Daftar Hp Nokia Communicator/Komunikator ( Lengkap dengan Spesifikasi )

Nokia communicator adalah sebuah series komunikator yang dikembangkan dan dipasarkan oleh nkia corporation dan produsen inilah yang menjadi pemrakarsa tipe varian seperti ini.varian ini merupakan salah satu yang paling laris dan paling banyak peminatnya ketika pertama kali diproduksi dan dirilis ke halayak umum.

Hp nokia communicator ada banyak sekali tipe atau jenisnya bahkan kurang lebih ada sekitar 5 varian yang dipasarkan.Memang ada beberapa bentuk yang sangat mirip dan banyak juga yang salah mengira serta keliru mengatakan bahwa itu adalah jenis ponsel komunikator,padahal tidak semuanya masuk keluarga komi dan mereka salah besar ( mungkin anda termasuk didalamnya ).

Daftar hp nokia communicator yang akan saya jelaskan kepada anda adalah berupa list ponsel jadul komunikator mulai dari yang pertama dibuat atau dirilis sampai yang terahir.Silahkan anda baca degan baik supaya anda tidak salah lagi dalam penyebutanya nanti.



Hp Nokia yang Masuk Kategori Communicator/Komunikator




Communicator adalah sebuah sebutan atau jenis varian dari beberapa tipe ponsel yang dikeluarkan oleh nokia dengan bentuk atau model khusus yang beda daripada yang lainya.Tidak heran memang,karena pada kala itu,bentuk dari handphone sangat beraneka ragam.

Bahkan ada telpon genggam yang bentuknya mirip sekali dengan lipstik atau tempat bedak wanita.Itupun dikeluarlkan oleh produsen raksasa ini.

Hal ini terjadi bukan tanpa sebab,selain untuk memuaskan para konsumenya,pada sekitar tahun 90'an lalu,pabrikan ponsel ini seolah " merajai " hampir seluruh market hanpon didunia,bayangkan saja :

Menurut seorang ahli analisa strategi penjualan bernama KEN HYERS,merk Nikia merajai hampir sekitar 41% total pemasaran di seluruh dunia.Sanagat sulit untuk membayangkanya,bahkan raksasa samsungpun tidak bisa melakukanya,tuturnya.


Target Pasar Internasional Berjaya,Design " Menggila "

Mungkin istilah ini sangat pantas untuk diberika kepada " satu-satunya " produsen ponsel yang bisa menguasai hampir separuh lingkungan pasar internasional kala itu.Hampir semua orang yang memiliki gadget ini,hampir semuanya ber merk " N-O-K-I-A ".

Dengan ciri khas jabat tangan saat ponsel dinyalakan,merk ini seakan sudah menjadi " nama " jika seseorang hendak membeli sebuah telfon genggam.Walaupun tidak semua orang,dulu kebanyakan orang ketika akan membeli ponsel,mereka langsung mengatakan " mau beli nekia " seolah-olah tidak ada merk yang lain.

Sebab nokia bisa berjaya seperti itu buka tanpa alasan,ada beberapa faktor yang menjadikan merk ini sangat mendunia,diantaranya adalah :
  • Ke awetan produknya sangat terjamin ( kuat dan kokoh,walaupun tidak semuanya )
  • Masih kurangnya persaingan dari kompetitor
  • Ketersediaan bentuk dan design yang sangat menarik
Design dan bentuk adalah salah satu yang paling membuat masyarakat lepincut dengan produsen ini.

Genius adalah kata yang sangat tepat untuk mereka-mereka perancang design dari merk ponsel ini,pasalnya dengan antusiasme masyarakat yang tinggi,masih mereka " hantam " dengan berbagai model yang sangat memanjakan mata.

Salah satu model yang sangat elegan menurut saya pribadi adalah ponsel komunikator ini.

Dengan model yang sangat mirip dengan sebuah komputer dimana terdapat tombol keypad qwerty dan 2 layar sekaligus,membuat siapaun yang melihatnya akan sangat tertarik dan ingin membelinya ( bahkan jika sekarang ada model smartphone android seperti itu,saya yakin akan sangat laku dipasaran ).


Deretan Hp Communicator Dari yang Pertama Sampai yang Terahir Diproduksi


Untuk anda yang ingin melihat bentuk dari ponsel ini seperti apa,berikut saya berikan urutan hp comi ( sebutan dari para pecintanya ) dari yang pertama kali dirilis sampai yang paling akhir :


1. Nokia 9000


Ini adalah model yang pertama kali dikeluarkan dan dipasarkan.Bentuknya sangat bagus dimana selain memiliki 2 layar didalam dan diluar ( sebagai ciri dari ponsel commi ),keypad bagian luarnya sedikit cekung kedalam.

Dipasarkan kehalayak publik pada tahun 1996 tepatnya pada tanggal 15 agustus,ponsel ini langsung mencuri perhatian masyaralat dengan bentuknya yang sangat ciamik seperti yang saya katakan sebelumnya.

Untuk anda yang belum tau bentuknya seperti apa,berikut contoh gambarnya :




generasi pertama nokia communicator



Inilah nenek moyang dari telfon genggam jenis comi.Sampai saaat ini,merk ini masih menjadi barang yang super langka dan mahal harganya.

Di toko online atau online market,harga tipe ini bisa mencapai angka 7 jutaan bahkan lebih,mengikuti kondisinya pastinya.Jika kondisinya istimewa,maka jika anda ingin membelinya,siapkan dana yang cukup dalam untuk bisa meminang tipe yang satu ini.


Spesifikasi/Spek :

- Berat : 390 gram
- CPU : 24 MHZ INTEL i-1386
- Memori internal: 8 MB
- Memori external : ( N/A )
- OS/Operating Sistemya : GEOS/PEN 3 0
- Konektifitas : GSM
- Resolusi layar : 640 x 200
- Keypad : Normal dan qwerty


2. Nokia 9110


Generasi keduanya adalah tipe 9110.Generasi ini dibuat dengan model yang lebih ringan bootnya tetapi tidak meninggalkan kesan " ponsel komi " didalamnya.Masih dengan 2 layar dan bentuk seperti komputer,tetapi bagian luarnya tidak cekung melainkan datar,jadi lebih enak untuk dipegang.

Tipe ini tidak selangka pendahulunya,sampai sekarang masih banyak yang memilikinya dan banyak juga penjual yang mejualnya di berbagai online market.Hanya saja,harganya masih teta mahal walaupun tidak semahal nenek moyangnya diatas.

Berikut gambar bentuknya :




generasi kedua hp komunikator


Lebih terlihat ramping dan lebih ringan untuk dibawa bepergian.


Spek/Spesifikasinya :

- OS : GEOS
- Berat : 250 gram
- CPU : SC450 AMD ELAN 486 33-MHZ
- Memori internalnya : 8 mb
- External memori : MMC dengan kapasitas maksimal 512mb



3. Nokia 9210 dan 9210i


Generasi ketiganya ada 2 tipe tetapi masih bisa dikatakan satu,itulah kenapa saya gabungkan.Dan memang dari pihak produsen TIDAK memisahkan kedua tipe ini.Saya adalah salah satu penyuka ponsel lawas dan inilah tipe yang paling saya gemari dan koleksi.

Dirilis pada tahun 2000 bulan november pada tanggal 21,varian ini banyak memiliki perubahan dari generasi sebelumnya,tetapi lagi dan lagi,varian ini tidak menghilangkan ciri khas komunikatornya.

Sebagai pemilik O-S simbiyan pertama dijajaran ponsel commi,telpon genggam ini seolah menjawab kerinduan para simbiyaners yang notabene menyukai sistem operasi yang bisa di otak-atik ini,khususnya untuk pemasangan aplikasinya.

Gambarnya sebagai berikut :



generasi ketiga hp communicator



Speknya sebagai berikut :

- Prosesor/CPU : ARM9 dengan 32 bit 66mhz
- OS : Symbian V6.0 versi 80-01
- Beratnya : 240 geram
- Internal memory : 14mb
- External memory : MMC maksimal 16mb
- Suport MP3 Video
- Network : GSM
- Screen backligt : CCFL

Jika bentuknya sama antara tipe 9210 dan 9210i,maka dimana letak perbedaanya?

Untuk bedanya bukan di bentuknya ( karena SAMA PERSIS ) melainkan ada di bagian memori internal ponsel yang dinaikan ke kapasitas 40mb dan sudah menggunakan LED screen backligt.Selain itu,format video yang bisa diputar juga ditingkatkan.


4. Nokia 9500


Sebagai generasi keempat dari deretan varian komi,inilah model atau design pertama yang sudah dibekali dengan KAMERA.Jika model pendahulunya belum bisa melakukan foto,maka di keluaran ini anda sudah bisa menggunakanya untuk berfoto ria.

Seperti pembaruan-pembaruan sebelumnya,untuk ciri khas tidak jauh berbeda,hanya sedikit perubahan di bagian penampilan dan mesinya.

Berikut gambarnya :



generasi keempat nokia communicator


Semakin tahun memang produsen semakin menaikan spek dari tiap tipe yang dikeluarkan.Tahun 2004 pada tanggal 24 bulan februari menjadi hari pertama kalinya varian ini dirilis.

Spec :

- Suport kamera belakang
- Prosesor/CPU : SDRAM 64mb
- Koneksi : GSM
- Mendukung bluetooth
- Memory : MMC up to 1 GB

Yang paling ditonjolkan pada tipe ini adalah adanya fitur camera dan kenaikan kapasitas memori externalnya.Sangat menyenangkan untuk anda yang hobi untuk menyimpan berbagai file didalam sebuah telpon genggam.


5. Nokia e90


Lebih dikenal dengan istilah " EGO ",ini adalah kali pertamanya sebuah ponsel komunicator dibekali kemampuan jaringan 3G.Para pendahulunya hanya menggunakan jaringan 2G,sedangkan pada pembaharuan ini,3G sudah bisa anda akses.

Seperti yang berkali-kali saya katakan bahwa setiap kali ada varian baru yang dirilis,pasti akan ada penambahan fitur atau kemampuan.

Diperkenalkan pada tahun 2007 bulan februari,varian ini langsung menyedot banyak perhatian masyarakat khususnya untuk mereka yang berdompet tebal atau kalangan menengah keatas saja,kenapa demikian?

Bayangkan saja,saat pertama kali diperkenalkan di indonesia,ponsel ini laku terjual dengan bandrol sebesar Rp 45.000.000 ( empat puluh lima juta rupiah ).Untuk saat itu,harga ini melebihi mahalnya harga sebuah sepeda motor,sangat fantastik bukan?

Inilah bentuknya :



generasi kelima dan terahir nokia komunikator


Tahukah anda bahwa ini adalah " GENERASI TERAHIR " dari sederet varian komi yang dikeluarkan vendor raksasa tersebut.


Spesifikasinya sebagai berikut :

- O-S : Symbian S60 V9
- CPU : 330 mhz ARM11
- Memori dalam : 128mb
- Memori luar : 2gb up to 4gb
- Kamera : 1 dibagian dalam frame,1 lgi dibagian belakang
- Suport video call
- Konektivitas : GSM dan CDMA
- GPRS
- Berat : 200 gr

Bagian yang di upgrade dan paling membuat kagum selain sudah bisa 3G adalah : Adanya kamera tambahan dibagian dalam telpon sehingga jika anda menelpon seseorang dengan membuka layar,maka anda bisa melakukan video call.

Untuk ukuran ponsel jadoel/jadul,fitur ini sangat istimewa dan menjadi point plus.Dan tahukah anda jika sampai sekarang,varian ini yang masih sangat ramai untuk diperjual belikan.

Alasanya masih ramai sederhana saja,selain ketersediaanya masih banyak,fitur yang seperti saya katakan diatas adalah faktor utama banyaknya peminat untuk varian ini.


Apakah selain tipe itu " BUKAN " komunikator?

Mungkin anda bertanya-tanya,bagaimana dengan tipe 9300,9300i dan juga e7,pakah bukan termasuk varian komi?

Pertanyaan ini wajar anda tanyakan,mengingat diluaran sana,para penggunanya masih menyebutnya dengan keluarga commi.Tapi perlu anda ketahui bahwa :

Predikat " comunikator " itu adalah resmi sebutan dari pihak nikianya dan pihak vendor TIDAK MENYEBUTKAN bahwa varian 9300/i dan E7 itu sebagai varian commi.Jadi secara tidak langsung,varian tersebut memang bukan keluarga jenis ponsel komunicator.

Hanya saja,sah-sah saja jika anda dan siapapun dari anda menyebutnya demikian.Ini hanya untuk pengetahuan saja.Tidak ada keharusan untuk hal tersebut.


BACA :





Demikian penjelasan tentang daftar atau list hp nokia yang masuk kedalam kategori communicator atau komunikator.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk Daftar Hp Nokia Communicator/Komunikator ( Lengkap dengan Spesifikasi ).


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar