Sikap Saat Wawancara Kerja Yang Baik dan Benar

Sikap saat wawancara kerja yang baik dan benar harus anda lakukan mulai dari ketika anda membuka pintu ruangan sampai interview dinyatakan selesai.Karena penilaian yang dinilai adalah atttitude atau tata krama dan juga kesesuaian kriteria anda dengan apa yang dibutuhkan perusahaan tersebut.

Sikap saat wawancara merupakan point utama selain daripada kemampuan atau skill yang anda miliki.Dan jika harus memilih antara kedua hal tersebut ( sikap atau skill ) HRD akan lebih memilih sikap dan kepribadian anda yang bagus,karena saya dulu pernah membantu menjadi anggota penyeleksi di sebuah perusahaan.



Sikap Yang Baik dan Benar Saat Wawancara atau Interview pekerjaan




sikap-saat-wawancara



Interview atau wawancara adalah sebuah proses tanya jawab antara pihak HRD atau penyeleksi calon karyawan dengan calon karyawan baru untuk melihat apakah calon karyawan tersebut memiliki kriteria yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak.

Apa saja yang dinilai?


Ada banyak sekali hal yang dinilai saat proses wawancara kerja ini,tetapi dari sekian banyak hal,ada 2 point utama yang menjadi penilaian paling tinggi,yaitu :

  1. Sikap atau attitude ( tatakrama dan kepribadian anda )
  2. Skill atau kemampuan dan kesesuaian kriteria


2 point utama itulah yang menjadi inti penilaian saat berlangsungnya interview.Tentunya disamping penilaian lain seperti postur tubuh,gaya bicara,kemampuan berkomunikasi dan lain sebagainya.


Lalu untuk mendapatkan nilai yang bagus saat interview,sikap seperti apa yang harus dilakukan? berikut saya jelaskan dari awal sampai akhir :


1. Saat membuka pintu ruangan


Hal paling mendasar ketika anda membuka pintu ruangan adalah dengan : mengetuk pintu kemudian ucapkan salam ( selamat pagi,selamat siang,atau selamat sore ).Anda tidak perlu menghiraukan apakah mereka menjawab salam anda atau tidak,karena ini tidaklah penting.

Point pentingnya selain ketuk pintu dan salam adalah : JANGAN MASUK SEBELUM DIPERSILAHKAN!.

Mungkin ketika anda mengucapkan salam,mereka terlihat sedang sibuk menulis dan tidak menghiraukan salam anda.Tetapi anda harus perhatikan bahwa : itu bisa saja trik mereka untuk melihat apakah anda orang yang sopan atau tidak.Masuklah jika mereka sudah mempersilahkan anda masuk,jika mereka diam saja " tunggu saja di pintu " jangan nyelonong masuk,PERHATIKAN!.


2. Setelah dipersilahkan masuk


Setelah anda mendapatkan izin untuk memasuki ruangan,silahkan anda masuk.TETAPI JANGAN LANGSUNG DUDUK!.

Berdiri saja didepan meja,sampai mereka mempersilahkan masuk.Lagi dan lagi mungkin saja mereka terlihat sibuk menulis atau menelfon seseorang,anda HARUS dan WAJIB menunggu sampai mereka selesai

Setelah anda dipersilahkan duduk,barulah anda duduk.Ada beberapa point tambahan saat anda akan duduk :
  1. Jika kursinya letaknya masih dibawah meja,anda tarik dengan perlahan ( santai dan tenang )
  2. Jika kursinya terlalu jauh dari pewawancara,majukan kursinya dengan pelan dan posisikan dengan nyaman


Orang yang sebelum duduk memposisikan kursinya dengan baik,akan terlihat orang yang berpendidikan dan terlihat sebagai pribadi yang mempersiapkan segala seuatu dengan baik sebelum memulainya.Jika anda langsung duduk saja,selain terlihat urakan dan tidak sopan,anda akan mendapatkan penilaian orang yang " gegabah " ( hajar saja,resiko pikir belakangan ).


3. Posisi tangan saat wawancara yang baik


Setelah anda duduk,ada point yang harus anda perhatikan,diantaranya :
  1. Tangan TIDAK BOLEH diletakan diatas meja
  2. Letakan tangan diatas paha anda ( tidak terlihat pewawancara )
  3. Jangan " BERSENDER " di kursi ( duduk tegap dan siap )


Point kecil ini mungkin sering sekali terlewatkan untuk sebagian orang disana,tapi percaya saja,jika anda melakukanya,anda akan mendapatkan penilaian yang bagus.Anda bisa coba mempraktekanya supaya lebih faham dan mengerti,jangan hanya membayangkan saja,karena jika waktunya nanti adan interview,anda tidak akan kebingungan lagi harus bagaimana.


4. Tatacara menjawab pertanyaan interview yang benar


Saat anda sudah terlihat siap,si pewawancara akan mulai menanyai anda.Inilah waktu yang paling membuat tegang,tetapi anda harus santai dan rilex,tanamkan difikaran anda seperti ini ( kalaupun saya salah,saya tidak akan ditembak mati atau dipenjara ).Ini yang sering saya lakukan untuk membuat psikologis saya lebih tenang.

Pertanyaan pertama biasanya adalah perkenalan diri,disusul dengan pertanyaan lainya.Untuk jenis-jenis pertanyaan yang sering ditanyakan,saya sudah sediakan dibagian bawah artikel ini.Untuk menjawabnya dengan baik,lakukan tips berikut ini :
  1. Jawab dengan suara keras dan tegas ( seperti seorang tentara berbicara )
  2. Jawab dengan jawaban yang singkat padat dan jelas ( jangan bertele-tele ) Jika memang jawabanya hanya diperlukan kata " YA atau SIAP " katakan saja seperti itu,jangan terlalu panjang lebar
  3. Hindari menggumam " emmmm " ini sangat sering terjadi,mungkin satu atau dua kali tidak apa-apa,tetapi jika setiap kali anda ditanya dengan awal jawabanya seperti itu,anda bisa mendapatkan nilai jelek karena selain ada kemungkinan anda berbohong,anda akan dinilai tidak tegas
  4. Jika memang diperlukan menggerakan tangan ( menjelaskan sesuatu ) tidak apa-apa,lakukan saja
  5. Hindari menggerakan tangan yang tidak perlu ( merapihkan poni rambut,menggaruk-garuk hidung,membunyikan tulang jari-jemari anda,dan semua hal tidak penting lainya


Anda bisa bayangkan anda adalah seorang penegak hukum yang sedang duduk dan diinterogasi atasan anda.Seperti itulah intinya.


5. Ketika selesai proses tanya jawab


Setelah semua pertanyaan anda jawab dengan baik dan pewawancara sudah mempersilahkan anda keluar ruangan,ada beberapa hal yang perlu anda lakukan,yaitu :
  1. Berdiri tegap dan kembalikan kursi ke posisi semula ( dibawah meja ) dengan tenang dan sopan
  2. Jabatlah tangan pewawancara sembari mengucapkan terimakasih
  3. Tutuplah pintu dengan pelan dan sopan
  4. Selesai


Dengan melakukan sikap yang baik saat wawancara,anda akan mendapatkan nilai yang bagus pada point attitude atau tatakrama.Percayalah jika attitude LEBIH PENTING dari skill dan tingkat kepintaran anda.Untuk lebih membantu anda,saya sudah tuliskan beberapa artikel lain yang mungkin bisa lebih membantu anda lagi.


- Pertanyaan dan jawaban untuk yang belum punya pengalaman kerja

- Pertanyaan dan jawaban untuk yang sudah punya pengalaman kerja

- Jawaban untuk pertanyaan = MOTIVASI kerja anda apa?


Demikian penjelasan tentang bagaimana sikap yang baik dan benar saat melakukan wawancara atau interview pekerjaan.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

8/07/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Sikap Saat Wawancara Kerja Yang Baik dan Benar.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente