Advertisement

Cara Mengirim CV Lewat Email Yang Baik dan Benar

Cara mengirim CV ( Curriculum Vitae ) lewat email yang baik dan benar hampir sama dengan lamaran kerja meskipun keduanya berbeda tetapi langkah mengirimkanya hampir sama saja ( via GMAIL ) dalam proses melamar pekerjaan.Banyak point penting yang harus anda fahami supaya proposal anda bisa sukses memikat hati HRD dan anda bisa dipanggil untuk bekerja di perusahaan tersebut.

CV yang menarik sangat dibutuhkan jika anda berniat melamar pekerjaan menggunakan bantual E-MAIL seperti gmail atau yahoo.Tetapi selain biodata diri yang bagus,ada beberapa tahapan dan langkah yang perlu anda perhatikan juga.Berikut saya akan jelaskan kepada anda secara lengkap dan detail.



Cara Mengirim CV ( Daftar Riwayat Hidup ) Via email Gmail



Curriculum Vitae atau dalam bahasa indonesianya Daftar Riwayat Hidup adalah biodata diri anda yang dituliskan dengan tujuan memberikan informasi yang diperlukan untuk perusahaan sebagai salah satu acuan untuk melakukan seleksi dan penyaringan calon karyawan mereka.

Dengan biodata inilah perusahaan akan melakukan penyaringan awal,mana saja orang-orang yang masuk kriteria dan berhak mengikuti seleksi sampai akhirnya bisa resmi bekerja di perusahaan tersebut.Inilah kenapa sangat penting untuk mempersiapkanya dengan baik dan jangan sampai salah.

Tetapi sebelum ke pembahasan inti,ada beberapa informasi yang wajib anda ketahui,antara lain :


Apa perbedaan CV dengan Lamaran Kerja? 


Mungkin sebelum ke pembahasan,anda perlu tahu tentang perbedaan keduanya.CV dan Lamaran memang berbeda,tetapi masih banyak yang bingung dan salah dalam mengartikanya.Dan seperti yang saya katakan sebelumnya,perbedaanya seperti ini :

Curriculum Vitae : Rangkuman biodata diri anda 
Lamaran Kerja : Proposal pengajuan diri kepada perusahaan

Yang membuat orang-orang salah mengartiken mungkin karena didalam kedua format ini,tertulis nama,alamat,pendidikan dan sebagainya.Tetapi jika anda telaah lebih dalam,kedua hal ini tidaklah sama.Dengan penjelasan ini,saya harapkan sekarang anda sudah tidak bingung dan salah faham lagi.

untuk lebih detailnya,dibawah saya berikan 2 contoh perbandingan untuk anda,silahkan lihat gambarnya :


contoh-curriculum-vitae
contoh curriculum vitae ( daftar riwayat hidup )






contoh-lamaran-kerja
contoh lamaran pekerjaan




Membuat CV yang menarik


Setelah anda tahu perbedaanya,langkah selanjutnya adalah mempersiapkan berkasnya dan membuatnya dengan baik.Ada 2 opsi untuk anda untuk membuat sebuah daftar riwayat hidup ini,yaitu :

  • Diketik komputer


Anda bisa membuatnya dengan bantuan komputer anda.Bisa diketik sendiri ataupun menggunakan situs untuk membuat daftar riwayat hidup online yang banyak di google.

  • Menulis manual


Ini adalah dengan menulis manual di sebuah kertas.Langkah ini adalah yang paling saya rekomendasikan untuk anda.Mungkin hasilnya tidak sebagus dan serapih jika menggunakan komputer,tetapi percayalah,HRD lebih menyukai yang menggunakan tulis tangan karena lebih terlihat kesungguhan dan niat bekerjanya.


Langkah mengirimkan CVnya 


Ini adalah pembahasan inti kita.Setelah anda memiliki sebuah berkas Daftar Riwayat Hidup,sekarang adalah tahapan mengirimkanya untuk perusahaan tujuan anda.Tetapi sebelumnya,anda harus tahu kalau langkah ini juga ada perbedaanya.Bedanya apa?

Pasti anda pernah membaca persyaratan lowongan yang hanya meminta mengirimkan CVnya saja dan ada pula yang meminta berkas lengkap bukan? Inilah letak  perbedaanya.Sekarang anda lihat persyaratan apa yang tertulis pada lowongan perusahaan tujuan anda.Untuk mempermudah anda,saya akan bahas keduanya :


1. Mengirimkan CVnya saja


Kenapa perusahaan hanya meminta berkas ini? kenapa tidak lengkap sekalian? ada beberapa penyebabnya,salah satunya adalah : dengan hanya satu file saja,proses seleksi bisa lebih singkat dan saat membuka berkasnya tidak memakan waktu terlalu lama.

Toh nantinya,berkas lengkapnya akan diminta saat anda dipersilahkan datang ke perusahaanya.Untuk langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Silahkan SCAN berkas Daftar Riwayat Hidup tersebut dengan ukuran sekecil mungkin TETAPI dengan kualitas gambar yang masih baik.Katakan saja kepada tukang scanya seperti itu.
  2. Masuk akun GMAIL anda
  3. Klik " tulis pesan " atau tanda pensil yang ada di bagian atas
  4. Pada bagian " kepada " anda isikan dengan alamat e-mail perusahaan
  5. Subjek anda isikan dengan " Lamaran Pekerjaan " atau bisa juga mengikuti instruksi yang tertera pada lowonganya ( ada yang menyuruh tulis dengan kode,jabatan,area tinggal,dll ) tapi jika tidak ada instruksi,isikan saja seperti yang saya katakan
  6. Badan e-mailnya anda sebaiknya isi dengan tulisan dan jangan dikosongkan,tulsikan seperti berikut : ->   Dengan ini saya kirimkan Dafatr Riwayat Hidup saya dengan tujuan untuk melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sesuai dengan instruksi di lowongan pekerjaan yang saya baca di kantor pos setempat.Besar harapan saya untuk bisa diterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Atas perhatianya,saya ucapkan terimakasih.
  7. Silahkan klik : gambar klip atau lampirkan berkas
  8. Upload berkas yang sudah anda scan sebelumnya
  9. Klik " kieim "
  10. Selesai



2. Mengirimkan berkas secara lengkap


Langkah ini anda lakukan jika memang tidak ada instruksi untuk hanya mengirimkan CVnya saja.Walaupun terlihat sepele,tetapi anda harus perhatikan dengan sungguh-sungguh instruksi yang ada di lowonganya.

Untuk mengirimkan bekas dengan lengkap,langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Silahkan scar CVnya bersamaan dengan berkas yang lainya ( buatlah ukuran sekecil mungkin dengan kualitas gambar masih bagus )
  2. Masuk akun GMAIL anda
  3. Klik " tulis pesan "
  4. Bagian kepada,anda isi dengan alamat perusahaan
  5. Subjek anda isikan dengan " lamaran pekerjaan " tapi bisa juga diisi sesuai instruksi jika ada
  6. Badan email jangan dikosongkan.isikan seperti berikut : 


--> Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :
Tempat,tanggal lahir :
Alamat :
Pendidikan :
No telp :

Dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak.Ibu pimpin.Sebagai bahan pertimbangan,saya lampirkan beberapa berkas pendukung bersamaan dengan email ini.

Besar harapan saya untuk bisa diterima dan bekerja pada perusahaan Bapak/Ibu.Atas perhatianya,saya ucapkan terimakasih.

Setelah itu,klik " kirim " dan selesai.


Fungsi CC dan BCC pada e-mail


Mungkin untuk bagian mengirimkanya,anda akan mudah mengerti.Tetapi ada hal sering membuat bingung,yaitu CC dan BCC yang ada pada bagian " kepada " atau alamat penerima.Apa yang harus anda isikan disana? Jika anda tidak mengerti fungsinya,saran saya kosongkan saja.Ini tidak masalah,karena alamat penerima sudah anda tuliskan.Jadi CC dan BCC tidak perlu,silahkan dikosongkan saja.

Apa sih CC dan BCC itu? jika anda penasaran,akan saya jelaskan.Bagian CC berfungsi untuk mengirimkan e-mail kepada group.Seperti layaknya group WA atau BBM,jika anda mengisikan kolom CC,semua alamat yang tertulis akan tahu jika anda mengirimkan berkasnya ke orang lain.

Sementara BCC,bisa anda gunakan untuk mengirimkan lamaran secara random atau ke banyak perusahaan.Dengan fungsi ini,mereka tidak akan tahu kalau anda mengirimkanya ke banyak perusahaan.

MANA YANG HARUS DIPILIH?

Saran sayaa,silahkan kosongkan saja.Jadi,satu perusahaan,satu kali kirim saja.Tetapi kalau memang tujuanya banyak alias acak atau istilahnya random,silahkan gunakan fungsi BCC.Saya harap anda sekarang sudah faham.Untuk lebih membantu anda,saya juga sudah tuliskan beberapa artikel lainya.

Baca Juga :

- Perusahaan yang bisa kirim lamaran menggunakan E-MAIL

- Tes matematika yang membuat pelamar gagal ( matematika deret angka dan logika )

- Menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar


Demikian pembahasan tentang cara mengirim CV Via email yang baik dan benar baik lewat GMAIL di hp android ataupun di komputer.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

7/23/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Mengirim CV Lewat Email Yang Baik dan Benar.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja