Android Error Ketika Baterai Hampir Habis? BACA INI!

Jika android anda error atau geng bahkan mati sendiri ketika baterai hp hampir habis ( masih sisa sekitar 30% kebawah ) maka bisa jadi itu penyebab nya ada di batre atau komponen IC didalam ponsel.Cara mengatasi atau solusinya susah-susah gampang.

Android yang jika baterai masih banyak performanya normal tetapi ketika batre tinggal sedikit langsung error kebetulan saya alami sendiri.Dan saya ingin berbagi pengalaman ini untuk anda yang mungkin memiliki permasalahan yang serupa.



Android Tiba-Tiba Error saat Kapasitas Baterai Hampir Habis



hp android langsung bleng jika baterainya hampir habis




Baterai hp android adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menyuplai tenaga atau daya ke komponen hardware supaya komponen tersebut bisa menjalankan software/aplikasi dengan baik.

Hanya saja,komponen yang sepenting ini tidak lepas dari berbagai masalah mulai dari performa yang tiba-tiba jadi boros,tak bisa di isi atau di cas,di cas tak bisa terisi penuh dan masih banyak lagi yang lainya.

Kali ini saya akan membahas khusus mengenai permasalahan ponsel yang langsung bermasalah jika indikator baterai sudah hampir habis.


Android Error Jika Baterainya Tinggal Sedikit,Apanya yang Rusak?


Untuk pembahasan awal adalah komponen yang bermasalah jika kondisi ini terjadi pada ponsel anda.Adapun komponen yang kemungkinan mengalami masalah atau kerusakan antara lain :

  • Batre
Yang paling sering dan yang paling banyak terjadi adalah kerusakan di komponen batrenya.Karena seiring berjalanya waktu,yang namanya perangkat elektronik pasti akan termakan usia dan performanya juga akan berkurang.

Terlebih lagi jika gadget anda pernah mengalami insiden seperti kemasukan air,terjatuh,terbanting atau sejenisnya.Tentu saja hal tersebut bisa langsung merusak komponen yang sangat vital ini.

  • IC Batre
Sebenarnya ini masih didalam komponen batrenya.Jika anda buka batre dan anda lihat dengan teliti,maka anda akan melihat beberapa komponen yanag sangat kecil didalamnya.

Inilah komponen yang disebut dengan IC batre.Dimana komponen ini bertugas untuk mengatur konsumsi atau keluar masuknya kapasitas dari batre.

  • IC Charge
Jika masalahnya ponsel anda bermasalah HANYA JIKA isi batre hampir habis,kecil kemungkinan kerusakanya ada pada komponen ini.

Jika komponen ini mengalami kerusakan,biasanya gejalnya adalah batre anda tidak bisa di charge alias di charge tidak bisa penuh atau di cas malah isinya berkurang.

Walaupun seperti itu,anda tetap harus memperhatikan komponen ini jika ingin melakukan perbaikan sendiri.


Langkah Mengatasi Android yang Error saat Batrainya Hampir Habis


Jika ponsel anda mengalami permasalahan seperti ini,ada beberapa langkah atau cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaikinya,antara lain :

  • Ganti Baterainya
Langkah paling sederhana yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti komponen ini dengan yang baru.

Jika anda takut nantinya uang yang anda keluarkan sia-sia,anda bisa lakukan trik sederhana seperti meminjam milik teman atau saudara atau membeli batre dengan mencobanya sampai habis.

Pada kebanyakan kasus,masalah itu bisa terselesaikan dengan melakukan langkah sederhana ini.Jika masih tidak bisa,maka tidak ada cara lain selain membawanya ke tukang servis.

Karena jika sudah ganti batre tetapi masalah masih sama saja,sangat besar kemungkinan itu yang bermasalah adalah IC didalam mesin.Jika anda bisa melakukan perbaikan,maka lakukan perbaikan pada komponen tersebut.

Jika anda tidak mengerti,maka serahkan kepada yang lebih mengerti.


Berapa biaya perbaikanya?

Untuk besaran biaya perbaikan tidak terlalu mahal,mugkin sekitar 50 ribu sampai 100.000.Semua tergantung teknisi dan komponen apa yang nantinya harus diganti atau diperbaiki.


Kalau dibiarkan,bahaya tidak?

Bahaya,karena ditakutkan bisa menyebar dan merusak komponen yang lainya.Kok bisa?

Sekarang anda bayangkan,jika posisi ponsel seperti itu,otomatis anda akan sering melakukan pengecasan bukan? Bahkan mungkin cas sambil digunakan untuk mencegah batre habis.

Hal tersebut sangat tidak baik untuk dilakukan.Takutnya ponsel anda malah jadi kena IC power atau komponen IC lainya yang kerusakanya bisa lebih parah dan biaya perbaikan bisa makin mahal.

Jadi selagi belum parah,silahkan ganti batre dengan yang baru dan lihat bagaimana hasilnya.

BACA :




Demikian pembahasan tentang penyebab dan bagaimana mengatasi android yang error jika baterai sudah hampir mau habis atau isinya tinggal sedikit.Semoga bisa membantu,see uu.

2/27/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Android Error Ketika Baterai Hampir Habis? BACA INI!.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar