3 Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja jika Posisi Masih Dikampung

Bagi anda yang ingin melamar pekerjaan atau mendaftar lowongan kerja di sebuah perusahaan tetapi posisi masih berada di kampung halaman maka bisa menggunakan tips atau cara mengirim surat lamaran kerja yang akan saya berikan kali ini.Langkah ini efektif jika anda memperhatikan beberapa hal penting didalamnya.

Cara mengirimkan surat lamaran kerja saat posisi masih di kampung halaman digunakan ketika memang tidak ada pilihan lain untuk anda datang langsung ke alamat perusahaan tersebut.Langkah ini bisa anda gunakan untuk melamar pekerjaan di PT/Pabrik yang alamat/lokasinya sangat jauh dengan tempat tinggal anda bahkan sampai luar kota atau luar provinsi.


Tips Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Tapi Masih ada di Kampung











Ketika anda ingin mendaftar pekerjaan entah di perusahaan atau PT,memang langkah yang paling umum adalah dengan mengirimkan surat lamaran kerjanya via jasa expedisi seperti pos indonesia,JNT dan sejenisnya.

Tetapi yang menjadi persoalan adalah : Biasanya perusahaan yang membuka lowongan pekerjaanya mencari seorang calon karyawan yang berdomisili dekat dengan alamat pabriknya ( tetapi tidak selalu seperti itu ).


Apakah bisa melamar kerja/mengirimkan surat lamaran kerja dari kampung?


Untuk anda yang sedang berada di desa,tidak perlu khawatir karena anda tetap bisa mengirimkanya.Sebelum ke inti pembahasan,ada persiapan yang perlu anda lakukan yaitu : Menyiapkan berkas persayatan selengkap mungkin.

Adapun berkas dokumen yang perlu dipersiapkan ( dimasukan kedalam amplop ) antara lain :

  • Surat lamaran kerja yang ditulis dengan tangan ( ketik juga boleh )
  • Fotokopi ijasah
  • Fotokopi SKHUN
  • Fotokopi SKCK
  • Fotokopi KTP
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi kartu kuning
  • Pas foto berwarna 4x6 sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Sertifikat ( kalau ada )
Dokumen atau berkas diatas adalah yang paling umum digunakan ketika melamar pekerjaan.

Jika perusahaan " memberikan instruksi " untuk menyantumkan berkas tertentu,maka ikuti saja apa yang mereka minta,karena jika anda sampai salah atau kurang berkasnya,biasanya tidak akan diproses surat yang anda kirimkan.


Ok,sekarang saya anggap masalah berkas sudah anda persiapkan dengan baik.Lalu untuk " mengakali " ketika ingin mengirimkan lamaran ke perusahaan tetapi masih di kampung bagaimana? Berikut langkahnya :


1. Menggunakan Domisili " Sementara "


Anda bisa mencari alamat tempat tinggal yang sedekat mungkin dengan alamat perusahaan,entah itu rumah teman atau saudara.Kenapa harus ada alamat seseorang yang paling dekat dengan alamat perusahaan?

Hal ini akan digunakan untuk menuliskan alamat domisili sementara.Maksudnya begini :

Didalam surat lamran atau CV yang anda tulis,akan ada " 2 alamat tempat tinggal " yaitu :

  • Alamat yang sesuai KTP dan
  • Alamat domisili atau tempat tinggal sekarang
Jika alamat tempat tinggal dan domisili anda dekat dengan perusahaan,tidak jadi masalah.Tetapi jika alamat tempat tinggal anda yang sesuai KTP jauh,itu yang sedikit harus diusahakan.

Itulah kenapa saya katakan " anda harus mencari tempat tinggal sementara yang dekat dengan perusahaan ",alamat itulah yang akan anda tuliskan dalam kolom alamat sementara/domisili sementara di surat/CV nantinya.


Ok mas,katakaan saya sudah dapat alamat yang dekat,lalu bagaimana?

Setelah anda mendapatkan alamat yang sekiranya dekat entah itu teman atau saudara,ANDA TIDAK PERLU tinggal disana,karena itu hanya untuk " memikat HRD " saja.Nanti,ketika anda dipanggil untuk mengikuti tes seleksi,barulah anda memutuskan untuk tinggal disana atau mencari penginapan.

Bisa dikatakan,anda hanya " meminjam " alamat mereka untuk dituliskan di surat/CV anda saja.


Kalau seperti itu,kita bisa mengarangnya saja kan? Dalam artian asal tulis alamat yang dekat saja?

Memang sepintas bisa seperti itu,tapi JANGAN anda lakukan,kenapa? Karena penulisan alamat adalah sesuatu yang harus VALID.Iya kalau alamat yang anda tuliskan hasil mengarang bebas itu memang sebuah alamat rumah,kalau ternyata itu alamat rumah sakit?

Selain itu,ada sedikit " bahaya " jika anda menulisnya sembarangan.Takutnya alamat yang anda tulis asal itu adalah alamat yang DEKAT dengan rumah HRDnya bagaimana? Bisa ketahuan nantinya.Jadi,dari itulah kenapa saya menyarankan anda menuliskan alamat yang memang anda tau benar itu alamat siapa.


Jika opsi itu tidak bisa dilakukan bagaimana?

Anggaplah anda memang tidak ada teman atau saudara yang bertempat tinggal dekat dengan perusahaan untuk meminjam alamat mereka dan anda sudah mencari berbagai cara tetap saja tidak menemukan jalan keluar,lantas harus bagaimana?

Anda bisa mengatasinya dengan " menyewa kos-kosan/kontrakan " di daerah tersebut.Inilah salah satu penyebab kenapa banyak sekali perantauan yang belum bekerja tetapi sangat ramai ada di daerah atau kota yang padat dengan perusahaan.

Mereka ingin menggunakan alamat tersebut sebagai " domisili sementara " yang setidaknya memungkinkan untuk sedikit memikat hati HRD supaya proposal mereka diproses.Selain tentunya untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ada panggila kerja yang mendadak,bisa hemat waktu dan biaya.


Untuk ngekos/ngontrak juga tidak mungkin dilakukan,bagaimana?

Jika semua langkah diatas tidak bisa anda lakukan,maka tidak ada jalan lain selain mengirimkan langsung dari tempat tinggal anda yang sekarang MENGGUNAKAN alamat sesuai KTP atau apa adanya saja.

Tapi,bukanya perusahaan lebih menyukai mereka yang berdomisili dekat dengan perusahaan? Saya sudah katakan diawal bahwa itu TIDAK SELALU.Masih ada dan banyak juga perusahaan yang TIDAK mengutamakan domisili anda sekarang.

Selain itu,rezeki itu sudah diatur oleh TUHAN,jadi anda tidak perlu pesimis.Jika sudah melakukan usaha dan doa dengan maksimal,maka anda hanya perlu memasrahkanya kepada TUHAN saja.


2. Langsung Kirim Menggunakan Pos Indonesia


Ini adalah alternative lain jika opsi pertama diatas tidak bisa anda lakukan.Anda bisa langsung mengirimkanya menggunakan jasa expedisi pos indonesia.Apakah harus pos indonesia? kalau JNE atau JnT bagaimana? Tiki juga misalnya bagaimana? atau jasa expedisi lain?

Sebenarnya TIDAK ADA keharusan untuk menggunakan jasa expedisi pengiriman apa,TETAPI saran saya gunakan saja yang pos indonesia,kenapa?

Selain karena ini adalah perusahaan milik pemerintah yang sudah pasti valid keabsahanya dimata perusahaan,terkadang beberapa perusahaan " mengharuskan " untuk menggunakan pos indonesia bahkan sampai ada tulisan " HARUS MENGGUNAKAN dan ada CAP POS nya ".

Dari penjelasan diatas,bisa diasumsikan bahwa penggunaan pos indonesia adalah jasa pengiriman yang terbaik untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan/PT/pabrik.Lalu,langkah pengirimanya bagaimana jika menggunaka pos indonesia?

Saya sudah menjelaskanya secara lengkap dalam artikel berikut :



3. Mengirim Via E-Mail ( Gmail/Yahoo )


Ada langkah yang mungkin bisa dikatakan " lebih praktis " jika menggunakan langkah manual diatas dirasa terlalu merepotkan,yaitu dengan menggunakan atau lewat email.Untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan menggunakan email,langkah persiapanya sebagai berikut :
  • Siapkan SCAN dari semua berkas persyaratan ( bisa anda SCAN di warnet atau tempat lainya )
  • Pastikan alamat perusahaan yang ingin anda tuju VALID,jika sampai salah tulis alamatnya bahkan satu huruf saja,maka proposal anda tidak akan terkirim
  • Pastikan anda sudah memiliki akun email ( bebas mau GMAIL atau YAHOO sama saja )
Setelah semua hal diatas anda persiapkan,lakukan proses pengiriman.Beberapa penjelasanya,sudah saya siapkan dalam artikel yang lainya :






KESIMPULAN

Ketiga opsi atau tips dan trik diatas adalah jalan kelar atau solusi jika anda masih berada di kampung tetapi ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang ada di luar daerah kota atau luar provinsi.Silahkan gunakan SEMUANYA supaya kesempatan anda untuk dipanggil juga semakin besar.

Dari ketiga hal diatas,point bisa dipanggilnya anda atau tidak terletak pada " benar tidaknya langkah yang anda lakukan dan rezeki daru TUHAN ".Hanya itu saja.


Demikian pembahasan tentang bagaimana tips atau cara jika ingin mendaftar pekerjaan tetapi masih ada di kampung halaman sementara perusahaanya ada di kota.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

2/27/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 3 Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja jika Posisi Masih Dikampung.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar