Cara Mengatasi Hp Android Hidup Sampai Logo Lalu Restart ( BOOTLOP )

Cara mengatasi hp android hidup atau menyala hanya sampai logo kemudian restart berulang-ulang secara terus menerus bisa dilakukan dengan 2 metode yaitu memperbaiki softwarenya dan hardware atau mesinya.Solusi untuk ponsel atau smartphone bootlop seperti ini bisa anda lakukan sendiri sebelum menyerahkanya ke jasa reparasi lektronik.

Hp android menyala atau hidup hanya bisa sampai logo kemudian mati sendiri atau restart bisa merupakan masalah yang umum terjadi pada perangkat smartphone.Saya akan memberikan tutorial atau panduan bagaimana cara memperbaiki atau mengatasi permasalahan ini supaya gadget anda bisa normal kembali.


Hp Android Bootlop




mengatasi atau memperbaiki hp android bootlop,menyala sampai logo lalu restart




Android bootlop adalah sebuah kegagalan sistem yang terjadi pada sebuah ponsel samrtphone yang disebabkan oleh rusaknya OS atau software yang digunakan.Untuk kalangan teknisi telpon genggam,software yang bermasalah juga sering disebut dengan firmware corrupt.

Mengingat ini adalah sebuah perangkat lunak ( software ),maka sudah pasti seiring dengan penggunaanya,akan terjadi masalah.Tetapi tidak hanya itu,permasalahan seperti ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan hardware atau part didalam mesin.

Perlu anda ketahui bahwa : Rusak seperti ini bisa dialami oleh semua merk ponsel seperti samsung,asus,lenovo,xiaomi,acer,sony dan merk lainya TANPA TERKECUALI.Jadi jika ponsel anda mengalaminya,anda tidak perlu terlalu kaget karena masalah seperti itu umum dan lazim terjadi.


Penyebab Hp Android bisa Bootlop


Apa sih faktor yang bisa menyebabkan masalah seperti ini? Ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan kerusakan semacam ini,antara lain :

  • Terkena virus

Perhatian bagi anda yang sering menginstal aplikasi " tidak jelas " asalnya darimana,kemungkinan gadget anda akan terkena virus akan semakin besar,kenapa?

Karena aplikasi yang sumbernya tidak jelas memang rentan dan rawan di susupi virus atau malware didalamnya.Jika anda ingin menginstal aplikasi,pilih atau downloadlah pada app store terpercaya,misalnya di playstore atau lainya.

Untuk anda yang hobi bertukar file dengan perangkat lain juga harus extra waspada,pasalnya : Tidak menutup kemungkinan,file yang berasal dari gadget tersebut,sudah berisi susupan virus atau malware.

Dan ketika anda membukanya ( setelah bertukar file ),virus akan otomatis berjalan pada perangkat gadget anda.

  • Kesalahan upgrade atau downgrade OS ( Operating Sistem )

Bagi anda yang sangat senang dan gemar mencoba-coba Opertaing Sistem yang terbaru atau mungkin gemar ber experiment dengan OS,maka anda harus berhati-hati ketika malakukanya.Karena jika anda sampai gagal atau salah dalam proses instalasi firmwarenya,maka masalah gagal booting akan menghampiri gadget anda.

Sebenarnya proses " UPGRADE " atau menaikan sistem operasi serta " DOWNGRADE " atau menurunkan OS itu sah-sah saja dan boleh dilakukan.

Hanya saja,dalam melakukanya harus benar-benar mengerti bahaimana tahapanya dan seperti apa prosesnya.Kalau anda tidak tau,saran saya jangan coba-coba karena konsekuesinya botlop seperti diatas.

  • Kerusakan pada part mesin atau hardwarenya

Kerusakan mesin bisa disebabkan oleh faktor kesengajaan seperti senagaja dibanting atau tidak senagaja seperti kehujanan atau tercebur kedalam air.

Bagian mesin yang biasanya rusak dan menyebabkan botlop biasanya itu IC namanya.Dan IC itu banyak jenisnya,ada IC power,IC display,IC charger dan sebagainya.

  • Overheat

Berikutnya adalah yang saya alami beberapa minggu yang lalu.Overhet atau panas berlebihan ini terjadi karena adanya kerusakan pada bagian mesin dimana kekuatan untuk menahan suhu panas sudah berkurang.

Kemampuan bertahan dalam suhu tinggi yang berkurang bisa karena faktor usia pemakaian yang sudah lama ataupun pemakaian yang tidak benar seperti menggunakan ponsel sambil di cas ( ini sangat tidak baik ).


Ciri-Ciri atau Gejala Hp Android yang Bootlop


Sebuah perangkat smartphone akan mengeluarkan berbagai macam masalah ketika kerusakan terjadi.Pada umumnya,jika ponsel botlop,akan memiliki masalah sebagai berikut :
  • Tidak bisa sampai ke menu utama
  • Hanya menyala lampu led saja ( kelap-kalip saja seperti sedang di cas )
  • Baru sebentar hidup atau dinyalakan sudah mati atau restart sendiri
  • Layar ponsel blank/bleng hitam
  • Di cas/charger mengisi,tetapi begitu dinyalakan tidak mau menyala
  • Hanya bergetar saja saat dinyalakan
Jika anda mengalami salah satu dari permasalahan diatas,maka besar kemungkinan gadget anda botlop.

Lalu bagaimana jalan keluarnya? Seperti yang saya katakan di awal bahwa untuk jalan keluarnya bisa dengan memperbaiki 2 komponen,yaitu bagian perangkat lunaknya dan perangkat kerasnya.


Cara Memperbaiki Hp Android yang Bootlop atau Hidup Sampai Logo Kemudian Restart/Mati


Yang pertama kali akan saya jelaskan adalah apa yang saya alami beberapa minggu yang lalu,dimana ponsel keponakan saya mengalami masalah ini.

Sebenarnya masalah yang dikeluhkan itu : Terkadang sinyal suka hilang ( tutur keponakan saya ),dalam fikiran saya,terdapat masalah di IC sinyalnya,tetapi sebelum membongkarnya,saya lakukan sedikit inisiatif untuk hard reset.

Setelah saya matikan ponselnya,alangkah terkejutnya saya ketika ponsel malah jadi tidak bisa dinyalakan.Jadi ketika dinyalakan,ponsel hanya bisa sampai logonya saja,setelah itu langsung mati atau restart,seperti itu berulang-ulang dan jika dinyalakan lagi,terus menerus akan seperti itu.


1. Biarkan Sampai Dingin


Langkah ini sebenarnya TIDAK SENGAJA saya temukan saat itu.Jadi,disaat saya sedang mencari sparepart yang saya kira rusak ( mungkin sekitar 1 jam ),dan akhirnya tidak ketemu,saya memutuskan untuk melakukan flashing.

Tapi,setelah saya biarkan selama kurang lebih 1 jam ( tidak sengaja sih ) dan kemudian saya nyalakan,tiba-tiba SEMUANYA BERJALAN NORMAL TANPA KENDALA.Bahkan,sinyal yang terkadang hilang dan tidak keluar bisa konek seperti sedia kala.

Sempat bingung juga kenapa bisa seperti itu,sempat saya coba uji tes dengan bermain game online sebentar dan memangh semuanya normal.

Tetapi,saat saya hendak mengembalikanya,ponsel MATI LAGI.Dan mengalami masalah seperti sebelumnya.

Dari sini saya ambil kesimpulan bahwa ponsel mengalami " OVERHEAT " dimana kemampuan menahan panasnya sudah berkurang.Jika anda mengalami masalah serupa,saya sarnkan untuk membiarkanya kurang 2 sampai 4 jam dan cobalah nyalakan kembali.

Jika memang benar bisa menyala normal seperti sedia kala setelah didiamkan,maka tidak ada jalan lain selain melakukan service karena itu bagian mesin atau partnya yang mengalami kerusakan.


2. Lakukan Instal Ulang/Hard Reset


Reset/instal ulang terbagi menjadi menjadi 2 langkah yaitu : Soft reset dan hard reset.Lalu kenapa dalam panduan ini LANGSUNG ke HARDRESET?

Karna jika ponsel anda botloap,maka ponsel tidak akan bisa masuk menu dimana syarat utama melakukan soft reset adalah ponsel harus bisa masuk ke menu utama.Softreset juga sering disebut dengan " mengembalikan ke pengaturan pabrik ",jadi anda jangan bingung yaa.

Untuk tatacara hardreset BERBEDA TIAP MERK,maksudnya begini : Setiap merk atau tipe itu berbeda TOMBOL yang ditekan ketika melakukan hard reset.Jika anda ingin panduan yang lebih lengkap,silahkan pelajari bagian ini di artikel saya yang lain.


BACA :



Jika dengan melakukan hard reset TIDAK mempan dan ponsel tidak normal kembali,maka lakukan langkah berikutnya.


3. Lakukan Flashing


Langkah flash adalah sebuah tindakan " menghapus " firmware/OS lama dan menggantinya dengan yang baru ( bisa OS versi terbaru bisa versi yang lama ).Jadi yang namanya firmaware atau OS itu ada tingkatanya sesuai dengan update yang dilakukan oleh perusahaan pembuatnya.

Firmware ini juga yang digunakan untuk melakukan UPGRADE/DOWNGRADE seperti ulasan pada bagian atas tadi.

Bisa dikatakan bahwa proses flashing dengan upgrade OS itu SAMA saja.Anda harus tau betul bagaimana langkahnya dan step by stepnya,jika tidak,maka ponsel anda malah bisa matot alias mati total.


4. Lakukan Perbaikan Mesin


Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan tetapi tetap saja tidak membuahkan hasil,maka tidak ada jalan lagi selain melakukan perbaikan dibagian mesin,karena jika sampai tahapan flashing tidak bisa,maka kerusakan sudah hampir bisa dipastikan terletak di part komponen mesinya.

Untuk langkah ini,pastikan dilakukan ole orang yang memang tau dan ahli dibidangnya.Jangan sampai anda salah dalam memilih tukang reparasinya.


BACA JUGA :





Demikian penjelasan lengkap tentang bagaimana cara untuk mengatasi atau memperbaiki hp smartphone android bootlop atau hidup/menyala sampai logo saja kemudian restart.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

4/07/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Cara Mengatasi Hp Android Hidup Sampai Logo Lalu Restart ( BOOTLOP ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar