16 Contoh Surat Lamaran Kerja 2023-2024

Contoh surat lamaran kerja secara lengkap dan detail dengan cara membuatnya.Proposal ini biasanya digunakan oleh para pelamar pekerjaan untuk melamar kerja di tempat yang mereka inginkan.


Contoh surat lamaran kerja merupakan point paling awal yang akan dilihat HRD.jadi,usahakan membuatnya dengan cara yang benar serta hasil yang menarik khususnya supaya pihak recruitment tertarik untuk menerima dan memanggil anda di tahapan selanjutnya.


Contoh Surat Lamaran Kerja



contoh surat lamaran kerja
surat lamaran pekerjaan



Diera sekarang,mencari pekerjaan merupakan masalah yang serius yang sedang dihadapi oleh masyarakat indonesia.Buka tanpa sebab,sebab utamanya adalah jumlah lowongan kerja tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja.


Akibatnya,jumlah pengangguran semakin hari semakin bertambah.Ada banyak cara untuk mengatasi hal ini khususnya untuk anda para pelamar kerja yang sedang bersaing dengan ribuan atau bahkan jutaan pelamar lainya.


Salah satunya adalah dengan memuat Contoh surat lamaran kerja anda menarik dan baik dimata HRD.Hal ini akan sangat berguna ketika seorang recruiter melakukan penyaringan terhadap pelamar kerja yang masuk ke perusahaan.


Saya akan memberikan panduan lengkap atau penjelasan secara detail untuk anda.Saya berharap apa yang saya tuliskan dibawah ini bisa membantu anda.Silahkan difahami dengan baik.



Surat Lamaran Kerja Adalah


Pengertian atau definisi : Sebuah surat yang dituliskan dengan struktur dan kaidah tertentu dengan tujuan untuk memberikan informasi diri kepada pihak pemberi kerja bahwa anda adalah seorang pelamar pekerjaan.


Didalam Contoh surat lamaran kerja ini terdapat informasi tentang biodata serta berkas persyaratan pelamar kerja untuk dijadikan bahan pertimbangan pihak HRD,apakah sesuai dengan kriteria yang dicari atau tidak.


Inilah kenapa diawal saya katakan jika proposal ini adalah pintu masuk pertama anda untuk bisa masuk kedalam dunia kerja.Jika proposal ini DITOLAK,maka anda harus mencari tempat kerja yang lain.tetapi jika DITERIMA,maka langkah anda akan semakin dekat untuk bisa diterima.



Struktur Surat Lamaran Pekerjaan


Apa point terpenting ketika membuat surat lamaran pekerjaan? Itu adalah struktur atau bentuk penulisanya ( apakah sudah benar atau belum ).


Apa saja struktur surat lamaran kerja yang benar? 

  • Tempat dan tanggal pembuatan
  • Alamat tujuan
  • Pembuka
  • Isi
  • Lampiran
  • Penutup
  • Nama dan tanda tangan ( di pojok kanan bawah )
Perhatikan gambar dibawah :

struktur surat lamaran pekerjaan





Contoh Surat Lamaran Kerja


Point pertama yang akan saya bahas adalah contoh dari proposal lamaran pekerjaan.Bentuknya sedikit berbeda tetapi point utamanya tetap sama saja.


Yang membedakan hanya tujuan dan isi lampiranya saja.Itu menyesuaikan dengan perusahaan atau tempat yang di lamar dan persyaratan apa yang perusahaan inginkan.


Saya akan memberikan beberapa contoh untuk anda.Semua yang ada dibawah bisa anda gunakan sebagai acuan atau percontohan ketika membuat surat lamaran kerja nanti.Adapun contohnya adalah sebagai berikut :



Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar


Maksud dari kalimat yang baik dan benar adalah : Semua yang ada didalam proposal lamaranya harus berisi :

  • Kelengkapan surat 
  • Penggunaan tatabahasa yang baik
  • Minim kesalahan penulisan
  • Strukturnya benar ( sudah saya jelaskan diatas )
  • Jika memungkinkan gunakan tulisan yang bagus
  • Jika tidak bisa bagus tulisanya,paling tidak bisa dibaca
Jika anda memang ingin bersaing dengan pelamar lainya,maka tulislah proposal ini sebagus dan sebaik mungkin.

Tidak boleh ada kesalahan walaupun hanya sedikit.Ini memang terlihat sepele,tetapi banyak sekali pelamar yang kesluitan membuatnya ( selalu salah dan salah tulis ) bahkan sampai menyewa orang untuk menuliskanya.

Saran saya,kalau bisa Contoh surat lamaran kerja menggunakan tulisan sendiri saja.Kenapa? Karena jika sampai HRD tau,takutnya anda malah mendapatkan nilai jelek di mata HRDnya.



Surat Lamaran Kerja Word


Ini adalah bentuk surat lamaran pekerjaan yang ditulis menggunakan ketik komputer kemudian hasil tulisanya atau berkasnya anda simpan dengan extensi DOC/DOCX.


Jadi,WORD itu adalah sebutan atau sitilah untuk berkas proposal permohonan kerja yang filenya itu extensinya DOC atau DOCX.Jika anda mencari berkas yang belakangnya.WORD itu TIDAK ADA yaa.


Itu hanya Contoh surat lamaran kerja seperti biasanya yang kemudian hasil akhirnya disimpan dalam format DOC.Hampir mirip dengan format PDF,hanya saja memang untuk proposal permohonan kerja,lebih sering menggunakan format dokumen/document/DOC/DOCX.


Untuk membuatnya,anda bisa menggunakan laptop/komputer kemdian gunakan aplikasi WORD yang biasanya sudah terinstal di komputer sebagai aplikasi bawaan.


Jika anda menggunakan hp android,anda bisa menggunakan aplikasi bernama wps office,microsoft word atau menggunakan bantuan online dengan mencarinya di GOOGLE.



Surat Lamaran Kerja pdf


Tidak terlalu berbeda dengan point sebelumnya.Ini juga hanya sebuah istilah atau sebutan untuk berkas tulisan yang formatnya PDF.


Dalam sunia kerja,penggunaan format PDF itu biasanya untuk FILE SELAIN SURAT LAMARAN DAN CV/DAFTAR RIWAYAT HIDUP.Karena jika proposal lamaranya dan CV biasanya menggunakan format DOC.


Penggunaan format PDF biasanya untuk file lain seperti transkrip nilai,SKHUN,IJAZAH dan berkas lain yang menggunakan proses scan komputer.


Saya yakin,jika anda seorang pencari kerja,maka sering melihat pengumuman lowongan yang mengharuskan anda mengirimkan file berkas dalam format pdf kan? Inilah yang dimaksud dengan itu.


Silahkan lihat gambar dibawah ini :


surat lamaran kerja pdf



Perhatikan yang saya lingkari merah digambar.Itu bedanya surat lamaran kerja word dan pdf.ISINYA SAMA PERSIS dalamnya,yang membedakan hanya format yang digunakan ketika selesai menuliskanya.



Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate


Maksudnya adalah : Proposal lamaran kerja yang digunakan untuk orang-orang lulusan baru ( SMA,SMK,Kuliah,S1,D3 ) atau apapun itu yang terpenting orang atau pelamar itu baru saja lulus.


Bisa juga diartikan untuk mereka-mereka yang baru masuk dunia kerja alias belum memiliki pengalaman bekerja sebelumnya.


Apa saja yang perlu dituliskan di Contoh surat lamaran kerja? Sama persis dengan proposal lainya.Hanya saja,biasanya karena belum memiliki pengalaman bekerja atau baru masuk dunia kerja,pelamar TIDAK BISA mencantumkan sertifikat pengalaman kerja.


Tidak perlu berkecil hati,karena pihak HRD atau perusahaan sudah mengerti itu.Memang akan bagus jika anda lulusan baru tetapi memiliki sertifikat pengalaman kerja ( mungkin waktu sekolah sambil part time dulu ) tetapi kalau tidak punya itu tidak masalah.


Jika perusahaan sudah membuka lowongan dan tertulis ' diperbolehkan fresh graduate ' maka anda yang lulusan baru tidak perlu khawatir tentang masalah sertifikat pengalaman bekerja.


Lihat ilustrasi gambar dibawah :


surat lamaran pekerjaan untuk lulusan baru




Surat Lamaran Kerja Via Email


Proposal yang ditulis dalam format word/pdf kemdian dikirimkan ke perusahaan tujuan menggunakan email.

Yang sering menjadi masalah pelamar sekarang itu begini :
  • Sudah kirim tapi tidak ada balasan
  • Sudah dikirim tapi tidak terkirim
  • Ada pemberitahuan ' mail dae-m0n '
  • Tidak tau terkirim atau tidak
  • Tidak tau sudah dibaca atau tidak
Dan berbagai masalah lain.Saran saya sederhana saja :
  • Pastikan email perusahaan yang anda tuju benar
  • Pastikan proposal yang anda kirim sesuai dengan kriteria dan persyaratan

Jika itu sudah anda lakukan dan penuhi,maka bersabarlah.Jika memang rezeki pasti akan dipanggil,jika belum berarti bukan rezeki.

Karena dari berbagai masalah kirim lamaran via email,penyebab utamanya itu cuma 2 itu,kalau bukan alamat email perusahaan yang salah/sudah tidak aktif,yaa proposal yang dkirimkan tidak sesuai permintaan perusahaan.

Untuk isi Contoh surat lamaran kerja bagaimana mas?

Untuk via email seperti ini,bentunya agak berbeda dengan yang fisik atau tulisan.Anda hanya cukup :
  • Tulis di email point pentingnya saja atau jika ingin terlihat lebi bagus,di body atau badan emailnya silahkan tuliskan sama persis dengan di surat lamaran kerjaan yang anda tulis manual menggunakan tangan
  • File lainya silahkan di upload saja

surat lamaran via email





Surat Lamaran Kerja Umum


Maksudnya dalah : Bentuk yang paling umum digunakan.Bisa dikatakan yang format paling sederhana.


Didalam proposal ini,hanya ada pont inti saja tanpa ada tambahan informasi lain seperti skill khusus atau pengalaman khusus.


Isi didalamnya hanya berupa :

  • Tanggal pembuatan
  • Alamat tujuan proposal
  • Pembuka suratnya
  • Isi
  • Lampiran
  • Kata Penutup

Bisa dibilang bentuknya sama persis dengan bentuk proposal fres graduet.Hanya berupa point penting dan tidak ada info tambahan lain yang bersifat khusus.



Contoh Surat Lamaran Kerja di PT


Ini adalah proposal lamaran pekerjaan yang ditujukan untuk PT atau PABRIK.Didalam berkas lamaranya nanti,isinya terbagi menjadi 2 jenis :

  • Yang belum punya pengalaman
  • Yang sudah punya pengalaman
Bagi yang belum punya pengalaman kerja,mungkin bisa membuat proposal seperti bentuk yang umum digunakan.

Bagi anda yang sudah memiliki pengalaman,silahkan lampirkan sertifikat pengalaman kerja anda didalam proposal lamaranya.


Isinya bagaimana? Isi tulisanya sama persis.Bedanya hanya di berkas lampiran pengalaman kerjanya saja.


Surat Lamaran Kerja Lulusan SMA


Sama seperti untuk yang fres graduat,bentuk proposal untuk lulusan sekolah SMA atau SMK sederajat cukup menggunakan bentuk yang umum saja.Jika memang ada,anda bisa menambahkan paklaring atau sertifikat kompetensi untuk menunjang nilai di mata HRD.


Tetapi jika tidak punya,cukup lampirkan berkas inti/berkas yang diminta oleh pihak perusahaan.


Catatan : Jika di lowongan kerjanya tertera lowongan untuk yang berpengalaman bekerja,sebaiknya anda mencoba mencari perusahaan lain yang memang memperbolehkan lulusan baru.


Banyak pelamar yang tidak dipanggil proposal lamaranya dikarenakan kurang teliti membaca krteria lowongan dari sebuah perusahaan,dimana yang dibutuhkan adalah yang berpengalaman tetapi mereka yang baru lulus memaksakan diri.


Bukan tidak boleh,itu sah-sah saja karena yang namanya berusaha itu penting.Hanya saja,jika memang nantinya tidak dipanggil tahapan selanjutnya,saya harap anda bisa introspeksi diri dan tidak menyalahkan perusahaan apalagi enyalahkan TUHAN dengan berkata ' tidak adil '.



Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Ini adalah proposal permohonan bekerja yang dibuat menggunakan bahasa inggris TETAPI MENGGUNAKAN STRUKTUR SEPERTI BIASANYA.Jadi hanya mengubah bahasanya saja dari bahasa indonesia ke bahasa inggris.


Yang perlu anda perhatikan adalah : GRAMMAR atau penggunaan kata dalam proposalnya.


Selain menggunakan kosa kata bahasa RESMI,penggunaan grammar juga harus anda perhatikan dengan baik,kenapa?


Khusus untuk Contoh surat lamaran kerja bentuk ini,penilaianya akan sedikit selektif.Karena dengan anda menggunakan english,maka pihak HRD akan menganggap anda bisa dan mampu.


Tidak lucu jika ternyata banyak kesalahan penulisan kata atau kalimat.Proposal anda akan tidak bernilai jika terjadi hal seperti itu.Jadi perhatikan dengan baik.


Jika memang tidak terlalu mendesak atau wajib,,maka saran saya gunakan saja bahasa indonesia yang lebih mudah untuk ditulis dan lebih mudah memilih kalimat resmi yang digunakan.



Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Saya berikan sedikit contoh :


Semarang,20 june 2022

With respect,

Based on the information I got from the notice board at the Semarang branch post office that informed me that PT Sukses Maju was in need of lathe operator power, I hereby applied for a job to fill the position.

I'm the one who signed the hand below:

Name: Puji Hartono

Place/ tgl. Born: Semarang, January 20, 1980

Gender: Male

Last Education: Smk Machine Tooling

Address: Jln Raden Fatah no 16 Semarang Jawa TengaH

Phone: 0821 386 859 46


As a matter of consideration, here I attach:


1. Fotkopi Ijasah

2. Photocopy of SKHUN

3. Photocopy of SKCK

4. Photocopy of ID card

5. Photocopy of Transcript of Grades


I hope to be accepted and work for the company that you lead. Thank you for your attention, and I thank you.


Jika anda ingin menggunakan jenis bahasa seperti ini,saya sarankan untuk anda yang memang benar-benar mengerti dan mahir dalam penggunaanya.Jika tidak,anda bisa meminta bantuan orang yang mengerti dan faham tatacara penggunaan bahasa english.



Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan


Ini adalah Contoh surat lamaran kerja yang ditulis manual menggunakan tangan.Bentuk ini yang paling sering digunakan hampir untuk seluruh perusahaan baik itu BUMN,CPNS,PERKANTORAN,PABRIK/PT dan jenis perusahaan lainya.


Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit.Anda hanya perlu menggunakan struktur yang benar dan menggunakan kosa kata yang resmi.


Yang sering terjadi kesalahan disini bukan bentuk tulisan atau struktur melainkan kelengkapa berkas yang dilampirkan.


Banyak para pelamar yang terlalu fokus ke tulisan ( harus sebagus mungkin ) tetapi akhirnya melupakan point penting lainya,apa itu? Kelengkapan berkas yang diminta.


Jadi,ada point yang perlu anda perhatikan,antara lain :

  • Penggunaan kosa kata yang resmi ( sesuai EYD )
  • Hindari kesalahan penulisan
  • Perhatikan struktur yang benar
  • Perhatikan berkas yang anda lampirkan ( baik di proposal lamaranya maupun di bentuk fisik yang anda masukan di amplop coklat )

Saya pernah malakukan penyaringan roposal permohonan seperti ini,banyak sekali pelamar yang terlalu fokus ke bentuk tulisan yang harus dibuat sebagus mungkin tetapi berkas yang dilampirkan kurang.Itu tidak akan ada gunanya.



Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan


Saya berikan sedikit contoh :

Semarang,10 januari 2022

Kepada

YTH : Kepala Personalia

PT Anugrah Jaya Abadi

Di Tempat


Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama

Alamat

Tempat Tanggal Lahir

Pendidikan

Nomer Hp


Dengan ini bermaksud untuk melamar di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai operator mesin.Untuk bahan pertimbangan Bapak/Ibu,berikut saya lampirkan :

1...

2...

3...

4...


Besar harapan saya untuk bisa diterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Atas perhatianya,saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Puji Hartono


Untuk berkas lampiran ( nomor 1 sampai 4 ) silahkan anda sesuaikan dengan persyaratan yang diminta perusahaan.Anda juga bisa menambahkan berkas lampiran pendukung jika anda punya untuk menambah nilai dimata HRD.



Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik


Ini adalah yang paling sering dicari oleh para pelamar kerjaan.Mungkin karena sebagian besar loker yang ada di indonesia adalah lowongan untuk pabrik ( garmen,tekstil,makanan,otomotif,sepatu,tas,bulu mata,rambut palsu ) dan jenis pabrik lainya.


Tatacara penggunaanya juga tidak terlalu sulit.Anda cukup menggunakan bentuk yang umum saja.Tidak ada penambahan khusus untuk hal ini dan saya sudah berikan percontohanya di atas tadi.


Jika masih kurang,silahkan perhatikan ilustrasi gambar berikut ini :


surat lamaran kerja di pabrik


Untuk sedikit menambah referensi anda,silahkan anda ambil atau unduh file yang sudah saya buat dibawah :

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan


Utuk filenyam bisa anda lihat disini :






Sebenarnya,untuk bentuk atau jenis proposal permohonan bekerja,semuanya HAMPIR SAMA PERSIS.Anda hanya perlu menyesuaikan dengan persyaratan yang diminta perusahaan dan membuatnya dengan sebaik mungkin.


Demikian penjelasan tentang macam jenis serta CONTOH SURAT LAMARAN KERJA yang sering digunakan untuk melamar pekerjaan.Semoga membantu,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk 16 Contoh Surat Lamaran Kerja 2023-2024.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar