Jawaban Interview " Ceritakan Pengalaman Kerja "

Cara menjawab interview atau wawancara ceritakan pengalaman kerja khusus bagi yang belum berpengalaman alias baru lulus fresh graduate.Pertanyaan seperti ini memang cukup menjadi sebuah moment yang sulit khususnya bagi pemula.

Jawaban interview atau wawancara kerja menceritakan pengalaman kerja padahal belum punya pengalaman harus dijawab dengan baik dan benar supaya bisa lolos dan diterima.Karena jika jawabanya salah,kemungkinan anda ditolak akan semakin besar.



Cara Menjawab Interview Pengalaman Kerja padahal Belum Berpengalaman




jawaban wawancara pengalaman kerja padahal belum punya pengalaman





Interview atau wawancara kerja adalah sebuah " test " yang dilakukan sebuah PT untuk mengetahui kepribadian dari pelamar kerja menggunakan perantara HRD dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang harus dijawab pelamar kerja.

Dengan cara inilah kepribadian seseorang bisa terlihat,walaupun pelamar kerja tersebut tidak mengatakanya secara langsung.Di point penting inilah yang akan di ulas secara lengkap di sini.Krena memang ada beberapa tips untuk bisa lulus sebuah wawancara HRD dan bisa diterima kerja disana.

Seperti yang saya katakan diatas,pertanyaan yang diberikan HRD bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari kalian semua apakah sesuai dengan kriteria yang di butuhkan atau tidak.


Apa saja yang dinilai dari sebuah interview atau wawancara kerja?

1. Penampilan luar
2. Keperibadian ( di nilai dari jawaban atas pertanyaan yang di ajukan ) 
3. Sikap atau atitude atau tata krama dan sopan santun kalian
4. Kecocokan pribadi dengan pekerjaan yang sedang dibutuhkan

Ke 4 point diataslah yang menjadi point utama penilaian dalam proses ini.Anda harus tahu caranya supaya ke empat poin di atas bisa anda lalui dengan nilai yang memuaskan.Tentunya semakin besar penilaian HRD,kesempatan anda untuk bisa diterima bekerja di sana juga lebih besar.



Kenapa pengalaman kerja itu selalu ditanyakan ketika wawancara kerja?

Begini,ketika perusahaan mengadakan sesi wawancara yang diwakilkan oleh seorang HRD,perusahaan memiliki satu point utama selain attitude yang menjadi dasar kelulusan,apa itu?

Tentu saja : Orang yang bisa dan sanggup bekerja.

Inilah sebab utama kenapa pertanyaan itu selalu keluar,tujuanya adalah supaya HRD bisa mengambil kesimpulan bahwa pelamar tersebut sanggup bekerja atau tidak.

Paling tidak,jika orang tersebut pernah bekerja sebelumnya,pelamar itu sudah pernah merasakan dan tau bagaimana dunia pekerjaan itu.Sudah ada nilai plus nya disini.


Kalau belum pernah bekerja,apakah akan mendapat stigma jelek?

Tidak.Karena yang namanya " kesanggupan bekerja " itu TIDAK BISA diukur hanya dari pengalaman nekerja si pelamar saja.

Ada banyak point untuk mengetahui bahwa si pelamar itu sanggup bekerja atau tidak walaupun dia belum pernah bekerja sama sekali.


HRD selalu punya cara untuk menilai

Jika memang dilapangan terjadi kasus seperti itu,dimana pelamar belum berpengalaman,maka biasanya HRD akan menggantinya dengan pertanyaan lain.Saya akan jelaskan dibagian bawah artikel nanti.


Cara Menjawab Wawancara Kerja  CeritakanPengalaman Kerja padahal Belum Berpengalaman




Diatas hanya untuk pengenalan awal saja.Sebenarnya ada banyak jenis pertanyaan yang sering diajukan HRD ketika proses wawancara kerja berlangsung.Hanya saja,dalam artikel kali ini saya akan menitik beratkan pada point :


" Bagaimana mengatasi pertanyaan interview atau wawancara kerja tentang " pengalaman kerja " padahal belum memiliki atau belum pernah bekerja sebelumnya "


Ada beberapa variasi bentuk jawaban untuk pertanyaan tersebut,antara lain :



1. Jawablah apa adanya


Point pertama yang bisa anda lakukan adalah menjawab pertanyaan tersebut apa adanya.Yaa,jawab saja anda belum pernah bekerja sebelumnya.

Masih ingat yang saya katakan diatas,bahwa HRD selalu punya cara untuk bisa menilai seseorang?

Ketika anda menjawab tidak punya pengalaman,maka otomatis HRD akan mencari pertanyaan lain yang bisa digunakan untuk menilai,apakah anda pantas diterima bekerja atau tidak.


Adapun pertanyaan penggantinya biasanya adalah : 
  • Pernah magang atau PKL sebelumnya?
  • Apa kegiatan anda sehari-hari?
  • Apa kesibukan anda setiap hari?
  • Apa yang anda lakukan jika tidak bekerja?

Ketahuilah,ini adalah pertanyaan yang diajukan HRD ketika pelamar merupakan orang yang masih baru sementara HRD harus bisa menentukan apakah orang tersebut layak diterima atau tidak.


Jika pertanyaan itu keluar,bagaimana jawaban yang benar?

Anda bisa menjawabnya dengan berbagai jawaban TETAPI HARUS TERLIHAT KUAT BEKERJA!! Contohnya :
  • Membantu saudara di bengkel
  • Menjadi buruh tani
  • Membantu menjaga toko

Ataupun jawaban lain yang akan mengesankan bahwa anda itu memang seorang pekerja atau orang yang giat bekerja.

Tidak boleh menjawabnya dengan jawaban seperti : baca buku,baca komik,menggambar,mendengarkan musik dan berbagai bentuk jawaban yang akan mengesankan bahwa anda itu orang yang lemah atau tidak kuat bekerja.


Ini adalah satu-satunya jawaban yang paling tepat baik dan benar!

Jika memang anda itu belum memiliki pengalaman apapun di dunia kerja,jawaban " apa adanya " merupakan yang paling tepat kenapa?

Karena jika anda sampai mengarang cerita,maka dengan mudah HRD akan tau dan menilai anda sangat buruk.Hasilnya sudah pasti akan mengecewakan.



2. Jawablah dengan jawaban langsung


Maksudnya begini,jika anda tidak ingin menjawabnya dengan kalimat " apa adanya/belum punya pengalaman " maka anda bisa menggantinya dengan jawaban langsung,contohnya :
  • Belum pernah kerja pak,cuma PKL/Magang atau
  • Belum pernah kerja pak hanya bantu-bantu saudara ( jaga toko,bengkel atau sejenisnya )

Hampir serupa dengan point pertama tadi,hanya saja anda langsung to the point.

Ini juga bagus,yang penting intinya sama,yaitu : USAHAKAN ANDA TERLIHAT SIAP DAN BIASA BEKERJA SEBELUMNYA!!



3. Tidak boleh mengarang cerita


Yang terahir adalah anda tidak boleh mengarang cerita atau memberikan jawaban terlalu direkayasa,contohnya :
  • Saya pernah bekerja di PT " A " dengan posisi tertentu ( padahal tidak pernah )

Mungkin HRD hanya manusia biasa yang tidak bisa mengenali kebohongan lewat kalimat pertama,tetapi HRD itu seorang yang memang dididik untuk bisa mengetahui karakter dan kepribadian seseorang.

Jika anda memberikan jawaban seperti itu,HRD akan bertanya lagi : Coba ceritakan SOP atau alur kerjanya.

Yakin saja,kalau anda berbohong dalam hal ini,ketika anda menjawabnya,HRD bisa langsung tau kalau anda itu sedang mengada-ada.

Hasilnya apa? Ya paling dapat kalimat " silahkan pulang dan tunggu kabar selanjutnya " saja.


KESIMPULAN

Jawaban untuk pertanyaan wawancara kerja tentang pengalaman bekerja padahal belum berpengalaman bukanlah momok menakutkan,yang terpenting anda terlihat siap dan biasa bekerja keras,itu saja sudah cukup.


Demikian Cara menjawab interview atau wawancara kerja tentang ceritakan pengalaman kerja padahal anda belum berpengalaman sama sekali alias baru lulus.Semoga membantu,see uu.

12/28/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Jawaban Interview " Ceritakan Pengalaman Kerja ".

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar