacanya pada artikel saya sebelumnya.


- Shift,Gaji dan Sistem Kontrak PT Aisin Indonesia 



Jika ada yang perlu anda tanyakan,silahkan tanyakan di kolom komentar.Saya akan berusaha mencarikan jawabanya untuk anda semua.

Demikian pembahasan tentang profil lengkap PT aisin automotive karawang mulai dari barang yang diproduksi,lowongan kerja,persyaratan melamar pekerjaan sampai tatacara melamarnya.Semoga bisa membantu anda.See uu.
2 komentar

2 komentar untuk PT Aisin Karawang - Lowongan,Persyaratan dan Cara Melamar,LENGKAP!.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
Unknown

ada jemputan ga min di PT. aisin Karawang?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

tidak ada

Balas Hapus