Cara Kirim Email Lamaran Kerja Gmail dan Yahoo

Cara kirim email lamaran kerja untuk melamar pekerjaan biasanya menggunakan media GMAIL ataupun YAHOO.Saya akan memberikan contoh tatacara atau tutorial bagiamana langkah mengirim surat lamaran via email tersebut.


Cara kirim email lamaran pekerjaan baik menggunakan media GMAIL atau YAHOO langkahnya hampir sama persis.Hanya tampilanya saja yang sedikit berbeda.Saya akan menjelaskan keduanya untuk anda dalam artikel kali ini.


Cara Kirim Email Lamaran



Email lamaran pekerjaan adalah sebuah proposal permohonan bekerja yang dikirimkan seorang pencari kerja menggunakan media internet atau layanan mail elektronik.

Hampir sama dengan pengiriman menggunakan media seperti pos indonesia,hanya saja berkas yang diberikan berupa file bukan berupa berkas fisik.

Mengirim surat lamaran via email menjadi pilihan yang paling banyak digunakan para pencaker ketika ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.Alasanya sebenarnya sederhana :
  • Hemat waktu
  • Hemat biaya
  • Resiko kehilangan uang akibat penolakan berkas minim ( karena kalau berkas ditolak,pengirim hanya mengalami sedikit kerugian materil dibandingkan penolakan berkas fisik yang dikirimkan )
  • Satu file bisa digunakan untuk melamar di ratusan bahkan hingga ribuan perusahaan

Dilihat dari segi ekonomisnya,pemilihan mengirimkan lamaran pekerjaan lewat email memang sangat efisien.Hanya saja,banyak pelamar yang belum mengerti bagaimana tatacara atau langkah-langkah yang benar dalam melakukanya.

Walaupun terlihat sepele,tetapi jika anda TIDAK melakukanya dengan benar,maka proposal yang anda kirimkan akan menjadi sia-sia.


Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email


Cara untuk kirim email lamaran kerja terbagi menjadi beberapa tahapan,antara lain :


1. Membuat akun GMAIL atau YAHOO untuk kirim lamaran kerja


Yang paling awal adalah membuat akun di GMAIL atau YAHOO terlebih dahulu.Sebenarnya anda bisa MEMINJAM AKUN email TEMAN untuk melakukan pendaftaran,hanya saja,jika anda ingin menggunakanya untuk kedepanya nanti,saran saya gunakan akun milik anda sendiri.

Tahapan pembuatan akun email gmail untuk melamar pekerjaan sebagai berikut :

  • Anda bisa menggunakan hp android atau laptop atau komputer untuk membuatnya
  • Buka google chrome 
  • Ketik GMAIL/YAHOO ( sesuai dengan keinginan anda mau buat yang mana )
  • Masuk ke website GMAIL. COM atau YAHOO. COM
  • Maka akan menucul halaman untuk pembuatan

cara kirim email lamaran
cara kirim email lamaran



  • Pada halaman pertama,silahkan klik ' buat akun '
  • Pada halaman berikutnya,silahkan isi data data sesuai keinginan anda ( nama depan anda,nama belakang,alamat email yang ingin anda buat silahkan isikan nama anda diakhiri dengan 3 digit nomor dibelakang,isikan pasword atau sandi anda )
  • Ingat pasword atau sandi dan alamat yang anda buat ( bisa anda catat di kertas atau di screenshoot )
  • Pada kolom KONFIRMASI itu di isikan dengan pasword yang anda buat ( untuk memastikan bahwa anda tidak salah ketik dalam membuat sandinya )
  • Jika sudah semua,silahkan klik ' berikutnya '

Selanjutnya adalah : Konfirmasi nomor telepon

  • Isikan dengan nomor telepon YANG AKTIF yaa
  • Klik konfirmasi
  • Sistem akan mengirimkan kode khusus ke nomor ponsel anda
  • Isikan kode khusus tersebut di kolom yang tersedia
  • Klik ' konfirmasi '

Selanjutnya adalah : Halaman data diri

  • Isikan data diri anda pada kolom yang tersedia seperti : Tanggal dan bulan lahir anda
  • Kolom ' email pemulihan ' kosongkan saja
  • Gendre isi dengan MALE/FEMALE itu artinya laki-laki/perempuan
  • Jika sudah semua silahkan klik ' berikutnya '

Selanjutnya : Halaman validasi
  • Halam ini silahkan klik saja : saya ikut,kemudian halaman berikutnya klik ' saya ikut '
  • Selesai

Jika kurang detail,silahkan baca : Cara membuat akun email GMAIL dan Cara membuat akun email YAHOO


2. Menyiapkan berkas lamaran kerja via email ( biasanya di scan )


Setelah anda memiliki akun email,langkah selanjutnya adalah mempersiapkan berkas atau file yang ingin anda kirimkan.

Berkas lamaran kerja via email itu apa saja? Berkasnya diapakan?

Untuk berkas lamaranya,seperti anda melamar pekerjaan pada umumnya,HANYA SAJA menggunakan file yang asli,seperti :
  • Ijazah
  • SKHUN
  • SKCK
  • KTP
  • Transkrip nilai
  • Daftar riwayat hidup
  • Kartu kuning
  • Pas foto berwarna 4x6
  • Surat lamaran kerja tulis tangan

File yang asli itu nanti DI SCAN ( dijadikan format PDF atau DOCX ).Itu kenapa menggunakan file yang asli.JANGAN SCAN FILE FOTOKOPINYA yaa.

Bukan tidak boleh,hanya saja,menggunakan file yang asli akan lebih menambah nilai plus.Toh yang di kirim nanti berkas hasil scanya,bukan berkas aslinya.

Bagaimana langkah melakukan scan berkas lamaran?
  • Kumpulkan jadi satu semua berkas ( ijazah,skhun,skck dan file lainya )
  • Pergilah ke tukang fotokopi atau scan
  • Mintalah untuk scan berkas anda
  • Jadikan file dengan hasil PDF
  • Simpan di flashdisk anda atau mintalah untuk mengirimkanya ke email anda supaya anda bisa download dan simpan file itu untuk nanti
Mas,kalau foto,itu pakai format PDF? Bukan JPG/PNG?

Pakai format PDF semua saja,supaya lebih rapih.Biasanya saya menggunakan format PDF untuk semua berkas.

Tetapi jika anda ingin format lain,itu tidak masalah,yang terpenting adalah : UKURAN FILE TIDAK BOLEH TERLALU BESAR!

Minta saja ke tukang scanya,buatkan file pdf dengan ukuran sekecil mungkin ( mb nya ) tetapi kualitas yang masih bagus untuk dilihat.

Jangan anda ubah menjadi yang paling kecil,tetapi begitu dibuka filenya,ngeblur.

Ukuran sekecil mungkin tetapi kualitas masih bisa dibuka dan dilihat dengan jelas.


3. Cara mengirim lamaran kerja via email


Setelah anda punya akun email dan berkas sudah siap,sekarang saatnya untuk melakukan proses pengiriman ke perusahaan yang anda inginkan.Berikut cara kirim email lamaran kerja via email :

  • Pastikan alamat perusahaan yang anda tuju itu benar
  • Siapkan file yang sudah anda scan sebelumnya di memori android atau komputer anda
  • Langsung masuk akun email anda ( GMAIL/YAHOO )
  • Kurang lebih tampilanya seperti berikut


cara kirim lamaran kerja via email
cara kirim lamaran kerja via email



  • Nomor 1 : isikan alamat perusahaan yang ingin anda tuju
  • Nomor 2 : isikan subjek email anda,isi saja : ' Lamaran Pekerjaan '
  • Nomor 3 : isikan body email,isi seperti ini : 

Kepada
YTH
Kepala personalia PT .....

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :
Tempat tanggal lahir :
Alamat :
Pendidikan :
No hp :

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang saya peroleh di media sosial,saya berniat untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Adapun berkas yang diperlukan sudah saya lampirkan bersama dengan email ini.

Besar harapan saya untuk bisa diterima dan bekerja pada perusahaan Bapak/Ibu.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

  • Nomor 4 : tombol untuk memasukan file/berkas yang ada di memori HP anda,silahkan klik dan pilih file yang ingin anda masukan
  • Masukan file satu persatu
  • Jika ingin lebih mudah,anda bisa menggabungkan file semua itu menjadi 1 file ( file format ZIP/RAR )
  • Saya pribadi sering menggunakan 2 metode,yaitu mengirimkan email 2 kali ( yang pertama upload filenya satu satu di emailnya,yang kedua saya menggunakan format ZIP/RAR )
  • Nomor 5 : jika sudah selesai semua,klik ' KIRIM '
  • Selesai

Mas,bagaimana mengubah filenya menjadi ZIP/RAR? Itu kan file PDF hasil scan ada banyak?

Jika anda tidak ingin mengubahnya menjadi file zip/rar,maka kirim saja satu persatu.Jika anda ingin mengubah file berkas surat lamaran kerja pdf menjadi ZIP/RAR,langkahnya sebagai berikut :
  • Bawa file PDF anda ke tukan scan/fotokopi,mintalah untuk mengubahnya menjadi file ZIP/RAR

Itu cara yang paling mudah dan tanpa resiko ( jika anda memang masih awam dengan dunia digital ).Jika anda ingin melakukanya sendiri,anda bisa gunakan bantuan website/bantuan google,seperti berikut :
  • Masuk ke google
  • Ketik ' make ZIP online '
  • Klik website EZY ZIP .com
  • Silahkan anda upload satu persatu filenya
  • Klik ' zip file '
  • Selesai
  • Silahkan download hasilnya



Atau anda bisa menggunakan bantuan aplikasi seperti winzip,winrar,7zip atau aplikasi pihak ketiga lainya.

Demikian pembahasan tentang cara kirim email lamaran kerja baik itu via GMAIL ataupun YAHOO.Semoga membantu,see uu.

tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Kirim Email Lamaran Kerja Gmail dan Yahoo.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar