10 Cara Merawat Baterai HP Tipe Removable/Bisa Dilepas agar Awet

Cara merawat baterai Hp android tipe removable atau batre yang bisa dilepas serta dibongkar pasang harus dilakukan dengan benar agar bisa awet dan tahan lama.Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menjaga performa batere ponsel anda supaya tidak cepat rusak serta tak menjadi boros.

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan sedikit tips dan trik bagaimana cara merawat baterai hp android jenis removable atau yang bisa dilepas agar bisa awet dan bertahan cukup lama.Dengan mengikuti panduan ini,saya harapkan umur batre ponsel anda bisa panjang.

Cara Merawat Baterai Hp Removable ( Bisa Dilepas )



cara merawat baterai hp tipe atau jenis removable alias bisa dilepas



Batrai adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai sumber arus listrik pada sebuah smartphone agar smartphone bisa melakukan berbagai fungsinya dengan baik.Tanpa adanya daya batrai yang baik,kinerja dari sebuah smartphone juga akan terganggu.


Kenapa penting untuk menjaga performa batrai?

Sebuah perangkat elektronik harus memiliki sebuah sumber arus atau listrik untuk bisa berjalan sesuai fungsinya.Dengan sumber arus yang baik,kinerja dari perangkat tersebut juga akan baik.Inilah kenapa saya katakan sangat penting untuk menjaga performanya.

Sebagus dan semahal apapun smartphone yang anda miliki,saya rasa tidak akan bisa bekerja dengan baik jika batrainya saja tidak dalam kondisi yang prima.Untuk itulah anda sebagai pengguna smartphone dituntut untuk menjaganya dan merawatnya dengan baik dan benar.


Apa saja akibat dari perawatan batrai yang buruk?

Jika pemeliharaan batrai yang anda lakukan tidak benar,beberapa hal mungkin akan terjadi antara lain :
  • Akan cepat drop
  • Menjadi sangat boros ( tidak wajar )
  • Mengembungnya batrai ( lebih familier batrainya membesar )
  • Tidak bisa diisi daya ( dicharger tidak masuk )
  • Sering gonta-ganti batrai karena sering rusak


Dan mungkin masih banyak lagi hal negative yang akan terjadi jika anda masih saja tidak menjaganya dengan baik dan benar.


Langkah-langkah untuk menjaga dan merawat baterai hp supaya awet dan tidak gampang bocor dan cepat rusak.


Baiklah,untuk langkah yang bisa anda lakukan supaya bisa memelihara batrai smartphone anda antara lain :


1. Gunakan batrai yang original


Untuk point paling pertama yang perlu anda perhatikan adalah : Usahakan selalu menggunakan batrai yang original/ori,kenapa?

Selain karena kualitasnya juga lebih bagus daripada yang KW,paling tidak jika anda menggunakan batrai yang ori,usaha keras anda untuk menjaga batrai tidak sia-sia.

Bukan bermaksud menjelekan,tetapi jika anda menggunakan yang KW,sebaik dan sebagus apapun menjaganya,akan terasa percuma karena memang tidak didukung dengan mesin yang bagus pula.Apapun merk/nama batrai yang anda gunakan,selalu pakai yang original.

Untuk penggunaan batrai ( tanam atau removable ) bebas,dalam artian,kedua jenis itu pemeliharaanya sama saja.Untuk memilih mana yang bagus diantara jenis tanam atau removable,anda bisa membecanya pada artikel tersebut.


2. Gunakan charger yang original


Setelah langkah pertama,selanjutnya adalah anda harus menggunakan alat pengisi daya atau charger yang original juga.Karena kualitas dari produk yang original sangatlah bagus.Ini juga merupakan salah satu langkah dari beberapa langkah mempercepat waktu pengisisan batrai supaya cepat terisi penuh yang pernah saya bahas sebelumnya.


3. Hindari lepas pasang batrai


Apakah anda memiliki banyak kartu perdana dan sering gonta-ganti kartu dengan bongkar pasang batrai juga? jika benar seperti itu,mulai sekarang,hentikan kebiasaan buruk tersebut,kenapa?

Karena dari beberapa kasus keluhan pelanggan yang pernah masuk ke saya,permasalahan sepele tetapi sangat sering mereka keluhkan adalah batrai mereka eror ( tidak bisa diisi dayanya ).Setelah saya lihat,ternyata kuningan pada batrainya rusak,ada juga konektornya yang rusak.Jelas saja tidak bisa diisi daya jika seperti itu.

Itulah kenapa saya katakan,hindari kebiasaan buruk tersebut mulai sekarang.


4. Hindari penggunaan berbarengan dengan charger


Anda seorang gamer? atau penikmat sreaming video? atau apapun itu aktivitasnya,sangat tidak saya sarankan untuk menggunakan smartphone anda berbarengan dengan mengisinya,kenapa?

Karena,kebiasaan ini juga bisa mengakibatkan rusaknya batrai smartphone anda.Saya bisa katakan seperti ini karena saya sendiri mengalaminya,dan kebetulan saya sangat suka bermain game online.Ketika permainan belum selesai dan daya batrainya hampir habis,saya tanpa pikir panjang langsung tancapkan charger dan meneruskan permainanya.

Apa yang terjadi? batrai smartphone saya droop dan rusak,saya harus menggantinya dengan yang baru.Dari pengalaman itulah saya ingin berbagi,saya sarankan JANGAN lakukan kebiasaan ini.


5. Matikan smartphone saat di charger


Usahakan saat dicharger,matikan perangkat anda.Memang terlihat sangat sepele,tetapi kenyataanya seperti itu.Langkah simple ini bisa menjaga performa batrainya tetap bagus karena proses pengisian dayanya akan maksimal dan benar-benar bisa terisi penuh.


6. Hindari dari benda cair


Hindarkan dan JANGAN sampai terkena benda cair ( air ).Alasanya simple saja,ini merupakan komponen elektronik,dimana apapun namanya,benda elektronik yang teraliri listrik,ketika terkena air,pasti akan konslet.

Iya kalau yang rusak hanya batrainya saja.Kala konsletnya menjalar ke komponen yang lainya,ini akan sangat merugikan untuk anda sendiri nantinya.


7. Jaga kuningan batrai dan konektornya dari goresan


Jika anda perhatikan dengan seksama,pada bagian batrai,ada kuningan kecil yang terkoneksikan dengan konektor saat batrainya dipasang.Komponen kecil berwarna kuning itu adalah " pintu " keluar arus listrik menuju smartphone anda.Jaga baik-baik jangan sampai tergores dan rusak.

Karena jika sekali saja rusak,langkah perbaikanya akan sulit,bahkan mungkin anda akan disarankan untuk menggantinya saja.


8. Hindarkan dari benturan


Terutama pada saat penggantian kartu sim perdana atau saat melepas back covernya,jaga baik-baik jangan sampai terjatuh.Karena benturan dengan benda keras bisa merusak komponen dalam batrainya.


9. Perhatikan penggunaan power bank


Disini tidak ada larangan untuk menggunakan alat bantu pengisiian daya tersebut,tetapi lebih kepada ketelitian dalam memilih dan membeli power bank.Jangan sampai anda gunakan power bank yang abal-abal.


10. Hindarkan dari panas yang berlebihan


panas disini ada banyak sekali sumbenrya,bisa dari paparan matahari langsung,peletakan dekat dengan sumber panas,pemakaian yang melebihi batas wajar,dan berbagai hal yang bisa menimbulkan hawa panas yang berlebih.

Pasti anda peernah melihat dan mungkin pernah mengalami batrai anda membengkak bukan? itulah salah satu akibat dari terkena paparan panas yang berlebihan.


Dengan melakukan beberapa point penting diatas,sampai sekarang saya belum pernah lagi mendapati kerusakan pada batrai yang saya gunakan.Anda mungkin bisa melakukanya juga jika ingin mendapati batrai anda bisa awet dan tahan lama digunakan sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk merawat dan menjaga baterai hp android khususnya untuk tipe atau jenis removable atau yang bisa dilepas serta dibongkar pasang.Semoga bisa membantu,see uu.

7/16/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 10 Cara Merawat Baterai HP Tipe Removable/Bisa Dilepas agar Awet.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar