Pengalaman Pribadi OJT di PT Aisin Indonesia

Pengalaman pribadi saya ikut OJT atau On The Job Training di PT aisin Indonesia sebenarnya tidak ada yang spesial.Hanya saja,siapa tau tulisan ini bisa sedikit memberikan gambaran untuk anda khususnya yang akan mengikuti tahapan seleksi ini.


OJT atau On The Job Training di PT Aisin Indonesia secara garis besar hampir sama dengan PT atau perusahaan astra group lainya seperti Showa Manufactur Indonesia misalnya.Saya sudah menuliskanya di artikel sebelumnya.



OJT di PT Aisin Indonesia



pengalaman pribadi ojt di pt aisin





OJT atau ON THE JOB TRAINING adalah sebuah tahapan seleksi yang dilakukan setelah tahapan MCU atau medical chek up dinyatakan lolos.

Didalam tahapan ini,peserta akan mengikuti kegiatan ( seperti sekolah ) dimana akan ada pemberian materi kemudian ujian soal ditambah beberapa hari ujian praktek.

Didalam tahapan ini masih menggunakan sistem gugur seperti tahapan sebelumnya,dimana peserta yang nilainya tidak sesuai dengan kualifikasi akan langsung dinyatakan gagal.Dan perlu anda ketahui bahwa : Ini merupakan tahapan terahir seleksi,jika lolos akan langsung tanda tangan kontrak.

Saya akan menjelaskanya detail kepada anda.



Penjelasan/Gambaran OJT PT Aisin Indonesia



1. Jam Masuk


Apakah anda tau jika perusahaan ini untuk shift 1 nya masuk jam 6 pagi? Yaa,jam 6 pagi sudah masuk untuk shift pagi.

Beruntung bagi peserta OJT,jam masuk TIDAK MENGIKUTI jam masuk karyawan.Untuk jam masuknya sendiri jam 7 pagi mengikuti yang non shift ( jam 7 sampai jam 3 ) karena pemberi materi biasanya karyawan yang non shift.


2. Pakaian Yang Digunakan


Untuk pakaian yang dipakai adalah :
  • Baju putih lengan panjang
  • Celana bahan hitam
  • Sepatu hitam
  • Menggunakan kaos kaki
Untuk hal ini akan diberitahu setelah anda dinyatakan lolos OJT.


Yang tidak sesuai dipulangkan!

Ketika saya ikut OJT ini,kalau tidak salah hari kedua atau ketiga,adalah peserta yang " LUPA TIDAK PAKAI KAOS KAKI " dan kebetulan panitia seleksi tau.

Saat itu juga peserta disuruh pulang! Masih rezekinya mungkin,peserta ini hanya disuruh untuk mengambil kaos kaki tidak di anggap gagal.

Jangan main-main kalau ikut OJT yaa,panitianya galak ( kalau anda menyepelekan,saya ragu anda akan lolos tahapan TTD ).


3. Perlengkapan Yang Dibawa


Untuk perlengkapan yang dibawa hanya alat tulis dan buku catatan saja.Ini digunakan untuk mencatat materi yang diberikan didalam kelas nanti.

Jangan sampai lupa tidak bawa yaa,kalau ketahuan sebelum kelas dimulai,mungkin anda bisa meminjam teman anda.

Tetapi jika ketahuan pemberi materinya,anda akan kena teguran.Takutnya kalam pemberi materinya sedang bad mood,anda tidak boleh meminjam alat tulis dan akhirnya anda tidak bisa mencatat bagaimana?


4. Kegiatan Didalam Kelas


Apa saja kegitatan yang dilakukan didalam kelas? Seperti yang saya katakan sebelumnya,hampir mirip seperti sekolah :
  • Pemberian materi ( menggunakan layar proyeksi )
  • Mencatat materi
  • Ujian materi yang sudah dibahas
  • Sedikit game/permainan untuk mencairkan suasana ( tegang lohh didalam kelas,beneran )

Berapa lama OJT PT Aisin Indonesia berlangsung?

Untuk tahapan ini berlangsung sekitar 7 sampai 14 hari.Ini meliputi tahapan materi didalam kelas kemudian praktek dilapangan sesuai line/bagian apa anda ditugaskan.


5. Praktek Kerja


Setelah kurang lebih 7 hari anda didalam kelas,anda akan diberikan waktu untuk praktek ujicoba di line masing-masing.Ada banyak line/bagian nantinya seperti :
  • PPIC
  • Assembling
  • QC

Kebetulan saya waktu itu di bagian PPIC atau di PT Aisin lebih dikenal dengan istilah CKD ATAS dan CKD BAWAH.

Saya line CKD atas.

Bahkan saya masih ingat beberapa nama senior saya seperti : Pak adam,pak widi ( leader CKD bawah ),mas eko danmmasih banyak lagi.


Apa yang harus dilakukan supaya lolos/lulus?

Tips supaya anda bisa lolos adalah : Lakukan pekerjaan dengan SUNGGUH-SUNGGUH,karena anda akan langsung dinilai oleh leader masing masing.

Jangan lembek atau sampai terlihat malas.Karena jika anda mendapatkan nilai jelek dari leader anda,90% anda akan gagal.

Karena disini merupkan penilaian yang paling tinggi nilainya.Jika anda mendapatkan nilai bagus disini,anda akan sampai ditahapan terhair yanitu Tanda Tangan Kontrak kerja.

Waktu itu saya lolos dan mendapatkan kontrak 6 bulan.Kontrak di perusahaan ini memang per 6 bulan saja yaa,tetapi kalau anda rajin lembur,6 bulan sudah sangat cukup ntuk mendapatkan modal,hehe.


BACA JUGA :





Demikian pembahasan tentang pengalaman pribadi saya ikut seleksi OJT di PT Aisin Indonesia di kawasan EJIP cikarang.Semoga bisa membantu,see uu.

5/19/2021 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Pengalaman Pribadi OJT di PT Aisin Indonesia.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar