CV Kerja Tulis Tangan - Contoh dan Cara Membuat

CV Kerja Tulis Tangan untuk lamaran kerja juga sering disebut Curriculum Vitae yang akan saya jelaskan kali ini akan lengkap dengan cara bikinya serta beberapa contoh membuatnya dengan format tulisan yang baik dan benar.


CV kerja tulisan tangan digunakan untuk melengkapi surat lamaran pekerjaan serta berkas lain yang biasanya dimasukan kedalam amplop coklat ketika melamar pekerjaan.Format bentuknya ada yang menggunakan tulisan tangan ada juga yang menggunakan ketik komputer.


Anda bebas untuk memilih yang mana,isinya sama saja,hanya alat yang digunakan saja yang berbeda.



CV Kerja Tulis Tangan


cv lamaran kerja tulis tangan
cv lamaran kerja tulisan tangan


CV atau curriculum vitae dalam istilah bahasa indonesia daftar riwayat hidup adalah sebuah berkas yang berisi riwayat seorang pelamar pekerjaan.


Biasanya didalamnya terdapat riwayat pendidikan,kemudian riwayat pengalaman kerja,skill atau kemampuan yang dimiliki serta biodata pribadi.


CV lamaran kerja tulis tangan merupakan format yang tidak banyak digunakan pelamar kerja.Mereka lebih memilih menggunakan format yang sudah jadi yang banyak di jual di toko-toko.


Padahal,format penulisan manual ini lebih memiliki point lebih dimata HRD ( hanya saja tulisanya harus bagus dan enak dilihat yaa ).



Apa perbedan CV dan daftar riwayat hidup?

Ini sering sekali ditanyakan khususnya untuk pelamar kerja yang fresh graduate atau lulusan baru.TIDAK ADA BEDANYA yaa,itu hanya penggunaan bahasa saja.


Yang satu menggunakan bahasa indonesia,sedangkan satunya menggunakan bahasa inggris.Jadi pengertian keduanya sebenarnya sama saja.



Apa boleh cv ditulis tangan?

Jawabanya SANGAT BOLEH,bahkan jika tulisan anda termasuk golongan ' tangan emas ' atau bentuk tulisanya bagus,sangat saya rekomendasikan untuk menggunakan format manual tulisan tangan.


Kenapa? Karena ada point plus ketika anda menggunakan format penulisan tangan.Tapi jika bentuk tulisanya anda itu kurang bagus,anda bisa menggunakan format yang sudah jadi ( tinggal mengisi saja ) biasanya banyak dijual di tukang fotocopyan.



Menulis CV dikertas apa?

Anda bisa menggunakan kertas FOLIO agar hasilnya lebih rapih.Dibandingkan menggunakan HVS,penggunaan kertas folio lebih saya rekomendasikan.


Alasanya sudah saya katakan,hasilnya akan lebih rapih ( khususnya untuk jejeran baris per kalimat ) karena akan terbantu dengan garis di kertas folio.



Cara Membuat CV Tulis Tangan


Cara membuat cv dengan tulisan tangan akan membuahkan hasil yang bagus jika,anda mengerti isi atau bagian-bagian yang ada didalamnya.

Cara membuat CV lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar kurang lebih seperti ini :

1. Siapkan kertas FOLIO ( beberapa lembar untuk antisipasi salah penulisan )
2. Siapkan atau ingat-ingat data penting yang diperlukan
3. Ada 4 point data penting yang perlu anda perhatikan dan perlu anda isikan didalam berkas curriculum vitae ini,antara lain :
  • Biodata diri
Berisi biodata anda seperti : nama,tangga lahir dan sebagainya.
  • Data pendidikan
Berisi riwayat pendidikan anda,biasanya mulai dari tingkat SD-SMP-SMA dan seterusnya sampai anda lulus.
  • Skill/Kemampuan khusus
Berisi skill khusus yang mungkin anda miliki,seperti : sopir,mekanik,bahasa asing,IT programer dan sebagainya.
  • Pengalaman kerja

Berisi riwayat pengalaman anda bekerja.Jika memang anda pernah bekerja,silahkan tuliskan disini,lengkap dengan tahun mulai bekerja sampai selesai bekerja.

Akan lebih bagus jika ada keterangan lebih mengenai tugas atau jobdesk anda selama bekerja dulu.


Cara membuat CV kerja tulisan tangan anda akan sia-sia jika format atau isi didalamnya TIDAK ADA point diatas,karena memang itulah point utama dan wajib ada ketika anda merancang daftar riwayat hidup.


Jika anda kurang jelas,silahkan lihat gambar yang ada di bagian atas artikel ini.Kurang lebih seperti itu.


Cara buat CV lamaran kerja tulis tangan atau bikin daftar riwayat hidup itu tidak sulit bahkan sebenarnya sangat mudah.


Yang menjadikanya terlihat sulit adalah seringnya melakukan kesalahan dalam penulisan.Karena TIDAK BOLEH ada bekas tipe-x atau salah penulisan,maka ketika salah otomatis harus ganti kertas.


Inilah sebenarnya bagian yang paling sulit.Untuk data-datanya anda bisa melihat di raport atau mengira-ngira tahun berapa anda mulai masuk SD sampai lulus.


Untuk nama sekolah atau universitas juga anda tidak mungkin lupa.Pengalaman bekerja juga saya rasa anda tidak akan lupa.


Yang paling susah itu ketika menulisnya di kertas.Usahakan rileks dan jangan gerogi yaa.Santai saja,dibuat per paragraf sambil ngopi atau istirahat supaya tidak spaneng.



Contoh CV Lamaran Kerja Tulis Tangan


Supaya anda lebih mudah dalam membuatnya,berikut saya berikan beberapa contoh cv tulis tulis tangan yang bisa anda jadikan bahas referensi :



Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulisan Tangan ( Fresh Graduate/Belum Punya Pengalaman )


Bagi anda yang mungkin baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja,otomatis kolom atau point pengalaman kerjanya akan kosong kan.

Sebenarnya anda bisa menuliskanya atau mengisi dengan pengalaman PKL atau MAGANG yang biasanya anak SMK lakukan ketika kelas 3.

Tapi,jika anda memang benar-benar TIDAK PUNYA pengalaman apapun dan satupun,maka CUKUP DIKOSONGKAN SAJA.

Apa tidak masalah?

Tidak,karena HRD sudah faham dan akan mengerti jika memang status anda itu lulusan baru.Berikut contohnya :


DAFTAR RIWAYAT HIDUP


Saya yang bertanda tangan dibawah ini :


BIODATA DIRI

Nama
Alamat
Tempat tanggal lahir
Agama
Kewarganagaraan
Jenis kelamin
No hp
Email
Tinggi badan
Berat badan


RIWAYAT PENDIDIKAN

- SD ( dari tahun...sampai tahun..... di SDN....) Berijazah
- SMP ( dari tahun... sampai tahun...di SMP... ) Berijazah
- SMA ( dari tahun...sampai tahun...di SMA...) Berijazah
- Kuliah ( dari tahun...sampai tahun...di fakultas...) Berijazah


SKILL KEMAMPUAN

- ( Silahkan tuliskan skill anda di kolom ini/bisa di isi prestasi anda yang pernah anda raih,mungkin ikut lomba atau lainya juga bisa )


PENGALAMAN BEKERJA

- Dari tahun.....sampai tahun....bekerja sebagai...di PT... ( Alasan berhenti,habis kontrak )
- Dan seterusnya

Hormat saya

Nama dan TTD anda


Bagi anda yang lulusan baru,biasanya kolom ' pengalaman bekerja ' masih kosong,itu tidak masalah.Untuk kolom skill pun,jika anda tidak punya,tidak di isi juga tidak masalah.



Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan ( Yang Sudah Punya Pengalaman Bekerja )


Bagi anda yang sebelumnya pernah bekerja,mungkin bisa sedikit lebih mudah karena untuk kolom yang tersedia kemungkinan bisa di isi semua ( tidak kosong ).


Bentuknya SAMA PERSIS dengan contoh diatas.Tidak ada yang berbeda.Hanya kolomnya saja yang perlu anda isi dan sesuaikan dengan data diri anda.

BACA :

- Contoh surat lamaran kerja tulis tangan

- Contoh surat lamaran kerja



Jika ada pertanyaan,silahkan ajukan di kolom komentar yaa.


Demikian pembahasan tentang CV kerja tulis tangan lengkap dengan contoh dan cara membuat khusus untuk melamar pekerjaan.Semoga membantu,see uu.

tanpa komentar

0 komentar untuk CV Kerja Tulis Tangan - Contoh dan Cara Membuat.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar