Cara Menambah RAM Hp Android Tanpa ROOT,SD CARD,APLIKASI

Bagi user smartphone yang bertanya bagaimana cara menambah RAM android atau langkah menaikan kapasitas R-A-M,maka dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan prosesnya tanpa harus root ponsel ataupun penambahan memori external sd card serta pastinya tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara menaikan kapasitas RAM hp android baik dari 1gb jadi 4gb,512 mb jadi 2 gb ataupun seterusnya memang HANYA BISA DILAKUKAN DENGAN 1 LANGKAH SAJA dan itu memang faktanya.

Kenapa saya katakan demikian? Karena masih banyak user yang masih keliru dan salah tanggap mengenai hal ini.Ingat yaa,MENAMBAH/MENAIKAN itu berbeda dengan MENGOMPRES atau MELONGGARKAN kapasitas real RAM ponsel,akan saya jelaskan dibawah.



Menaikan RAM Hp Android




tatacara untuk menaikan RAM android yang benar



RAM atau Random Acces Memory adalah sebuah perangkat keras atau hardware yang berfungsi untuk menyimpan data berbasis sistem pengoperasian/data.Perangkat ini berbeda dengan ROM/memori internal.

Bedanya kalau RAM itu untuk menyimpan data yang akan digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi.Sedangkan ROM/memori internal adalah tempat menyimpan data baku contohnya gambar,video dan file lainya.

Bahasa sederhananya begini : RAM untuk membantu menjalankan sebuah program atau aplikasi,sedangkan ROM untuk menyimpan dan menampilkan sebuah file.

Penulis sedikit sulit untuk menjelaskanya secara detail.Intinya,jika ada sebuah aplikasi yang anda ingin instal,maka itu erat kaitanya dengan sebuah R-A-M,tetapi jika hanya untuk menyimpan file saja maka hubunganya dengan ROM.

Tetapi antara kedua komponen itu saling terkait satu sama lain,jadi tidak bisa berjalan sendiri-sendiri.Mungkin penjelasan yang bisa diberikan sampai disini saja.Kita akan membahas topik utamanya.


RAM Tidak Bisa Dimanipulasi Software!

Saya sudah katakan diawal dimana komponen ini merupakan harware alias perangkat keras.Perangkat keras itu bahasa simplenya sebuah part atau mesin.

Hubungan dengan " tidak bisa dimanipulasi software " itu apa?

Sampai saat ini saya belum pernah menjumpai ada sebuah aplikasi/sosftware yang bisa menambahkan kapasitas sebuah penyimpanan.Baik itu R-A-M ataupun R-O-M.

Pernahkah anda memiliki sebuah laptop?

Apa yang anda lakukan jika ingin mengupgrade RAMnya? Pasti akan membeli sebuah part entah itu jenis DDR2,DDR3 dan seterusnya kemudian anda pasangkan pada soket yang tersedia didalam mesin.Benar bukan?

Sama halnya dengan android,jika anda ingin menaikan kapasitas RAMnya,maka komponen atau partnya yang diganti,bukan dengan melakukan root atau menambahkan aplikasi.ITU KETENTUAN MUTLAK!.


Aplikasi Penambah RAM serta ROOT itu bagaimana?

Masih banyak pengguna telpon pintar yang salah kaprah ketika berfikiran bisa menaikan jumlah kapasitas penyimpanan dengan melakukan ROOT dan menambahkan sejumlah aplikasi.

Perlu anda ketahui bahwa : APLIKASI HANYA MENGUBAH TAMPILAN VISUAL!

Mungkin ada beberapa diantara anda yang pernah mendowload dan menginstal aplikasi dan setelah anda cek ternyata RAMnya bertambah.ANDA SALAH BESAR!

Memang tertulis RAMnya gadget anda naik,tapi itu hanya manipulasi aplikasi saja.Untuk realnya SAMA SEKALI TIDAK naik.

Apalagi jika anda harus melakukan ROOTING pada gadget anda,itu TIDAKAN SIA-SIA.


Kompres dan Menaikan Kapasitas itu Beda!

Point ini saya jelaskan juga.Bahwasanya aplikasi yang beredar diluaran sana itu fungsinya hanya untuk MENGOMPRES saja,tidak menaikan.

Detailnya seperti ini :

Anggap saja R-A-M anda itu 2 giga byte,setelah anda gunakan untuk menjalankan ponsel,ternyata masih tersisa 1 giga byte.

Kemudian anda instal aplikasi dan kapasitasnya menjadi 1,5 giga byte.Tentu saja itu namanya bukan menambah,tetapi hanya mengompres sistem yang sedang berjalan alias hanya melonggarkan saja.

Anda instal sampai 100 aplikasipun,R-A-M anda tidak akan naik dari angka 2 giga byte.

Jika seperti itu,langkah yang baik dan benar itu bagaimana?


Cara untuk Menaikan RAM Hp Android hanya bisa dilakukan dengan mengganti IC EMMC


Saya ingin menceritakan pengalaman saya beberapa waktu lalu ketika ponsel saya mati dan saya hendak memperbaikinya di tempat reparasi.

Singkat cerita,saya ngobrol dengan si teknisi dan kurang lebih seperti ini isi percakapan saya :

- Saya : Mas,ponsel ku mati,tolong dicek apa yang rusak dan kalau diperbaiki habis berapa?
- Teknisi : Selang hampir 30 menit,Mas,ini IC EMMCnya yang kena,kira-kira 450.000
- Saya : Kok mahal banget mas?
- Teknisi : Emang kalau IC ini mahal,apa mau sekalian dinaikan RAMnya,biar mahalnya sebanding?
- Saya : ????? R-A-M dinaikan?
- Teknisi : Iya mas,kan kalau IC ini memang komponen rumahnya RAM

Dari percakapan singkat diatas,saya baru tau kalau untuk meng updrade kapasitas harus mengganti komponen itu.

Sampai disini saya harap anda sudah faham dan mengerti tentang bagian mesin atau part mana yang harus diservise jika ingin ditambah RAMnya.

Bukan dengan bantuan SD card atau memory axternal yaa,apalagi harus ROOT dan instal aplikasi,itu salah besar.

Ok,mas,saya faham yang perlu diganti.Lalu prosesnya bagaimana? Apa yang perlu saya lakukan dan persiapkan?

Jika anda ingin melakukan langkah ini,ada beberapa hal yang perlu anda PERSIAPKAN terlebih dahulu,yaitu :

  • Siapkan mental
Kenapa saya bilang begitu? Karena RESIKO dari melakukan langkah ini adalah ponsel ada BISA MATOT alias mati total!

Resiko ini saya dapatkan dari perbincangan saya dengan teknisi yang cukup lama.Beliau mengatakan jika menaikan kapasitas apalagi sampai diluar batas kemampuan komponen lain,imbasnya ponsel bisa sangat panas dan MATOT.

Silahkan difikirkan kembali,tetapi jika anda masih kekeh,lanjutkan membaca.

  • Siapkan uang
Jika anda sudah siap dengan resiko diatas,selanjutnya adalah menyiapkan dana untuk servise dan membeli komponen part.

Untuk biaya yang harus anda keluarkan jika ingin menambah RAM android adalah sekitar 300.000 sampai 600.000 rupiah.Tergantung jenis IC EMMC yang diperlukan.

Hanya itu saja yang perlu anda siapkan.

Kalau mau beli sendiri IC EMMCnya bagaimana mas? Biar biayanya lebih murah gitu?

Bisa,silahkan anda cari part YANG SESUAI dengan yang terpasang di ponsel anda.WAJIB SAMA PERSIS karena jika beda,maka proses pemasangan tidak bisa dilakukan.

Saran saya,silahkan serahkan ke tempat sevice saja atau yang lebih berpengalaman untuk menghindari uang terbuang sia-sia.


CATATAN PENTING!

A. Dalam melakukan proses ini,langkah pengerjaanya tidak hanya sekali langkah khususnya untuk merk ASUS karena harus ganti ROM ke global dan sebagainya.

B. Tidak selalu beli IC EMMC pasang langsung jadi

C. Lakukan ini jika anda benar-benar siap

D. Bentuk komponen atau partnya bisa anda lihat digambar atas artikel ini.Berwarna hitam kotak dengan bertuliskan seri atau serial number tertentu


Demikian pembahasan tentang bagaimana langkah yang benar untuk menambah RAm di hp smartphone android tanpa harus root dan tidak perlu menggunakan aplikasi bahkan dengan memori external.Semoga bisa membantu anda,see uu.

4/19/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Cara Menambah RAM Hp Android Tanpa ROOT,SD CARD,APLIKASI.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar