Mengirim Email Massal ke Perusahaan untuk Melamar Kerja,Bolehkah?

Mengirim surat lamaran kerja via email dengan cara massal atau kirim ke beberapa alamat perusahaan sekaligus dalam waktu bersamaan merupakan hal yang sangat sering dilakukan oleh para pencari pekerjaan saat ini.Ada banyak hal yang perlu anda fahami lebih dalam jika memang ingin atau memuruskan untuk melakukan langkah ini.

Perihal mengirimkan surat lamaran pekerjaan lewat email secara massal ini akan saya jelaskan lebih detail untuk anda meliputi beberapa hal seperti keuntungan dan kerugian serta beberapa segi positif dan negatifnya.Silahkan anda simak dengan baik supaya lebih memahaminya.


Kirim Surat Lamaran Kerja Massal



mengirim surat lamaran kerja via email secara massal


Mengirim email massal adalah sebuah tindakan atau langkah mengirimkan sebuah surel ke beberapa alamat sekaligus.Tidak hanya 2 atau 3 alamat,bahkan bisa sampai puluhan alamat dikirmkan surel dengan waktu yang bersamaan.

Memang terlihat sangat memudahkan,tetapi banyak hal yang harus anda perhatikan khususnya jika anda menggunakan langkah tersebut untuk melemar sebuah pekerjaan di perusahaan.Jika hanya untuk kegiatan sehari-hari,mungkin tidak perlu terlalu difikirkan,tetapi berhubung sifatnya sudah serius ( menyangkut masa depan anda ) maka perhatikan beberapa hal yang akan saya jelaskan.


Darimana seseorang mendapatkan alamat e-mail yang banyak itu?

Memang syarat utama untuk mengunakan cara ini adalah memiliki alamar E-MAIL yang banyak,lantas dapat dari mana mereka? Ada 3 " tempat/cara " mereka bisa mendapatkan alamat perusahaan ini,antara lain :
  • Menyeleksi datu persatu di google
  • Menyalin/Copy di media sosial ( biasanya banyak yang share alamat perusahaan )
  • Menggunakan tools atau aplikasi khusus

tetapi ada 1 hal yang perlu anda perhatikan jika mengumpulkan alamat dengan cara seperti ini,yaitu : Anda tidak bisa menyeleksi secara keseluruhan,mana alamat yang masih valid mana alamat yang sudah tidak digunakan.

Anda juga membuka diri untuk " kasus penipuan " dimana para oknum nakal biasanya menyelipkan alamat palsu pada list yang anda dapatkan entah darimana keabsahaanya.

Jadi jangan kaget,jika anda menggunakan cara seperti ini kemudian mendapatkan panggilan kerja,ternyata itu hanya perusahaan/PT abal-abal yang ujung-ujungnya hanya meminta uang anda saja.


Alasan kenapa seseorang kirim e-mail masal


Ada beberapa alasan yang menyebebkan atau menjadi sebab seseorang memilih untuk menggunakan sistem kirim surel " serentak/sekaligus " seperti ini,antara lain :
  • Supaya lebih ringkas ( tidak ribet )
  • Supaya hemat kuota internet
  • Tidak suka repot
  • Malas melakukanya satu-persatu

Intinya seseroang menggunakan langkah ini supaya bisa menghemat waktu,biaya dan tenaga.


Hal yang sering terjadi ketika kirim email masal


Jujur saja,saya sendiri dulu sering menggunakan langkah seperti ini ketika belum tahu hal-hal penting didalamnya,tetapi saya sudah tidak melakukanya lagi sekarang.

Hal yang paling sering terjadi ketika mengunakan langkah seperti adalah :
  • Sering mendapat balasan dari " mailer-daemon-failure "
Inila hal yang sangat sering terjadi jika anda menggunakan cara " serentak " seperti itu.Lebih kerenya lagi,banyak yang tidak mengerti dan harus bagaimana ketika mendapatkan balasan e-mail seperti itu.


BACA :




Keuntungan mengirimkan email secara massal


Ada beberapa sisi positif yang bisa didapatkan jika menggunakan langkah seperti ini,antara lain :
  • Hemat waktu
  • Hemat kuota/biaya
  • Heat tenaga

Hanya itu saja segi positif yang bisa didapatkan ole seseorang yang menggunakan langkah pengiriman surel " serempak " seperti ini.

Tetapi anda juga tidak boleh " ambil enaknya " saja,ada banyak hal yang perlu anda perhatikan juga.


Kerugian Mengirim Email Massal


Selain sisi positif,ada sisi negatif yang bisa terjadi,antara lain :
  • Jika ketahuan perusahaan,anda akan di cap sebagai pelamar yang tidak profesional
  • Lebih parahnya lagi,anda bisa terkena blacklist
  • Sering terjadi error khususnya " demon-failur "
  • Tidak bisa memilih.memilah mana alamat yang asli atau valid mana alamat yang sudah tidak eksis lagi
  • Rawan menjadi korban penipuan ( sudah saya jelaskan di paragraf atas )


KESIMPULAN

Dari beberapa penjelasan diatas,bisa ditarik kesimpulan bahwa :

"  Mengirimkan e-mail secara masal DIPERBOLEHKAN dan sah-sah saja,hanya saja AKAN LEBIH BAGUS jika anda melakukanya satu persatu ".

Kenapa seperti itu? Karena dengan mengirim satu persatu,selain anda lebih bisa mengkoordinir ( mana alamat yang sudah tidak valid mana alamat yang asli ),anda juga akan terhindar dari rawanya kasus penipuan berkedok lowongan kerjavia email.

Apa yang harus dilakukan?

Jika anda setuju dengan kesimpulan saya dan ingin melakukan langkah seperti yang saya lakukan sekarang ( kirimnya satu-satu ),maka anda perlu melakukan langkah berikut :
  • Kumpulkan alamat perusahaan/PT/pabrik
  • Cek keaslian alamat tersebut
  • Cek apakah alamat tersebut masih diguanakan atau sudah dihapus
  • Kirimkan satu persatu

Wahh,bakal ribet dong mas?

Sebenarnya tidak seribet itu kok,kan anda bisa menyalin atau copy tulisan di e-mail sebelumnya.Untuk berkasnya anda juga hanya tinggal klik saja.Menggunakan langkah seperti yang paling terasa adalah : Penggunaan paket internet yang akan sedikit lebih banyak.

Tetapi saya rasa,kuota yang dibutuhkan tidak sebanyak anda melihat youtube atau streaming karaoke kan? hehe.Jadi tidak ada yang perlu jadi penghalang untuk anda melakukan langkah ini.

Tetapi semua ini kembali lagi ke anda pribadi masing-masing.Jika ingin menggunakan langkah " serentak/masal " ya silahkan saja,toh tidak ada larangan mutlak untuk itu.Jika anda ingin menggunakan langkah seperti saran saya,itu akan lebih bagus.


BACA :



Demikian penjelesan tentang bolehkah mengirimkan surat lamaran kerja via email secara massal ke banyak perusahaan sekaligus.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih teleh membaca,see uu.

2/11/2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk Mengirim Email Massal ke Perusahaan untuk Melamar Kerja,Bolehkah?.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar