Mengatasi Sinyal Android Lemah,Kadang Hilang Kadang Muncul

Sinyal android lemah kadang hilang lalu muncul kemudian tidak keluar lagi merupakan masalah umum hp yang penyebabnya bisa dari software ataupun hardwarenya.Faktor menyebabkan masalah signal ada banyak,jadi anda harus tau hal ini sebelum memutuskan untuk memperbaikinya.

Penyebab kenapa sinyal android kadang hilang sendiri secara tiba-tiba kemudian muncul lalu tak keluar lagi biasanya di perangkat lunaknya.Tetapi tidak meutup kemungkinan,kerusakan tidak stabil nya signal ada di komponen atau part mesin hpnya.

Cara mengatasi sinyal android yang lemah sebenarnya bisa anda lakukan sendiri,ini untuk langkah penanggulangan awalnya.Jika setelah memperbaikinya,tetap tidak membuahkan hasil,barulah anda serahkan kepada ahli reparasi yang lebih mengerti ilmu elektronika ponsel.


Sinyal Android Lemah



penyebab dan cara mengatasi sinyal android lemah


Sinyal lemah adalah sebuah istilah yang diberikan untuk smartphone dengan kondisi signalnya naik turun tidak stabil.Terkadang keluar dan normal seperti biasa,tetapi ada kalanya hilang alias tidak muncul sama sekali,seperti itu terus menerus.

Sebenarnya,permasalahan seperti ini biasa dialami oleh para pengguna gadget,tetapi yang namanya masalah,harus dicari solusinya karena sangat mengganggu aktivitas.


Komponen yang berkaitan dengan signal

Signal yang ada di telepon terhubung atau terkait dengan beberapa komponen.Jika salah satunya ada yang tidak sesuai/rusak,pasti akan banyak masalah yang timbul.Beberapa komponen yang terkait satu sama lain sehingga menciptakan sebuah koneksi signal antara lain :

  • Kartu perdana ( sim card )
Kartu perdana atau sering disebut sim card adalah sebuah chip kartu yang berfungsi untuk membantu ponsel dalam mengoneksikan data internet atau signal.Dengan kartu perdana ini,pengguna juga bisa menentukan untuk menggunakan signal apa.

Ada banyak sekali kartu perdana yang bisa anda gunakan,seperti : Telkomsel,indonsat,IM3,3 ( three ),smartfreen dan sebagainya.

  • IC PA ( sebutan untuk part mesin yang bertugas mengkoneksikan signal )
Ini adalah sebuah part yang bentuknya sangat kecil yang letaknya ada didalam mesin ponsel.Part ini fungsinya untuk mencari dan " menangkap " signal yang tersedia dan meneruskanya ke komponen lainya.

  • Slot sim card
Lebih gampangnya,ini adalah tempat atau dudukan untuk kartu sim perdana anda.Walaupun sangat sepele dan sering dilupakan,nyatanya jika bagian ini rusak,pengguna pasti kelimpungan bingung mencari tukang reparasi,karena untuk memperbaikinya sendiri,sedikit susah.

  • Kuningan atau konektor sim card
Jika anda sedikit bingung dengan istilah ini,silahkan anda buka sim card anda dan perhatikan.Pada bagian kuningan sim card,pasti akan menempel dengan kuningan yang ada di mesin bukan? Itulah yang namanya konektor kartu perdana.

  • Mesin hp
bagian ini mungkin tidak perlu pembahasan lebih karena semua pasti sudah tau kalau didalam ponsel ada mesinya.Yang perlu anda perhatikan hanyalah,dari berbagai macam part mesin,ada beberapa yang fungsinya berkaitan dengan konektivitas ponsel,salah satunya IC PA seperti penjelasan diatas.


Kelima komponen diatas harus berjalan berdampingan dan harus sama-sama dalam kondisi yang bagus.Jika ada yang rusak,maka signal akan terganggu,salah satunya berakibat pada lemahnya signal ponsel.


Penyebab Sinyal Smartphone Android Lemah


Signal yang lemah seperti terkadang hilang lalu muncul,seperti itu terus menerus ini disebabkan beberapa faktor.Hampir semua sebab terletak pada bagian yang berhubungan dengan signal ini ( seperti penjelasan atas ),contohnya :

  • IC PA rusak
Agak sedikit susah menentukan bahwa ini adalah kerusakan IC PA.Tetapi yang jelas,jika komponen ini rusak dan bermasalah,maka signal juga akan terganggu.

Untuk kerusakan yang parah,signal akan benar-benar tidak keluar sama sekali.Tidak ada jalan lain selain menggantinya jika komponen ini yang bermasalah.

  • Kuningan rusak
Bagian kuningan ini terdapat di perdana sim dan konektor.Jika salah satu kuningan tergores parah atau mungkin keduanya tergores dan rusak,maka signal tidak akan tedeteksi di ponsel anda.

  • Gangguan server
Kalau hilangnya itu pada waktu tertentu dan serentak,mungkin karena memang pusatnya yang sedang ada gangguan.Tetapi jika hanya kadang-kadang saja masalahnya muncul,maka besar kemungkinan kerusakan ada pada komponen ponsel anda.

  • Salah update OS/ROOT
Kegiatan seperti mengupgrade OS atau rooting memang sering dilakukan dan memiliki kegunaan yang sangat banyak.Tetapi tahukah anda bahwa,kegiatan semacam ini,jika tidak dilakukan dengan benar,maka hasilnya bisa timbul masalah,salah satunya masalah signal seperti ini.

Di beberapa kasus seperti merk xiaomi,asus,samsung dan lenovo,jika kesalahan root atau upgrade Operating Sistem nya salah,bisa menimbulkan gagalnya konektivitas di ponsel anda.

  • Kerusakan mesin
Salah satu part selain IC PA yang sering menyebabkan hal ini adalah : berkurangnya kemampuan CPU ponsel dalam menahan suhu panas.

Kenapa saya katakan demikian? Karena saya sendiri mengalaminya,dimana ponsel keponakan saya yang saya coba perbaiki dengan keluhan signal yang kurang stabil,ternyata disebabkan karena masalah ketahanan suhu panas.

Jadi,ketika suhunya mulai panas,sinyal akan menghilang dan tidak keluar.Tetapi begitu suhunya dingin,signalnya kembali normal.

  • Salah lokasi atau tempat
Point ini hampir sama dengan penjelasan kesalahan server.Jika sebelumnya normal-normal saja,kemudian muncul masalah ini,maka itu bukan karena lokasi anda yang salah.

Terkecuali jika anda baru saja pindah lokasi dan timbul masalah seperti diatas,maka kemungkinan karena lokasi anda yang signalnya belum bagus ( jauh dari tower atau semacamnya ).


Cara Memperbaiki Sinyal Android yang Lemah


Setelah anda mengetahui penjelasan awalnya,anda bisa mulai melakukan perbaikan sesuai dengan letak kerusakanya.Jika anda tidak tau letak rusaknya dimana,anda bisa mencoba langkah dibawah,satu persatu :


1. Restart ponsel


Yang paling awal dan paling mudah untuk dilakukan untuk percobaan perbaikan adalah dengan merestart ponsel.Terlihat sederhana memang,tetapi terkadang bisa membantu ( walaupun kemungkinan kembali normalnya kecil ).

Untuk melakukan restart,anda bisa lakukan langkah berikut :
  • Matikan sebentar lalu hidupkan lagi
  • Tekan dan tahan tombol power,pilih " restart/reboot/mulai lagi "
  • Tunggu sampai menyala sempurna
  • Selesai
Lihat hasilnya.Jika normal,maka kedepanya anda bisa melakukan langkah yang sama jika masalah ini terjadi kembali.


2. Bersihkan kuningan


Jika anda membaca artikel ini dengan teliti,maka anda akan bsia menentukan langkah ini dengan sendirinya.Yaahh,kuningan di sim card dan konektor yang perlu anda bersihkan.

Anda bisa menggunakan kapas atau cotton bud untuk membersihkanya.Bisa dengan meneteskan sedikit minyak kayu putih di cottonbudnya dan gosokan pada bagian kuningan sampai bersih.Ulangi pembersihan dengan cootonbud yang kering dan pastikan semuanya kering,barulah anda pasangkan lagi semuanya.

Selain cotton bud,anda bisa menggunakan penghapus pensil untuk membersihkanya.Silahkan gosok dengan perlahan bagian kuningan dengan penghapus,setelah terlihat bersih,bersihkan sisa penghapus dengan kapas bersih dan pasangkan kembali.


3. Setting APN


Anda bisa mencobanya dengan mengganti APN atatu " titik point akses " di ponsel anda,caranya adalah sebagai berikut :
  • Masuk menu setting/pegaturan
  • Pilih " lainya "
  • Pilih " jaringan "
  • Pilih " titik point akses/acces point name "
  • Klik icon ( + )
  • Isikan dengan APN andalan anda
Pengubahan APN harus sesuai dengan kartu perdana yang anda gunakan.Jika telkomsel,maka gunakan APN telkomsel,dan seterusnya.


BACA :




4. Soft reset


Bisa disebut juga dengan " mengembalikan settingan ke pengaturan pabrik ",hal ini bisa anda lakukan jika semua langkah diatas tidak membuahkan hasil.Langkahnya sebagai berikut :
  • Masuk menu " setting "
  • Pilih " keamanan dan sandi "
  • Pilih " kembalikan setingan pabrik "
  • Klik OK
  • Tunggu sampai selesai
  • Lihat hasilnya
Langkah ini bisa anda lakukan jika memang sudah yakin untuk melakukanya.Tidak perlu khawatir data anda akan hilang,karena data-data bisa disimpan atau " dikecualikan " supaya tidak ikut ter resset.


5. Menggunakan aplikasi


Tahukah anda,ada beberapa aplikasi yang diciptakan dengan " claim " bisa membantu meningkatkan konektivitas signal? Yaahh,memang ada aplikasi yang fungsinya seperti ini,antara lain :
  • 4G LTE booster
  • Network signal booster
  • Network signal refresh
Dan masih banyak lagi aplikasi yang bisa anda coba untuk digunakan.Saya sendiri belum pernah mencoba hal ini,mungkin anda bisa mencobanya dan memberi tau saya hasilnya di kolom komentar.


6. Lakukan hard reset/instal ulang


Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan hard resset.Langkah ini hampir sama dengan soft reset,hanya saja,jika anda menggunakan langkah ini,maka SEMUA yang ada di telpon anda akan hilang ( semua data akan terhapus ).

Jadi,sebelum anda menggunakan langkah ini,silahkan simpan data-data penting anda di memori dan pisahkan ( jangan dipasang ketika hard reset ).

Langkah hard reset adalah sebagai berikut :
  • Matikan ponsel anda
  • Tekan kombinasi tombol ( biasanya tombol power + tombol volume up + tombol home ),beda merk beda tombolnya,jangan sembarang pencet yaa
  • Pilih clear cache
  • Pilih wipe data
  • Pilih rebboot now
  • Tunggu sampai selesai
Langkah ini juga harus anda lakukan dengan benar.Memang mudah sebenarnya,hanya saja anda harus hati-hati khususnya lakukan back up data dulu sebelum melakukan langkah ini,karena semuanya benar-benar akan dihapus dan dikembalikan seperti awal lagi.


7. Flashing


Flash adalah sebuah tindakan untuk memperbarui OS atau operating sistem ponsel.Contohnya seperti : Marsmallow,jelly bean,kit kat,windows dan sebagainya.

Mem-Flashing ini dilakukan jika masalah ini timbul karena memang anda melakukan kesalahan saat root atau salah saat upgrade O-S.Sangat jarang terjadi kerusakan pada bagian ini selain karena 2 faktor tersebut.

Untuk melakukan flashing,anda harus mengerti tahapanya dengan baik dan benar.Karena jika sampai salah,ponsel anda bisa MATOT/mati total.Serahkan saja kepada yang sudah ahli dalam bidang ini.


8. Berikan penguat signal


Selain aplikasi,ada benda fisik yang befungsi untuk meningkatkan frekuensi signal lohh,antara lain :
  • Pin penguat sinyal ( jika dipasang akan mengeluarkan sinar kelap kelip,sudah jarang yang jual )
  • Lempengan tembaga atau kuningan ( biasanya ponsel diletakan diatas mangkok tembaga atau kuningan )
  • Antena buatan ( sering saya melihat ponsel yang diberi antena buatan yang katanya untuk menguatkan signal )
Dan mungkin anda bisa ber experimen sendiri dan membuat alat khsusus untuk memperkuat koneksi jaringan signal.Jika berhasil,itu bisa menjadi suber penghasilan loh.


9. Perbaikan mesin ( bongkar total )


Ini adalah langkah atau saran terahir yang bisa saya berikan.Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan tetapi masih nihil,maka serahkan kepada ehli elektronik,karena saya sangat yakin ada komponen mesin yang rusak didalam ponsel anda.


BACA JUGA :




Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk mengatasi atau memperbaiki sinyal hp android yang lemah kadang hilang kadang muncul.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

4/15/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Mengatasi Sinyal Android Lemah,Kadang Hilang Kadang Muncul.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar