Berkas Kelengkapan atau Lampiran Surat Lamaran Kerja via Email

Berkas kelengkapan atau lampiran file didalam surat lamaran kerja via email merupakan salah satu point terpenting selain cara mengirim yang baik dan benar.Kenapa attachment ini menjadi sangat penting? Karena disinilah anda akan dinilai dan bersaing dengan pelamar yang lainya.

Berkas kelengkapan atau dokumen lampiran surat lamaran kerja via email terbagi menjadi 2 bagian yaitu file UMUM dan KHUSUS.Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskanya untuk anda secara lengkap dan detail supaya anda bisa lebih mengerti.


Dokumen Surat Lamaran Kerja Via Email



berkas kelengkapan atau dokumen surat lamaran kerja via email yang benar






Lampiran/dokumen/berkas/attachment adalah sebuah file yang dikirimkan menggunakan email dengan maksud atau tujuan tertentu.Untuk pelamar kerja,hal ini dilakukan untuk memberikan referensi kepada sebuah perusahaan dengan memberikan file yang diminta sebagai sebuah persyaratan melamar pekerjaan disana.

Dalam hal ini,ada beberapa point yang perlu anda perhatikan,antara lain :

  • Fungsinya apa
  • Berkasnya apa saja
  • Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan

Dan beberapa hal lain yang perlu anda fahami supaya selain anda mengerti,anda tidak lagi melakukan kesalahan di waktu yang akan datang.Ok,kita mulai pembahasan kali ini.


Tujuan dari melampirkan berkas/dokumen apa?


Pertama yang akan saya bahas adalah tujuan atau fungsi dari melampirkan file-file ini.Secara garis besar,maksud dan tujuanya adalah sebagai berikut :
  • Sebagai bahan untuk penilaian/penyeleksian pihak HRD
  • Sebagai point " utama " untuk anda bersaing dengan pelamar lainya

Bahan penyeleksian HRD maksudnya adalah : File yang anda berikan akan menjadi bahan pertimbangan pihak perusahaan/PT apakah anda layak untuk diterima ataukah tidak.

Dalam menentukan anda layak diterima bekerja atau tidak ada banyak faktor,antara lain : Kesesuaian berkas yang anda kirim dengan persyaratan,nilai atau bobot file yang anda kirim,skill yang anda miliki dan beberapa hal lain yang akan dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak peyeleksi.

Sementara sebagai point utama persaingan,maksudnya adalah : Sudah pasti ketika ada sebuah lowonga kerja via email,akan banyak pelamar yang mendaftarkan diri.Tidak hanya puluhan,bahkan mungkin ratusan pelamar akan mengirimkan dan mendaftar bukan?

File yang anda kirimkan akan di " compare/dibandingkan " dengan pelamar yang lainya.Inilah kenapa,file yang anda berikan harus anda perhatikan dengan baik karena jika anda hanya asal-asalan saja,maka anda akan kalah bersaing dengan pelamar lainya.


Point penting yang harus diperhatikan


Selanjutnya,anda harus tahu hal penting apa yang harus anda perhatikan ketika memutuskan untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui email,antara lain :
  • File yang anda kirimkan harus sesuai atau mengikuti instruksi persyaratan yang biasanya akan dilampirkan dalam informasi lowongan kerjanya
  • Perhatikan ukuran filenya ( tidak boleh terlalu besar,karena akan di " skip " oleh pihak HRD soalnya ketika beliau membuka file anda,akan lama dan memakan waktu )
  • Perhatikan KUALITAS file yang anda kirimkan,walaupun ukuranya anda buat kecil,TETAPI anda wajib untuk tetap memperhatikan kualitas gambar tampilanya )

Yang menjadi masalah biasanya : Persyaratan TIDAK SELALU dilampirkan dalam info lowonganya,jadi sebagai pelamar sedikit kebingungan untuk mengirimkan file apa saja.Untuk point ini,saya akan menjelaskanya khusus untuk anda.


Berkas/lampiran/dokumen surat lamaran kerja lewat email khusus ( mengikuti instruksi )


Pembahasan yang akan saya jelaskan pertama kali ini adalah untuk YANG file lampiranya sudah ditentukan dalam info lowongan.Mungkin anda sudah familiar dengan bentuk info lowongan pekerjaan seperti ini :




berkas dokumen yang benar untuk surat lamaran kerja via email



Seperti yang anda lihat di gambar tersebut ( khususnya pada bagian yang saya garis merah ),pihak perusahaan sudah memberikan instruksi file apa yang harus anda lampirkan.Anda hanya perlu mengikutinya saja sesuai permintaan perusahaan/PT tersebut.

Hanya saja,ada hal lain yang harus anda perhatikan yaitu : Ukuran file dan kualitasnya.Dua hal tersebut jangan sampai anda lupakan karena hal itu juga sangat penting ( penjelasnya sudah saya berikan di paragraf atas ).


Berkas/dokumen untuk surat lamaran kerja via email yang umum digunakan ( tidak ada instruksi dari perusahaan )


Berikutnya adalah untuk anda yang ingin mengirimkan lamaran pekerjaan TETAPI pihak perusahaan/PT tidak memberikan instruksi untuk mengirimkan file apa.Jika memang seperti itu,berkas atau dokumen yang harus dilampirkan dalam surat lamaran kerja via email adalah sebagai berikut :
  1. Scan ijasah asli ( usahakan selalu scan yang sudah dilegalisir,pasti dilegalisir kalau asli )
  2. Scan SKHUN ( yang dilegalisir juga )
  3. Scan KTP  asli
  4. Scan SKCK asli yang masih berlaku ( surat kelakukan baik dari kepolisian yang dilegalisir )
  5. Scan kartu oencari kerja/kartu kuning/AK 1 asli ( yang dlegalisir )
  6. Scan Daftar rimayat hidup asli ( kalau bisa yang anda buat sendiri dengan tulisan tangan,jangan beli yang sudah jadi )
  7. Scan transkrip nilai yang asli
  8. Scan Surat keterangan sehat dari dokter ( dilegalisir dan masih berlaku )
  9. Scan Surat lamaran kerja anda ( yang anda tulis tangan atau ketik )
  10. Scan Sertifikat penduung lainya



Maksudnya legalisir itu apa?

Yang saya maksudkan dengan legalisir adalah : Ada tanda tangan dan cap stempel dari dinas terkait atau lembaga yang mengeluarkan surat tersebut.Biasanya sebuah berkas YANG ASLI,akan selalu ada cap stempel dan tanda tangan pihak terkait.

Fotokopianpun otomatis akan ada karena mengcopy file aslinya,hanya saja jika fotokopian,maka stempel dan tanda tanganya juga fotokopian.Dengan melakukan legalisir fotokopian ( menandatangani dan di cap stempel ulang ),anda akan memberikan bukti bahwa berkas tersebut asli.



Kenapa harus menggunakan yang dilegalisir?

Sebenarnya tidak ada peraturan mutlak yang mengharuskan seperti itu,semua itu dilakukan hanya untuk memberikan " keyakinan " kepada HRD bahwa file yang anda kirimkan adalah ASLIdan VALID.

Masih ingat yang saya katakan sebelumnya,bahwa anda tidak hanya bersaing dengan puluhan pelamar,melainkan ratusan pelamar pekerjaan yang lainya.Dengan memberikan file yang dilegalisir,secara tidak langsung anda akan memperoleh " point plus " dimata HRDnya.


Yang discan apa harus yang aslinya?

Anda bisa menggunakan yang fotokopi,tetapi sekali lagi saya tekankan : Harus yang dilegalisir.Itupun kalau memang keadaan sangat memaksa anda untuk menggunakan fotokopian.Jika yang ASLI ADA,maka selalu gunakan scan berkas yang aslinya.

Ingat yaa,keaslian berkas sangat berpengaruh terhadap penilaian seleksi HRD.Jika anda pertanyaan berkaitan dengan ini,SILAHKAN TANYAKAN DI KOMENTAR.


Yang tidak boleh dilakukan/dikirim apa saja?


Berikutnya adalah hal yang tidak boleh dilakukan atau dikirimkan ketika mengirimkan surat lamaran pekerjaan menggunakan media email bauk gmail ataupun yahoo,antara lain :
  • Tidak boleh mengupload file palsu ( mungkin HRD bisa anda kelabuhi,tetapi jika sampai ketahuan,maka anda akan berurusan degan hukum dan jeruji besi )
  • Ukuran e-mail anda JANGAN TERLALU BESAR ( usahakan ukuranya dibawah 300kb ) untuk keseluruhan
  • Jangan kirimkan file yang gambar atau kualitasnya jelek ( ini untuk kebaikan anda sendiri,daripada lamaran anda dibuang sia-sia )
  • Hindari penggunaan kalimat tidak etis dalam body e-mail
  • Perhatikan " tanggal kadaluarsa " setiap file/berkas yang anda kirimkan ( jangan kirimkan file yang sudah expired )
  • Jika anda mengunggah sertifikat,maka pastikan yang anda ungah adalah sertifikat YANG TERKAIT PERUSAHAAN ( jangan kirimkan sertifikat memasak ketika anda melamar sebagai tekhnisi mesin )

BACA :






Demikian pembahasan tentang berkas/dokumen/file yang perlu dilampirkan di surat lamaran kerja lewat email.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

2/12/2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk Berkas Kelengkapan atau Lampiran Surat Lamaran Kerja via Email.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar