3 Cara agar Video Youtube Muncul di Beranda ( Halaman Depan )

Bagi seorang youtuber mencari cara agar supaya video yang di upload bisa muncul di halaman beranda pengguna lain adalah hal yang wajib.Ketika vidio keluar di homepage seseorang maka secara tidak lagsung akan meningkatkan kesempatan mendapatkan view yang banyak.

Tetapi cara agar video youtube bisa muncul di halaman beranda atau begitu seseorang buka yutub langsung nongol vidio anda dihalaman depan,itu tidak mudah.Ada banyak faktor yang mempengaruhi dan biasanya ini disebut dengan sebuah " ALGORITMA ".

Saya akan sedikit membahas tentang algoritma youtube ini supaya anda para youtuber tidak salah kaprah lagi membedakan :


  • Vidio yang muncul ketika seseorang mengetik judul,dan
  • Vidio yang keluar langsung di halaman depan tanpa pengguna mengetikan apapun di kolom pencarian
Dua hal ini yang akan saya perjelas dalam postingan kali ini.Karena saya yakin sekali masih banyak para creator yang belum faham point ini.Ok langsung saja.



Video Youtube Muncul di Beranda





video youtube yang langsung keluar di beranda atau homepage




Diatas adalah contoh vidio yang langsung keluar ketika saya membuka youtube tanpa mengetikan kalimat apapun di kolom search atau pencarian.

Namun,jika saya mengetik/menuliskan sebuah kalimat,otomatis yang keluar adalah vidio yang sesuai atau yang relevan dengan kalimat yang saya tuliskan dan pidio yang muncul tadi akan hilang digantikan dengan rekaman yang berkaitan dengan tulisan yang saya ketik.

Saya akan menjelaskan kedua point ini untuk anda.


1. Vidio yang keluar setelah seseorang menuliskan sebuah kalimat


Jika seorang pengguna menuliskan kalimat di kolom pencarian/search,maka akan ada beberapa vidido yang berkaitan atau berhubungan dengan kalimat yang dituliskan oleh pengguna tersebut yang keluar dan muncul.

Ini biasanya dinamakan dengan " ALGORITMA PENCARIAN ".

Algoritma ini adalah sebuah program atau sebuah " rumus " yang sedemikian komplek yang dibuat untuk mempermudah pengguna untuk mencari apa yang mereka inginkan.Point ini tidak akan saya bahas lagi karena sudah saya bahas di postingan sebelumnya.

BACA :



2. Vidio yang langsung muncul di beranda


Point kedua ini masih sangat erat kaitanya dengan algoritma yang pertama,hanya saja ada sedikit perbedaan.

Jika di point pertama algoritmanya mengikuti apa yang dituliskan pengguna yutub,maka alagoritma kedua ini menggunakan " queri " atau data history dari pengguna.Maksudnya adalah :

Ketika seseorang sering mencari vidio tentang masakan,maka biasanya yang langsung muncul di homepage adalah vidio yang berkaitan dengan masak memasak.

Hal inilah yang dinamakan query atau history.

Selain mengambil data dari apa yang sering dicari pengguna tersebut,yutub juga menggunakan data yang lainya seperti hal-hal yang sedang trending kemudian mengambil data chanel yang di subscribe atau di like oleh pengguna tersebut.

Dan data lainya untuk menentukan pidio apa yang akan dimunculkan di homepage orang tersebut.Jadi " BEDA ORANG,VIDIO YANG KELUAR DI HOMEPAGENYA JUGA BEDA ".

Kompleks sekali memang algoritma yang digunakan.

Sampai disini saya anggap anda sudah sedikit memahaminya.

Jika seperti itu,adalah langkah atau tips dan trik supaya apa yang creator upload bisa langsung ditampilkan di halaman muka? 

Ada beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan supaya vidio yang anda upload bisa langsung keluar di homepage,antara lain :


A. Usahakan vidio anda TRENDING


Pernahkah anda perhatikan ketika anda membuka yutub,maka anda akan langsung di suguhkan dengan beberapa vidio yang sedang trending?

Trending itu bagaimana?

Yutub mengkategorikan sebuah vidio itu trending atau bukan berdasarkan pada jumlah view dan share dalam kurun waktu tertentu.Ini adalah salah satu point dasar dari berbagai point yang menjadi pertimbangan pihak yutub tentunya.

Jika vidio yang anda upload langsung mendapatkan jumlah view dan share yang banyak dalam waktu singkat,percayalah,vidio anda akan langsung dikategotikan kedalam vidio trending dan akan langsung nongol di homepage seseorang.

Mas,saya tau kalau trending itu maksudnya banyak yang lihat dan share dalam waktu yang singkat,tapi bagaimana caranya bisa begitu?

Ada beberapa tips yang mungkin bisa anda coba,antara lain :
  • Jika anda seorang public figur atau orang terkenal,ketenaran anda akan membantu ( lihat chanel artis,uploadnya gitu-gitu aja tapi banyak yang trending kan )
  • Subscriber banyak akan membantu juga
  • Buatlah vidio yang sedang viral
  • Share vidio anda di berbagai media sosial ( fb,twitter,ig dan sebagainya )
Yang paling mudah adalah membuat konten yang sedang viral,seperti " VIRUS CORONA " misalnya.Setelah anda buat,share ke berbagai medsos.

Jika banyak yang lihat,banyak yang like atau mungkin sampai banyak yang share,maka yakin saja apa yang anda upload itu akan masuk kedalam jajaran pidio trending.


B. Perbanyak subscriber


Masih ingat dengan point algoritma yang saya tuliskan sebelumnya? Jika seseorang subs ke channel yutub anda,maka setiap postingan atau upload dari anda,akan langsung ditampilkan di halaman homepage,bahkan akan ada notifikasi khusus.

Ini saya ambil dari pengalaman pribadi,dimana saya memang subs ke beberapa chanel yutub dan ketika saya buka yutub,vidio yang direkomendasikan ya vidio dari chanel mereka yang saya subscribe.

Untuk bisa mendapatkan subscriber youtube ada 2 langkah yang bisa anda gunakan,langkah yang benar dan curang.

langkah yang benar adalah membiarkan orang lain secara sukarela subs ke chanel anda dan yang curang biasanya dengan membeli atau semacamnya.Tetapi saran saya,untuk menambah subs,buatlah content yang menarik,nanti mereka akan subs dengan sendirinya.

Jika menggunakan langkah yang curang,chanel anda akan menjadi taruhanya.Bisa-bisa chanel anda dihapus pihak yutub.

Jika dirasa contentnya unik dan menarik,pasti jumlah subs juga akan bertambah.Sekedar curhat saja,saya TIDAK PERNAH subs ke chanel yang " tidak menarik/tak penting " sekalipun itu yang punya artis cantik atau terkenal,xixixi.


Pengalaman pribadi saya begini :

Saya sangat suka lihat rekaman bertema hp android khususnya chanel PERBAIKAN KERUSAKAN,tetapi yang sering muncul di homepage adalah pidio review dari android chanelnya abang david ( tau lah yaaa ).

Itu kan tidak pas,saya maunya pidio perbaikan ponsel rusak,tapi yang muncul malah review hp baru.Ini mungkin karena viewer chanel abang david itu banyak dan subsnya juga banyak,jadi pihak yutub berani memuncuclkan pidio doi sebagai yang direkomendasikan/berkaitan.



C. Vidio history pengguna akan membantu


Sedikit berbeda dengan dua point sebelumnya.Point ini maksudnya seperti ini :

Ambilah contoh channel anda adalah seputar tentang dunia otomotif/motor.Ketika seseorang sering melihat-lihat vidio tentang motor,secara tidak langsung history tersebut akan digunakan yutub untuk menampilkan berbagai vidio berkaitan di homepage.

Dan bukan tidak mungkin,uploadtan anda akan ikut diangkat dan ditampilkan oleh pihak yutub.

Simplenya begini : Jika chanel anda bertemakan motor,percayalah,suatu saat ketika ada pengguna yang sering sekali melihat pidio tentang motor,uploadtan anda akan ikut dicantumkan di homepage orang itu.

Tipsnya adalah,perbanyak viewer.Jika view atau orang yang melihat pidio anda banyak,nanti secara tidak langsung yutub akan mengaitkan pidio anda terhadap pencarian yang berkaitan atau berhubungan.


Demikian pembahasan tentang bagaimana tips dan trik supaya video youtube chanel anda bisa langsung muncul di halaman beranda atau homepage.Semoga bermanfaat,see uu.

3/25/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 3 Cara agar Video Youtube Muncul di Beranda ( Halaman Depan ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar