Sistem Kerja di PT atau Pabrik ( Gaji,Shift dll )

Sistem kerja di PT atau pabrik sangat penting untuk anda ketahui khususnya bagi anda yang mungkin sedang berniat untuk melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan baik itu otomotif,garmen,makanan ataupun sebagainya.

Kerja di pabrik atau PT itu bagaimana? Sistem pembagian shiftnya gimana? Perhitungan gajinya seperti apa? Lingkungan dan orang-orangnya macam apa?

Semua akan saya jelaskan berdasarkan pengalaman pribadi saya dari tahun 2009 sampai 2018 ketika merantau dan harus mencicipi kerasnya perjuangan di beberapa perusahaan.Semoga dengan penjelasan saya nanti,khususnya bagi anda yang baru ingin pergi merantau,bisa sedikit lebih faham keadaan disana nanti.


Situasi Bekerja di PT atau Pabrik



Penjelasan tentang bekerja di PT atau pabrik itu seperti apa



Saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman saya merantau dulu.

Dimulai dari tahun 2009 ketika saya lulus SMK,saya memutuskan untuk langsung pergi merantau untuk mencari pekerjaan tepatnya di daerah cikarang bekasi jawa barat.

Pekerjaan pertama yang saya dapatkan adalah di sebuah perusahaan perakitan mesin mobil merk HONDA tepatnya di daerah cikampek indoteisei.Kontrak 2 kali,setelah itu habis kontrak dan memulai mencari pekerjaan di tempat lain.

Dapat perusahaan baru,bekerja,habis kontrak dan cari lagi.Seperti itu terus siklus kerja saya waktu merantau.Mungkin karena bukan rezeki saya,jadinya saya belum pernah sampai tahapan pengangkatan karyawan tetap.

Tetapi tidak masalah,berkat perjalanan saya itu saya jadi sedikit faham dan mengerti bagaimana kerasnya kehidupan di perantauan khususnya bagi mereka yang bekerja di perusahaan.


Hampir 7 Perusahaan Pernah saya Singgahi

Dari perjalanan saya mulai tahun 2009 sampai 2017 dulu,saya berkesempatan mencicipi beberapa perusahaan seperti HPPM,SHOWA,AISIN,TOKAI RIKA,SANDEN,YMMWJ bahkan saya pernah bekerja di ritel INDOMARET beberapa tahun yang lalu.

Banyak sekali hal yang saya peroleh khususnya tentang pengalaman-pengalaman menarik yang tidak saya temukan di bangku sekolah dulu.

Saya akan menjelaskan semua untuk anda khususnya untuk yang bagian kerja di PT atau PABRIK.Kita mulai saja yaa.


Kepribadian Orang-Orang di PT/PABRIK


Yang akan saya bahas pertama kali adalah mengenai kepribadian atau berbagai sifat pekerja di perusahaan.Kenapa saya jelaskan pertama kali?

Percayalah,hal paling utama yang menentukan anda BETAH ATAU TIDAK di sebuah perusahaan adalah bagaimana rekan kerja anda.

Seberat apapun pekerjaan anda,kalau anda dan rekan kerja klop,itu akan terasa ringan.Bahkan bekerja rasanya seperti sedang bermain.Capekpun akan hilang seketika ketika sudah berkumpul dan bercanda dengan rekan kerja.

Sebaliknya,se enak apapun pekerjaan,jika rekan anda menyebalkan,saya yakin kerja anda tidak akan nyaman dan akan jauh dari kata betah.

Adapun beberapa kepribadian pekerja atau buruh perusahaan antara lain :

  • Tipe penjilat
  • Supel
  • Cuek tapi baik
  • Perhatian tapi berbahaya
  • Pendiam
  • Anti sosial
  • Ingin dihormati
  • Pemarah/gapang ngambek
  • Sombong
  • Suka pamer
Sebenarnya hampir semua tipe itu ADA.Yang perlu anda perhatikan adalah " TIPE KARAKTER YANG MEMBAHAYAKAN ".

Tipe karakter seperti itu perlu anda wasapadai bahkan kalau perlu dan kalau bisa,tidak perlu anda bergaul dengan mereka.Apa saja karakter itu?

  • Tipe Penjilat

Tipe penjilat yang sering saya temui ada 2 macam,pertama penjilat aman yang kedua penjilat berbahaya.

- Penjilat aman itu biasanya mereka mencari muka ke atasan atau mencari nama dengan cara yang terbilang aman bagi kita,contohnya :

Kalau ada atasan dia menjadi rajin,sering menawari kebaikan yang terkesan tidak perlu ( namanya juga cari muka ),sudah bel pulang dia tidak pulang dan pura-pura sibuk loyalitas padahal hanya mainan komputer dan masih banyak lagi macamnya.

Kenapa saya katakan aman? Karena tipe seperti ini,dalam mencari muka,dia TIDAK MERUGIKAN rekan kerja.Dia hanya murni mencari muka dan berprinsip " bagaimana caranya saya bisa baik di mata atasan ".

Tidak masalah kan? Namanya juga cari rezeki,bagi saya asalkan tidak membahayakan rekan kerja,mau dia berangkat pagi pulang jam 12 malam juga silahkan,fine fine saja.

- Penjilat bahaya inilah yang perlu anda hindari.Tipe seperti ini biasanya dalam mencari muka,dia suka menjelekan rekan kerja supaya dirinya terlihat bagus dan baik.

Tipe seperti ini sangat bahaya untuk karir anda,karena kerja keras dan kesungguhan anda bisa dinilai buruk atasan gara-gara tipe penjilat yang berbahaya seperti ini.

  • Perhatian Tapi Berbahaya
Selanjutnya adalah tipe orang yang terlihat baik serta perhatian namun sangat merugikan.Dia memang terlihat baik,tetapi sebenarnya suka mencari kesalahan dan mengatakan kesalahan itu kepada atasan.

Biasanya tipe seperti ini adalah orang-orang yang haus jabatan atau sedang berusaha mendekati atasan agar supaya bisa mendapatkan sesuatu.

Anda harus pntar-pintar menilai kepribadian seseorang yaa,jangan sampai anda salah menilai dan berujung hancurnya karir anda karena tipe orang seperti ini.



Untuk tipe yang lain,saya rasa itu hak dari masing-masing manusia.Anda tidak boleh memaksakan kemauan anda kepada manusia lainya untuk mengikuti anda.

Asalkan itu tidak merugikan anda,mau dia suka pamer,anti sosial atau yang lainya,biarkan saja.TUHAN menciptakan manusia memang dengan berbagai kerpibadian bukan?

Justru ketika anda bisa menghargai atau bahkan bisa bergaul dengan mereka,itu menunjukan bahwa anda adalah manusia yang lebih baik dari pada mereka yang hanya bisa menilai dari satu sisi saja.Yang terpenting apa? JAUHI SAJA YANG SEKIRANYA MEMBAHAYAKAN KARIR ANDA!


Pembagian Shift di PT atau Pabrik


Point selanjutnya adalah tentang pembagian shift kerja.Shift kerja adalah pembagian waktu kerja sesuai dengan peraturan pemerintah.

Pemerintah memiliki UUD bahwa setiap pekerja dikenakan waktu bekerja selama 8 jam ddan dihitung lembur jika melebihi jam tersebut.

Jika 1 hari 24 jam,maka akan ada 3 shift :
  • Shift pagi dari jam 7 sampai jam 3 sore
  • Shift sore dari jam 3 sampai jam 11 malam
  • Shift malam jam 11 sampai jam 7 pagi
  • Non shift dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore ( biasanya untuk orang kantor/staff,manager dan sejenisnya )
Begitu seterusnya berputar dari hari senin sampai sabtu ( hari minggu libur ).Kalau non shift,begitu seterusnya sampai pensiun.

Untuk pembagian harinya,biasanya akan berganti TIAP MINGGU SEKALI.Jadi,jika minggu ini anda shift 1,maka minggu berikutnya akan berubah jadi shift 2 atau shift 3 ( tergantung bagaimana perusahaan menentukan urutanya saja ).


- Apakah semua perusahaan 3 shift? 

Tidak,ada yang hanya 2 shift ada yang bahkan hanya shift 1 saja.


- Apakah 1 shift pasti 8 jam?

Iya,kalau melebihi itu akan dihitung lembur.Ini sesuai peraturan UUD,kalau ada yang curang biasanya akan diadukan oleh pihak serikat kerja ke lembaga depnaker.


- Urutan ganti shift bagaimana?

Biasanya dari shift 3,ganti shift 2 kemudian ganti shift 1 kembali ke shift 3,2,1 begitu seterusnya.Tetapi tidak semua,itu hanya yang umum saja,dan gantinya juga 1 minggu sekali tidak tiap hari ganti shift ya.


- Adakah yang ganti shiftnya tiap hari ( bukan 1 minggu sekali? )

Ada,saya punya saudara yang bekerja di perusahaan makanan,dimana sistem shiftnya ganti tiap hari.Tapi urutanya seperti ini : Hari ini shift 1,besok shift 2,lalu shift 3,LIBUR,balik ke shift 1 begitu seterusnya.


Pembagian Hari Libur di PT atau Pabrik


Selanjutnya adalah tentang pembagian libur.Untuk rincianya sebagai berikut :
  • Tanggal merah pasti libur ( kalau masuk ya hitunganya lembur )
  • Libur tiap hari minggu saja
  • Libur sabtu dan minggu
  • Libur hari minggu tapi sabtunya setengah hari
Tiap perusahaan memiliki kebijakan libur yang berbeda.Biasanya hal itu akan berdampak pada pembagian jam dan hari shift.

Contohnya untuk perusahaan yang sabtu minggu libur,tiap hari jam kerja pasti 8 jam.Tetapi bagi yang sabtunya setengah hari,biasanya jam kerja tiap hari hanya 7,5 jam atau hanya 7 jam saja.

Walaupun berbeda-beda,semua sudah diperhitungkan dengan matang oleh pihak perusahaan.

Sedikit sekali perusahaan yang " curang " apalagi untuk perusahaan berskala international,sudah sangat pasti akan selalu mengikuti peraturan pemerintah ( UUD ) dalam menentukan pembagian jam kerja mereka.


Mas,kalau ganti hari libur itu gimana maksudnya?

Maksud dari ganti hari itu seperti ini : Katakanlah hari jum at adalah hari tanggal merah.Nanti sabtunya jadi hari " kejepit " kan?

Banyak perusahaan yang tidak suka hari kejepit seperti itu,karena biasanya akan ada banyak karyawan yang izin mewanfaatkan situasi supaya bisa libur panjang.

Lalu hari jum atnya masuk dan hari liburnya di ganti hari sabtu.

Hal itu tidak menyalahi peraturan karena selain sudah dirundingkan terlebih dahulu,secara matematika tidak ada yang dirugikan.Karyawan masih tetap dapat hak libur hanya saja diganti harinya.


Perhitungan Bayaran Jam Lembur di PT atau Pabrik


Ini biasanya yang paling banyak ditanyakan oleh pencaker ketika mencari lowongan kerja.Perlu anda ketahui bahwa perhitungan jam lembur itu MENGIKUTI BESARAN GAJI POKOK.

Jadi,tiap jam yang anda habiskan untuk long time/lembur,besaran biayanya akan berbeda-beda.Yang gaji pokoknya besar,tiap jam juga akan besar gajinya.Selain dari itu,ada juga kebijakan perusahaan yang MENYAMARATAKAN besaran jam lembur.

Anda tidak bisa menyalahkan perusahaan sepenuhnya karena itu juga melihat kemampuan perusahaan dan tentunya keputusan ada di tangan anda sendiri.Kalau sekiranya kurang cocok,anda bisa mencari lainya.

Biasanya antara 5.000 rupiah sampai 25.000 rupiah per jam nya.Ingat yaa,ini tidak mutlak,hanya perhitungan secara umum saja.Ada yang lebih besar daripada itu.


Jam lembur hidup dan jam lembur mati itu apa mas?

Ini adalah jenis perhitungan pembayaran yang lagi-lagi tiap perusahaan TIDAK SAMA.Ada yang menggunakan hitungan jam hidup,ada yang jam mati.Detailnya seperti ini :
  • Jam lembur hidup : Jam pertama anda dibayar 15.000,jam kedua anda dibayar 30.000 begitu seterusnya naik dan selalu naik tiap jam
  • Jam lembur mati : Jam pertama anda dibayar 15.000,jam kedua sama 15.000 begitu seterusnya besaran bayaran anda sama setiap jam
Kalau dihitung,memang akan lebih besar yang menggunakan sistem jam lembur hidup,karena tiap jam akan naik bayaranya.Hanya saja,tidak banyak perusahaan yang berani mengambil kebijakan seperti ini.

Sepengalaman saya saja,hanya perusahaan sekelas ASTRA GROUP yang berani menggunakan perhitungan jam kerja lemburan hidup.


Mas,apakah jam lemburan hidup,besarnya pasti 2 kali lipat jam pertama?

Tidak,balik lagi ke kebijakan perusahaan.Ada yang 2 kali lipat,ada yang hanya ditambah 5.000,bahkan mungkin ada yang sampai 3 kali lipat jam pertama.Itu semua tergantung kebijaksanaan dari perusahaan.


Kesejahteraan PT atau Pabrik Seperti Apa?


Pernah dengar istilah kesejahteraan perusahaan? Kesejahteraan adalah sebuah kebijakan yang dikeluarkan perusahaan untuk menunjang performa dan menaikan kesejahteraan karyawan mereka.

Ada banyak jenis kesejahteraan PT/Pabrik,antara lain :
  • Diberikan fasilitas mobil antar jemput
  • Diberikan uang untuk ganti uang bensin
  • Diberikan uang tambahan untuk kebutuhan dapur
  • Diberikan akses pengobatan di RS
  • Diberikan makan siang
  • Diberikan tambahan uang shift ( kalau masusk shift malam )
  • BPJS ( kesehatan dan ketenagakerjaan )
Dan masih banyak bentuk kesejahteraan dari perusahaan yang kalau saya tulis akan sangat panjang.

Tetapi,tidak semua memberikan itu.Beruntung untuk anda yang mendapatkan perusahaan dengan kesejahteraan lengkap.Itu akan sangat membantu untuk keberlangsungan hidup anda terutama jika anda sudah berumah tangaan dan memiliki anak.

Hanya saja,jangan sampai kesejahteraan ini menjadikan akal sehat anda terganggu.Alih-alih mencari perusahaan yang kesejahteraanya bagus,malah anda jadinya nganggur berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.


Bukanya kesejahteraan karyawan itu wajib dan ada UUDnya ya mas?

Memang ada UUDnya tentang pemberian kesejahteraan.Tapi itu mengikuti kemampuan perusahaan.Kalau perusahaan berskala kecil,masa iya harus memberikan kesejahteraan selengkap itu,nanti bangkrut perusahaanya.


Kalau ada perusahaan yang " curang " padahal mampu tapi tidak ngasih bagaimana?

Memang ada saja yang seperti itu.Tapi biasanya ini akan di urus SERIKAT PEKERJA.Jika anda sudah lama merantau,mungkin tidak asing dengan istilah serikat pekerja seperti FSPMI,FPSI dan sejenisnya.

Inilah point yang sering sekali menjadi " kisruh " antara serikat pekerja dengan pihak perusahaan.

Saya belum pernah masuk menjadi petinggi serikat pekerja,jadi point ini saya tidak bisa jelaskan lebih detail lagi.


Perhitungan Gaji di PT atau Pabrik Bagaimana?


Point terahir yang pasti sangat anda nantikan dari tadi,ya kan? hehe.Untuk besaran gaji,TIAP GOLONGAN PERUSAHAAN BEDA-BEDA.

Loh,bukanya sudah ada UMK/UMR yang ditetapkan pemerintah? Kok bisa beda? Ada golongan lagi,itu apa?

Begini jelasnya : Perusahaan itu ada beberapa golongan :
  • Golongan 1 ( perusahaan otomotif )
  • Golongan 2 ( makanan )
  • Golongan 3 ( garmen )
Mohon maaf jika salah,intinya pembagian golongan seperti itu.

Paling besar adalah UMK/UMR golongan pertama.Anda bisa tanyakan ke orang khususnya yang tinggal di daerah kawasan industri.

Biasanya perusahaan otomotif itu gajinya gede dan besar-besar.Itu karena perusahaan ini masuk golongan pertama.Untuk besaran UMK/UMR pasti,anda bisa cari di google,karena beda wilayah akan beda UMK/UMRnya.

Contoh : UMR/UMK wilayah karawang sebesar 3.900.000 kemudian wilayah cikarang,bekasi,dan jakarta akan berbeda satu dengan yang lainya.

Silahkan cari informasi besaran UMK/UMR di wilayah perusahaan anda berdiri.


Ok,lembur sudah,UMR sudah,lalu bayaranya bagaimana mas?

Untuk pembayaranya,biasanya akan dibayarkan pada tanggal 25 atau tanggal 1.Jadi satu bulan sekali bayaranya.Mengikuti " tutup buku ".

Pembayaran biasanya akan di transfer ke rekening bank,dimana ketika saat anda masuk perusahaan,akan langsung dibuatkan pihak perusahaan.

Ada juga yang bikin sendiri,hanya saja jarang.Sebagian besar akan membuatkanya untuk anda.


Tutup buku itu maksudnya apa mas?

Tutup buku itu adalah perhitungan selama 1 bulan penuh.Perhitungan awal TIDAK SELALU MULAI TANGGAL 1,inilah kenapa ada juga yang gajianya tanggal 25,ya karena perhitungan awal bulan mereka di tanggal 25.

Anda tidak perlu memusingkan tutup buku ini,yang pelu anda fikirkan adalah besaran gaji yang anda terima nanti sama tidak dengan perhitungan anda.

Karena banyak juga kasus dimana gaji yang diterima BERBEDA dengan realita perhitungan jam kerja.Ada yang jam lemburnya tidak terhitung,ada yang gajinya dipotong karena absen padahal masuk terus.

Ini masalah pasti akan anda temui nanti.Tapi tenang saja,pihak HRD sudah fasih dalam hal ini.Jika ada kesalahan perhitungan,mereka akan mengkaji ulang,dan jika terbukti salah,gaji anda akan dibayarkan kekuranganya.


Jika ada pertanyaan,silahkan tulis di kolom komentar.

BACA :





Demikian pembahasan lengkap tentang bagaimana sistem kerja yang ada di PT atau pabrik mulai dari gaji,shift,kesejahteraan,jam lembur serta hari libur.Semoga membantu,see uu.

4/12/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Sistem Kerja di PT atau Pabrik ( Gaji,Shift dll ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar