Ciri-Ciri BKK atau Yayasan Kerja Asli dan Palsu

Anda harus tau ciri-ciri atau cara membedakan mana BKK serta yayasan penyalur kerja asli dan palsu jika tidak ingin terkena praktek penipuan.Karena pada kenyataanya,banyak sekali lembaga berkedok penyalur pekerjaan padahal nyatanya hanya ingin mengambil keuntungan saja.

Salah satu tujuan mengetahui ciri-ciri atau mengerti bagaimana membedakan BKK serta yayasan penyalur kerja asli dan palsu adalah,supaya uang anda tidak hilang sia-sia.Banyak kejadian dimana uang peserta akhirnya harus hilang karena ternyata salah memilih tempat mendaftar.


Ciri-Ciri BKK dan Yayasan Kerja yang Asli dan Palsu



ciri yayasan asli dan palsu



BKK atau yayasan merupakan lembaga pilihan utama para pencari kerja ketika ingin mencari pekerjaan.Bukan tanpa alasan,dengan bantuan lembaga ini,para pencari kerja akan sangat terbantu karena sudah disediakan daftar perusahaan yang sedang buka lowongan.

Hanya saja,sebagai pencari kerja,kita dituntut untuk extra hati-hati.Pasalnya,dizaman sekarang ini,banyak sekali lembaga " abal-abal " yang mengatasnamakan lembaga penyalur kerja tetapi nyatanya hanya sebuah praktek penipuan semata.

Jika anda tidak jeli memilih dan memilah,bukan tidak mungkin anda akan menelan kekecewaan karena mendaftar di tempat yang salah.Alhasil,uang yang anda keluarkan untuk mendaftar akan hilang sia-sia.


UANG PENDAFTARAN HANGUS

Kasus yang paling sering adalah : Uang yang peserta berikan sebagai akomodasi pendaftaran ternyata tidak membuahkan hasil alias lenyap tidak tau kemana.

Alih-alih menunggu panggilan tes,nyatanya tidak ada kabar sama sekali.

Kalau memang dinyatakan gagal dalam tes,itu sudah menjadi resiko.Tapi yang membuat sesak adalah tidak adanya panggilan sama sekali setelah membayar uang pendaftaran.

Itulah kenapa anda sangat perlu untuk tau bagaimana cara membedakan atau ciri-ciri sebuah BKK/yayasan itu asli atau palsu.


BKK atau Yayasan yang Asli


Untuk penjelasan pertama adalah Bursa Kerja Khusus yang asli atau resmi biasanya seperti ini :
  • Tempat sudah memiliki nama/reputasi
Untuk lembaga yang sudah terbukti keaslianya,biasanya memiliki nama yang cukup terkenal.Bukan terkenal karena penipuanya yaa,tapi terkenal karena sudah banyak alumni yang lolos menggunakan jasa mereka.

  • Informasi lowongan jelas
Ketika ada sebuah loker,lembaga yang legal biasanya akan memberikan informasi terkait perusahaan yang sedang buka lopker dengan gamblang.

Tidak ditutup-tutupi.Langsung menyebutkan loker untuk perusahaan apa,alamatnya dimana dan sebagainya.

  • Uang pendaftaran masuk akal
Memang ada sebagian yang gratis,tetapi lebih banyak membayar.Walaupun bayar,sepengalaman saya jumlah yang dibebankan TIDAK TERLALU BESAR.

Sekitar 50.000 sampai 100.000 rupiah.Jika sudah melebihi itu bahkan sampai jutaan,saya rasa itu bukan lembaga penyalur perusahaan yang benar.

Masuk akal jika anda ingin bekerja ke luar negeri,tapi untuk perusahaan dalam negri apalagi masih satu provinsi dengan lembaga penyalurnya,saya rasa tidak akan sampai berjuta-juta.

  • Membatasi jumlah pelamar
Lembaga yang bagus biasanya akan memberitahukan jumlah kuota pekerja yang dibutuhkan.Dan setelah pendaftar melebihi jumlah kuota,lowongan akan ditutup.

Jangan lupa untuk menanyakan berapa kuota yang dibutuhkan ( kalau bisa tanya dengan pengurus lembaga yang berbeda ).Kalau infonya sama,berarti benar.Kalau bedea orang beda info,maka itu indikasi penipuan.


BKK atau Yayasan yang Palsu


Untuk lembaga yang abal-abal biasanya memiliki ciri seperti ini :

  • Informasi tidak jelas
Yang paling ketara adalah informasi yang rancu atau membingungkan.Tidak jelas loker untuk perusahaan apa,lokasinya dimana dan info lainya.

Hindari lembaga yang ketika buka loker TIDAK memberikan kejelasan.

  • Lokasi/tempat yang aneh
Sebuah lembaga yang legal biasanya memiliki lokasi yang jelas,bahkan ada yang sampai terdaftar di data pemerintah daerah.

Kalau lokasinya sudah tidak jelas,maka berhati-hatilah.

  • Biaya terlalu mahal
Seperti yang saya katakan sebelumnya kalau sebuah lembaga penyalur kerjaan yang bagus itu malah biasanya gratis.Kalaupun bayar,tidak akan terlalu mahal kecuali anda berniat kerja di luar negri.

  • Proses yang " aneh "
Tahukah anda kalau yang namanya proses seleksi itu HAMPIR SAMA ALURNYA baik itu lewat BKK via yayasan atau bahkan langsung di perusahaanya.

Yang namanya proses seleksi ya hanya begitu-gitu saja,seperti : Bayar daftarnya,psikotes,wawancara,MCU,training dan terahir tanda tangan kontrak kerja.

Kalau ada proses yang dirasa " aneh " atau bahkan tidak masuk akal,saran saya silahkan cari lembaga yang lain saja.

  • Menjanjikan PASTI diterima
Perlu anda ingat bahwa : TIDAK ADA satu lembagapun yang bisa menjamin anda pasti diterima kecuali memang ada orang dalam sebagai perantara.

Lembaga penyalur hanya membantu saja,untuk keputusan akhir MUTLAK menjadi hak perusahaan.Biasanya dilihat dari hasil tes anda.

Kalau belum-belum sudah dijanjikan pasti diterima,pikir dua atau tiga kali lagi yaa.


BACA :




Demikian pembahasan tentang ciri-ciri BKK atau yayasan penyalur kerja yang asli dan yang palsu.Semoga membantu,see uu.

7/15/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Ciri-Ciri BKK atau Yayasan Kerja Asli dan Palsu.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar