PT Aisin Indonesia : Shift,Gaji dan Kontrak Kerja

Saya akan menjelaskan tentang PT Aisin Indonesia khususnya pembagian shift kemudian berapa gaji serta lama kontrak kerja di pabrik tersebut.Kebetulan saya pernah bekerja di perusahaan ini jadi saya tau beberapa hal tersebut.


PT Aisin Indonesia bisa saya katakan satu satunya perusahaan yang pernah saya singgahi dengan sistem kerja yang sedikit berbeda dengan yang lainya khususnya untuk pembagian shift kerja dan lama kontraknya.Untuk gajinya mungkin tidak jauh berbeda.



Gaji Shift dan Kontrak Kerja PT Aisin Indonesia




penjelasan lengkap tentang PT aisin indonesia





PT Aisin Indonesia adalah sebuah perusahaan perakitan clucth mobil untuk beberapa merk seperti daihatsu dan yang lainya.

Perusahaan ini memiliki beberapa cabang baik yang ada di kawasan ejip cikarang ataupun yang ada di karawang jawa barat.

Saya akan menjelaskan beberapa hal untuk anda,mungkin informasi ini bisa sedikit membantu khususnya bagi anda yang ingin melamar lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut.Beberapa hal yang akan saya jelaskan antara lain :


Pembagian Shift Kerja PT Aisin



Hal pertama yang akan saya jelaskan adalah bagaimana pembagian shift kerja di perusahaan ini.Didalam perusahaan ini,ada 4 jenis shift kerja antara lain :

  • Shift 1
Untuk shift 1 dimulai dari jam 6 pagi sampai jam 2 siang.Selama 8 jam itu anda akan diberikan 2 waktu istirahat,yang pertama istirahat 10 menit pada jam 9 kemudian istirahat 40 menit pada jam 12 siang ( untuk makan siang ).

Kalau anda pernah bekerja di perusahaan,hampir kebanyakan memulai jam kerjanya itu jam 7 atau jam 8 yaa? Kalau perusahaan ini memang jam 6 pagi.

  • Shift 2
Jam mulainya adalah jam 2 siang kemudian berahir jam 10 malam.Shift ini sangat jarang ditemui karena jam lembur di perusahaan ini terbilang sering.

Bahkan ketika saya bekerja di perusahaan ini,saya hanya beberapa kali saja mendapatkan jatah shift 2,sisanya shift 1 long shift atau shift 3 long shift ( saya akan jelaskan dibawah artikel nanti ).

  • Shift 3
Jam mulai pada pukul 10 malam dan selesai jam 6 pagi.Kalau boleh saya katakan,ini merupakan shift yang " menyiksa " karena anda harus menahan ngantuk semalaman.

Tetapi bagi line/bagian yang sedikit bebas,jam kerja malam merupakan jam kerja yang paling menyenangkan.

  • Non Shift
Jam kerjanya dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore.Biasanya ini untuk staff kantor seperti ( HRD,Manager Head,QC,QA ).

Untuk posisi ini,biasanya yang dicari lulusan D3 keatas.Jika lulusan SMA sederajat,biasanya bagianya operator dan dapat jatahnya shift1,2 atau 3.


Berapa Gaji PT Aisin Indonesia



Untuk gajinya berapa? Sebenarnya SAMA SAJA dengan perusahaan otomotiv lainya karena ini sudah diatur dalam UUD 1945.

Gaji pokoknya ikut UMR sekarang sebesar 4.790.000.

Kalau sama,kenapa banyak yang bilang gaji di perusahaan ini besar? Itu karena JAM LEMBURANYA banyak.

Kalu tidak ada lemburan sama sekali,maka gajinya akajn sama saja dengan perusahaan lainya.Semakin banyak lemburan,maka akan semakin besar gaji yang aka anda terima.


Kapan pembayaranya?

Upah akan dibayarkan secara transfer ke rekening karyawan pada tanggal 25 setiap akhir bulan.Selain itu,anda juga akan menerima slip gaji,jadi anda bisa melakukan perhitungan lagi apakah sesuai atau tidak upah yang anda terima itu.


Berapa Lama Kontrak Kerja PT Aisin Indonesia



Seperti yang saya katakan diawal kalau kontrak kerjanya juga sedikit berbeda dari perusahaan laiya.Untuk perusahaan ini terbilang singkat,karena :

Hanya ada 2 x kontrak kerja dimana setiap kontrak duras lamanya hanya 6 bulan saja.Jadi kontrak pertama 6 bulan jika diperpanjang maka akan diperpanjang lagi 6 bulan.Totalnya hanya 1 tahun saja.

Ada kekuranga dan kelebihan mengenai sistem kotrak kerja yang terbilang singkat seperti ini.

Walaupun kerja anda akan terasa sebentar,paling tidak umur anda TIDAK AKAN terbuang sia-sia,karena begit kontrak kedua selesai,pilihanya hanya 2 yaitu anda selesai atau diangkat karyawan tetap.

Saya pribadi lebih suka perusahaan yang kontrak kerjanya singkat,karena buat apa kerja sampai bertahun-tahun kalau ujung-ujungnya habis kontrak.Mau daftar perusahaan lain,umurnya sudah tidak bisa.


Jam Kerja


Ini penjelasan terahir.Untuk jam kerjanya berapa lama,kurang lebih detailnya seperti ini :
  • Jam kerja pagi ( 8 jam dari jam 6 sampai jam 2 )
  • Jam kerja siang ( 8 jam dari jam 2 sampai jam 10 )
  • Jam kerja malam ( 8 jam dari jam 10 sampai jam 6 pagi )
  • Long shift 1 ( 12 jam dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore )
  • Long shift 3 ( 12 jam dari  jam 6 sore sampai jam 6 pagi )

Baca Juga :








Demikian penjelasan tentang besaran gaji kemudian pembagian shift kerja serta lama kontrak kerja di PT Aisin Indonesia.Semoga bisa membantu,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk PT Aisin Indonesia : Shift,Gaji dan Kontrak Kerja.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar