Tugas Operator Produksi PT Showa Indonesia dan Bagianya

PT Showa Indonesia Manufacturing yang terletak di cikarang jawa barat merupakan sebuah perusahaan atau pabrik yang memiliki ribuan operator produksi dengan bagian atau jenis pekerjaan yang berbeda serta tugas atau jobdesk yang beda pula.Jadi setiap karyawan mengendalikan mesin sendiri-sendiri dengan fungsi yang tidak sama.

Tugas operator produksi di PT showa indonesia manufacturing berbeda-beda sesuai dengan bagian atau line masing-masing.Saya akan menjelaskanya untuk anda supaya jika anda ingin melamar pekerjaan di pabrik sowa nanti,paling tidak anda sudah mengerti sedikit tentang seperti apa tanggung jawab anda nanti.


Operator Produksi PT Showa Indonesia Manufacturing




tugas dan bagian operator produksi pt showa indonesia manufacturing



Showa Indonesia adalah sebuah perusahaan atau pabrik yang memproduksi shockbreaker/sokbeker sepeda motor khusus merk honda.Selain merk tersebut,PT ini tidak membuatnya karena memang mereka masih satu keluarga dengan ASTRA HONDA GROUP.

Lowongan kerja menjadi operator di PT Showa indonesia manufacturing bisa dikatakan sebagai loker yang paling banyak dibuka.Pasalnya,di pabrik ini memang memiliki ribuan karyawan yang hampir setengahnya adalah opertor.

Jika anda ingin melamar pekerjaan disana,ada beberapa bagian ( khususnya untuk opertornya ) yang perlu anda ketahui.Saya akan menjelasknya untuk anda :


1. Die Casting atau Peleburan


Bagian yang pertama dalah bagian die casting atau lebih dikenal dengan sebutan " peleburan ".Di line ini,mereka yang menjadi karyawanya bertugas untuk melakukan proses peleburan besi/bahan mentah menjadi bentuk cair ( besi yang meleleh ).

Setelah menjadi lelehan,kemudian dicetak atau dituangkan kedalam wadah cetakan khusus supaya berbentuk sockbreaker.Bentuknya sebenarnya sudah berupa sokbeker,tetapi masih kasar dan belum memiliki lubang-lubang yang sempurna.

Jika anda akan ditempatkan di line ini,kondisi di line ini sedikit kurang bersahabat karena :
  • Suhu di line ini sangat panas
Tetapi anda tidak perlu khawatir karena safety atau keselamatan di perusahaan ini menjadi hal utama.Anda akan diberikan " seragam khusus " yang berbeda dengan seragam line lainya,selain itu sepatunya juga khusus.

Jadi,dengan seragam khusus itu,anda tidak perlu merasa takut lagi karena keselamatan anda menjadi priorotas yang sangat diperhatikan.


2. Machining


Setelah proses diatas,bahan pembuatan yang setengah jadi akan diteruskan ke line yang bernama " machining ".Didalam line ini terdapat kurang lebih 3 orang dengan memegang mesin yang berbeda-beda.Nama mesinya itu kalau tidak salah BTA kemudian Drilling dan lainya saya lupa.

Tiap-tiap mesin memiliki fungsi yang berbeda juga,dimana mesin pertama gunanya untuk melubangi lubang besar,mesin kedua menghaluskan lubang besar,mesin ketiga melubangi lubang kecil dan terahir adalah untuk menghaluskan semua lubangnya.

Jadi di line ini terdapat beberapa man power atau karyawan yang tugasnya itu untuk memberikan lubang di komponen sokbekernya.Jika anda teliti sokbeker anda,lubang yang terdapat disana dibuat di line ini.


3. Deburing/Penghalusan Menyeluruh


Setelah komponen memiliki semua lubang,kemudian dilanjutkan ke line penghalusan menyeluruh ini.Line ini memiliki fungsi untuk " penghalusan total " mulai dari bagian atas ataupun samping karena jika dipegang dengan tangan kosong,masih ada bekas peleburan yang bisa melukai tangan.

Di line ini bisa dikatakan sedikit " berdebu " dan debunya itu sangat gatal kalau terkena kulit ( jika tidak percaya,silahkan tanyakan ke karaywan disana ).Tetapi anda yang mungkin akan dtempatkan disini,biasanya akan diberikan sepasang " manset " atau pengganti lengan panjang.

Itu diberikan karena seragam line ini menggunakan lengan pendek,jadi untuk mencegah debu yang gatal itu terkena kulit,biasanya mereka menggunakan manset.Selain itu,mereka juga diharuskan menggunakan " semacam clemek khusus " untuk melindungi tubuh mereka terkena debunya.

Selain itu,masker juga diberikan dengan kodel yang khusus supaya pernafasan anda terlindungi.Keluhan yang paling sering terjadi di line ini adalah kulit mereka menjadi kemerahan dan gatal yang sangat mengganggu.


4. Painting/Pengecatan


Sebenarnya,sebelum sampai ke tahapan painting,komponen akan di cuci dengan cairan khusus untuk membuang sisa-sisa kotoran yang menempel.Setelah di cuci bersih,masih harus melalui tahapan pengecekan visual oleh pihak QC.

Setelah komponen dinytakan OK ( bersih dan halus ) serta ukuranya sesuai SOP,barulah komponen diteruskan ke tahapan painting atau pengecatan.Line ini memiliki tugas untuk memberikan warna ke komonen sokbeker yang akan dirakit.

Warnanya bermacam-macam tidak hanya silver.Silver itu warna umum untuk sepeda motor sehari-hari yang sering anda lihat.Tetapi untuk sepeda motor sport atau model tertentu,warnanya tidak silver,bisa hitam atau yang lainya.

Proses pengecatanya menggunakan mesin,jadi tidak menual seperti tukang cat yang biasanya.Anda hanya bertugas untuk mengatur mesinya saja dan sedikit menahan " bau " yang sedikit menusuk hidung.


5. Assembling/Perakitan


Sebelum masuk line ini sebenarnya masih ada beberapa tahapan lainya seperti pengecekan visual terhadap hasil pengecata dan lain sebagainya,saya persingkat saja.Setelah komponen masuk line ini,mereka yang bertugas didalamnya akan melakukan proses perakitan.

Line asembling ini bisa dikatakan line yang sedikit " enak " karena dingin ber AC.Suasana yang dingin seperti ini BUKAN untuk memanjakan karyawanya yaa,malinkan untuk menjaga suhu supaya tetap sejuk dan mencegah komponen menjadi rusak.

Mungkin jika anda sudah sering bekerja di berbagai perusahaan,bagian assembling ini kebanyakan memang menggunakan AC untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk ( walaupun tidak semua perusahaan seperti itu ).


Proses kerja di assembling itu bagaimana dan seperti apa?

Anda jangan dulu menilai kalau line ini sangat nayaman yaa.Walaupun ruanganya dingin,tetapi proses kerjanya bisa dikatakan seperti " kerja rodi ",kenapa?

Karena didalam tahapan ini,proses peraitanya menggunakan " conviyer/meja berjalan ".Tahukah anda apa bagian paling menyulitkan untuk proses yang menggunakan convyer seperti ini? :
  • Jika anda ingin ke kamar mandi,HARUS menunggu anda yang mengantikanya ( karena meja berjalanya TIDAK BOLEH dihentikan sesuka hati selain instirahat dan keadaan mendesak )
  • Tidak ada kata " istirahat sebentar/pelan sedikit dan sebagainya " alias pokoknya libas saja,anda capek anda keteteran masa bodo
  • Banyak karyawan di line ini yang terkena sakit typus,kenapa? Karena suhunya dingin jadi mereka tidak merasa haus,sedangkan tubuh sebenarnya sudah sangat butuh cairan.
Biasanya,leader akan menginstruksikan untuk " banyak minum air putih " kepada karyawan baru yang masuk ke line ini.Dan mungkin nanti anda tidak akan merasa haus saat didalam ruanganya,tetapi saya sarankan untuk meminum banyak air putih.


6. Ware House/PPIC/Gudang


Yang terahir akan saya bahas adalah bagian warehouse.Mereka yang berada di line ini memiliki tugas untuk melakukan pendataan produk yang masuk ( sebagai bahan baku ) dan produk yang eluar ( sebagai hasil yang akan dipasarkan ).

Terlihat sepele memang,tapi kerjaanya menuntut untuk mengemban tanggung jawab yang besar.Bayangkan jika sampai salah dalam melakukan penulisan data,yang terkirim 1.000 unit tapi yang tertulis hanya 100 unit,maka perusahaan akan rugi 900 unit.

Selain itu,line ini juga bertugas untuk memantau hasil produksi akhir apakah sesuai dengan data dari masing-masing line atau tidak.Jadi antara data di line dengan produk yang jadi itu bisa compare/sinkron/pas.

Sebenarnya masih banyak bagian yang lain,tetapi mungkin akan saya jelaskan di artikel saya berikutnya.Mohon maaf jika ada yang salah,silahkan anda koreksi lewat form komentar dibawah.

BACA :




Demikian penjelasan tentang tugas dan bagian operator produksi yang ada di PT showa indonesia manufactur.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/05/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Tugas Operator Produksi PT Showa Indonesia dan Bagianya.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar