PT Pama Persada Nusantara - Syarat dan Cara Melamar Kerja ( Online dan Offline )

PT pama persada nusantara merupakan salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar yang ada di indonesia.Jika anda ingin melamar kerja di tempat ini,ada syarat dan cara melamar yang harus anda lakukan sesuai proses yang diberlakukan pihak perusahaan,baik online ataupun offline.

Syarat untuk melamar pekerjaan di pt pama persada hampir sama dengan persyaratan umum ketika anda mendaftar kerjaan ditempat-tempat lain,seperti kelengkapan berkas dokumen dan kriteria fisik yang harus sesuai.

Cara melamar pekerjaan di pt pama persada juga terbilang cukup mudah dimana anda bisa menggunakan 2 metode yaiotu via online dan lewat offline atau mendaftar manual.Saya akan menjelaskanya secara legkap untuk anda dalam artikel kali ini.



PT Pama Persada ( Batu Bara )




syarat dan cara melamar di pt pama persada nusantara





Pama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan hasil bumi.Tidak hanya batubara saja yang mereka kelola,tetapi hasil tambang lain seperti emas dan limestone juga mereka kelola.

Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 1993 oleh sebuah asosiai bisnis bernama " United Tractors/UT ).Bagi anda yang mungkin sering membaca dan sering mencari informasi tentang pabrik-pabrik besar di indonesia,mungkin tidak akan asing lagi dengan U-T group ini.

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan kontakror tersesar yang ada di indonesia,antara lain :

  • Punya anak perusahaan yang berjumlah 10 perusahaan
  • Memiliki 18 jobsite ( 17 di derah kalimantan dan 1 di daerah sumbawa )
  • Memiliki 3.500 alat produksi
  • Memiliki karyawan dengan jumlah sekitar 19.000 orang karyawan
Dengan kapasitas seperti itu,sangat layak jika perusahaan ini menjadi salah satu yang terbaik dari banyaknya perusahaan pertambangan yang ada di indonesia.

Untuk anda yang mungkin berminat untuk melakukan pendaftaran,ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,antara lain :


Syarat Masuk PT Pama


Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah mengenai persyaratan yang harus dilengkapi atau dipersiapkan.

Beberapa persyaratan yang biasanya menjadi tolok ukur antara lain :
  • Pria
  • Umur paling banyak 23 tahun
  • Tinggi badan minimal 165 cm
  • Pendidikan minimak SMA/SMK sederajat
  • Sehat jasmaniah dan rohaniah
  • Tidak memiliki tato dan tidak memiliki tindik
  • Tidak boleh buta warna
  • Tidak menggunakan kacamata
  • Belum pernah atau setidaknya selama 1 tahun terahir tidak pernah mengikuti proses seleksi pama
  • Siap dan bersedia untuk ditempatkan diseluruh cabang PT pama
Selain persyaratan diatas,ada beberapa berkas atau dokumen penting yang juga harus anda persiapkan,antara lain :
  • Fotokopi ijasah yang dilegalisir
  • Fotokopi SKHUN legalisisr
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SKCK/surat kelakukan baik kepolisian yang masih berlaku ( legalisir )
  • Fotokopi kartu kuning/kartu pencari kerja
  • Surat sehat dari dokter
  • Sertifikat kompetensi ( tidak wajib/jika punya saja )
  • Fotokopi raport selama semester di SMA/SMK

Mungkin sebagian dari anda sudah sangat familier dengan bentuk persyaratan semacam ini,dan seperti yang saya katakan diawal jika,persyaratanya memang tidak jauh berbeda dari tempat kerjaan yang lain.

Hanya saja ada sedikit point yang ingin saya sampaikan,yaitu : Jika anda mengidap penyakit menular dan berbahaya seperti TBC,flek,radang paru dan penyakit berbahaya lainya,saran saya lakukan pengobatan dengan segera.

Karena jika saat mengikuti MCU/tes kesehatan dan ketahuan,maka anda akan gagal dan tidak bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya.


Cara Melamar Pekerjaan di PT Pama 


Setelah anda mengetahui apa saja persyaratanya,sekarang saya akan jelaskan tempat dan tatacara untuk melakukan pendaftaranya.

Perlu anda ketahui bahwa : BANYAK KASUS PENIPUAN yang mengatas namakan perusahaan tambang seperti ini,jadi anda harus extra selektif dan hati-hati dalam melakukan proses pendaftaranya.

BACA :



Kebetulan saudara saya ada yang bekerja di perusahaan ini,jadi saya bisa menuliskan artikel ini.

Untuk bisa menjadi karyawan dan daftar kerja di pt pama,anda bisa menggunakan metode seperti dibawah ini :


1.  Via BKK Sekolah ( Offline )


Yang paling sering dan paling umum digunakan oleh pihak recruitment pama persada adalah lewat lembaga bernama Bursa Kerja Khusus yang biasanya di setiap sekolah menengah atas,pasti ada BKKnya.

Ini termasuk dalam kategori pendaftaran via offline dimana anda harus mendaftarkan diri secara manual alis datang lanngsung ke sekolah yang ditunjuk.


Apa setiap BKK pasti buka lowongan PA-MA?

Tidak,hanya sekolah-sekolah yang memang bekerjasama dan ditunjuk oelh pihak perusahaan saja yang bisa menyelenggarakan pendaftaran ke perusahaan ini.Jika pihak perusahaan dan pihak sekolah tidak ada kerjasama,maka sekolah tersebut TIDAK BOLEH membuka loker mengatasnamakan Pama Persada.


Caranya tau kalau BKK sekolah itu buka loker perusahaan tambang bagaimana?

Tidak ada jala lain selain anda menanyakan langsung kepihak sekolah apakah ada loker atau tidak.Biasanya pembukaan loker ini dibuka menjelang kelulusan sekolah atau setelah kelulusan sekolah.

Jadi,saat anak-anak kelas 3 SMA/SMK sedang menjalani ujian atau setelahnya,biasanya banyak loker yang dibuka.

Tetapi tidak selalu yaa,karena itu semua mengikuti kebutuhan pihak perusahaan.Kalau memang sedang butuh banyak,biasanya tidak hanya satu BKK,bahkan banyak BKK langsung diajak kerjasama untuk menjaring calon tenaga kerja baru.

Begitupun sebaliknya,jika perusahaan sedang tidak stabil,maka jangan berharap ada loker yang dibuka.Untuk lebih membantu anda,saya sudah tuliskan artikel lain berkaitan dengan ini.

BACA JUGA :




2. Via Website/Situs Resmi ( Online )


Selain langkah diatas,masih ada lagi metode yang bisa anda gunakan untuk mendaftarkan diri ke perusahaan ini,yaitu dengan menggunakan website atau situs resmi milik PT pama persada.

Didalam website resmsinya,terdapat sebuah halaman atau page yang khusus digunakan untuk anda yang berniat untuk melakukan pendaftaran.Jika anda berminat,anda bisa meng akses situsnya di alamat berikut ini :
  • https://www.pamapersada.com/id/ klik pada bagian kanan atas yang bertuliskan " karir " atau
  • https://recruitment.pamapersada.com/
Setelah anda membuka salah satu dari alternatif diatas,maka anda akan langsung diarahkan kedalam sebuah halaman dimana terdapat banyak sekali loker yang sedang berlangsung atau mungkin malah sudah ditutup.

Disinilah " kekuranganya ",dimana jika anda TELAT dalam mendapatkan informasi,biasanya ketika anda masuk websitenya,loker sudah ditutup semuanya.

Mau tidak mau anda harus selalu update dan sealu membuka website itu supaya anda tidak ketinggalam informasi.Yaps,tidak ada jalan lain selain anda terus menerus melihat dan update melihat websitenya,supaya anda tidak ketinggalan info lowonganya.


3. Via LPK ( Lembaga Pelatihan Khusus )


LPK adalah sebuah lembaga untuk belajar berbagai keahlian non akademis.Lalu apa hubunganya dengan perusahaan pertambangan?

Dalam sebuah LPK,ada pelatihan ketrampilan yang erat kaitanya dengan dunia tambang seperti :
  • Pelatihan tentang alat berat ( sopir beco,supir excavator dan sejenisnya )
Keahlian ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang  bergerak dalam bidang pertambangan.Lalu bagaimana bisa LPK menjadi jalan untuk bisa mendaftarkan diri ke perusahaan tambang?

Nanti,ketika anda sudah dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat resmi alat berat,biasanya pihak LPK akan membantu untuk mencarikan lowongan pekerjaan yang biasanya disalurkan ke berbagai perusahaan tambang,salah satunya PA-MA.

Tetapi perlu anda ketahui bahwa : TIDAK SELALU LPK akan membantu untuk mencarikan pekerjaan,hanya LPK tertentu saja dan jumlahnya juga tidak banyak.

Sangat penting untuk anda memilih LPK yang setidaknya ketika anda lulus nanti,anda akan dibantu untuk mencari loker dan memudahkan anda dalam mencari pekerjaan.


Sampai saat ini,hanya 3 metode itu yang saya ketahui dan bisa dibilang aman dan terpercaya.Untuk metode lain seperti menggunakan referensi orang dalam ( ordal ) atau penyalur lain,saya belum mendapatkan data yang kompetible,jadi belum bisa saya tuliskan dalam artikel saya.

Jika informasi ini masih kurang,mungkin artikel lainya bisa membantu anda :



Demikian pembahasan tentang PT pama persada nusantara mulai dari profil lengkap kemudian syarat melamar dan cara mendaftar kerja di perusahaan tambang tersebut.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

5/19/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk PT Pama Persada Nusantara - Syarat dan Cara Melamar Kerja ( Online dan Offline ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar