Posisi Tangan Yang Benar Saat Interview

Posisi tangan yang benar saat interview merupakan salah satu point utama penilaian ketika wawancara kerja berlangsung.Sebenarnya ada banyak point yang akan dinilai,tetapi artikel kali ini akan fokus kepada hal ini saja.


Bagaimana posisi tangan yang baik dan benar ketika interview atau wawancara kerja berlangsung? Apakah lengan harus diatas meja atau tangan harus diletakan dibagian belakang badan? Saya akan menjelaskanya untuk anda.



Posisi Tangan Saat Interview Kerja




bagaimana posisi tangan yang benar ketika wawancara kerja






Kenapa posisi lengan menjadi point penilaian?

Kita akan memulai pembahasanya dari sini.Mungkin anda sering sekali membaca tentang berbagai panduan bagaimana etika menghadapi sesi tanya jawab dengan HRD di berbagai media dan disana selalu tertulis mengenai " posisikan lengan dengan baik ketika duduk ".

Itu semua bukan tanpa alasan.Alasan paling utama adalah " Karena bagaimana pelamar memposisikan lengan mereka AKAN MENCERMINKAN bagaimana attitude atau kepribadian dari si pelamar tersebut.


Hanya dari " bagaimana memposisikan lengan " HRD sudah tau kepribadian seseorang?

Sebenarnya tidak sesingkat dan sesimpel itu untuk menentukan kepribadian seseorang.Itu hanya salah satu dari berbagai hal yang dinilai dari sesi tanya jawab HRD dengan pelamar kerja.

Sederhananya,hal ini bisa dijadikan acuan atau tambahan penilaian dasar bagaimana menyimpulkan kepribadian seseorang.

Karena untuk menyimpulkan bagaimana kepribadian orang tersebut,masih ada pont lain,seperti :
  • tatapan mata ketika berbicara
  • Jawaban yang diberikan
  • Nada bicara
  • Posisi duduk
  • Pakaian yang dikenakan

Serta berbagai hal lain yang semuanya akan menuju ke sebuah kesimpulan " Ohh,orang ini sifatnya seperti ini,kepribadianya seperti ini,mentalnya seperti dan seterusnya ".


Seorang HRD sangat erat hubunganya dengan " psikologis manusia "

Untuk anda yang bertanya : Kok bisa yaa,seorang HRD menilai kepribadian seseorang hanya dengan melakukan sesi tanya jawab?

Itu karena,biasanya seorang HRD adalah lulusan sekolah jurusan psikologi dimana didalamnya memang mengulas dan mempelajari bagaimana psikologis dasar manusia.

Jadi jangan heran kalau HRD terkesan seperti " dukun modern " yang bisa tahu karakter seseorang hanya dengan berbicara empat mata saja.



Bagaimana Posisi Tangan Yang Baik dan Benar Saat Wawancara Kerja?



Sebelum membahas bagaimana meletakan lengan anda,pastikan bahwa : ANDA SELALU DUDUK TEGAP DAN JANGAN BERSENDER KURSI!! Ini yang paling utama dan paling penting!

Kembali ke inti pembahasan.Jika memang memposisikan lengan itu ada nilai bagus dan jeleknya,bagaimana seharusnya posisi tangan atau lengak ketika interview kerja?


1. Selalu letakan di atas paha/lutut


Yang paling utama adalah,usahakan selalu meletakan telapak tangan anda diatas lutut anda.Anda bisa sedikit merubahnya sedikit tetapi selalu letakan telapak anda dibawah meja ( jangan sampai telihat oleh pewawancara atau HRD).

Kondisi ini akan mencerminkan anda pribadi yang tegas dan terlihat siap untuk melakukan pekerjaan.Selain itu anda juga akan terlihat sebagai pribadi yang memiliki keyakinan atau percaya diri tinggi.



2. Tidak boleh meletakan lengan di atas meja


Jika terpakssa anda harus menggerakan lengan ( untuk menjelaskan sesuatu ),maka pastikan lengan anda tidak " disandarkan " keatas meja.

Anda tentu masih bisa melakukanya dengan duduk tegap tanpa menyenderkan lengan diatas meja.Anggap saja tidak ada meja didepan anda.


Kenapa tidak boleh meletakan lengan diatas meja ketika interview?

Karena anda akan terlihat seperti orang yang " pemalas " dan terkesan kurang tegas/sigap ketika melakukan sesuatu.

Anda itu kan pelamar yang butuh pekerjaan,BUKAN BOSS yang sedang menerangkan tugas ke bawahanya.Sampai disini faham yaa.



3. Tidak boleh berpegangan gagang kursi samping ( sambil bersender )


Mungkin jika " hanya berpegangan gagang kursi sebelah samping tetapi masih duduk tegap " itu masih sedikit bisa ditoleransi.

Tetapi jika posisinya duduk anda sembari bersender di kursinya,itu penilaianya SANGAT BURUK.

Bayangkan saja,anda bicara dengan orang,kemudian orang itu duduk senderan kursi sambil senderan tangan juga di gagang kursinya.

Anda akan berasa seperti sedang dimarahi boos anda nanti.

Dan itu akan memperlihatkan bahwa pelamar seolah-olah terlalu " menyepelekan " orang lain,tidak menghargai dan terkesan tidak tau tatakrama.

Kalau anda itu memang boss besar yang sedang marahin karyawanya,itu tidak masalah,tapi kalau anda sedang melakukan sesi tanya jawab dengan HRD,jangan sesekali melakukan hal ini.Tidak percaya? Silahkan buktikan saja,tapi resiko tanggung sendiri yaa :).



4. Gerakan tangan " seperlunya " saja


Maksudnya menggerakan seperlunya itu tidak perlu melakukan gerakan yang tidak perlu,contohnya :
  • Membetulkan rambut
  • Membetulkan bulu mata
  • Merapihkan kerah baju
  • Merapihkan dasi

Terlebih ketika HRD sedang bertanya atau anda sedang menjawab pertanyaan.Kalau memang tidak terlalu penting,diam saja dan duduklah tegap.


Kalau menjelaskan sesuatu bagaimana?

Seperti yang saya tulis di point sebelumnya,jika memang anda harus menggerakan tangan untuk menjelaskan sesuatu,lakukan dengan benar ( tidak perlu bersender di mejanya dan letakan kembali ke posisi awal setelah selesai menjelaskan ).


KESIMPULAN :

Jika dirasa point diatas menyulitkan anda,ambil intinya saja : Begitu mulai sampai selesai wawancaranya,letakan tangan diatas lutut,selesai.


BACA JUGA :







Demikian pembahasan tentang bagaimana posisi tangan yang baik dan benar ketika interview atau wawancara kerja sedang berlangsung.Semoga membantu,see uu.

1/02/2021 - tanpa komentar

0 komentar untuk Posisi Tangan Yang Benar Saat Interview.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar