Akibat/Resiko Salah Instal Ulang Hp Android

Akibat atau resiko yang bisa terjadi jika anda salah instal ulang hp android terbagi menjadi 2 kemungkinan yaitu kerusakan yang ringan dan yang parah.Kerusakan ringan adalah yang masih bisa diatasi dengan langkah yang relatif mudah sedangkan kerusakan parah biasanya harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.

Resiko atau akibat salah dalam menginstal ulang hp smartphone android bisa berdampak pada kerusakan software bahkan hardware ponsel anda.Silahkan fahami artikel ini supaya anda mengerti dengan lebih baik.


Salah Instal Ulang Hp Android



akibat dan resiko salah instal ulang hp smartphone android



Instal ulang adalah sebuah tindakan untuk mengembalikan sistem atau software telepon yang sudah rusak dan menggantinya dengan sistim yang baru dan masih bagus.

Sebenarnya,istilah instal ulang TIDAK ADA dalam dunia gadget,yang ada itu soft reset,hard reset dan flash/flhasing.Sedangkan istilah menginstal ulang ini adalah sebutan yang sering digunakan oleh para pengguna ponsel ketika memperbaiki ponsel yang rusak.

Dalam melakukan flashing ini,biasanya para teknisi menggunakan bantuan komputer untuk mengganti sistem software didalam ponsel.

Karena komputer juga hanya sebuah mesin,kesalahan sekecil apapun bisa saja terjadi dan sayangnya,didalam melakukan flashing ini,TIDAK BOLEH ada kesalahan sedikitpun.


Kenapa tidak boleh salah dalam menginstal ulang android?


Sebelum menjawabnya,saya ingin menjelaskan sedikit,bahwa dalam sebuah ponsel itu terdiri dari 2 komponen dasar,yaitu :
  • Mesin ( hardware ) dan
  • Software ( aplikasi/sistem )
Flashing dilakukan JIKA kerusakan yang terjadi terletak pada bagian softwarenya,karena jika hardware/mesin yang rusak,maka jalan satu-satunya adalah mengganti komponen dengan yang baru ( DENGAN MEMBONGKARNYA ).

Sedangkan flashing ini,walaupun " kalimatnya " mengganti softwarenya,kegiatan ini TIDAK PERLU untuk membongkar dan mengganti bagian atau komponen didalam mesin.


Lalu,jika salah kenapa?

Jika dalam melakukanya,anda melakukan kesalahan maka,software atau sistem lama yang rusak yang akan anda ganti dengan yang baru,bukanya menjadi normal malah bisa bertambah rusak.Dan kerusakan yang ditimbulkan tidak main-main.


Kerusakan yang terjadi jika salah instal ulang smartphone/HP android


Adapun beberapa kerusakan yang bisa timbul dan terjadi jika anda salah dalam melakukan flashing antara lain :


1. Ponsel mudah heng/ngebleng


Hal yang paling ringan ketika anda melakukan kesalahan adalah : Ponsel anda menjadi mudah sekali blank.Baru dipasang/digunakan sebentar sudah blank dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Kesalahan ini memang sering terjadi,dimana paling banyak kasus adalah : Teknisi keliru dalam memilih firmware yang dipasang untuk mengganti sistem yang lama.

Selain karena kesalahan pemilihan firmware,keliru dalam memilih sistem OS juga bisa menyebabkan ponsel anda menjadi sering " gagu " alias mendadak stuck tidak bisa digunakan padahal layarnya menyala.


2. Bootloop


Bootloop adalah sebuah kondisi atau kerusakan pada perangkat ponsel yang ditandai dengan HANYA menyala lampu led saja ketika dinyalakan atau hanya bergetar saja ketika dinyalakan tetapi tidak bisa masuk kedalam menu utama alias layar masih blank hitam.

Botlop terjadi dikarenakan banyak hal salah satunya kesalahan ketika memperbaiki firmware atau kesalahan menginstal ponsel.

Seperti yang saya katakan diawal bahwa kegiatan menginstal ponsel harus dilakukan tanpa adanya kesalahan.Jika anda melakukanya dengan TIDAK BENAR,maka bootlop adalah salah satu masalah yang bisa terjadi.


3. Mati total/MATOT


Yang paling parah jika anda salah instal ulang hp android adalah matinya sistem ponsel anda.Matot adalah sebuah istilah dimana ponsel benar-benar tidak bisa dinyalakan,bahkan di cas pun tidak ber reaksi apapun.

Inilah kondisi atau kerusakan yang paling parah yang bisa menimpa gadget kesayangan anda jika anda sampai salah ketika melakukan flasing.

Jika sudah seperti ini,ponsel anda MASIH BISA diperbaiki tetapi kemungkinan kembali normalnya kecil dan biasanya akan membutuhkan biaya perbaikan yang cukup mahal.


4. EMMC ponsel rusak


EMMC adalah sebuah perangkat keras yang ada didalam komponen mesin ponsel yang bertugas untuk mengatur sistem firmware dan sejenisnya.

Walapun ini adalah komponen hardware/perangkat keras,tetapi bisa rusak karena terlalu sering melakukan kesalahan dalam mengelola software.

Sebenarnya,menurut saya pribadi,kerusakan komponen ini lebih dikarenakan usia pemakaian yang sudah lama atau karena penyebab lain ( bukan software ).Tetapi,banyak anggota group media sosial ( yang saya ikuti ) yang mengatakan bahwa kesalahan menginstal juga bisa berperan terhadap kerusakan komponen ini.

Jika hal ini terjadi,maka tidak ada langkah perbaikan lain selain menganti komponen EMMC yang rusak dengan yang baru dan tentunya hal ini membutuhkan biaya yang relatif mahal.


Jika salah satu hal diatas terjadi,apa yang harus dilakukan?

Jika anda mengalami hal diatas entah karena alasan apapun,anda tenang saja karena ada beberapa langkah untuk mengatasinya,antara lain :

  • Cobalah menginstal softwarenya kembali ( harus dilakukan oleh orang yang benar-benar mengerti dan ahli )
  • Jika kerusakanya pada komponen hardware,maka gantilah dengan yang baru ( lakukan service atau perbaikan di outlet yang aman dan terpercaya )

BACA :

- Mengatasi sinyal ponsel lemah ( kadang ada kadang hilang) 

- Mengatasi ponsel smartphone bootloop


Demikian penjelasan dari akibat atau resiko salah instal ulang hp smartphone android.Semoga bisa membantu anda,see uu.

6/23/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Akibat/Resiko Salah Instal Ulang Hp Android.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar