Pengertian Soft Reset,Hard Reset,Flashing dan Restart Android

Ada banyak sekali istilah di dunia android contohnya seperti soft reset kemudian hard reset ada lagi restart serta flashing atau software yang dimana pengertian fungsi serta perbedaan dari itu semua harus anda ketahui.

Saya katakan demikian karena masih banyak sekali pengguna smartphone android yang bingung membedakan istilah-istilah diatas.Dengan mengerti perbedaan dari soft reset,hard reset,restart dan flashing atau software,paling tidak anda tidak akan salah langkah jika harus melakukan perbaikan pada gadget kesayangan anda.

Yaa,benar sekali,dari semua istilah diatas,kesemuanya memiliki fungsi,tatacara,manfaat atau kegunaan yang berbeda satu dengan yang lainya bahkan soft reset,hard reset,restart dan flashing atau software bisa dikatakan sebagai hal yang sangat penting untuk diketahui para pengguna hp pintar zaman sekarang.


Penjelasan Soft Reset,Hard Reset dan Flashing/Software




Istilah dalam dunia ponsel memang sangat banyak dan dari semua istilah yang ada memiliki penjelasan fungsi serta tatacara penggunaan yang berbeda-beda.


Kenapa mengetahui hal ini sangat penting?

Sebelum menuju ke pembahasan utama,saya ingin menjelaskan kepada anda kenapa sangat penting untuk mengetahui hal tersebut.

Sebabnya sangat sederhana,yaitu : Karena dari semua istilah diatas memiliki TATACARA dan FUNGSI yang berbeda.Jadi jika ada sebuah kerusakan,anda TIDAK BOLEH sampai salah dalam melakukan langkah perbaikan.

Akan sangat tidak efektif jika kerusakan yang seharusnya bisa diatasi dengan sofreset tetapi karena anda tidak tau,anda malah melakukan hardresat.

Sangat tidak lucu jika ponsel anda yang rusak menjadi tambah rusak karena melakukan perbaikan yang salah,terlebih lagi jika alasan anda salah karena tidak tau arti dari istilah yang telah anda lakukan untuk perbaikan ponsel.


Contoh sederhanaya seperti ini :

Anggaplah ponsel anda rusak ( blank ),kemudian ada seseorang yang menyarankan anda untuk melakukan sofreset,karena anda tidak mengerti,anda asal saja dalam melakukanya dan ternyata yang anda lakukan bukanlah sofreset melainkan haredreset.

Bukanya menjadi normal,ponsel anda bisa menjadi tambah rusak nantinya.


Jika alasan diatas tidak terlalu anda hiraukan,masih ada alasan lain yang menurut saya lebih penting dan mungkin sangat penting,apa itu?

Jawabanya adalah : Supaya anda TIDAK TERLIHAT KONYOL didepan orang lain.

Bayangkan jika ada teman atau saudara yang menanyakan sebuah istilah perbaikan ini kepada anda,karena anda tidak mengetahuinya,lalu anda menjawab asal saja ( sok tau ),bagaimana hasilnya?

Jika sampai orang yang faham dan mengerti mendengar jawaban anda,anda akan terlihat sangat konyol didepan orang tersebut.Dan tentu saja hal tersebut bisa membuat anda malu sendiri bukan.


Daftar istilah dalam dunia ponsel atau hp smartphone android

Saya akan langsung memberikan beberapa daftar istilah yang sering digunakan dalam dunia ponsel atau gadget telpon genggam khususnya yang bertujuan untuk memperbaiki kerusakan atau mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada perangkat HP.

Adapun beberapa istilah yang sering digunakan antara lain :


1. Definisi Restart/Reboot di Android


Restart itu apa? Restar atau reboot adalah sebuah tindakan mematikan ponsel dan menghidupkanya kembali.Langkah ini bisa dilakukan dengan beberapa cara,antara lain :

  • Menekan tombol power dan menahanya dalam waktu yang lama sampai gadget mati lalu menghidupkanya dengan menekan tombol power kembali
  • Dengan menekan dan menahan tombol power sampai keluar menu atau tulisan kemudian pilihlah kalimat : restart/reboot/mulai lagi/ulangi sistem
  • Dengan langsung mencabut baterai dan memasanagnya kembali kemudian hidupkan dengan menekan tombol power ( tidak disarankan untuk ponsel yang masih berfungsi normal )

Apa kegunaan atau manfaat restart pada android?

Dengan melakukan refresh seperti ini,ponsel akan memulai sistem dari awal lagi.Jadi,jika ponsel sudah terlalu lama digunakan dan sudah mencapai batas maksimum,sistem akan menjadi tergangu.

Inilah kegunaan dari refresh seperti ini.Dengan begitu ponsel anda tidak terlalu " ngoyo " karena digunakan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Langkah ini bisa anda lakukan jika ponsel anda mengalami beberapa masalah seperti :
  • Ponsel tiba-tiba heng atau blank ( macet tidak bisa digunakan dan tidak merespon ketika disentuh )
  • Ponsel terasa lemot dan lambat
  • Tidak mau membuka aplikasi
Dan beberapa masalah lainya.

Perlu anda ketahui jika langkah ini adalah langkah awal atau langkah pertama yang perlu anda lakukan jika ponsel anda mengalami masalah sebelum memutuskan untuk melakukan langkah selanjutnya.



2. Definisi Soft Reset/Factory Reset ( kembalikan ke pengaturan pabrik )


Apa itu soft reset? Softreset adalah sebuah istilah dimana seseorang pengguna telpon genggam mengambalikan pengaturan ponselnya kembali seperti pengaturan pabrik/pengaturan awal.Mungkin akan lebih jelas jika saya langsung menerangkan langkah-langkahnya untuk anda.

Bagaimana cara melakukan soft reset? Kurang lebih seperti ini langkahnya :

  • Klik menu " setting/pengaturan "
  • Pilih menu " reset/cadangkan ulang "
  • Pilih " kembalikan ke pengaturan pabrik/reset now "
  • Tunggu proses sampai selesai
Langkah ini adalah sebuah langkah kedua yang mungkin bisa anda lakukan ketika ponsel anda mengalami sebuah masalah.

Perlu anda ketahui bahwa jika anda melakukan hal ini maka,semua pengaturan akan kembali seperti semula seperti : Nada dering yang kembali seperti awal lagi,pengaturan jam menjadi 00.00,pengaturan hari dan tahun serta SEMUA settingan yang sudah anda seting sebelumnya.

Selain itu,jika anda melakukan langkah ini,kemungkinan file-file penting yang ada dalam telpon anda akan terhapus.Tetapi,biasanya ada pilihan untuk mem back up file penting supaya tidak ikut terhapus.

Jadi,jika anda ingin melakukan hal ini,saran saya adalah : Ganti sim card telpon anda dengan yang tidak terpakai ( untuk berjaga-jaga takutnya nomer telpon yang tersimpan terhapus ),dan juga menyimpan file penting didalam memori setelah itu lepas memorinya ( jangan dipasang saat melakukan sofreset ini ).


Kegunaan atau menfaat soft reset di android apa saja? :

  • Mengatasi masalah yang tidak bisa teratasi dengan cara restart
  • Membuang aplikasi yang membuat berat ponsel dan mengembalikanya seperti aplikasi ponsel yang baru anda beli ( jika anda setting seperti itu )
  • Membuang file atau berkas yang terindikasi virus dimana anda sulit untuk mencari letak atau file itu ada dimana


3. Hard Reset ( membuat ponsel seperti baru beli )


Apa itu hard reset? Hardreset adalah sebuah tindakan menghapus semua data baik itu file ( mp3,aplikasi,video dsb ) ataupun data lainya yang ada didalam ponsel serta menghapus semua cache/file sampah yang mungkin tersimpan atau tersembunyi dalam sebuah ponsel.

Tindakan ini akan benar-benar menghapus apapun yang ada didalam ponsel.Inilah kenapa saya katakan jika tindakan ini akan membuat ponsel anda seperti baru membelinya di toko,karena semuanya akan dimulai dari awal lagi.


Perbedaan hard reset dengan soft reset apa?

Perbedaan antara softreset dan hardreset terletak pada bagaimana ponsel menghapus file/data yang ada didalam ponsel.

Jika sofreset hanya menghapus file atau data yang " dikehendaki saja ",sedangkan hardresat benar-benar menghapus semua data,bahkan data-data yang tidak anda sadari keberadaanya ( seperti virus contohnya ).

Antara sofreset dan harreset,keduanya TIDAK MEMBUTUHKAN alat atau tambahan apapun.Semuanya bisa anda lakukan hanya dengan mengandalkan tombol-tombol yang sudah tersedia di ponsel anda.

Cara melakukan hard reset adalah sebagai berikut :
  • Pastikan baterai telpon anda penuh
  • Pastikan semua file penting sudah anda simpan di memori atau komputer atau tempat yang aman
  • Ganti simcard dengan yang tidak terpakai atau backup nomer telpon di tempat yang lain
  • Matikan ponsel anda
  • Tekan kombinasi tombol sesuai dengan MERK ponsel anda ( biasanya tombol power dan tombol volume ditekan bersamaan )
  • Akan terlihat tampilan seperti ini


pengertian tentang apa itu softreset,hardreset,flashing,restart



  • Pilih " clear/wipe cache "
  • Pilih " wipe data "
  • Pilih " reboot now "
  • Tunggu proses sampai selesai
Setelah proses ini selesai,anda akan masuk menu tampilan awal layaknya anda baru membuka ponsel dari box nya.

Fungsi atau manfaat hard reset pada android itu untuk apa?

  • Menghapus aplikasi atau file yang tidak bisa terhapus dengan cara sofreset
  • Membuat ponsel menjadi seperti baru lagi
  • Menghapus virus yang bandel atau sulit terhapus
  • Membuang semua hal yang ada didalam ponsel ( tentunya yang tidak perlu dengan catatan anda sudah menyimpan yang penting di memori dan jangan dipasang ketika proses hardreset anda lakukan )

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa : KODE TOMBOL BERBEDA-BEDA setiap merk.Jadi antara merk satu dengan yang lain,kombinasi tombolnya berbeda.Saya sudah tuliskan dalam artikel sebelumnya.

BACA :







4. Flashing/Software/Instal Ulang


Apa itu flashing? Flashing adalah tindakan " mengganti " firmware yang ada didalam ponsel dengan firmware yang baru.Langkah ini lebih rumit dari kedua langkah sebelumnya karena dalam melakukan hal ini,anda membutuhkan sebuah firmware yang tersimpan dalam komputer/flasdisk untuk melakukanya.

Anda perlu tau jika langkah ini SANGAT BERESIKO terhadap ponsel anda,terlebih lagi jika sampai salah dalam melakukan tahapanya.Bisa-bisa ponsel anda malah menjadi MATI TOTAL.

Jadi khusus untuk tahapan ini,saya sarankan jika anda tidak berpengalaman,serahkan kepada orang yang ahli dan mengerti.Ini lebih baik daripada ponsel anda menjadi taruhanya.

Cara melakukan flashing atau software pada android adalah sebagai berikut :
  • Mempersipakan firmware yang sesuai
  • Bisa melalui komputer atau flasdisk
  • Sambungkan ponsel anda ke komputer atau flasdisk yang sudah terhubung
  • Pastikan ponsel dalam kondisi mati
  • Lakukan prosesnya
  • Selesai
Selain untuk membersihkan ponsel dari berbagai file yang tidak penting,langkah software ulang ini juga bisa anda lakukan untuk melakukan upgrade/downgrade sistem OS/firmware hp smartphone android anda.

Jadi bisa disimpulkan bahwa : Flashing,software,dan instal ulang ITU SAMA SAJA.

Setelah membaca artikel ini,saya harapakan anda mengerti dan faham benar mengenai istilah-istilah dalam dunia ponsel.Dan jangan sampai salah lagi yaa.


Demikian pembahasan lengkap tentang pengertian atau definisi dari softreset,hardreset serta flashing atau software dan isntal ulang lengkap dengan cara dan manfaat atau kegunaanya.Semoga bisa membantu anda,see uu.

9/30/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Pengertian Soft Reset,Hard Reset,Flashing dan Restart Android.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar