12 Contoh Urutan Berkas Lamaran Kerja Via Email

Saya akan berikan contoh urutan berkas surat lamaran kerja lewat email lengkap dengan cara mengirim atau membuatnya. Dokumen ini sangat penting jika anda ingin cepat dipanggil oleh HRD untuk proses berikutnya.

Berkas kelengkapan atau dokumen lampiran surat lamaran kerja via email terbagi menjadi 2 bagian yaitu file UMUM dan KHUSUS.Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskanya untuk anda secara lengkap dan detail supaya anda bisa lebih mengerti.


Berkas Lamaran Kerja Via Email



berkas kelengkapan atau dokumen surat lamaran kerja via email yang benar
berkas lamaran kerja via email






Lampiran/dokumen/berkas/attachment adalah sebuah file yang dikirimkan menggunakan email dengan maksud atau tujuan tertentu.Untuk pelamar kerja,hal ini dilakukan untuk memberikan referensi kepada sebuah perusahaan dengan memberikan file yang diminta sebagai sebuah persyaratan melamar pekerjaan disana.

Dalam hal ini,ada beberapa point yang perlu anda perhatikan,antara lain :

  • Fungsinya apa
  • Berkasnya apa saja
  • Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan

Dan beberapa hal lain yang perlu anda fahami supaya selain anda mengerti,anda tidak lagi melakukan kesalahan di waktu yang akan datang.Ok,kita mulai pembahasan berkas lamaran kerja via email.



Tujuan dari melampirkan berkas/dokumen apa?


Pertama yang akan saya bahas adalah tujuan atau fungsi dari melampirkan file-file ini.Secara garis besar,maksud dan tujuanya adalah sebagai berikut :
  • Sebagai bahan untuk penilaian/penyeleksian pihak HRD
  • Sebagai point " utama " untuk anda bersaing dengan pelamar lainya

Bahan penyeleksian HRD maksudnya adalah : File yang anda berikan akan menjadi bahan pertimbangan pihak perusahaan/PT apakah anda layak untuk diterima ataukah tidak.

Dalam menentukan anda layak diterima bekerja atau tidak ada banyak faktor,antara lain : Kesesuaian berkas yang anda kirim dengan persyaratan,nilai atau bobot file yang anda kirim,skill yang anda miliki dan beberapa hal lain yang akan dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak peyeleksi.

Sementara sebagai point utama persaingan,maksudnya adalah : Sudah pasti ketika ada sebuah lowonga kerja via email,akan banyak pelamar yang mendaftarkan diri.Tidak hanya puluhan,bahkan mungkin ratusan pelamar akan mengirimkan dan mendaftar bukan?

File yang anda kirimkan akan di " compare/dibandingkan " dengan pelamar yang lainya.Inilah kenapa,file yang anda berikan harus anda perhatikan dengan baik karena jika anda hanya asal-asalan saja,maka anda akan kalah bersaing dengan pelamar lainya.



Kenapa berkas lamaran kerja via email sangat penting?


Selanjutnya,anda harus tahu hal penting apa yang harus anda perhatikan ketika memutuskan untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui email,antara lain :
  • File yang anda kirimkan harus sesuai atau mengikuti instruksi persyaratan yang biasanya akan dilampirkan dalam informasi lowongan kerjanya
  • Perhatikan ukuran filenya ( tidak boleh terlalu besar,karena akan di " skip " oleh pihak HRD soalnya ketika beliau membuka file anda,akan lama dan memakan waktu )
  • Perhatikan KUALITAS file yang anda kirimkan,walaupun ukuranya anda buat kecil,TETAPI anda wajib untuk tetap memperhatikan kualitas gambar tampilanya )

Yang menjadi masalah biasanya : Persyaratan TIDAK SELALU dilampirkan dalam info lowonganya,jadi sebagai pelamar sedikit kebingungan untuk mengirimkan file apa saja.Untuk point ini,saya akan menjelaskanya khusus untuk anda.


Urutan Berkas Surat Lamaran Kerja Via Email


Pembahasan yang akan saya jelaskan pertama kali ini adalah untuk YANG file lampiranya sudah ditentukan dalam info lowongan. Mungkin anda sudah familiar dengan bentuk info lowongan pekerjaan seperti ini :




urutan berkas surat lamara kerja via email



Seperti yang anda lihat di gambar tersebut ( khususnya pada bagian yang saya garis merah ),pihak perusahaan sudah memberikan instruksi file apa yang harus anda lampirkan.Anda hanya perlu mengikutinya saja sesuai permintaan perusahaan/PT tersebut.

Hanya saja,ada hal lain yang harus anda perhatikan yaitu : Ukuran file dan kualitasnya.Dua hal tersebut jangan sampai anda lupakan karena hal itu juga sangat penting ( penjelasnya sudah saya berikan di paragraf atas ).


Berikutnya adalah untuk anda yang ingin mengirimkan lamaran pekerjaan TETAPI pihak perusahaan/PT tidak memberikan instruksi untuk mengirimkan file apa.

Apa saja berkas surat lamaran kerja via email? :


1. Scan ijasah asli 


Selalu menyertakan scan ijazah YANG DILEGALISIR. Karena dengan adanya legalisir atau cap stempel resmi, menandakan bahwa ijasah anda itu asli. 

Jangan sampai lamaran kerja anda gagal hanya karena tidak ada legalisir didalam scan berkas ijasah.


2. Scan SKHUN


Sama halnya dengan point sebelumnya, menyertakan file scan SKHUN juga wajib diberi legalisir dulu ke sekolah. Walaupun itu bentuknya hanya sementara ( karena yang asli belum keluar ), masih wajib meminta legalisir ke pihak sekolah.


3. Scan KTP  asli


Untuk sekarang sudah menggunakan E-KTP. Jadi bagi anda yang ingin melamar kerja tetapi belum memiliki E-KTP, maka sangat sarankan untuk membuatnya terlebih dahulu.

Jika masih menggunakan E-KTP sementara, maka kertas itu wajib anda mintakan legalisir ke dukcapil atau kecamatan setempat.


4. Scan SKCK asli yang masih berlaku


Surat kelakukan baik atau lebih dikenal dengan SKCK merupakan surat yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian.

Sebelum discan untuk melamar kerja, pastikan MASA BERLAKU masih hidup dan wajib di legalisir juga ( jika memang sangat terpaksa menggunakan fotokopian ), karena yang asli sudah tentu ada legalisirnya.


5. Scan kartu pencari kerja/kartu kuning/AK 1 asli


Banyak sekali istilah untuk kartu pencari kerja ini, anda jangan sampai bingung. Kartu ini juga memiliki masa berlaku dan wajib menggunakan cap legalisir.

Di cek kembali sebelum menggunakanya untuk melamar pekerjaan.


6. Scan Daftar rimayat hidup asli


Berkas daftar riwayat hidup ada 2 versi : Yang sudah jadi ( yang dijual di pasaran ) atau tulis manual.

Saya pribadi lebih menyarankan untuk menuliskan manual tulis tangan, karena dengan seperti itu akan lebih menambah nilai kesungguhan anda dimata HRD perusahaan.

Gunakan bentuk yang sudah jadi ( yang banyak dijual di tukang fotokopian ) hanya jika sangat mendesak saja.


7. Scan transkrip nilai yang asli


Ini adalah berkas yang memuat SEMUA NILAI dari mata pelajaran yang anda ikuti di sekolahan. Bedanya dengan SKHUN adalah jika SKHUN hanya menuliskan nilai mata pelajaran yang diujikan ketika proses kelulusan berlangsung.

Sedangkan untuk transkrip nilai merupakan rangkuman atau daftar nilai dari semua mata pelajaran yang anda ikuti di kelas.


8. Scan foto berwarna 4x6


Ketika mengirimkan scan foto anda, selain menggunakan foto berwarna dengan ukuran 4x6, usahakan menggunakan baju rapih.

Jika memang perusahaan menuliskan notice khusus untuk anda agar mengirimkan foto dengan format yang mereka inginkan, naka ikuti apa yang perusahaan minta.

tetapi jika perusahaan tidak meminta hal khusus, maka gunakan format ini :
  • Gunakan kemeja putih lengan panjang
  • Gunakan dasi
  • Background warna merah atau biru ( lebih saya sarankan warna merah )
  • Potong rambut,kumis,jenggot anda serapih mungkin


9. Scan Surat keterangan sehat dari dokter


Untuk surat keterangan sehat dari dokter menggunakan legalisir. Surat ini juga ada masa berlakunya dan ada tangal pembuatan nya.

Usahakan kirimkan kertu tanda sehat yang belum berahir masa berlakunya. Makin dekat dengan tanggal pembuatan akan semakin bagus.


10. Scan Surat lamaran kerja anda


Ini sangat persis dengan Daftar Riwayat Hidup, dimana saya sangat menyarankan untuk menuliskanya manual di kertas dengan tulisan tangan kemudian baru di scan.

Ingat, walaupun anda menuliskan kalimat di body email lamaran kerja, berkas lamaran kerja nya juga wajib nada scan dan kirimkan yaa.


11. Scan Sertifikat pengalaman kerja


Ini hanya opsional saja ( jika memang anda sudah pernah bekerja dan memilikis ertifikat pengalaman kerja).

Untuk anda yang barus saja lulus, anda bisa memanfaatkan sertifikat PAKLARING untuk menggantikan berkas ini.


12. Scan sertifikat keahlian atau skill


Sertifikat keahlian yang saya maksud disini antara lain :
  • Sopir ( SIM A )
  • Operaror alat berat
  • Pandai berbahasa asing
  • Kemampuan alat khusus ( machining dsb )



Maksudnya legalisir itu apa?


Yang saya maksudkan dengan legalisir adalah : Ada tanda tangan dan cap stempel dari dinas terkait atau lembaga yang mengeluarkan surat tersebut.Biasanya sebuah berkas YANG ASLI,akan selalu ada cap stempel dan tanda tangan pihak terkait.

Fotokopianpun otomatis akan ada karena mengcopy file aslinya,hanya saja jika fotokopian,maka stempel dan tanda tanganya juga fotokopian.Dengan melakukan legalisir fotokopian ( menandatangani dan di cap stempel ulang ),anda akan memberikan bukti bahwa berkas tersebut asli.



Kenapa harus menggunakan yang dilegalisir?


Sebenarnya tidak ada peraturan mutlak yang mengharuskan seperti itu,semua itu dilakukan hanya untuk memberikan " keyakinan " kepada HRD bahwa file yang anda kirimkan adalah ASLIdan VALID.

Masih ingat yang saya katakan sebelumnya,bahwa anda tidak hanya bersaing dengan puluhan pelamar,melainkan ratusan pelamar pekerjaan yang lainya.Dengan memberikan file yang dilegalisir,secara tidak langsung anda akan memperoleh " point plus " dimata HRDnya.


Yang discan apa harus yang aslinya?


Anda bisa menggunakan yang fotokopi,tetapi sekali lagi saya tekankan : Harus yang dilegalisir.Itupun kalau memang keadaan sangat memaksa anda untuk menggunakan fotokopian.Jika yang ASLI ADA,maka selalu gunakan scan berkas yang aslinya.

Ingat yaa,keaslian berkas sangat berpengaruh terhadap penilaian seleksi HRD.Jika anda pertanyaan berkaitan dengan ini,SILAHKAN TANYAKAN DI KOMENTAR.


Tips Mengirim Berkas Lamaran Kerja Via Email


Tips untuk cara mengirimkan berkas lamaran via email sangat sederhana, anda hanya perlu mengikuti instruksi dari perusahaan ( jika ada ) atau mengikuti arahan artikel saya ini jika perusahaan tidak meminta permintaan khusus.

Berikutnya adalah hal yang tidak boleh dilakukan atau dikirimkan ketika mengirimkan surat lamaran pekerjaan menggunakan media email bauk gmail ataupun yahoo,antara lain :
  • Tidak boleh mengupload file palsu ( mungkin HRD bisa anda kelabuhi,tetapi jika sampai ketahuan,maka anda akan berurusan degan hukum dan jeruji besi )
  • Ukuran e-mail anda JANGAN TERLALU BESAR ( usahakan ukuranya dibawah 300kb ) untuk keseluruhan
  • Jangan kirimkan file yang gambar atau kualitasnya jelek ( ini untuk kebaikan anda sendiri,daripada lamaran anda dibuang sia-sia )
  • Hindari penggunaan kalimat tidak etis dalam body e-mail
  • Perhatikan " tanggal kadaluarsa " setiap file/berkas yang anda kirimkan ( jangan kirimkan file yang sudah expired )
  • Jika anda mengunggah sertifikat,maka pastikan yang anda ungah adalah sertifikat YANG TERKAIT PERUSAHAAN ( jangan kirimkan sertifikat memasak ketika anda melamar sebagai tekhnisi mesin )
Untuk tutorial mengirim step by step nya sudah saya tuliskan dalam artikel sebelumnya dibawah ini.


BACA :




Demikian pembahasan tentang urutan berkas/dokumen/file yang perlu dilampirkan di surat lamaran kerja lewat email. Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk 12 Contoh Urutan Berkas Lamaran Kerja Via Email.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar