Kesejahteraan PT Yamaha 2 Karawang YMMWJ dan YPMI

Kesejahteraan PT atau perusahaan yamaha 2 karawang atau YMMWJ dan YPMI kemudian unilever bahkan sekelas astra group menjadi bahas perbincangan yang banyak sekali ditanyakan oleh anda para pencari kerja.Entah untuk alasan apa,banyak sekali mereka yang bertanya mengenai fasilitas yang diberikan oleh tempat kerja ini.

Kesejahteraan atau fasilitas atau tunjungan karyawan yang diberikan di Yahama 2 west java atau YPMI memang menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh para pencari kerja,tetapi ada beberapa hal penting yang harus anda semua fahami jika membicarakan hal ini.Silahkan anda fahami dengan baik artikel di bawah ini supaya anda memiliki pandangan yang lebih luas lagi.


Penjelasan Kesejahteraan | Fasilitas | dan Tunjangan PT Yamaha Group




Kesejahteraan-pt-atau pabrik



Banyaknya perusahaan yang berdiri dan beroperasi di indonesia memang menjadi hal positif untuk mereka-mereka yang sedang mencari pekerjaan sehingga mereka bisa dengan leluasa memilih dan mencari perusahaan mana yang sekiranya cocok dengan keinginan mereka.Dan hal yang pertama kali ditanyakan biasanya adalah fasilitas apa yang ada dan diberikan oleh PT incaran mereka.

Pengertian program kesejahteraan karyawan?


Maksudnya adalah fasilitas yang diberikan oleh perusahaan tertentu baik itu swasta atau negri ( BUMN ) kepada para karyawanya baik itu yang mengikuti peraturan perundang-undangan ataupun diluar dari peraturan pemerintah sebagai bentuk apresiasi kepada pekerja supaya kehidupan mereka lebih sejahtera.

Jika dibuat lebih sederhana adalah hal yang diberikan pabrik kepada karyawan selain daripada gaji pokok yang diberikan.


Faktor yang memperngaruhi kesejahteraan karyawan


Jika anda teliti lebih lanjut,antara satu tempat kerja dengan tempat kerja yang lain sudah pasti memberikan fasilitas yang berbeda,kenapa? ada beberapa hal yang mempengaruhinya,antara lain :
  • Tingkat penjualan perusahaan
  • Kemampuan finansial tempat kerja
  • Sektor atau golongan tempat kerja ( golongan 1,golongan 2,dst )

Biasanya,semakin tinggi golongan dari pbarik,bentuk fasilitas yang diberikan akan lebih lengkap,terlebih lagi jika tingkat penjualan atau produktifitas pabriknya tinggi,ini juga akan mempengaruhi hal tersebut.

Jika tempat kerja anda tingkat produktifitasnya rendah dan merupakan tempat kerja golongan 3 kebawah,mungkin anda tidak perlu berharap yang terlalu berlebihan.

Jenis-jenis program kesejahteraan karyawan?


Pabrik atau badan usaha sebenarnya sudah ada aturanya sediri dalam memberikan tunjangan kepada karyawanya,tetapi ada beberapa perusahaan yang memberikan " lebih " daripada apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk perusahaan seperti yamaha music,YMMWJ,YPMI,UNILEVER,EPSON,ASTRA GROUP dan PT yang lainya baik manufactur,textil,garmen,makanan atau apapun,fasilitas yang diberikan kurang lebih hampir sama.

Berikut beberapa tunjangan atau fasilitas yang diberikan :

1. Seragam




Ini sebenarnya adalah fasilitas yang HAMPIR SEMUA perusahaan memberikanya ( walaupun ada juga yang tidak ).Bentuk seragam dari yamaha group sekilas hampir sama meskipun tidak sama persis,seperti apa seragamnya? berikut contoh gambar seragamnya :


bentuk fasilitas seragam yamaha group


Untuk laki-laki dan perempuan hampir sama,mungkin yang membedakan,kalau perempuan lenganya panjang ( itu juga tidak semuanya ).
 

2. Jatah makan



Untuk jatah makanan ini,kebetulan saya dulu bekerja di yamaha west java karawang,jadi saya tahu betul pemberiaan fasilitas makananya.Anda akan diberikan 2 kali jatah makan jika bekerja di WJ ( sebutan familier untuk yamaha 2 kerawang ini ),yaitu :
  • Saat anda pertama masuk kerja shift 1 ( jadi pagi hari,begitu anda masuk perusahaanya,anda akan dipersilahkan untuk sarapan pagi )
  • Saat instirahat makan ( berlaku untuk semua shift ( sift 1,2 dan 3 )

Sebenarnya,untuk anda yang berangkat shift 2 atau shift 3,ketika anda baru sampai,anda juga diperbolehkan untuk makan,hanya saja,untuk shift 2 dan 3,sedikit sekali yang baru sampai terus makan.

3. BPJS Ketenagakerjaan



Layaknya perusahaan lainya,di tempat ini,anda juga akan mendapatkan BPJS ini.Jadi ketika anda selesai kontrak nanti,anda bisa mencairkan dana BPJS anda dengan syarat : HARUS MEMILIKI PAKLARING yang sah.

4. BPJS Kesehatan



Walaupun tidak diganti 100% dalam artian anda masih tetap harus menambahkan dengan uang sendiri JIKA MELEBIHI BATAS MAKSIMALNYA,hal ini akan sedikit memringankan beban anda jika anda harus berobat dikemudian hari karena alasan tertentu.

5. Mobil jemputan karyawan

Ada mobil jemputan karyawan yang disediakan untuk anda lohh.Jadi untuk anda yang tempat tinggalnya jauh,anda tidak perlu khawatir untuk memikirkan bagaimana transportasinya nanti.Bahkan mobil jemputanya,sampai ke daerah jakarta.

Untuk anda yang kost di daerah cikarang,bekasi,karawang,dan tambun,tidak perlu khawatir untuk masalah transportasinya.

6. Uang transportasi

Bisa dikatakan,ini salah satu bagian yang " enak ",dimana selain mendapatkan jatah mobil transport,anda juga akan mendapatkan jatah uang transportasi.Hanya saja jumlahnya sedikit ( saya lupa dulu berapa ).

Bagian tidak enaknya,masalah uang transport sering sekali manjadi masalah bagi pihak FSPMI dan managemen.Saya tidak tahu apakah sekarang masih ada uang transport atau tidak.

7. Uang kehadiran ( untuk absen yang bagus 100% )

Ini adalah " bonus " yang akan anda dapatkan jika masuk 100% tanpa ada sakit,cuti atau bolos selama 1 bulan.Dan besarnya juga berbeda-beda antara pekerja satu dengan yang lainya.

Semakin senior dan semakin tinggi jabatanya,uang insentif ( sebutan untuk bonus kehadiran ) juga akan berbeda dan akan semakin tinggi.

Dan mungkin masih banyak lagi yang lainya.Diatas saya rangkumkan jadi satu.Jadi tidak semua pabrik memberikan fasilitas tersebut,ada yang beberapa saja atau mungkin ada juga yang memberikan semuanya,itu semua tergantung dari KEMAMPUAN FINANSIAL perusahaanya.

Kenapa bisa tergantung kemampuan? kenapa tidak disamaratakan saja?

 Begini,dalam suatu perusahaan sudah pasti memiliki penghasilanyang berbeda bukan? pabrik mobil pasti penghasilanya lebih besar ketimbang pabrik sandal.Jika disamaratakan,dinalar saja sudah tidak mungkin.Untuk perusahaan besar mungkin tidak masalah,tetapi untuk pabrik dalam skala kecil,ini masalah besar,bisa-bisa mereka gulung tikar hanya karena harus membiayai fasilitas untuk para pekerjanya.

Jika saya seorang pencari kerja,apa yang harus dilakukan?

 Dibeberapa forum dan group kerja yang saya miliki,sangat sering orang bertanya mengenai kesejahteraan pabrik padahal mereka belum mendapatkan panggilan kerja disana.Itu tidak masalah dan sangat wajar.

1. Bertanya di media sosial
2. Bertanyalah ke karyawan yang bekerja di perusahaan yang bersangkutan
3. Carilah informasi di internet

Jika kesejahteraanya tidak sesuai dengan keinginan kita bagaimana?

 Setalah anda mencari kesana kemari ternyata tidak membuahkan hasil,bahkan jika seandainya anda mendapati kenyataan bahwa fasilitas yang anda tanyakan TIDAK SESUAI keinginan,ada saran terbaik dari saya :

1. Tetap lanjutkan mendaftar atau melamar disana
2. Setelah diterima anda barulah mencari penggantinya sambil bekerja

JANGAN mundur ketika tunjangan yang diberikan tidak sesuai harapan,karena selain itu akan menghambat kemajuan hidup anda,yang namanya tunjangan itu mengikuti kemampuan perusahaanya.

Semakin maju dan semakin besar perusahaan,maka tunjanganya akan semakin bertambah.Sebaliknya,semakin menurunya produksi dan penghasilan perusahaanya,maka tunjangan yang tadinya besar,lama-kelamaan akan berkurang ( dikurangi ).


tetapi mengingat sangat susahnya mencari kerja yang layak pada jaman sekarang,anda tidak boleh gegabah dalam mengambil keputusan.Silahkan dirundingkan dan dibicarakan dengan orang lain agar anda tidak salah jalan nantinya.

Baca Juga :



Ada banyak sekali perusahaan-perusahaan di daerah kawasan industri seperti di cikarang,karawang,bekasi,jakarta,semarang,surabaya,cilacap,bandung yang bisa anda jadikan bahan incaran untuk mencari kerja.Jika menemukan satu yang kurang cocok,jangan merasa hidup sudah berahir,teruslah berjuang sampai mendapatkan apa yang anda impikan.

Demikan pembahasan tentang kesejahteraan PT yamaha 2 karawang atau YMMWJ west java kemudian YPMI,music dan pulogadung.Ingatlah bahwa fasilitas bukanlah segalanya.Terimakasih telah membaca,semoga membantu,see uu.

Tanpa komentar

0 komentar untuk Kesejahteraan PT Yamaha 2 Karawang YMMWJ dan YPMI.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar