Kisi-Kisi Soal Psikotes PT Pama Persada Kalimantan

Saya akan menjelaskan perihal apa saja kisi-kisi soal psikotes di PT pama persada kalimantan berdasarkan penglaman pribadi saya.Selain itu juga saya juga akan memberikan contoh soal yang keluar ketika seleksi kerja dilakukan.


Kisi-kisi soal yang keluar saat psikotes di PT pama persada ini bisa anda jadikan bahan untuk belajar,jika kebetulan anda akan mengikuti seleksi disana.Bentuk soal yang diujikan cukup banyak,jadi silahkan baca dan fahami dengan baik.



Soal Psikotes PT Pama Persada Kalimantan




Psikotes PT pama pesada sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan soal dari perusahaan-perusahaan lainya.Hanya saja,yang membedakan adalah jumlah soal yang keluar.Bisa dikatakan cukup banyak.

Ini merupakan tahapan paling awal jika anda ingin diterima dan bekerja di pabrik batu bara tersebut.Jadi anda harus mempersiapkanya dengan baik sebelum mengikuti seleksinya.


NOTE :

Bentuk soal yang keluar baik dari jumlah ataupun jenisnya setiap gelombang berbeda-beda.Jadi supaya bisa memudahkan anda belajar,SAYA BERIKAN SEMUA SOAL yang pernah keluar saja.Silahkan dipelajari semuanya.


1. TIU ( Tes Integensi Umum )


Untuk yang pertama adalah TIU atau tes yang bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang.Ada banyak sekali tipe soal TIU ini dan yang sering keluar antara lain :

  • Matematika dasar

Ini merupakan soal matematika dasar dimana didalamnya berisi seputar : Penjumlahan,pengurangan,perkalian,pembagian,bilangan desimal,pecahan,rumus bangun datar,bangun ruang.

Silahkan pelajari materi diatas karena walaupun bentuk soalnya beda,tapi intinya sama saja.JANGAN MENGHAFALKAN CONTOH SOAL,karena kalimat atau kata-katanya pasti akan berbeda.

Ambil intinya saja kemudian pelajari

  • Sinonim dan Antonim

Sinonim adalah persamaan kata sedangkan antonim adalah lawan kata.Contohnya seperti ini :

Sinonim dari kata pandai adalah?

A. Cekatan     B. Gesit
C. Pintar         D. Rajin


Antonim dari kata terang adalah?

A. Gelap        B. Malam
C. Hitam        D. Gulita


Ada banyak sekali bentuk katanya,saya sudah sediakan di artikel lain yang bisa anda donlot dan pelajari.

  • Penalaran gambar

Maksudnya begini ; Ada sebuah gambar utuh,kemudian anda harus memilih potongan gambar mana YANG JIKA DIGABUNGKAN menjadi gambar utuh tersebut.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah :



soal psikotes pt pama persada


Gambar diatas jawabanya adalah yang " A " karena jika DIGABUNGKAN akan menjadi gambar utuh berupa bulatan/bundar.Sedangkan gambar lainya TIDAK BISA berbentuk kalau digabungkan.


Selain bentuk tersebut,ada banyak sekali bentuk/jenis yang lainya.Anda bisa mencarinya di GOOGLE tab " search gambar " kemudian silahkan anda donlot dan pelajari.Ketik saja " tes penalaran gambar " nanti keluar semua gambarnya.


2. Tes Kraepelin


Ini juga biasa disebut test koran atau pauli.Sistem pengerjaanya sederhana,yaitu anda hanya tinggal menjumlahkan angka-angkanya saja.

Yang perlu anda perhatikan adalah bagaimna membuat grafik yang bagus supaya bisa lolos.Lihat contoh dobawah :



consoh soal kisi-kisi psikotes pt pama persada




Diatas adalah bentuk grafik yang memiliki nilai bagus.Tidak ada jalan lain selain berlatih setiap hari untuk mendapatkan nilai bagus bentuk soal seperti ini.


3. Wategg Test


Selanjutnya masih seputar gambar.Bedanya bentuk ini lebih memerlukan tingkat imajinasi anda.Bentuk gambarnya biasanya berupa instruksi untuk menggambar pohon atau manusia utuh sedang melakukan pekerjaan.

Tips nya : Jika menggambar pohon,gambarlah secara utuh ( mulai dari bagian daun,buah,batang dan akar usahakan untuk terlihat ).Cobalah untuk menggambar pohon mangga atau jeruk.

Jika menggambar didalam kotak : Ikuti bentuk dasar yang ada di kotak kemudian gambarlah benda kerja.Ingat yaa,selain gambarnya benda kerja,benda itu bentuknya tidak boleh melenceng dari pola yang sudah disediakan didalam kotak.


4. Tes Kepribadian


Didalam soalnya nanti,hampir tidak ada jawaban salah dan benar.Ini memang tes yang dibuat untuk mengetahui kepribadian seseorang,bukan mengetahui tingkat kecerdasanya.

Bentuk soalnya kurang lebih seperti ini :

- Saya adalah seorang yang :

A.Rajin    B. Ulet
C. Sopan   D. Pekerja keras


- Saya lebih menyukai :

A. Kerja tim        B. Kerja sendiri
C. Ketelitian        D. Hitungan matematika


Seperti yang saya katakan sebelumnya,test ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian anda itu seperti apa.

Tips nya ada 2 :

Pertama : Anda bisa isi dengan sejujur-jujurnya sesuai kepribadian anda.
Kedua : Isilah dengan jawaban yang sekiranya menggambarkan anda seorang yang layak dan biasa bekerja.


5. PAPPI Test


Bagi anda yang pernah menjumpai soal ini,mungkin akan langsung faham.Tetapi bagi anda yang belum pernah sama sekali,saya akan memberikan sedikit ulasan.

Disini anda hanya akan diberikan soal kemudian hanya ada 2 jawaban disana.Pilihlah salah satu jawaban dengan melingkari jawaban A atau B saja.

Bentuk soalnya hampir mirip dengan tes kepribadian.Hanya saja jawabannya hanya A atau B.Hanya itu saja.Gambarnya seperti berikut ini :


apa saja soal psikotes pama




Anda bisa belajar tips mengerjakanya.tetapi kalau saya,selama ini hanya mengisi sesuai dengan apa yang menurut saya benar.Hampir selalu lolos.

Tetapi jika anda ingin mengetahui detailnya,anda bisa cari di youtube rumusnya.


Kesimpulan :

1. Jika penjelasanya kurang,ad di artikel sebelumnya website ini.Saya sudah tuliskan banyak sekali perihal sikotest diatas lengkap satu persatu.Caranya klik pencarian di pojok kanan atas website ini,tuliskan apa yang anda cari kemudian klik " cari ".

2. Jika anda lolos tahapan sikotesnya,maka anda akan menuju tahapan Interview/Wawancara.

3. Contoh pertanyaan dan jawabanya sudah saya tuliskan di artikel sebelumnya.Cara mencarinya seperti point 1 diatas.


Baca Juga ;









Demikian pembahasan tentang apa saja kisi-kisi soal psikotes di PT pama persada kalimantan lengkap dengan jawabanya.Semoga bisa membantu,see uu.

5/26/2021 - tanpa komentar

0 komentar untuk Kisi-Kisi Soal Psikotes PT Pama Persada Kalimantan.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar