8 Bekal Untuk Merantau,Apa saja?

Bekal untuk merantau adalah salah satu hal terpenting yangt perlu anda persiapkan untuk dibawa ketika memutuskan untuk pergi ke daerah perantauan.Jika perbekalan anda kurang,bisa mengganggu kehidupan anda disana nantinya.

Selain perencanaan yang matang tentunya perbekalan sangat perlu untuk anda persiapkan.Tetapi apa saja itu?


Bekal yang Perlu Dibawa saat Merantau



bekal yang dibawa ketika merantau



Ketika anda memutuskan untuk pergi dari daerah tempat tinggal anda entah untuk urusan bekerja atau mencari kehidupan yang baru ( mengadu nasib ) ada banyak hal yang perlu anda pertimbangkan dan fikirkan dengan baik.

Jika anda hanya " modal nekad " saja,itu sangat beresiko karena dunia perantauan tidak hanya menjanjikan kehidupan yang lebih baik tetapi juga bisa menyebabkan kehidupan anda jauh lebih kacau dan terpuruk.


Nasib Ditangan TUHAN

Kalimat tersebut seolah menjadi senjata pamungkas untuk seseorang ketika memutuskan pergi mengadu nasib.

Itu memang benar,tetapi jangan sampai lupa juga : TUHAN tidak akan mengubah kehidupan anda jika tidak mau berusaha.

Dan hanya mengandalkan kalimat " nasib ditangan TUHAN " itu bukan usaha namanya,itu hanya kalimat penyemangat yang didalamnya mengandung makna yang sangat banyak.


Pergi Memancing tapi Tidak Bawa Kail dan Umpan

Ini merupakan perumpamaan saja.Bayangkan anda berniat untuk mancing tapi tak bawa kailnya sama umpanya,berangkat hanya bermodal " nasib ditangan TUHAN " saja.

Iya kalau nanti disungai anda menemukan kail dan umpan,kalau yang anda temui puluhan orang yang sedang memancing juga bahkan ada yang memakai jala,anda mau ngapain? Nyelam ke sungai? Digebukin yang lagi pada mancing nanti.


Diatas hanya sedikit ulasan tambahan supaya anda bisa lebih memikirkan dan mempertimbangkan segala sesuatu yang ingin anda lakukan.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan atau dibawa ketika ingin merantau?


1. Perencanaan yang Matang


Perencanaan ini maksudnya anda dirumah itu sudah tau pergi untuk apa,dimana,dengan siapa.Jadi anda tidak asal pergi saja,kalau seperti itu,itu namanya bukan merantau tapi " MINGGAT ".

Jadi fikirkan dengan baik beberapa tersebut.Bahkan untuk tempat berteduh atau tempat tinggalpun anda sudah harus memikirkanya.

Jangan sampai emperan toko terlintas di fikiran anda.Ingat yaa,anda itu mau pergi ke dunia perantauan untuk mengadu nasib bukan jadi " gelandangan ".


2. Siapkan Mental


Selanjutnya yang perlu anda persiapkan adalah mental atau psikis.Ketahuilah,ketika anda berada di negri/daerah orang lain,disana anda pasti dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Tidak hanya sifat dan karakter orang saja yang beda,adat dan norma yang berlaku juga mungkin akan berbeda dengan tempat tinggal anda sebelumnya.

Selain itu,anda akan jauh dari keluarga yang dengan kata lain,anda harus siap melakukan semuanya seorang diri.

Bayangkan saja anda dirumah sendiri selama beberapa hari atau minggu.Ya seperti itulah nanti yang akan anda hadapi.

Dan jika anda tipikal orang yang manja ( apa-apa harus dibantu ),urungkan niat anda pergi sampai anda benar-benar bisa mandiri.


3. Bawa Uang yang Cukup


Uang merupakan hal utama yang perlu anda bawa.Bicara gampangnya saja yaa : Untuk makan dan minum anda harus pakai uang kan?

Sukur kalau disana sudah ada keluarga atau orang lain yang menunggu dan siap menyediakan makanan dan minuman gratis untuk anda,kalau tidak? Anda mau makan apa nanti?

Apalagi bagi anda yang berniat cari kerja di daerah orang lain,uang yang anda bawa harus cukup.Mungkin untuk buat lamaran kerja,mencari lowongan kesana kemari dan sebagainya.


4. Pastikan Tempat Tinggal


Sebelum pergi,anda juga harus menyiapkan dimana anda tinggal nanti.Bisa numpang dirumah saudara atau teman,bisa kos sendiri atau apapun caranya yang penting anda ada tempat berteduh selama di perantauan.

Bagi anda yang bermental baja,mungkin tidur dikolong jembatan atau dipinggiran kali tidak jadi masalah,tetapi alangkah baiknya untuk berteduh ditempat yang lebih layak.


5. Bawalah Perlengkapan Pribadi


Perlengkapan pribadi ini ya perlengkapan anda yang dipakai sehari-hari,seperti :
  • Pakaian
  • Alat mandi
  • Alat makan ( seperlunya saja )
Dan mungkin bisa ditambah perlengkapan melamar kerja jika anda pergi itu alasanya untuk cari kerjaan,seperti :
  • Baju putih
  • Celana hitam
  • Sepatu
Ataupun perlengkapan lain yang sekiranya dibutuhkan.


6. Bawalah Berkas Penting


Berkas penting itu contohnya :
  • KTP
  • SIM
  • Ijasah,SKHUN,SKCK,dll ( jika ingin mencari kerja )
Karena kebanyakan orang pergi ke perantauan untuk mencari pekerjaan,maka bawalah berkas untuk melamar kerja yang lengkap.

Selengkap-lengkapnya supaya anda tidak repot kalau sampai ada berkas yang kurang nantinya.


7. Pengetahuan yang Cukup


Maksudnya pengetahuan tentang lokasi tujuan anda,misalnya saja :
  • Daerah mana saja yang rawan kejahatan
  • Harus menghindari orang yang bagaimana
  • Tidak boleh melakukan hal apa
  • Banyak penipu atau tidak
Dan banyak hal lainya.

Sebenarnya point ini bisa anda pelajari nanti ketika sudah sampai di lokasi,tetapi lebih baik tau dulu daripada kaget nantinya.

Dan perlu anda tau,pengetahuan yang kurang ini adalah FAKTOR UTAMA banyaknya kasus perantau tertipu khususnya ketika mencari kerjaan.

Banyak yang terkena calo,uang hilang,tertipu orang dalam abal-abal dan banyak lagi.


8. Restu Orang Tua


Restu dari kedua orang tua bisa dibilang kunci untuk buka jalan rezeki anda.Jadi ketika ingin pergi,pastikan mereka memberikan restu dan doa nya.

Ketika orang tua anda mendoakan,TUHAN akan otomatis membukaan pintu rezekinya untuk anda.

bagi yang sudah tidak memiliki orang tua,bisa meminta restu ke kakek nenek atau wali atau mungkin pemuka agama ditempat tinggal anda.


BACA :




Demikian penjelasan tentang apa saja bekal yang harus dibawa ketika merantau di perantauan.Semoga membantu,see uu.

7/18/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 8 Bekal Untuk Merantau,Apa saja?.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar