Sebab dan Cara Mengatasi LCD Hp Blank ( Ponsel JADUL Slide dan Flip )

LCD Hp blank adalah masalah utama untuk ponsel keluaran lama atau jadul khususnya tipe yang slide ( ditarik ) dan yang flip ( buka tutup ).Berbeda dengan smartphone android,jenis telpon jadoel dengan masalah layar bleng seperti ini biasanya di sebabkan oleh kerusakan pada fleksible dan saya akan menjelaskan cara untuk mengatasi atau memperbaikinya untuk anda.

Penyebab dari layar lcd hp blank/bleng tidak hanya karena kerusakan fleksibel melainkan ada kemungkinan yang lainya.Untuk solusi atau jalan keluarnya pun mengikuti faktor kerusakanya ada dimana.


LCD atau Layar Hp Blank/Bleng




penyebab dan cara mengatasi lcd blank/bleng untuk hp jadul




LCD adalah sebuah layar yang terpasang didalam sebuah telepon genggam yang berfungsi untuk mengkonversikan tampilan visual dari mesin menjadi sebuah tampilan yang nyata dan bisa dilihat penggunanya.Tidak hanya di ponsel jadul saja,semua jenis dan merk menggunakan komponen ini bahkan smartphone android sekalipun.


Bagaimana cara kerja sebuah LCD/Layar telpon?


Sebuah L-C-D atau licuid crustal display menggunaka media kristal cair untuk bisa menampilkan sebuah tampilan yang bisa dilihat.Supaya bisa menampilkan sebuah " efek visual ",layar harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu,antara lain :
  • Adanya polarize ( sebuah lapisan luar layar )
  • Ada lapisan yang liquid cristal
  • Ada sebuah " cermin " ( biasanya menggunakan kertas bening )
  • Ada pencahayaan warna dasar putih ( biasanya menggunakan kertas warna putih )
Tetapi itu tidak selalu,karena berbeda jenisnya,berbeda pula komponen didalamnya,ini hanya untuk gambaran saja.Lalu bagaimana bisa sebuah layar menampilkan huruf,angka dan gambarnya?

Sebuah warna bisa menamilkan visual seperti itu karena terjadi " kombinasi " yang pas antara program mesin + cahaya + perantaranya.

Secara garis besarnya seperti ini :
  • Program visual dari mesin
  • Dieruskan ke layar dengan melewati berbagai komponen diatas 
  • Tampilah sebuah visual nyata

Rincinya tidak seperti itu,tapi untuk pemahaman saja,supaya tidak pusing dulu sebelum ke pembahasan.


Apakah Kerusakan layar Mempengaruhi komponen Lain?


banyak yang bertanya,apakah ketika layar rusak,kompnen lainya bisa ikutan rusak? Bisa iya bisa tidak,kenapa?

Karena hal tersebut erat kaitanya dengan faktor apa yang menjadi penyebabnya.Jika kerusakanya HANYA di komponen layar,maka TIDAK AKAN berdampak kepada komponen lainya.Tetapi jika kerusakanya terjadi di mesinya,jelas jika dibiarkan akan mempengaruhi part lainya juga.

Dengan penjelasan diatas,bisa ditarik kesimpulan bahwa faktor yang membuat LCD/Layar ponsel bleng itu ADA BANYAK,bukan hanya karena layarnya yang rusak.


Penyebab LCD Layar Hp Blank


Kali ini saya tidak akan membahas smartphone android,melainkan khusus untuk pengguna ponsel lawa.TETAPI mungkin saja penjelasan ini juga berguna untuk anda yang menggunakan ponsel pintar keluaran terbaru karena hampir mirip masalahnya.

Tidak hanya merk seperti samsung,asus,lenovo,xiaomi dan apple phone saja yang masih banyak penggunanya,keluaran lawas seperti nokia,siemens dan sony ericson masih banyak juga penggemarnya loh.

Untuk sebab yang bisa menimbulkan masalah blengnya layar ponsel sendiri terbagi menjadi 2 bagian,yaitu :

  • Kerusakan software/sistem aplikasinya

Biasanya penggunaan OS yang salah atau sudah corrupt lah yang sangat sering menjadi biang kerok dari permasalahan seperti ini.

Bisa karena proses upgrade/downgrade atau saat flash ulang yang gagal hal ini bisa terjadi.

  • Kerusakan hardware atau part komonenya

Untuk bagian ini biasanya karena faktor usia penggunaan atau mungkin karena faktor yang lain seperti terbentur benda keras karena terjatuh,terkena cairan ataupun tertindih beban yang sangat berat.

Yang harus anda lakukan adalah dengan MENCARI letak kerusakanya ada dimana dan memperbaikinya,maka masalahnya akan selesai.Tetapi,kenyatanya banyak yang kesulitan karena : Tidak tau letak rusaknya dimana dan tidak mengerti cara mencari kerusakanya.

Untuk anda yang memiliki masalah seperti itu,silahkan ikuti panduan yang akan saya jelaskan,siapa tau bisa membantu anda.


Cara memperbaiki Kerusakan LCD/Layar Hp yang Blank atau Bleng


Bagi anda yang ingin mencoba memperbaikinya sendiri dan tidak ingin keluar biaya untuk membayar ahli reparasi atau sekedar ingin belajar,maka untuk solusi atau jalan keluarnya,anda bisa lakukan langkah dibawah ini :


1. Lakukan Instal Ulang OS ( FLASHING )


Perbaikan ini adalah sebagai jala keluar kerusakan sistem operasi ponsel seperti yang saya katakan diatas.

Ini adalah sebuah tindakan " menginstal/memperbarui " sistem O-S yang digunakan dalam ponsel anda.Tindakan ini lebih dikenal dengan istilah flashing atau flash hp.Bagaimana cara melakukanya?
  • Siapkan komputer/laptop sebagai alatnya
  • Siapkan firmware atau jenis OS sesuai dengan merk dan tipe ponsel yang anda gunakan ( tidak boleh salah dalam memilihnya,harus sama persis dengan firmware yang sebelumnya digunakan )
  • Instal dan simpan semua firmware didalam laptop anda
  • Colokan ponsel ke laptop atau komputer dengan kabel data ( kabel datanya sesuai merk,tidak bisa sembarangan kabel data,nanti tidak masuk colokanya )
  • Lakukan proses flasing
  • Selesai
Jika memang benar letak masalahnya adalah di firmware/O-Snya,maka seharusnya layar ponsel anda sudah normal kembali dan bisa digunakan.


Mas,saya sudah lakukan flashing dengan benar,dan yakin sekali tahapanya benar,tapi tak ada hasil,bagaimana?

Jika memang anda sudah yakin sekali bahwa tahapan yang anda lakukan benar,maka saya bisa pastikan itu ada kesalahan di komponen hardware atau partnya.Komponen yang mana? Part yang mana? Silahkan lanjutkan membaca.


2. Priksa L-C-Dnya


Anda bisa mencoba memeriksa layar yang rusak tersebut.Bisa jadi memang karena layrnya yang rusak.Anda bisa mencobanya dengan menggunakan langkah dibawah ini :
  • Lepas atau bongkar L-C-D nya
  • Cari ponsel yang satu tipe atau ponsel lain yang masih berfungsi
  • Pasangkan layar yang rusak di ponsel yang masih berfungsi
  • Lihat hasilnya

Jika layarnya bisa menyala normal,maka kerusakan sudah pasti ada di ponsel anda.Lanjutkan membaca artikel ini.

Jika layar tetap tidak mau menyala seperti seharusnya padahal sudah dipasang ke ponsel lain yang kondisinya normal,maka tidak ada jalan lain selain menganti layar yang rusak dengan yang baru atau lakukan oplas.


3. Lakukan Oplas L-C-D


Oplas itu melakukan perbaikan terhadap lapisan-lapisan komponen layar.Jika anda membaca artikel ini dengan seksama,maka hal ini sudah saya jelaskan di paragraf atas.

Anda bisa mencoba mengganti lapisan bernama polarize bagian luar atau lapisan yang dalam.Tetapi,menurut pengalaman saya,jika bleng nya itu TOTAL dalam artian tidak nampak gambar sedikitpun,kemungkinan berhasilnya kecil,kenapa?

Karena oplas itu sebenarnya memperbaiki layar yang SEBENARNYA NORMAL,hanya saja tulisan atau gambarnya terpotong sebagian saja.Kalau full ngebleng,maka biasanya tidak akan sembuh kalaupun di oplas.


4. Cek Fleksible/Fleksibelnya


Sepeerti yang saya tulis dalam judul artikel kali ini,untuk ponsel yang menggunakan flexible,maka silahkan anda cek jalur fleksinya.Maksudnya bagaimana?

Fleksi adalah sebuah kabel yang menghubungkan layar dengan mesin.Bentuknya seperti kertas dimana sangat tipis tetapi berisi kabel micro yang sangat kecil.Seperti ini kurang lebih contoh flexibel itu :


penyebab dan cara mengatasi layar hp yang blank/bleng


Silahkan anda lihat komponen seperti kertas yang menjulur berwarna putih digambar atas.Seperti itulah yang namanya fleksibel itu.

Tentu saja tia ponsel akan berbeda bentuk dan jenisnya,silahkan anda bongkar dan periksa jalurnya.Untuk memeriksa jalur apakah ada yang putus atau tidak,silakan gunakan alat yang bernama MULTIMETER atau mungkin bisa menggunakan alat yang lainya.

Beberapa ponsel lawas seperti nokia 9210 atau 9210i biasanya penyebabnya adalah putus jalur ini.Dan sebagian besar tipe yang lainya juga sama,karena putusnya jalur fleksibel.


Selain periksa jalurnya,bagian mana lagi yang diperiksa dari flexi tersebut?


5. Cek Socket/Soket dan Jalur


Soket adalah bagian ujung flexi yang digunakan untuk menempelkan atau menyambungkannya ke mesin ( lihat gambar yang saya lingkari merah diatas ).

Terkadang,jalur fleksinya normal,tetapi karena socketnya rusak atau patah jalurnya,menjadikan fleksi tidak berfungsi untuk menyalurkan daya ke layar.Cara cek socketnya bagaimana?

Anda bisa menggunakan mata visual ( lihat apakah ada yang patah atau tidak ) atau dengan menggunakan multimeter tadi.Silahkan cek jalurnya,putus atau tidak.

- Jika soketnya rusak/patah : Tidak ada jalana keluar lain selain mengantinya.
- Jika socket masih bagus tapi jalurnya putus : Lakukan jumper jalurnya.


6. Cek Komponen Mesin Lainya


Ini adalah permasalahan yang sangat serius dan berharap saja bukan ini letak permasalahan anda,kenapa bisa demikian?

Tahukah anda jika sebuah telpon genggam itu bisa bekerja normal dengan skema jalur yang SALING TERHUBUNG? Saling terhubung berarti antara satu part terhubung dengan part lainya.

Jika semua langkah diatas anda sudah cek dan semuanya baik-baik saja,maka besr kemungkinan letak masalahnya itu di bagian part mesin lainya,seperti :
  • IC display
  • IC power
Atau IC yang lainya.Kalau bahasa saya,IC itu : Komponen atau part kecil yang bertugas sebagai " terminal " arus sebelum ahirnya diteruskan ke IC lainya atau part lainya.

Kalau IC sampai rusak,maka sudah pasti arus yang seharusnya masuk dan mengalir menjadi terputus dan stuck disana.Cara mengeceknya bagaimana? Masih menggunakan multimeter yang anda gunakan sebelumnya.

Kalau ternyata memang ICnya yang rusak bagaimana? Tdak ada jalan lain selain menggantinya dengan yang baru atau menggunakan yang bekas dengan catatan kondisinya masih normal,karena IC tidak bisa dijumper ( ini bukan jalur tapi part komponen ).


Sampai saat ini,itu semua adalah sebab musababnya bleng layar ponsel bisa terjadi.Jika ketika anda melakukan pengecekan ternyata semua yang saya jelaskan normal dan baik,maka saya tidak bisa memberikan jawaban yang lainya karena saya belum pernah menemui yang seperti itu.

BACA :



Demikian pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi.memperbaiki serta solusi atau jalan keluar ketika LCD layar hp ponsel blank/bleng.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

4/03/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Sebab dan Cara Mengatasi LCD Hp Blank ( Ponsel JADUL Slide dan Flip ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar