KISI KISI SOAL PSIKOTEST PT MUSASHI CIKARANG 2020!

Kisi-kisi soal psikotes PT musashi cikarang yang ada di kawasan EJIP ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan juga teman seperjuangan saya dulu.Bisa juga dibilang ini bocoran atau lebih tepatnya bahan latihan untuk anda yang akan menjalani seleksi calon karyawan di pabrik itu.

Psikotes di PT musashi auto part indonesia terdiri dari 2 tahapan,dimana setiap tahapan menggunakan bentuk soal yang berbeda-beda untuk ujianya.Selain itu,recruitmentnya menggunakan sistem nilai akhir,jadi nilai akan dijumlahkan dan yang lolos akan di sms kembali lain hari.


KISI KISI PSIKOTEST PT MUSASHI CIKARANG




kisi kisi soal psikotes yang keluar di pt musashi cikarang



PT musashi auto part indonesia adalah sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi komponen kendaraan khususnya roda empat seperti crank shaft,piston,gear,clutch dan barang sejenisnya.

Perusahaan ini terkenal dengan gaji yang besar khususnya di daerah cikarang.Mungkin selain karena ini merupakan pabrik otomotif,jumlah jam lemburnya juga sangat banyak.Selain itu,masih banyak tunjangan lainya untuk setiap karyawanya.

Itu juga yang mendorong saya untuk mendaftarkan diri atau melamar pekerjaan ke pabrik tersebut.

Waktu itu saya melamar menggunakan media kirim manual lewat pos,berbekal info yang saya peroleh di FB kemudian saya tanyakan ke pihak perusahaan ( satpam ) dan ternyata memang sedang buka loker.

Tanpa pikir panjang,saya langsung kirimkan lamaran.

Jujur saja,sebenarnya saya sudah berulang kali mengirimkan lamaran ke pabrik ini,mungkin ada 4 kali dalam kurun waktu satu tahun.Mungkin kala itu memang sedang rezeki saya,jadi nama saya terpanggil untuk mengikuti proses seleksi.

Langsung saja yaa...


Soal Psikotes PT Musashi Auto Part


Saya masih ingat betul bentuk soal yang keluar dan diujikan waktu itu.Kebetulan saya mendapatkan panggilan bareng dengan teman dan kebetulan pula dapat tanggal yang sama.

Oh iya,ada beberapa point yang ingin saya sampaikan nih sebelum pembahasan :
  • Waktu proses seleksi,dibagi-bagi ( ada yang gelombang pagi,ada yang siang,ada yang sore ) mungkin karena saking banyaknya pelamar kali yaa
  • Ada banyak tahapan untuk sikotesnya

Untuk yang pertama kali saya kerjakan adalah :



1. Tes Intelegensi ( TIU 5 )

 
Ini adalah bentuk soal berisi gambar-gambar yang ( berantakan ) dimana anda harus memilih jawaban yang benar ( menggunakan imajinasi ) jika gambar digabungkan kembali akan berbentuk seperti apa.

Jumlah soalnya ada 120 soal yang tersemat di 3 kertas lembar HVS berukuran cukup besar.

Ada yang menarik disini,dimana ternyata : JAWABAN BENAR ADA 2 dari 5 pilihan yang disediakan.Maksudnya begini :


  • Soal nya nanti akan berbentuk pilihan ganda dengan jawaban A - E
  • Dimana untuk satu soal terdapat 2 jawaban yang benar
  • Anda di haruskan memilih dua jawaban yang benar tersebut
  • Jika jawabanya A dan C maka coretlah jawaban A dan C


Contoh bentuk soalnya kurang lebih seperti ini :



bocoran soal psikotes pt musashi




Sebenarnya tidak terlalu susah,karena anda hanya perlu membayangkan jika potongan gambar tersebut disatukan,maka akan terbentuk gambar seperti apa.

Hanya saja,yang menjadi sulit itu karena WAKTU yang diberikan sangat mepet.Untuk 120 soal ini,kalau tidak salah ingat saya hanya diberikan waktu 50 menit ( kalau tidak salah ingat loh yaa ).

Saya masih ingat kok,kertas jawaban sampai basah ketetesan keringat.Beneran,waktu itu berasa lagi ngejalanin seleksi apaaa gitu,deg-degan dan super gerogi.

Anda bisa berlatih sendiri supaya ketika melihat soalnya nanti,anda tidak kesulitan.Lalu yang selanjutnya apa?




2. Matematika Dasar


Ada sekitar 20 soal yang harus anda kerjakan dimana semuanya merupakan gabungan dari pelajaran matematika ketika sekolah dulu,seperti :

  • Rumus bangun ruang
  • Rumus bangun datar
  • Rumus luas
  • Rumus berat ( kg,ons )
  • Satuan panjang
  • Pitagoras
  • Sin,cos,tan

Silahkan anda pelajari,paling tidak hafalkan rumusnya saja.Karena dengan hafal rumus,anda akan sangat terbantu nanti ketika mengerjakanya.

Jika sewaktu mengerjakan,HRD menyuruh anda untuk menuliskan cara pengerjaan ( coret-coretan ),maka tulislah cara pengerjaan di belakang lembar jawaban.

Kalau HRD tidak memberikan instruksi seperti itu,tidak perlu anda beri langkah pengerjaan,karena itu akan memakan waktu dimana anda juga diberikan waktu yang sedikit untuk mengerjakan soalnya nanti.


3. Kreapelin/Tes Koran


Saya yakin sekali,untuk anda yang pernah menjumpai soal ini,akan sedikit bergumam dalam hati ( hmmmm ini lagi yang keluar/lagi-lagi ini ).

Bagi anda yang belum pernah menjumpai soal ini,berikut saya berikan contoh gambarnya :


soal yang keluar saat sikotes di pt musashi


Silahkan anda lihat deretan angka digambar atas.

Tugas anda nanti,hanya menambahkan angka DARI BAWAH ke ATAS mulai dari baris yang paling kiri atau baris pertama.

Anda tambahkan saja satu persatu,begitu terus sampai tinggi.

Anda akan diberikan instruksi oleh HRD berupa : Mulai,Pindah dan berhenti.

Mulai adalah instruksi untuk mulai mengerjakan,pindah adalah instruksi untuk pindah ke baris selanjutnya sedangkan berhenti adalah instruksi untuk anda berhemti mengerjakan.

Mudah? Gampang?

Percayalah,menurut saya ini merupakan bagian YANG PALING SULIT.Beberapa dari anda yang membaca artikel ini mungkin akan sependapat dengan saya,walaupun beberapa yang lainya tidak.

Tetapi terlepas dari itu,perlu anda ketahui bahwa penilaian pada point ini bukanlah pada SETINGGI apa anda mengerjakan,tetapi lebih kepada grafik hasil akhir yang akan dinilai.Saya sudah berikan penjelasan lengkapnya di artikel yang lainya.

BACA JUGA :



Setelah selesai,saya dan peserta lain diperbolehkan pulang.

Jika anda mendapatkan nilai bagus dan berhak lolos,maka dalam waktu sekitar 1 minggu anda akan di sms untuk mengikuti tahapan selanjutnya berupa INTERVIEW/WAWANCARA dari pihak perusahaan.

Setelah itu MCU dan OJT atau training di pabrik.

Ada catatan penting untuk anda :

  • Ada yang mengatakan kalau setiap gelombang atau setiap angkatan itu bentuk tesnya berbeda ( ada yang sampai 4 jenis soal,ada yang sampai 5 jenis soal )
  • Tetapi mau menggunakan sistem seperti apapun,yang namanya sikotest,soalnya pasti tidak akan jauh-jauh dari itu alias itu-itu saja yang keluar
  • Agar anda lebih siap,pelajari bentuk-bentuk soal sikotes di pabrik



Mungkin beberapa artikel berikut ini bisa sedikit membantu anda :


- KUMPULAN SOAL SIKOTES PERUSAHAAN

- SOAL-SOAL LATIHAN PESIKOTESST LENGKAP DALAM FORMAT PDF


Demikian pembahasan tentang apa saja kisi-kisi soal psikotes yang keluar di PT musashi cikarang kawasan ejip.Semoga bisa membantu,see uu.

1/25/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk KISI KISI SOAL PSIKOTEST PT MUSASHI CIKARANG 2020!.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar