Perbedaan Nokia 9210,9210i,9110 dan e90 dan Contoh Gambarnya

Perbedaan antara hp nokia 9210 kemudian 9210i lalu 9110 dan e90 terletak pada bentuk fisik,part mesin dan software yang ada didalamnya.Terkadang seseorang sedikit kesulitan membedakan telepon jadul yang masuk kedalah jenis komunikatr/communicator ini.

Saya akan menjelaskan beberapa hal tidak hanya perbedaan bentuk fisik dari nokia kominukator ini saja tetapi beberapa informasi lain khususnya bagi anda yang menyukai tipe communicator ini.


Beda Nokia Komunikator Tipe ( 9210,9210i,9110 dan e90 )




Deretan daftar tipe hp nokia lawas yang akan saya jelaskan adalah tipe yang masuk kedalam jenis telepon komunikator.Sebenarnya masih banyak jenis yang lainya,tapi kali ini saya akan khusus menjelaskan sesuai yang ada di judul artikel saja.

Beda untuk tipe telepon lawas ini bisa dilihat dari beberapa hal,seperti :


1. Bentuk/Design


Yang paling kentara adalah design dari masing-masing tipe.Untuk anda yang masih bingung ketika membedakanya,silahkan lihat contoh gambar ilustrasi berikut ini :


- Tipe 9210 dan 9210i



bentuk nokia 9210 dan 9210i


Seperti yang terlihat pada gambar bahwa untuk design atau bentuknya,antara nokia 9210 dan 9210i itu SAMA SAJA/SAMA PERSIS.Mulai dari keypad atau tombol kemudian layar bahkan baterai dan chargernya pun sama.

Bedanya apa? yang membedakan antara kedua tipe diatas adalah SOFTWARE/SISTEM.Hal ini akan berprngaruh terhadap aplikasi apa yang bisa anda pasang didalamnya.

Saya pernah berbicara dengan salah seroang teman yang memang hobi dengan telpon jadoel ini dan beliau mengatakan bahwa sebenarnya aplikanya itu juga bisa " INDEN " dalam artian,aplikasi yang dipasang di tipe 9/i bisa dipasangkan ke tipe 9/0 ( tai tidak semuanya ).

Bentuknya memang sangat elegan sekali bahkan sampai sekarang.Telpon yang pada jamanya bisa berharga puluhan juta,sekarang ini mungkin hanya sekitar 2 sampai 3 jutaan dengan kondisi yang istimewa.Jika banyak minusnya,hanya akan dihargai beberapa ratus ribu saja.

Anda boleh peracaya boleh tidak,tapi memang begitu kenyataanya.Anda bisa cek di toko online seperti amazon,ebay,bukalapak atau tokopedia,dan lihatlah harga yang ditawarkan ( tentunya sesuai dengan kondisi dari barangnya yaa ).


- Tipe 9110

Selanjutnya adalah nokia tipe 9110.Banyak yang sering salah dalam membedakan,mana yang tipe 9210 mana yang tipe 9110.

Berikut gambar untuk tipe 9/10 ini :



bentuk nokia tipe 9110



Secara sepintas memang seperti sama dengan tipe 92 yaa,tetapi jika dilihat lebih teliti lagi,bentuknya sangat berbeda.

Layar atau LCD memang sama dengan tipe 92,keypadnya yang beda baik tombol yang dalam ataupun yang luar.Baterainya juga berbeda bentuknya,TETAPI chargenya sama dengan tipe yang 92 yaitu bentuk cas lubang besar versi nokia lawas.


- Tipe e90

Berikutnya adalah ( EGO ) begitu sebutan untuk para kolektor atau pecinta hp jadoel di nusantara.Eitss,,ada perkumpulan atau group organisasinya lohh.

Versi ini adalah yang paling ramai dan paling banyak dicari untuk dikoleksi,kenapa? Selain mencarinya tidak terlalu susah karena masih cukup banyak di indonesia yang punya,harganya juga tidak terlalu mahal ( dibandingkan dengan smartphone s7 yaa,hehe ).

2 sampai 3 juta adalah kocek yang harus anda gelontorkan untuk bisa memiliki jenis yang satu ini ( kalau kondisinya bagus sih ).Bentuknya kurang leih seperti ini :



bentuk nokia tipe e90





2. Koneksi/Konektivitas


Selain design,ada satu hal lain yang mejadi pembedanya,yaitu koneksi atau kemampuan dalam menangkap sinyal jaringan.Khusus untuk versi yang ( e-90 ),bisa untuk menggunakan jaringan 3G,sedangkan tipe lainya HANYA menggunakan kualitas 2G.

Maklum saja yaa,pada jaman dibuatnya,belum ketemu dan belum ada jaringan H+ apalagi 4G.Walaupun seperti itu,tetap saja untuk urusan " hobi dan gaya ",jenis telpon lawas ini masih sangat layak untuk anda bawa mejeng kemana-mana.

Unik,artistik,elegan dan pastinya lain daripada yang lain.Gimana tidak lain daripada yang lain la wong yang punya saja sedikit kok.

Saya pribadi sih lebih suka menggunakan barang yang sedikit murah tapi " tidak pasaran " daripada memakai barang yang katanya keren dan mahal tapi banyak kembaranya,tidak tau juga kalau anda,hehe.


3. Versi OS ( Operating Sistem )


Yang ketiga yang bisa saya berikan adalah berkaitan dengan OS atau sistem operasinya.Tahukan anda jika sebelum jamanya ANDROID itu ada sebuah O-S yang tidak kalah terkenalnya? itu adalah :
  • Java dan
  • Symbian
Kedua sistim oprasi inilah yang digunakan untuk semua tipe diatas.

- Untuk tipe 92-10/i menggunakan sistem SIMBIYAN,sedangkan
- Tipe E-90 sudah menggunakan operasting sistem sibyan yang tinggi yaitu S90

Operating sistim ini akan berpengaruh terhadap jenis aplikasi yang bisa anda pasang,dimana antara keduanya jenis OS tersebut TIDAK BISA dicampur aduk,ada ketentuanya masing-masing.

Beberapa waktu lalu,ketika WA masih bisa dioperasikan menggunakan OS simbyan versi S90,versi E-90 sangat ramai dicari dan diperjualbelikan karena bisa menggunakan WhattsApp didalamnya.Sangat menambah tingkat " ke kerenan " pastinya,hehe.

Tapi sekarang sudah tidak bisa karena java sudah tidak suport WA lagi.


4. Baterai dan Charger/Cas


Terahir yang menjadi bedanya adalah bentuk batrai dan cas-casanya.Untuk jenid batrainya tentu saja berbeda karena jenis atau tipenya juga berbeda.Hanya saja untuk tipe 9210 dan /i menggunakan jenis baterai yang SAMA PERSIS,sedangkan tipe yang lein berbeda.

Sedangkan jenis chargernya hanya menggunakan 2 jenis saja,yaitu lubang cas nokia kecil dan yang lubang besar.

Versi yang kecil digunakan KHUSUS untuk tipe ( EGO ) sedangkan yang lubang besar,digunakan untuk tipe yang 92 dan 91.


BACA :




Demikian penjelasan dan pembahasan tentang letak perbedaan antara tipe nokia komunikator 9210 dengan 9210i kemudian 9110 dan e90.Semoga bisa membantu anda membedakanya sekarang.Teri makasih telah membaca,see uu.

4/02/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Perbedaan Nokia 9210,9210i,9110 dan e90 dan Contoh Gambarnya.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar