Jawaban Wawancara " Kelebihan dan Kekurangan Diri "

Jawaban interview atau wawancara kerja perihal kelebihan dan kekurangan diri memang sering sekali keluar dan ditanyakan dalam sesi tanya jawab dengan HRD perusahaan.Anda harus menjawabnya dengan jawaban yang tepat baik dan benar supaya bisa lolos dan diterima bekerja.


Ada beberapa contoh jawaban untuk menjawab interview atau wawancara kerja perihal menyebutkan kelebihan dan kekurangan diri.Saya akan menjelaskan selengkap mungkin dalam artikel kalin ini.


Tulisan ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman pribadi dan juga informasi dari member website yang kebetulan juga seorang HRD di sebuah perusahaan.Saya tidak menjamin anda akan lulus jika menggunakan tips ini,tetapi paling tidak anda mendapatkan sedikit gambaran nantinya.



Jawaban Interview Kekurangan dan Kelebihan Diri




jawaban interview kelebihan dan kekurangan diri






Dalam sebuah sesi tanya jawab antara prekruit dengan pelamar pekerjaan,memang terdapat banyak sekali bentuk pertanyaan yang biasanya diajukan.

Tetapi dari berbagai pertanyaan tersebut,ada salah satu yang sering sekali menjadi point yang " sepele tapi menyusahkan " ketika ditanyakan.Yaahh,itu adalah pertanyaan ketika seorang pelamar disuruh untuk menyebutkan kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Banyak sekali yang memiliki opini dalam menjawab pertanyaan tersebut,contohnya saja untuk menjawabnya dengan apa adanya,sedikit merekayasa,bahkan ada yang beropini untuk menjawabnya dengan jawaban sedikit menyombongkan diri.

Itu semua sah-sah saja,karena memang dalam sebuah sesi tanya jawab antara HRD dan pelamar,TIDAK ADA rumus mutlak dan pasti untuk jawaban yang benar dan salah.



Tujuan pertanyaan wawancara kerja perihal kelebihan dan kekurangan diri

Kenapa pertanyaan kekurangan dan kelebihan selalu ditanyakan ketika sesi interview atau wawancara kerja?

Sebenarnya,seorang HRD menanyakan hal ini tidak semata-mata hanya ingin mencari manusia terbaik dengan sedikit kekurangan dalam diri mereka.Jadi,semakin banyak kelebihan,TIDAK MENJAMIN seorang pelamar akan lolos seleksi.

Kalau bukan banyak sedikitnya kelebihan dan kekurangan,lalu apa tujuanya?

Tujuan utama dari pertanyaan ini sebenarnya adalah : Untuk mencari seorang calon pekerja yang " terlihat siap dan mampu dalam bekerja ".



Maksudnya terlihat mampu dalam bekerja itu bagaimana?

Jadi,dari jawaban yang anda berikan nanti,seorang HRD akan menilai apakah anda itu akan siap bekerja atau tidak nantinya.

Saya ambilkan contoh sederhana :
  • Pelamar A menjawab kelebihan diri dengan " saya adalah orang yang sabar "
  • Pelamar B menjawab kelebihan dengan " saya adalah orang yang humoris "

Dari kedua jawaban diatas,seorang HRD akan lebih memilih pelamar A,kenapa? Karena untuk bekerja itu lebih dibutuhkan orang yang sabar daripada orang yang humoris.

Dari penjelasan singkat tersebut,saya harapkan anda sudah mendapatkan sedikit gambaran mengenai " pelamar yang terlihat akan sanggup bekerja atau tidak ".



Banyak sedikitnya kelebihan atau kekurangan pelamar BUKAN JAMINAN LOLOS

Jadi bisa diambil sedikit benang merahnya bahwa : Mau sebanyak apapun kelebihan yang dimiliki pelamar,jika memang terlihat tidak mampu bekerja atau tidak ada hubunganya dengan mental bekerja,maka itu tidak akan berpengaruh apa-apa.

Sebaliknya juga,sebanyak apapun kekurangan dari pelamar,jika memang kekuranganya itu terlihat tidak akan mengganggu pekerjaan nantinya,maka tidak masalah.



Jawaban Wawancara Kerja " Menyebutkan Kelebihan Diri "



Kita mulai dari point kelebihan diri anda dulu.Ini adalah pertanyaan yang diajukan untuk menilai kesiapan anda bekerja dan juga supaya HRD bisa menilai apakah sifat anda ini akan berpengaruh atau tidak dengan pekerjaan.

Untuk pertanyaan ini,anda TIDAK BOLEH menjawabnya dengan jawaban yang terlihat bisa mengganggu jalanya pekerjaan anda,seperti contohnya :
  • Pemarah
  • Mudah lepas kontrol
  • Tidak sabar
  • Dan jawaban sejenisnya

Jawaban diatas akan membuat anda terlihat BURUK dimata HRD.Mereka akan beranggapan seperti ini : Waduuhh,ini orang pemarah,nanti kalau dia salah,ditegur pimpinan bukanya nurut malah balik marah-marah.

Alhasil anda akan mendapatkan nilai yang jelek.

Untuk jawaban interview menyebutkan kelebihan diri yang baik dan benar adalah sebagai berikut :


1. Saya adalah orang yang tepat waktu


Ini merupakan jawaban yang selalu saya katakan ketika menjalani proses seleksi kerja.Alhamdulilah saya pernah diterima di berbagai perusahaan besar dengan itu.

Dengan seperti itu,HRD akan menilai anda sebagai orang yang disiplin waktu.Perlu anda ketahui bahwa di sebuah perusahaan,kedisplinan waktu merupakan penilaian utama dari berbagai penilaian.

Kedisiplinan waktu itu meliputi : Jam masuk dan pulang,absen kerja,jam istirahat dan sebagainya.


2. Saya adalah orang yang disiplin ( paling takut kena sanksi )


Ini juga sangat bagus,kenapa? Karena HRD akan mendapatkan penilaian bahwa anda adalah orang yang akan patuh dengan berbagai peraturan perusahaan.

Perusahaan manapun itu,paling tidak suka dengan karyawan yang selalu melanggar peraturan atau kebijakan mereka.Anda bisa buktikan sendiri jika tidak percaya ini ( tentu saja peraturan yang benar yaa,bukan peraturan ngawur ).


3. Saya adalah orang yang ulet/tidak mudah menyerah


Walaupun terlihat sedikit over confidence/terlalu percaya diri,jawaban ini juga sangat bagus.Karena ketika bekerja nanti,pasti di awal-awalanda akan kesulitan untuk mengikuti alur proses kerjanya ( semua anak baru pasti seperti itu ).

Dalam hal ini,keuletan dan sifat pantang menyerah sangat dibutuhkan.

Kalau tidak seperti itu,biasanya baru seminggu atau sebulan bekerja sudah menyerah dan resign karena tidak sanggup belajar dan mengikuti proses kerja di perusahaan tersebut.


4. Saya mudah bergaul/supel


Point ini sangat penting untuk " kerjasama team ".Biasanya di sebuah perusahaan itu kerjanya adalah kerja tim.Jadi sangat bagus jika calon karyawan mereka merupakan orang yang mudah bergaul.

Paling tidak,dengan sifat tersebut,ketika mulai berbaur nanti,pelamar tidak akan kesulitan untuk langsung bekerjasama dengan tim dan juga tidak akan menyusahkan karyawan lainya.



Sebenarnya sangat banyak bentuk jawaban yang bisa anda utarakan.TIDAK PERLU terlalu banyak,1 atau 2 saja sudah cukup.Yang penting anda tau point utama yang dinilai.

Seperti yang saya katakan diatas,sebanyak apapun kelebihan yang anda miliki,kalau itu tidak ada hubunganya dengan pekerjaan,maka hal itu sia-sia saja.



Jawaban Wawancara Kerja " Menyebutkan Kekurangan Diri "


Ini bisa dibilang susah-susah gampang.Susahnya itu karena tidak mudhah untuk mengerti dan tau apa kekurangan yang ada pada diri sendiri.Kalau kekurangan orang lain pasti semua orang akan bisa dengan fasih menyebutkan ( inilah manusia ) hehe.

Point penilaianya apa?

Apapun kekurangan anda,usahakan kekurangan itu TIDAK AKAN terlihat bisa mengganggu pekerjaan anda nantinya.

Kalau kekurangan anda terlihat bisa mengganggu pekerjaan anda nanti,maka hal itu akan buruk bagi kelulusan anda.Contoh kekurangan yang BURUK di mata perusahaan :
  • Pemarah
  • Gampang lepas kontrol
  • Tidak bisa berbaur dengan orang lain

Tidak mungkin perusahaan akan menerima karyawan yang pemarah apalagi yang mudah lepas kontrol.Bisa-bisa ngamuk tiap hari di PT atau pabriknya nanti.

Contoh jawaban interview kekurangan diri yang benar apa saja?



5. Boros


Ini juga jawaban yang selalu saya katakan ketika sesi tanya jawab dengan sebuah perusahaan.Kenapa " boros " itu tidak terlihat jelek dimata perusahaan?

Karena yang namanya boros itu TIDAK ADA kaitanya dengan kemampuan bekerja.Pakai logika saja sudah bisa dilihat " masa iya orang boros jadi tidak bisa kerja ".

Paling HRD akan menilai : Waahh,ini nanti gajian baru seminggu udah habis nih.Hanya seperti itu saja.


HRD akan menanyakan pertanyaan lanjutan.

Biasanya jika anda mengatakan perihal keurangan diri,HRD akan menanyakan pertanyaan lanjutan,yaitu : Bagaimana anda mengatasi kekurangan/sifat boros anda itu?

Gampang saja jawabnya,katakan saja " saya harus kerja extra pak/bu supaya dapat gaji besar dan bisa menutupi keborosan saya ".

Jadi terlihat bagus kan,paling tidak anda akan terlihat orang yang akan " suka lembur ",hehe.Perusahaan suka itu.


6. Tidak bisa pakai kendaraan bermotor


Ini TIDAK BOLEH anda katakan jika lowongan yang anda lamar mengharuskan anda bisa menggunakan kendaraan yaa.Selain itu,anda bisa mengatakanya.

Kenapa ini aman?

Karena sekali lagi,TIDAK ADA kaitanya orang yang tidak bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan kesiapan bekerja.

Biasanya akan ada 2 pertanyaan lanjutan jika anda mengatakan ini,yaitu :
  • Kenapa sampai setua ini tidak bisa pakai motor?
  • Kalau tidak bisa pakai kendaraan,berangkat kerjanya bagaimana?

Jawabanya mudah saja :
  • Katakan saja anda dari keluarga yang sederhana jadi tidak bisa beli kendaraan bermotor,mau pinjam malu atau tidak enak hati
  • Untuk berangkat kerja bisa pakai kendaraan umum/angkot/ojek atau mungkin minta tolong pacar atau saudara yang antarkan
  • Bisa juga akan ngontrak/ngekos di daerah yang dekat dengan perusahaan


7. Takut binatang ( ular,sapi,kecoa,kerbau dll )


Ini juga bisa menjadi alternatif  yang bisa anda katakan.Selain hal ini normal alias hampir semua orang takut dengan hewan tertentu,jawabanya juga tidak akan terlihat seolah-olah akan mengganggu pekerjaan anda nanti.

Masa iya di perusahaan sampai masuk ular? Jelas bubar satu ruangan ( yakin saya ).Apalagi sampai masuk kerbau/sapi,itu satpamnya yang khilaf atau memang kerbaunya yang bisa berubah transaparan? hehe.


Point ini juga ada sangat banyak bentuk jawabanya.Anda bisa mengira-ngira sendiri yang penting hal itu TIDAK AKAN terlihat mengganggu pekerjaan anda nantinya


BACA JUGA :







Demikian pembahasan tentang bagaimana cara menjawab atau jawaban yang benar interview atau wawancara kerja menyebutkan kekurangan dan kelebihan diri sendiri.Semoga membantu,see uu.

12/30/2020 - tanpa komentar

0 komentar untuk Jawaban Wawancara " Kelebihan dan Kekurangan Diri ".


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar