Kontrak Kerja PT Pama Persada ( Operator dan Mekanik )

Kali ini saya akan menjelaskan tentang sistem kontrak kerja di PT Pama Persada KALIMANTAN khsusnya untuk bagian operator dan mekanik lulusan SMA/SMK sederajat bahkan D3,S1 dan S2.Dari mulai masih PKWT atau magang sampai ke tahapan menjadi kartap atau karyawan tetap.


Sistem kontrak kerja di PT Pama Persada Kalimantan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perusahaan lainya.Hanya saja,selain berapa lama waktu yang harus ditunggu,kepastian untuk diangkat menjadi PKWTT bisa dibilang " menjanjikan " asalkan kinerja anda memang bagus.


Kenapa saya katakan demikian? Karena dari semua teman saya yang bekerja disana,mengatakan hal tersebut ( asalkan kinerja bagus,kesempatan menjadi karyawan besar,tidak seperti PT lain yang hanya memanfaatkan umur saja ).



Sistem Kontrak PT Pama Persada Kalimantan




kontrak kerja pt pama operator dan mekanik




PT Pama Persada adalah sebuah perusahaan pengolahan batu bara yang menjadi salah satu perusahaan batu bara terbesar di indonesia.Hampir sama dengan PT BUMA yang komoditi utama mereka adalah hasil bumi batu bara.

Perusahaan yang berlokasi di pulau kalimantan ini bisa dikatakan menjadi perusahaan favorit untuk para pencari kerja.Bukan hanya lulusan SMA/SMK sederajat,bahkan lulusan D3,S1,S2 pun berlomba untuk bisa diterima bekerja di pabrik ini.

Bukan tanpa sebab,salah satu penyebab utamanya adalah perolehan gaji atau upah yang terbilang cukup besar.Sudah menjadi rahasia umum kalau perusahaan ini memberikan gaji yang besar kepada karyawan mereka.

Untuk penjelasan tentang upah,sudah saya tuliskan di artikel sebelumnya.


BACA :




Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya,untuk artikel kali ini saya akan menjelaskan perihal bagaimana sistim kontrak kerja di perusahaan ini.Ada 2 bagian yaa,operator dan mekanik.


Kontrak Kerja Operator di PT Pama Persada


Operator di perusahaan ini adalah karyawan yang bertugas untuk MENGOPERASIKAN KENDARAAN ALAT BERAT.Mereka yang bertugas untuk menjadi awak kendaraan alat berat ini mendapatkan perjanjian kerja seperti berikut :

  • Magang selama 6 bulan

Yang pertama adalah waktu untuk magang atau " uji coba kinerja ".Dalam masa magang ini,calon operator akan diberikan waktu untuk menunjukan kinerja mereka masing-masing.

Walaupun ini hanya uji coba kelayakan,pada tahapan ini jika memang calon pekerja dirasa " tidak layak " maka jangan harap bisa lanjut ke contrac yang berikutnya.

Lakukan semua prosedur SOP dengan baik jika anda ingin lanjut ke tahapan berikutnya.

  • PKWT 1 Selama 2 Tahun

Jika anda diperpanjang,maka akan mendapatkan kontrak PKWT-1.Tahapan ini,anda akan diberikan waktu untuk bekerja lagi selama dua tahun.

Dalam tahapan ini,banyak pekerja yang gagal lanjut tahapan selanjutnya.Banyak faktornya,salah satunya adalah sudah merasa nyaman dan enak jadi bekerja " se enaknya ".

Ingat yaa,selama anda masih dikontrak,maka harus melakukan semua pekerjaan dengan baik jika ingin menjadi kartap.

  • PKWT 2 Selama 1 Tahun

Bisa dikatakan ini adalah pemberian kontrak tahapan akhir.Kenapa? Karena setelah ini selesai,anda TIDAK AKAN diperpanjang lagi,melainkan hanya ada 2 kemungkinan : Anda diangkat kartap atau cut/selesai.

Tetapi jika anda selesai,jangan berkecil hati.Untuk perusahaan ini,jika memang sedang ada lowongan,biasanya mengutamakan yang sudah berpengalaman.

Besar kemungkinan anda bisa dipanggil kembali.



Kontrak Kerja Mekanik di PT Pama Persada


Bagian selanjutnya yang akan saya jelaskan adalah bagian mekanik.Ini adalah mereka-mereka yang bertugas untuk melakukan perawatan dan perbaikan jika kendaraan berat mengalami kerusakan.

Jika dilihat dari job desknya,bagian ini memang terlihat lebih berat daripada operator,tetapi yang namanya bekerja tidak ada yang enak,pasti ada bagian tidak enaknya juga.

Untuk sistim kontraknya seperti berikut :

  • Magang Selama 1 Tahun

Yang enak dari mekanik adalah lama waktu magang yang diberikan,yaitu selama satu tahun.Ini karena materi pembelajaranya lebih banyak dari operator dan memerlukajn waktu untuk sampai bisa dan benar-benar mahir.

Tidak hanya fisik yang digunakan pada bagian ini,otak anda juga harus dipaksa untuk menerima berbagai bentuk materi.

Tentu saja seperti itu,karena jika di ibaratkan sebuah perlombaan motor,maka mekaniklah yang tugasnya lebih berat daripada pengendara.

  • PKKWT 1 Selama 2 Tahun

Jika anda lolos,maka anda akan lnjut tahapan berikutnya.Waktu yang diberikan untuk kontrak pkwt 1 adalah selama 2 tahun penuh.

Disinilah anda mulai harus menunjukan skill dan kemampuan anda.Karena walaupun sudah sampai tahapan ini,pemberian materi juga masih berlangsung lohh.

  • PKWT 2 Selama 1 Tahun

Ini merupakan tahapan terahir kontrak anda.Setelah melewati masa kerja 3 tahun,seharusnya anda sudah menguasai berbagai materi dan praktek yang mumpuni.

Jika kinerja anda bagus ditambah skill dan pengetahuan anda layak,maka kesempatan menjadi kartap akan sangat besar.

Lakukan yang terbaik yang anda bisa.


NOTE :

Pemberian kontrak kerja bergantung sepenuhnya kepada kebijakan dan kondisi perusahaan.Jika memang perusahaan sedang tidak bagus,maka anda harus menerima segala keputusan dengan lapang dada.


BACA JUGA :





Demikian pembahasan tentang sistem kontrak kerja di PT pama persada kalimantan berapa lama.Semoga bisa membantu,see uu.

5/25/2021 - tanpa komentar

0 komentar untuk Kontrak Kerja PT Pama Persada ( Operator dan Mekanik ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar