Daftar Jurusan Kuliah dengan Biaya yang Murah tapi Berkualitas

Jurusan kuliah yang biaya atau bayarnya murah serta terjangkau tetapi memiliki prospek bagus merupakan pilihan yang tepat bagi anda dengan keterbatasan ekonomi tapi ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.Hal ini sangat penting untuk dilakukan kerana dengan begitu,selain ringan uangnya,anda juga terhindar dari kesalahan memilih mata perkuliahan.

Daftar jurusan kuliah yang murah dan terjangkau di universitas berikut saya berikan sebagai gambaran saja untuk anda.Tidak semua kampus memiliki kebijakan pembayaran biaya yang sama,ini hanya untuk bahan pertimbangan anda saja.


Jurusan Kuliah Murah Tapi Berkualitas



daftar jurusan kuliah yang biayanya murah tapi prospeknya bagus






Jurusan kuliah murah adalah mata perkuliahan dengan biaya yang terjangkau atau bisa dikatakan tidak mahal.Tetapi jika anda mencari yang seperti itu,saya harapkan anda tidak melupakan kualitas atau prospek dari mata kuliah yang anda pilih,kenapa?

Karena murah belum tentu baik,mahalpun tidak menjamin akan bagus hasilnya.Kali ini saya akan sedikit menjeaskanya untuk anda.


Apakah Kuliah Murah Jelek dan yang Mahal Pasti Bagus?


Saya akan mulai menjelaskan dari point ini.Didalam dunia perkuliahan,hal yang menentukan anda sukses dan berhasil kelak setelah lulus BUKANLAH dari biaya mata perkulihanya ( HARAP ANDA INGAT BAIK-BAIK ),melainkan dari :

  • Pribadi masing-masing
  • Kualitas pengajar
  • Kualitas materi yang disampaikan
Ketiga hal diatas merupakan hal pokok yang menjadi point kesimpulan " kuliah yang bagamana yang masuk kategori bagus " itu.

Bahkan saya berani menjamin KALAU ada sebuah universitas dengan biaya extra mahal sekalipun,jika pelajarnya malas,pengajarnya tidak kompeten kemudian materi yang diberikan tidak sesuai prosinya ( kualitasnya diperhatikan ) maka perkuliahan yang anda ambil akan sia-sia saja.

Saya ambilkan contoh seperti ini :

Angaplah anda mendapatkan universitas/mata pelajaran yang MAHAL dengan jrususan bagus ( hukum dan kedokteran misalnya ),memang jika biayanya sudah masuk kategori " MAHAL " biasanya pengajar dan materi yang diberikan akan menjadi point penting bagi universitas dalam memberikan pendidikan.

Tapi jika pribadi anda malas,tidak serius,tidak sungguh-sungguh,hanya mengandalkan materi yang anda miliki,apakah anda akan sukses nantinya?

Kemudian katakanlah anda memilih mata perkuliahan yang " TIDAK MAHAL ",bukan berarti akalu tidak mahal pelajaranya akan jelek,tetapi jika jika pribadi anda rajin,sungguh-sungguh,tekun dalam belajar,kira-kira bagaimana hasilnya nanti?


Hubunganya dengan pengajar/dosen apa?

Jelas sangat erat kaitanya,karena seorang pengajar yang baik BUKAN yang PINTAR dan bergelar tinggi saja,tetapi pengajar yang baik adalah pengajar yang bisa MEMBUAT PELAJAR FAHAM dan MENGERTI apa yang dia jelaskan.

Jangan dikit-dikit cari referensi,baru sedikit bicara kemudian suruh cari sumber dan pelajari sendiri.Memang sekelas mahasiswa bukan lagi anak SD,tetapi tidak semua mahasiswa dianugerahi otak untuk memahami sesuatu dengan cepat.

OKlah,bagi mereka yang " genius " mungkin perkara ini tidak jadi masalah,tetapi untuk mereka yang kurang dalam segi pemahaman,nantinya hanya akan berujung mencari orang untuk mengerjakan tugas-tugas dan skripsinya ( sangat tidak efektif bukan? ).


Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Murah tapi Bagus?


Setelah anda memahami hal diatas,sekarang adalah penjelasan point kedua.Seperti yang saya jelaskan sebelumnya,ada banyak hal yang menentukan bagus tidaknya mata perkuliahan itu,jadi anda harus memperhitungkan semuanya.

Untuk mendapatkan mata kuliah dengan harga terjangkau tetapi kualitasnya bagus,anda harus memperhatikan :
  • Universitasnya ( tidak selalu,hanya point tambahan saja,karena universitas bagus tidak menjamin apapun )
  • Pengajarnya bagaimana
  • Materi/pelajaranya bagaimana
Anda bisa menanyakanya kepada alumni universitas tersebut untu point diatas.Tetapi bertanyalah ke mahasiswa yang memang niat belajar,jangan bertanya ke mahasiswa yang hanya mencari gelar,karena anda tidak akan mendapatkan informasi yang cukup.


Unversitas yang Mata Kuliahnya Murah Dimana dan Apa Saja?


Untuk jawaban pertanyaan ini adalah : SEMUA UNIVERSITAS ADA MATA PERKULIAHAN yang MURAH,kenapa bisa seperti itu?

Karena besar biaya merupakan hal priogratif universitas,tidak ada peraturan yang menyebutkan mata kuliah ini harus sekian juta rupiah,mata kuliah itu sekian rupiah ( HARAP ANDA CERMATI INI ).

Jadi " harga " merupakan kebijakan dari kampus tersebut,makanya saya katakan seperti diatas.Lalu cara yang paling efektif bagaimana?
  • Anda bertanya langsung ke pihak unversitas
  • Membacanya di website resmi kampus ( jika anda )
  • Bertanya ke mahasiswa disana
Intinya anda harus mencari informasi dan memilah-milahnya sendiri.Silahkan kumpulkan semua informasi dari berbagai sumber dan berbagau universitas,kemudian lakukan pemilihan mana yang paling terjangkau dan yang paling bagus.

Inilah jalan satu-satunya untuk anda supaya bisa mendapatkan informasi akurat dan bisa memilih serta mendapatkan perkuliahan yang sesuai dan tepat untuk anda.

Saya akan memberikan sedikit daftar untuk bahas referensi anda,sekali lagi saya katakan ini hanya untuk bahan referensi,tidak ada maksud lain.Menurut informasi dari laman tribun,ada beberapa mata perkuliahan dengan biaya murah dan terjangkau ( khususnya di UGM ),antara lain :


1. Sastra


Mata pekuliahan sastra terbagi menjadi banyak kategori atau banyak bahasa,antara lain sastra perancis,sastra jawa,jepang dan sebagainya.

Untuk besar uang yang harus anda keluarkan adalah sekitar 8 juta rupiah kurang lebihnya untuk UKT tertinggi.


2. Pariwisata


Untuk anda yang hobi traveling atau jalan-jalan,ungkin mata perkuliahan ini cocok untuk anda embil.Besaran uang yang harus anda keluarkan sekitar 8 juta rupiah untuk UKT tertinggi.Jadi saya rasa ini tidak teralu mahal.


3. Filsafat


Apakah anda seseorang yang senang dengan kalimat-kalimat " rumit "? hehe.Jika iya,mungkin ini sangat cocok untuk anda.Biayanya sekitar 8 juta rupiah juga untuk UKT tertingginya.


4. Bahasa


Mata kuliah ini sangat cocok untuk anda yang bercita-cita sebagai seorang penerjemah atau translator bahasa.Ada banyak pilihan bahasa yang bisa anda pilih,dan besaran uangnya sekitar 8 sampai 8,5 juta rupiah untuk UKT level 8.


5. Sejarah


jika anda adalah pribadi yang menyukai sejarah dan ingin menjadi sejarawan,maka silahkan dalami mata perkuliahan ini.Tidak teralu mahal,sekitar 9 juta rupiah uang yang harus anda keluarkan untuk UKT yang tertinggi.


List diatas sebagai bahan referensi yang bisa anda gunakan,tetapi sekali lagi,ada banyak faktor yang harus anda perhatikan dan fahami.Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan biaya kuliah yang murah ini,antara lain :


- Dari berbagai jenis mata perkuliahan yang murah,TIDAK ADA yang sesuai passion,bagaimana?

Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami ini,jika anda mencari mata perkuliahan yang terjangkau harganya tetapi tidak menemukan yang anda inginkan,maka anda bisa menempuh jalan BEASISWA atau mencari di fakultas yang lainya.


- Saya hanya ingin kuliah di universitas " itu " saja,bagaimana?

Sebenarnya,anda tidak boleh " mengharuskan " berkuliah di universitas tertentu saja,seperti yang saya katakan diatas,faktor kesuksesan seseorang BUKAN DARIMANA universitasnya,tetapi banyak hal yang menyebabkan kesuksesan diraih.

Hanya saja,jika memang anda bersikeras seperti itu,maka lakukan berbagai cara untuk bisa membiayai sekolah anda.Percaya saja,TUHAN akan memberikan jalan jika seseorang benar-benar bersungguh-sungguh.

BACA :



KESIMPULAN

Saya tau biaya adalah faktor utama yang anda pertimbangkan,tapi ingat bahwa ada banyak faktor YANG SANGAT PENTING yang tidak boleh anda kesampingkan.Jangan sampai hanya karena ingin kuliah murah,anda terjebak dan menyesal kemudian hari.


Demikian pembahasan tentang jurusan kuliah yang biayanya murah serta terkangkau tetapi memiliki kualitas yang bagus.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

2/20/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Daftar Jurusan Kuliah dengan Biaya yang Murah tapi Berkualitas.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar