Pilih Kuliah atau Kerja? Ini Pertimbanganya!

Bingung mau pilih kuliah atau kerja? Apa yang harus dipilih dan apa saja yang perlu dipertimbangkan? Kali ini saya kan sedikit menuliskan berdasarkan atas pengalaman pribadi saya.Mungkin dengan penjelasan ini,anda bisa sedikit mendapatkan pencerahan untuk memilih yang mana.

Banyak sekali orang merasa bingung untuk memilih yang mana antara melanjutkan kuliah atau bekerja.Apapun yang anda pilih nanti,saya harapkan sudah anda fikirkan dengan matang dan sudah anda pertimbangkan dengan baik.


Kerja Dulu atau Kuliah Dulu?



kuliah atau kerja


Ada beberapa hal yang sering sekali membuat seseorang bimbang harus memilih yang mana antara pekerjaan dengan melanjutkan sekolah.Semua pilihan memang bagus,tetapi yang namanya pilihan itu harus memilih salah satu bukan?


REZEKI SUDAH DIATUR TUHAN Y.M.E

Inilah faktor utaman kebingungan itu melanda seseorang.Dalam fikiran mereka atau bahkan anda mungkin berfikiran seperti ini " Ahh,pilih kuliah juga banyak sarjana nganggur,pilih kerja juga banyak yang kena PHK/hidupnya tidak sejahtera ".Semua sudah diatur Yang Maha Esa.

Alih-alih untuk menenangkan diri,justru fikiran seperti itu yang membuat anda harus berhadapan dengan dilema,mana yang harus dipilih antara kuliah atau bekerja.Benar tidak?

Didalam ajaran agama manapun,saya percaya kalau semua sudah diatur TUHAN,hanya saja kalau anda tidak berusaha dan berdoa,mana bisa makmur hidupnya.Jadi mulai sekarang,hindari fikiran seperti itu,berfikir saja,kala mau hidup makmur yang harus berusaha dan berdoa.


Pengalaman Pribadi Saya

Sebelum ke inti pembahasan,saya ingin sedikir bercerita tentang biografi saya sendiri.Saya lahir dari keluarga sederhana dan lulus sekolah tahun 2009 silam.

Saat itu saya ingin sekali melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi,tetapi karena faktor ekonomi,saya harus memilih untuk bekerja.Sampai hari ini tahun 2020 saya masih bekerja dan belum melanjutkan bangku perkuliahan.

Dari beberapa tahun pengalaman saya tersebut,saya bisa menyimpulkan beberapa hal khususnya untuk anda yang sedang kebingungan harus memilih yang mana.


Pertimbangan untuk Memilih Kerja atau Kuliah


Saya berikan beberapa pertimbangan yang harus anda fikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilih yang mana,antara lain :


1. Biaya


Khusus bagi anda yang 100% bergantung kepada orang lain.Perhatikan dengan baik hal ini,karena yang namanya perguruan tinggi itu biayanya tidak sedikit.

Apalagi jika anda menginginkan jurusan perkuliahan seperti kedokteran atau hukum.Karena mata kuliah tersebut memang erat kaitanya dengan biaya yang besar.

Anda harus pandai menilai diri sendiri,jangan sampai memaksakan ke egoisan anda yang berujung pada hancurnya masa depan anda sendiri.Sekolah di DO,orang lain jadi banting tulang untuk anda dan sebagainya.


2. Kemampuan Pribadi


Kemampuan ini maksudnya kemampuan anda baik dalam segi " fikiran ataupun fisik ".Karena ada banyak tipe seseorang,seperti malas berfikir,badan fisiknya gampang sakit dan tipe yang lainya.

Anda termasuk kedalam tipe yang mana,kalau anda tipe orang yang malas berfikir,saya rasa juga kurang pas jika memilih untuk melanjutkan pendidikan.Nanti ujung-ujungnya kalau tidak jadi mahasiswa abadi ya tukang beli skripsi.


3. Bekerja Ada Batas Usia


Anda pernah membaca iklan lowongan pekerjaan? Disana pasti tertulis mengenai batas usia maksimal untuk calon pekerjanya.Apalagi untuk perusahaan berskala internasional.

Jadi,kalau anda menginginkan atau mengincar suatu perusahaan,perhitungkan dengan baik usia anda sekarang.Kalau mau lanjut kuliah kira-kira masih bisa atau tidak.


4. Lulusan/Ijazah Menentukan Posisi/Jabatan


Di negara indonesia memang sangat memperhatikan lulusan/ijasah dari calon pekerjanya khususnya jika berkaitan dengan posisi atau jabatan yang dilamar.

Bahkan dari beberapa tahun saya bekerja,saya berani menyimpulkan bahwa " pengalaman masih kalah dengan Ijasah " jika berbicara dengan posisi atau jabatan.Kalau urusan orang dalam itu beda pembahasan yaa dan tidak perlu dibahas juga,hehe.



Apa Yang Harus Dipilih ( Kuliah atau kerja )


Dari berbagai pertimbanga diatas,saran terbaik saya adalah : 


1. Lakukan keduanya ( bekerja sambil kuliah ) kenapa?

Karena dengan begitu,paling tidak anda memegang 2 kemungkinan disana.Sukur anda sudah bisa mapan dengan pekerjaan anda jadi tidak pelu kuliah lagi,kalaupun ternyata anda tidak sukses dengan pekerjaan anda,anda masih bisa menjadi seorang sarjana.

Selain itu,ketika anda mendapatkan gelar sarjana,umur anda tidak terlalu tua untuk bersaing mencari pekerjaan.Bayangkan,lulusan sarjana,umur masih muda dan ada pengalaman kerja,itu sangat bagus untuk mencari pekerjaan.

Kalau tidak bisa? Alias harus pilih salah satu?


2. Bekkerja dulu

Jika dalam kondisi tertentu anda tidak bisa melakukan keduanya,maka saran saya pilihlah bekerja terlebih dahulu,kenapa?
  • Anda punya modal untuk kuliah nanti
  • Anda punya pengalaman yang bisa anda jadikan pelajaran ( ohh,jadi dunia kerja itu seperti ini,berarti yang banyak dibutuhkan itu lulusan ini dan saya harus kuliah ambil jurusan ini )
  • Siapa tau anda bisa sukses dengan pekerjaan itu,jadi tidak pelu lagi pusing mikirkan sekolah ( sukses ketika bekerja kemungkinanya lebih besar daripada sukses ketika kuliah )

Tulisan ini saya khususkan bagi anda yang " BINGUNG " harus memilih yang mana.Bagi anda yang sudah merasa yakin untuk langsung kuliah ITU JUGA BAGUS.

Saya tidak sedang menjelekan salah satunya,saya hanya menuliskan berdasarkan pengalaman hidup saya saja.Pilihan anda,100% jadi hak anda,tidak perlu mengikuti apa yang saya tulis jika berlainan dengan keyakinan anda.


BACA JUGA :






Demikian pembahasan tentang apa dan pertimbangan untuk memilih kuliah dulu atau bekerja lebih dahulu.Semoga bisa membantu,see uu.

9/13/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Pilih Kuliah atau Kerja? Ini Pertimbanganya!.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar