Jam Kerja dan Gaji PT YAMAHA WJ Karawang

Kali ini saya akan menjelaskan tentang sistem jam kerja serta berapa gaji di PT Yamaha West Java WJ karawang jawa barat.Kebetulan saya punya teman yang pernah bekerja di pabrik tersebut dan tau cukup banyak informasi mengenai perusahaan itu.


Sistem jam kerja serta gaji PT yamaha 2 wj ( west java ) karawang sebenarnya tidak terlalu jauh dengan perusahaan atau pabrik pada umumnya.Tetapi hal ini masih perlu saya ulas supaya anda khususnya yang baru ingin mencoba bisa sedikit mengerti bagaimana bekerja disana.



Jam Kerja dan Gaji PT Yamaha West Java




jam kerja dan gaji pt yamaha wj karawang







PT yamaha 1 WJ begitu nama familiernya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bisang otomotif dengan hasil produksi berupa sepeda motor ber merk yamaha.

Didalam perusahaan ini " hanya merakit " berbagai komponen sepeda motor menjadi sebuah unit lengkap siap pakai.Sedangkan bahan-bahanya sendiri dikirimkan dari berbagai vendor mereka.Intinya ini merupakan perusahaan perakitan bukan pembuatan komponen.


Perusahaan dengan fasilitas perusahaan yang " LENGKAP "

Perusahaan ini menjadi salah satu pabrik favorit untuk para pencari kerja,pasalnya di perusahaan ini sudah terkenal memiliki fasilitas/tunjangan yang terbilang cukup lengkap bagi karyawan mereka.

Ada banyak keistimewaan atau kelebihan yang bisa anda dapatkan jika bekerja di perusahaan ini,antara lain :
  • Mendapat fasilitas mobil antar jemput
  • Makan 2x bahkan bisa 3x dalam sekali shift
  • Uang ganti bensin
  • Tunjangan lain seperti ( lahiran,menikah,bonus dan sebagainya )

Dengan berbagai keistimewaan tersebut,tidak heran jika perusahaan ini masuk kedalam deretan perusahaan paling diminati khususnya di daerah karawang jawa barat.



Jam Kerja di PT Yamaha WJ



Dari berbagai hal yang ada di perusahaan ini,saya akan menjelaskan salah satunya yaitu mengenai pembagian jam kerja disana.

Ada 2 point utama yang akan saya jelaskan,yaitu :


- Sistem Shift di PT Yamaha WJ Karawang


Untuk pembagian shiftnya,ada terbagi menjadi 5,yaitu :
  • Shift pagi ( shift 1 )
  • Shift siang ( shift 2 )
  • Shift malam ( shift 3 )
  • Non shift
  • Long shift

Dari kelima jenis shift diatas perbedaanya hanya terletak di " LAMA JAM KERJANYA " saja.Untuk pekerjaanya sama saja dengan shift lainya.



- Lama Jam Kerja Dalam Satu Shift


Setelah anda mengetahui sistem pembagian shiftnya,selanjutnya saya akan menjelaskan tentang lama waktu kerja dari masing-masing shift yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

  • Shift pagi
Untuk shift pagi,lama kerjanya adalah 8 jam dimulai pukul 7 sampai pukul 4 sore,dengan jumlah istirahat sebanyak 3x,yaitu jam 10 selama 15 menit,jam 12 selama 40 menit kemudian jam 2 selama 10 menit.

Untuk tepatnya jam berapa atau berapa menitnya mungkin bisa sedikit meleset,tetapi paling tidak seperti itu gambaranya.

  • Shift siang
Untuk shift ini melanjutkan shift 1 atau shift pagi dan akan berakhir pukul 12 malam.

  • Shift malam
Shift ini juga melanjutkan shift 2 yang akan berakhir pukul 7 pagi

  • Non shift
Khusus untuk non shift,biasanya mereka-mereka yang posisi atau jabatanya BUKAN OPERATOR/kerjanya di kantornya.Contohnya seperti staff HRD,manager dan sejenisnya.

Non shift dimulai pukuk 7 pagi dan selesai pukul 5 sore.

  • Long shift
Sebenarnya ini adalah istilah yang diberikan jika hari itu kebetulan anda mendapatkan jatah lembur.Untuk jam lemburnya adalah 12 jam ( 8 jam kerja ditambah 4 jam ) makanya disebut LONG SHIFT.

Untuk yang long shift,biasanya hanya untuk yang shift 1 dan shift 3 saja.

Untuk shift 1 berarti dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam.Sedangkan shift 3,jam masuknya maju menjadi jam 7 malam sampai jam 7 pagi.


Kurang lebih seperti itu pembagian jam kerja atau shift di perusahaan ini.



Gaji PT Yamaha WJ Karawang



Setelah anda tahu mengenai jam kerjanya,sekarang saya akan menjelaskan mengenai besar gaji yang diterima tiap karyawanya.

Tetapi sebelumnya saya ingin tekankan bahwa : " Beda jabatan dan masa kerja juga berpengaruh terhadap besaran gaji "

Jadi saya akan menjelaskan yang pokok saja atau bahasa mudahnya besaran gaji untuk yang baru masuk menjadi karyawan di perusahaan ini.

Untuk jumlah gaji yang diterima di PT Yamaha WJ karawang adalah sebesar :
  • Gaji pokok + Tunjangan kehadiran ( jika masuk full satu bulan ) + Tunjangan operasional kendaraan ( bensin ) + Lemburan ( jika ada )
Jika dirupiahkan maka akan menjadi :
  • 3.9 juta ( UMR karawang/gaji pokok ) + 200 ribu + jumlah lemburan anda

Jika ditotal maka setidaknya anda akan mendapatkan sekitar 4 juta sampai 4,5 juta dalam 1 bulan gaji.Besar untuk ukuran pekerja pabrik.


Pembayaran via ATM

Untuk proses pembayaranya biasanya tangaal 25 atau tanggal 1 menggunakan ATM.Tenang saja,ketika pertama kali anda masuk perusahaan,anda akan langsung dibuatkan ATM baru,jadi tidak perlu repot untuk mengurusnya.

Jika ada pertanyaan,silahkan ajukan di kolom komentar yaa.


BACA JUGA :







Demikian pembahasan tentang lama jam kerja dan besaran gaji di PT yamaha 2 west java WJ karawang jawa barat.Semoga bisa membantu,see uu.

2 komentar

2 komentar untuk Jam Kerja dan Gaji PT YAMAHA WJ Karawang.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
Anonim

bang apakah mcu di ymmwj lolos semua apa ada yang bisa ngga lolos??

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Ada yang tidak lolos,bahkan tidak sedikit.Anda bisa baca tips dan trik medikal yang pernah saya tulis,silahkan cari di website ( di kolom pencarian pojok kanan atas ).

Balas Hapus