6 Tips supaya Betah Merantau di Perantauan

Kali ini saya akan sedikit bercerita kembali pengalaman saya di perantauan khususnya bagaimana agar supaya bisa betah ketika merantau.Kebetulan saya pernah menjalani ini selama kurang lebih 9 tahun di daerah jawa barat ( saya asli jawa tengah ).

Tips supaya betah merantau ini bisa anda jadikan referensi dimanapun anda berada yang intinya anda sedang jauh dari kampung halaman.

Percaya atau tidak,hal paling utama ketika merantau adalah bagaimana supaya bisa betah atau krasan di wilayah tersebut.Jika ini tidak bisa,maka hal lainya akan menjadi berat untuk dilakukan.


Tips Betah Merantau



beberapa tips untuk jadi betah merantau di perantauan




Merantau adalah sebuah istilah yang digunakan untuk seseorang yang sedang berada jauh dari kampung halaman entah dengan alasan kerja atau apapun itu.

Yang akan saya jelaskan ini berdasarkan pengalaman pribadi yang kebetulan merantaunya saya disini untuk keperluan bekerja,tepatnya di daerah cikarang,bekasi,karawang dan sekitarnya.

Perjalanan saya dimulai dari awal tahun 2009 ketika saya lulus sekolah.

Sebenarnya dibenak hati saya,saya ingin sekali melanjutkan sekolah ke jenjang perkuliahan,tetapi karena faktor ekonomi dan mungkin faktor " teman " juga yang banyak memilih kerja,saya jadi ikutan memilih untuk bekerja saja.

Singkat cerita,kota pertama yang saya jadikan rumah kedua saya adalah cikarang jawa barat dan kala itu saya bekerja di purwakarta ( pakai mobil jemputan dari perusahaan untuk kerjanya yaa,tidak di laju pulang pergi ).


Sebab Tidak Betah Merantau


Selang beberapa bulan,permasalahan utama perantau mulai menghinggapi saya,yappss saya mulai tidak krasan.

Banyak hal yang membuat saya tidak krasan disana,antara lain :
  • Suasana beda
  • Orang-orangnya beda
  • Adatnya beda
  • Makanan beda
  • Tidak ada waktu refresing ( sibuk kerja dan lembur )
  • Tekanan kerjaan yang sangat berat
  • Kerjaan ku sangat menguras tenaga
  • Sering sakit
Dan banyak hal lain yang membuat saya menjadi tidak kerasan disana.

Kalau anda juga seorang perantau,mungkin mengerti apa yang saya alami.Bagi anda yang belum pernah,saya doakan semoga TIDAK mengalami hal ini.

Dulu ketika pertama kali mendapatkan gaji/upah,dalam fikiran saya " waahh,kalau gaji segini sihh bakal betah nih " tapi ternyata itu TIDAK MENJAMIN sama sekali.Percayalah.


Akibat Tidak Betah di Perantauan


Perasaan tidak krasan ini saya pendam dan saya lawan sampai sekitar satu tahun.Dalam fikir ku,mungkin seiring berjalananya waktu perasaan tak nyaman ini akan hilang,nyatanya tidak.

Malah berimbas ke berbagai hal dalam kehidupan saya yang mengakibatkan perilaku/tindakan yang kurang terpuji,antara lain :
  • Saya jadi peminum minuman keras ( alhamdulilah sekarang sudah berhenti )
  • Sering main ke tempat-tempat negatif ( saya laki-laki dan anda pasti tau tempatnya itu kemana )
  • Uang gaji lenyap tak berbekas ( untuk foya-foya )
  • Sering murung
Yang paling parah,hal ini berimbas ke pekerjaan saya.

Kerja saya jadi tidak becus,sering salah dan tidak konsentrasi.Bisa dibilang jadi sedikit asal-asalan kerjanya.

Hasilnya apa? Tidak lain dan tidak bukan,saya jadi tidak diperpanjang dan tidak pernah merasakan diangkat menjadi karyawan tetap atau kartap.


Cara Supaya Bisa Betah Merantau


Kejadian itu berlangsung selama kurang lebih 2 tahun lamanya,sampai suatu waktu saya merasa " ohh kok beda yaa,kok menyenangkan " dan perasaan tidak krasan pun perlahan hilang.

Tanpa sadar,saya merantau hampi 10 tahun lohh dari tahun 2009 sampai 2018.

Singkat saya yaa,berdasarkan apa yang saya alami,berikut tips atau cara agar supaya bisa menjadi betah dan krasan ketika merantau di perantauan :


1. Perbaiki Suasana Tempat Tinggal


Dalam hal ini berlaku untuk kos,apartment,rumah kontrakan atau apapun itu.Intinya anda bisa mengubah suasana tempat tinggal anda menjadi lebih " GUWE BANGET ".

Berhubung saya suka main game,kala itu saya mengisi kosan dengan PS/PLAYSTATION dan DVD player ( tahun 2009 belum jaman android yaa ).

Anda bisa mengisi kosan anda dengan benda lain yang sekiranya bisa membuat anda merasa nyaman,entah itu sound sistem,beli gitar listrik atau apapun yang anda sukai.Percayalah,hal ini akan membantu anda menjadi lebih nyaman di perantauan.


2. Beli Kendaraan Bermotor


Kalau anda bisa dan ada unag ( tidak perlu nagus dan mewah ) silahkan beli sepeda motor.Kendaraan ini sangat berguna untuk mengusir rasa bosan.

Anda bisa jalan-jalan malam atau sore ketika anda libur,atau bahkan bisa untuk cari pacar ( maaf yaa,dulu saya jomblo mengenaskan ).

Kalau bisa beli yang mahal ya silahkan tapi kalau tidak,beli yang biasa saja yang penting tujuanya untuk jalan-jalan buang rasa bosan saja.

Toh kalau terlalu bagus,bisa jadi bahan incaran tindakan pencurian nanti.


3. Perbanyak Teman


Ketika anda menjadi anak perantau,keluarga yang paling dekat adalah teman.Jadi pandailah mencari teman dan perbanyak teman anda ( teman yang baik yaa,jangan teman yang jelek,nanti kebawa jadi jelek juga ).

Tujuanya apa?

Dengan banyak teman,otomatis anda akan banyak tempat untuk main atau sekedar jalan-jalan ketika sudah jenuh dan bosan.

Mungkin bisa juga jadi tempat untuk mencari pasangan.Siapa tau tetanggan teman anda ada yang cocok dengan anda.

Kalau teman anda sudah sangat banyak dan anda cocok dengan mereka.Percayalah,ketika pulkam nanti,anda akan ingin cepat-cepat balik ke kota berkumpul dengan teman-teman anda.


4. Beli Asesoris yang Baru


Dalam hal ini bisa berupa : Sepatu baru,jaket,kendaraan.

Hubunganya apa? Ini hubunganya dengan pekerjaan anda di perusahaan/PT.

Ketika anda mengenakan sesuatu yang baru,entah itu sepatu atau jaket,kemudian pergi bekerja,anda akan merasakan sesuatu yang berbeda,YAKIN SAJA karena saya sering begitu.

Saya tidak bisa menjelaskanya,tapi ada perasaan seperti " semangat baru " untuk bekerja,padahal hanya beli jaket atau sepatu baru.

Tidak percaya? Coba saja.


5. Cari Pasangan


Ini saya rasa yang paling bikin krasan,hahaha.

Anda bisa coba cari pacar atau pasangan.Ketika anda mendapatkanya,yakin saja,yang tadinya tidak krasan akan berubah jadi tidak ingin pergi.

Tapi cari pasanganya juga harus yang benar,jangan asal.Nanti bukanya jadi krasan malah jadi tambah pusing.


6. Cari Kegiatan Lain


Anda bisa juga mencoba mencari kegiatan lain seperti :
  • Membuat sebuah komunitas
  • Buat grup band
  • Modif motor atau mobil
Intinya anda ada sebuah kegiatan yang bisa mengalihkan perasaan tidak krasan anda.

Siapa tau dengan kegiatan itu anda bisa jadi punya lahan rezeki tambahan selain dari tempat kerjaan.


BACA :



Mungkin itu saja dulu pembahasan bagaimana cara atau tips agar supaya bisa betah ketika merantau di perantauan.Semoga bisa membantu,see uu.

7/17/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 6 Tips supaya Betah Merantau di Perantauan.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar