Pt Showa Cikarang - Cara Daftar,Gaji dan Tes saat Psikotest

PT Showa Indonesia Manufacturing Cikarang - Saya akan menjelaskan cara daftarnya kemudian gajinya berapa dan tes yang keluar khususnya saat psikotes berlangsung apa saja.Sistem kerja di perusahaan ini juga akan saya bahas tuntas untuk anda karena kebetulan saya pernah bekerja di pabrik sowa ini beberapa tahun yang lalu.

Penjelasan mengenai cara mendaftar kerja di pt showa indonesia manufacturing cikarang kemudian besar gaji karyawan serta soal tes yang keluar saat psikotes diujikan merupakan pengalaman pribadi saya sendiri.Sebenarnya saya sudah tuliskan di artikel sebelumnya,tetapi saya akan lebih memperjelasnya disini.


PT Showa Indonesia Manufactur ( SIM )




informasi lengkap mengenai pt showa indonesia manufactur indonesia



PT Showa adalah sebuah perusahaan atau pabrik yang masuk kedalam anggota keluarga besar ASTRA GROUP dan merupakan sebuah perusahaan PMA ( Penanaman Modal Asing ) yang memperoduksi beberapa komponen otomotif.

Seragam karyawan pabrik ini adalah baju khas berwarna putih-putih dengan topi putih berkelir hijau.Ini adalah seragam khas dari perusahaan astra honda group,jadi jika ada banyak orang yang mengenakan seragam seperti ini,biasanya sudah bisa ditebak mereka bekerja dimana.


Produksi PT Showa


Apa yang diproduksi disana? Part atau komponen apa yang dibuat di pabrik tersebut? Barang yang dibuat atau dibikin dipabrik ini adalah : Shockbreaker atau sokbeker atau sock absorber.

Yang menjadi ciri khas pabrik ini adalah : SEMUA produk yang dihasilkan bermerk HONDA.Jadi selain merk tersebut,pabrik ini TIDAK memproduksinya.Untuk merk lain seperti yamaha,suzuki dan sebagainya,diproduksi di PT KAYABA yang lokasinya hanya berbeda komplek atau kawasan saja tetapi masih di cikarang jawa barat.

Selain itu,produk shock absorber yang diproduksi di perusahaan ini tidak hanya untuk domestik atau lokal saja,melainkan juga dipasarkan untuk luar negri khususnya untuk produk shock motor sport ( motor-motor gede ).

Jadi,ketika nanti anda melamar pekerjaan disana dan melalui tahapan wawancara/interview dan diberikan pertanyaan tentang roduk apa yang diproduksi,anda bisa menjawabnya denga jawaban diatas.


Alamat PT Showa Manufactur Cikarang


Lokasi atau tempat pabriknya ada 2,ingat yaa,ada dua pabrik dimana satu merupakan yang lama sedangkan satu merupakan yang baru.Tetapi ini khusus yang ada di wilayah cikarang saja,untuk wilayah lainya saya belum tau.
  • Alamat PT Showa Jababeka

Untuk pabrik yang lama,alamatnya adalah :

Kawasan industri jababeka 1
Cikarang Plant ( office and factory )
Jl Jababeka VI
KAV 28-36
Cikarang,Bekasi 17530

  • Alamat PT ShowaAutoPart Deltamas

Untuk pabrik baru ada di kawasan industri deltamas,dekat dengan kantor disnaker ( dinas tenagakerja ).Kawasan ini juga sering disebut dengan KITIC.Lebih lengkaonya sebagai berikut :

Kawasan Industri Terpadu Indonesia China ( KITIC )
KAV no.43
Desa ngasari serang baru
Cikarang,Bekasi 17330


Menurut informasi yang saya dapatkan,masih ada lagi pabrik yang berdiri di daerah jakarta.Tetapi karena informasinya minim dan saya takut itu salah,jadi saya tidak tuliskan.kalau sampai salah,anda yang rugi nantinya.


Bagaimana Cara Melamar Kerja di PT Showa Indonesia Cikarang?


Untuk anda yang ingin melamar pekerjaan di pabrik ini,anda bisa menggunakan 3 langkah,yaitu :


1. Mengirimkan Surat Lamaran Via Pos


Yang paling umum digunakan adalah menggunakan cara manual dengan mengirimkan surat lamaran anda menggunakan pos indonesia.Anda bisa menggunakan alamat yang sudah saya tuliskan diatas dan jangan sampai salah dalam menuliskan alamatnya.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum meutuskan untuk menggunakan langkah ini,antara lain :
  • Pastikan berkas atau dokumen lengkap
  • Pastikan penulisan surat lamaran benar
  • Pastikan semua dokumen benar

Walaupun ini merupakan langkah yang terbilang paling familier,tetapi anda TIDAK BOLEH asal saja dalam mengirimkanya,jika anda tidak serius,maka lamaran yang anda kirimkan tidak akan dipanggil dan diproses.

BACA :




Mas,tapi saya dikampung,apakah bisa mengirimnya dari desa?

Jelas bisa,tetapi anda juga harus mengetahui beberapa trik sederhana ketika mengirimkan surat lamaran jika masih berada di kampung halaman.Silahkan baca :

- Langkah mengirim surat lamaran pekerjaan jika masih di kampung


2. Menggunakan BKK Sekolah


BKK atau bursa kerja khusus adalah sebuah layanan dari sekolah menengah ( SMK sederajat ) dimana sekolah tersebut bekerjasama dengan beberapa perusahaan untuk melakukan proses recruitment tahap awal.

BKK sekolah ini bisa saya katakan aman karena memang biasanya perusahaan sendiri yang menunjuk sekolah tersebut untuk bekerjasama dengan mereka.Selain itu,prosesnya juga terbilang sangat profesional dan transaparan.

Bahkan,untuk perusahaan sekelas ASTRA GROUP,biasanya tidak meminta uang atau bayaran pendaftaran ( walaupun tidak semuanya gratis ).Tetapi kebanyakan,jika perusahaan astra,proses seleksi di BKKnya itu gratis.

Anda hanya akan dibebani biaya untuk proses pemberangkatan ke perusahaanya nanti jika anda dinyatakan lulus.

BACA JUGA :



Apakah semua sekolah ( SMK sederajat ) bekerjasama dengan perusahaan ini?

TIDAK,melainkan hanya beberapa sekolah saja.Seperti yang saya katakan sebelumnya,hanya sekolah-sekolah yang ditunjuk langsung oleh pihak perusahaan atau disetujui yang bisa bekerjasama dengan perusahaan ini.

Jadi,jika ada sekolah yang membuka lowongan ke pabrik ini,saya sarankan untuk mendaftarkan diri karena ini kesempatan yang jarang ada.


3. Menggunakan Website Resmi


Perusahaan ini memiliki sebuah website atau situs resmi dimana didalamnya terdapat form untuk anda mendaftarkan diri.Tetapi ada sedikit " kekurangan " dalam lowongan via website ini,yaitu :
  • Lowongan yang dibuka khusus untuk posisi atau jabatan tertentu saja
  • Pembukaan lowonganya sangat susah diprediksi dan lama bukanya
  • Terkadang tidak sinkron ( di website masih tutup,ternyata sedang buka loker )
  • Proses pendaftaranya sedikit ribet khususnya untuk mereka yang masih awam
Tetapi tidak ada salahnya jika anda ingin menggunakan langkah ini dan jika anda ingin menggunakan opsi ini,silahkan ikuti panduan berikut :
  • Buka website resminya ( ingat yaa,harus website resmi,jangan sampai tertipu )
  • Lihat di bagian menu atas yang bertuliskan " career "
  • Silahkan klik itu
  • Jika sedang ada lowongan,maka akan muncul tetapi jika kosong,berarti belum ada lowongan
  • Ikuti instruksi yang tertera selanjutnya
  

Berapa Gaji Karyawan PT Showa?


Sebagai salah satu perusahaan terbesar di kawasan jababeka 1 khususnya untuk upah atau bayaranya,perusahaan ini memiliki sedikit perhitungan upah yang bisa dikatakan " besar ".Sebelum lanjut ketahapan inti,anda harus tau bagaimana cara perhitungan pendapatan perbulan terlebih dahulu,kenapa?

Karena setiap perusahaan memiliki " perhitungan/kebijakan " yang berbeda-beda.Untuk UMR/UMK,setiap perusahaan yang bergerak di bidang otomotif itu SAMA SEMUA UMKnya.Saya ulangi sekali lagi yaa,untuk perusahaan otomotif,besar UMRnya itu sama semua.


Loh,kalau sama,kenapa gaji mereka bisa masuk kategori besar?

Ini yang saya maksudkan dengan " kebijakan tiap perusahaan itu berbeda ".Untuk pabrik sowa sendiri,memiliki beberapa kebijakan yang membuat upah karyawanya menjadi besar,antara lain :
  • Jam lemburan banyak
  • Jam lemburan menggunakan jam hidup
  • Banyak tunjanganya ( ada tunjangan kehadiran,tunjangan transport dan sebagainya )

Untuk UMK/UMR daerah cikarang tahun 2019 ini sekitar 3.800.000 kurang lebihnya.Bayangkan saja,jika anda masuk kerja normal selama satu bulan,anda akan mendapatkan upah pasti sebesar nominal diatas belum lagi ditambah uang tunjangan yang lainya.

Bayangkan jika anda melakukan jam lembur juga,sudah terbayang besar upah anda bukan? Untuk jam lembur hidup itu maksudnya begini :

- Jam lembur hidup adalah besar bayaran lembur TIAP SATU JAM dan akan DIKALIKAN di jam berikutnya.Contohnya begini :

Angap saja bayaran satu jam lembur adalah 1000 rupiah ( misalnya ),kemudian anda lembur selama lima jam.Jadi hitunganya seperti ini : Jam pertama anda dbayar 1000,jam kedua ya dibayar 2000,jam ketiga dibayar 3000 ( kan dikalikan jam nya ) dan seterusnya.

Selain jam lembur mereka banyak ( dulu tapi ),jam lemburanya juga menggunakan jam lemburan hidup.Jadi tidak perlu heran jika gajinya besar-besar,dan biasanya perusahaan ASTRA GROUP menggunakan jam lembur hidup ( tidak semua sih ).

- Jam lembur mati adalah bayaran TIAP SATU JAM dan TIDAK DIKALIKAN alias mau berapa jam ya cuma dikalikan nominal perjam saja.Contohnya begini :

Anggap saja bayaran anda lembur satu jam adalah 1.500,jika anda lembur 3 jam,maka upah anda lembur yaa 3 jam DIKALI 1.500 saja.Tidak ada " penambahan/perkalian " di tiap jam berikutnya.


Jam Kerja PT Sowa


Untuk jam kerja normalnya adalah selama 8 jam.Tetapi jika ada LEMBURAN,maka biasanya menjadi 12 jam ( lemburnya 4 jam ).Sistem jam kerja ini sudah mengikuti praturan undang-undang yang memiliki kebjakan setiap karyawan perusahaan memiliki kawajiban kerja selama 8 jam kerja saja.

TETAPI,untuk lemburanya,ada sedikit yang " menarik ",kenapa? Biasanya lemburanya itu berbunyi " lembur wajib ".Ini adalah istilah yang sering diberikan oleh leader ketika meminta karyawanya untuk lembur.

Walaupun " wajib " bunyinya,ini hanya untuk mengejar target saja.Anda tetap memiliki kuasa penuh untuk menolaknya DENGAN CATATAN anda siap menerima segala konsekuensi yang akan diberikan.Anda masih ingat dengan perjanjian kontrak kerja anda?

Disana tertulis,anda sebagai karyawan sanggup untuk mematuhi segala peraturan perusahaan dan mematuhi semua perintah atasan bukan? Jadi ketika anda " menolak lembur wajib " anda TIDAK AKAN berurusan dengan hukum,tapi biasanya anda TIDAK DIPERPANJANG lagi ketika habis kontrak :).


Tes Psikotes PT Showa yang Diujikan saat Seleksi 


Kebetulan saya dulu pernah mengalamainya dan pernah lulus dan resmi menjadi karyawan di pabrik tersebut.Jika anda perhatikan semua artikel saya dalam website ini,anda akan menemui banyak artikel yang membahas tentang perusahaan-perusahaan khususnya yang ada di daerah cikarang,bekasi,karawang dan sekitarnya.

Untuk test yang pernah saya jumpai ketika melakukan prosesi sikotes antara lain :
  • Kraepelin/pauli/koran/
  • Test army alpha intelegency
  • Matematika dasar ( soal cerita )
  • Gambar ( orang dan pohon )
  • Kepribadian

Dari berbagai jenis soal yang keluar tersebut,saya kebetulan bisa mengerjakanya dengan baik dan bisa lolos bekerja disana.Jika anda ingin mempelajarinya,silahkan elajari dalam artikel beriku.

BACA :



Jika ada pertanyaan atau bagian yang kurang faham,silahkan anda tanyakan di komentar.Saya akan membantu menjawabnya jika memang saya tau dan mengerti.

Demikian pembahasan lengkap tentang profil PT Showa indonesia manufacturing cikarang mulai dari cara daftarnya,besar gajinya,serta soal tes yang keluar saat psikotes berlangsung.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
23 komentar

23 komentar untuk Pt Showa Cikarang - Cara Daftar,Gaji dan Tes saat Psikotest.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
Jjjjj

Selamat malam
Untuk tes dilakukan dimana?

Balas Hapus
.
Anonim

Selamat malam
Untuk tes biasanya dilakukan dimana?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk tempat berlangsungnya tes dimana,kalau tidak di PERUSAHAAN LANGSUNG,bisa juga di BKK yang memang sudah resmi bekerja sama dengan PT ini.Biasanya di PTnya langsung.

Balas Hapus
.
Unknown

Kalau melamar via online lewat whattaps ke hrd langsung itu bisa nggk ya? Karena ada web yg memberi info seperti itu

Balas Hapus
.
silvia damayanti

Assalamu'alaikum...saya mau tanya kalau operator produksi boleh minus gga sih?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

setahu saya tidak boleh jika operator produksi,tapi itu semua mengikuti kebijakan perusahaan saja.Mungkin saja suatu saat diperbolehkan.

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Tinggal dilihat saja proses kedepanya bagaimana.Kalau ujung-ujungnya uang dan lokasi tes tidak di perusahaan,maka anda harus berhati-hati.

Balas Hapus
.
Unknown

Assalamualaikum
Itu jemputan nya sampai ke Cikampek ga ya?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk bis jemputan,saya kurang tau titik pastinya.Anda bisa tanyakan ke security di pos depan ( biasanya pegang titik jemputan lengkap ).

Balas Hapus
.
Unknown

Bagaiman dengan ojt dan mcu disana mas

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Saya sudah jelaskan masalah O-J-T dalam artikel terdahulu.Anda bisa mencarinya dengan mengetiknya di kolom " search " / tanda kaca pembesar di pojok kanan atas website ini.

Balas Hapus
.
Unknown

Ada tes mcu nya ga ya??

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Ada mas,tes kesehatan standar perusahaan.

Balas Hapus
.
Unknown

Bisa jelaskan tes nya satusatu mas selain kraeplin kalai bisa tlg DM di @meproject_yt

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk tes nya apa saja,kebetulan saya sudah tuliskan lengkap di artikel saya sebelumnya.Anda bisa mencarinya dengan mengetik " PT SHOWA " pada kolom search sebelah pojok kanan atas,nanti akan muncul artikelnya semuanya.

Balas Hapus
.
Unknown

Assalamualaikum......mas biasa nya PT Showa itu menghubungi kandidat nya lewat SMS apa telpon y terus posting dong no telponnya. Terimakasih

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Biasanya lewat SMS tetapi terkadang juga via telepon.Mau lewat apapun itu PASTI dan SELALU proses testnya di PT langsung tidak di tempat lain.

Balas Hapus
.
Unknown

Untuk tempat pelaksanaan tes nya itu biasanya dimana ya kak?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Langsung di pabriknya kalau pelaksanaan tahapan seleksinya.

Balas Hapus
.
Unknown

Saya dapat test PT Showa namun test nya di pasar minggu saya cek itu ruko apa betul.. Saya takut penipuan

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Sepengalaman saya,perusahaan ini hanya via surat lamaran dan email.Ada juga BKK sekolah,selain itu TIDAK ADA.Saya 1 tahun bekerja disana dulu.

Balas Hapus
.
Unknown

Buat artikel lagi dong kak, gimana pengalaman kakak dulu waktu melakukan ojt :)

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Segera dibuatkan yaa.

Balas Hapus