Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Pos Agar Cepat Sampai

Cara mengirim surat lamaran kerja untuk melamar pekerjaan via kantor pos indonesia atau lewat jasa lainya harus dilakukan dengan benar supaya cepat sampai.Jika anda sampai salah atau hanya asal saja saat pengirimanya,maka yang anda kirimkan bisa saja tidak terkirim.

Tatacara mengirim surat lamaran kerja lewat kantor pos yang baik dan benar tidak hanya berfokus pada penulisanya saja,melainkan pemilihan hari juga berpengaruh.Saya akan memberikan panduanya untuk anda supaya bisa lebih faham.


Panduan Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Kantor Pos




tatacara mengirimkan surat lamaran pekerjaan lewat kantor pos indonesia






Pos Indonesia adalah sebuah badan usaha milik negara ( BUMN ) yang berfungsi sebagai jasa pengiriman barang.Barang yang bisa dikirimkan menggunakan jasa expedisi ada banyak tidak hanya surat saja melainkan barang pun bisa dikirimkan disini.

Untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan dan ingin melamar ke sebuah perusahaan,jasa expedisi inilah yang paling sering digunakan.Bukan karena tidak ada jasa lain,melainkan biasanya sebuah perusahaan " mengharuskan " menggunakan jasa ini.

Mungkin karena ini adalah perusahaan milik negara,jadi keabsahan sangat terpercaya.Saya yakin anda pernah membaca ada lowongan pekerjaan yang tertulis seperti ini " Kirimkan surat lamaran menggunakan pos indonesia ".

Instruksi tersebut secata tidak langsung memberitahukan kepada anda supaya " harus " mengirimkanya menggunakan jasa POS INDONESIA.


Alur atau perjalan paket kiriman menggunakan jasa pos indonesai

Saya akan memulai penjelasan ini dari point ini.Ketika anda mengirimkan sebuah bekas atau barang menggunakan jasa expedisi ini,berkas tersebut akan melalui sebuah proses,jadi tidak langsung dikirimkan ke alamat,melainkan ada alurnya.

Untuk alur/perjalanan berkas anda urang lebih seperti ini :



Pengirim -> Kantor Pos -> Entri Data -> Proses pegiriman ( dalam proses pengiriman inilah yang biasanya menjadi sedikit lama ) ->Penerima


Saya akan menjelaskan untuk proses pegiriman oleh kurir kenapa terkadang bisa sangat lama.Ketika kurir mengirimkan paketnya,mereka tidak bisa langsung menuju alamat karena selain mungkin jaraknya terlalu jauh,dalam sebuah pengiriman biasanya digabungkan dengan alamat yang lainya.

Supaya lebih terorganisir dengan baik,biasanya pihak POS akan " menitipkan " paket tersebut ke kantor cabang terdekat,barulah petugas dari kantor cabang terdekat mengirimkanya ke alamat tujuan.

Jadi anda tidak perlu heran kalau anda mengirimkan paket/berkas ke jawa barat misalnya,paketynya terkadang terlacak sedang ada di jawa tengah atau tempat lainya.Ini karena " proses penitipan " yang saya maksudkan diatas,supaya lebih terorganisir.

Inilah salah satu alasan kenapa pengiriman menggunakan jasa expedisi pos indonesia terkadang sangat lama.


Apa yang perlu dipersiapkan ketika ingin mengirimkan surat lamaran pekerjaan via kantor pos indonesia?


Diatas adalah sedikit penjelasan mengenai prose perjalanan berkas anda.Selanjutnya,jika anda ingin memilih jasa expedisi ini,siapkanlah beberapa hal berikut :

  • Berkas persyaratan yang lengap
  • Alamat tujuan
  • Pemilihan paket pengiriman yang benar
Saya akan menjelaskan satu-persatu untuk anda.


1. Menyiapkan berkas/dokumen/berkas yang baik dan benar


Point pertama yang perlu anda persiapkan tentu saja dokumen persyaratan.Sedangkan dokumen yang benar ketika mengirimkan surat lamaran kerja via pos adalah seperti berikut ini :
  • Sesuai dengan apa yang tertulis di info lowonganya ( tidak boleh ada yang terlewat )
  • Perhatikan semua tanggal kadaluarsa berkas yang anda kirimkam
  • Sebisa mungkin mengirimkan berkas/dokumen yang sudah " dilegalisir/ada cap stempelnya" ( walaupun itu fotokopian,wajib ada stempel aslinya alias fotokopianya di stempel ulang )
  • Tidak menyertakan dokumen yang tidak penting
Point diatas adalah point yang harus anda perhatikan ketika menyiapkan berkas dokumenya.Jadi anda tidak boleh asal dalam mengumpulkan persyaratanya.Masih bingung?

Secara umum,berkas yang biasanya ada didalam amplop lamaran kerja itu sebagai berikut :
  • Surat lamaran kerja ( kalau bisa yang tulis tangan )
  • Fotokopi Ijasah
  • Fotokopi SKHUN
  • Fotokopi SKCK/kartu kelakukan baik dari kepolisian
  • Fotokopi KTP
  • Forokopi kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja ( AK1 )
  • Daftar riwayat hidup ( bisa membeli yang sudah jadi,atau menuliskanya manual )
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi sertifikat pengalaman kerja
Itulah berkas yang umumnya dimasukan kedalam amplop dan dikirimkan.Anda bisa menyesuaikan dengan apa yang tertulis di informasi lowongan kerjanya,atau jika tidak ada instruksi untuk mengirimkan berkas apa saja,silahkan kirimkan berkas diatas.

Legalisir dan tanggal kadaluarsa

Ada point tambahan selain kelengkapan dokumen yaitu : Tanggal kadaluarsa berkas dan legalisir dokumen.Untuk tanggal kadaluarsa,silahkan anda lihat pada SEMUA berkas atau dokumen yang anda masukan.

Jika dalam dokumen TIDAK ADA tangal kadaluarsanya,maka tidak perlu diperbarui,tetapi jika ada tanggalnya dan sudah HABIS,maka perbarui berkasnya.Kalau masih berlaku,ya kirimkan saja.Jika sudah hampir habis,maka saran saya lakukan pembaruan sekitar 1 atau 2 minggu sebelum tanggalnya berahir.

Sedangkan untuk legalisir,usahakan SEMUA berkas fotokopian anda di legalisir kecuali sertifikat pengalaman kerja,karena paklaring tersebut sedikit sulit mengurusnya.Tetapi untuk dokumen lainya,usahakan ada legalisirnya.


2. Alamat Tujuan


Pastikan alamat perusahaan yang anda tuju itu BENAR dan VALID.Kalau alamat yang anda kirimkan salah,maka lamaran anda tidak akan sampai tujuan.Ok,saya anggap alamar yang anda miliki sekarang dalah alamat yang VALID.

Bagaimana cara menuliskan alamat perusahaan tujuan yang baik dan benar ketika mengirimkan surat lamaran kerja atau lainya menggunakan pos indonesia begaimana?

Untuk penulisan yang bagus seperti ini :
  • Tuliskan alamat perusahaan yang anda tuju di surat lamaran kerja tulis tangan ( tepatnya dibawah kolom " kepada YTH "
  • Tuliskan di amplop ( tepatnya di bagian muka amplop dan sebelah KIRI ATAS,untuk alamat anda ulis di sebelah KANAN BAWAH ),bagian muka amplop adalah bagian yang TIDAK ADA tali ikatanya

Setelah semua berkasnya lengkap dan persiapan amplop sudah OK,sekarang waktunya mengirimkanya.Ingat yaa,sampai disini saya asumsikan isi amplop lamaran anda sudah bagus ( sudah mengikuti panduan yang saya berikan diatas ).


Tatacara Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Via Kantor Pos Indonesia


Setelah semuanya lengkap,silahkan menuju kantor posnya.Anda cukup membawa sejumlah uang untuk membayarnya.Tidak perlu membawa materai atau apapun,hanya sejumlah uang saja untuk membayar biayanya.

Prosesnya kurang lebih seperti ini :


1. Ambil nomor antrian


Biasanya,didalam ruangan kantornya,anda harus mengambil kartu antrian terlebih dahulu.Jika anda bingung,silahkan tanyakan kepada satpam yang sedang bertugas.Jika nomor antrianya TIDAK ADA,anda bisa alngsung menuju meja petugas.

Biasanya sih ambil nomor antrian dulu,kemudian menunggu nomornya dipanggil,tetapi tidak semuanya seperti itu.Bisa saja rosedurnya lai di wilayah yang berbeda.


2. Serahkan berkas dan pilih jenis paket pengiriman


Setelah nomor anda dipanggil,anda akan tanyai beberapa pertanyaan oleh petugas seperti :
  • Isi amplop apa
  • Apakah penulisan alamat sudah benar semua ( baik alamat tujuan ataupun alamat anda )
  • Ingin menggunakan paket apa
Saran saya,GUNAKAN PAKET PALING CEPAT.Ada beberapa jenis paket pengiriman yang ada di pos indonesia yatu :
  • Express
  • Pos kilat khusus
  • Paketpos
  • Dan sebagainya
Anda bisa memilih lenis layanan " EXPRESS " karena inilah yang paling cepat sampainya.Tetapi anda perlu tau bahwa TIDAK SEMUA WILAYAH bisa menggunakan jenis layanan ini.

Katakan saja " saya ingin yang paling cepat sampai " nanti petugas akan faham maksud anda dan memilihkan jenis layanan untuk anda.Seteleh itu,anda hanya tinggal pulang saja dan memantau posisi dokumen anda sampai dimana menggunakan nomor resi yang diberikan.


Cara Supaya Surat Lamaran Kerja yang Dikirim Lewat Pos Bisa Cepat Sampai


Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa,agar supaya surat yang dikirmkan bisa cepat sampai,anda perlu mempertimbangkan hal berikut :
  • Pastikan penulisan alamat lengkap dan jelas ( khususnya pada bagian amplop coklatnya )
  • Pilihlah jenis pengiriman paket yang paling cepat ( biasanya dibarengi dengan biaya yang lebih mahal )
  • Pilih " HARI YANG PAS " untuk mengirimkanya
Khusus untuk peilihan hari,usahakan mengirimkanya pada " AWAL MINGGU PERTAMA " antara hari senin atau selasa,kenapa?

Dengan hari itu,berkas yang anda kirimkan akan terus diproses tanpa ada jeda waktu karena hari libur.Jika anda mengirimkan pada hari jumat,ada kemungkinan paket anda akan tertunda karena hari libur ( tetapi biasanya untuk pengiriman,tidak ada liburnya ).

Untuk berjaga-jaga saja,pilihlah hari diawal minggu.Mungkin beberapa artikel berikut bisa membantu anda :

BACA :





Demikian pembahasan mengenai bagaimana cara untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan via pos indonesia agar cepat sampai.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

2/26/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Pos Agar Cepat Sampai.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar